TOP
REVIEWS
Review: Sony Ericsson J108i Cedar
Review Sony Ericsson J108i Cedar
Oct 08 2010 11:44AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
21
55953

Perkenalan

Setelah mengeluarkan handphone Green Heart QWERTY-nya yaitu Sony Ericsson M1 Aspen beberapa waktu lalu, kini Sony Ericsson kembali lagi dengan keluarga Green Heart terbarunya yaitu Sony Ericsson J108i atau yang lebih populer dengan nama Sony Ericsson Cedar. Handphone ramah lingkungan ini dibanderol dengan harga Rp.899.000 dipasaran Indonesia, dibawah ini adalah spesifikasi resmi SE Cedar.


Spesifikasi resmi :

-Jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz  

-UMTS/HSPA 850/1900/2100 MHz

-Green Heart ™

-Layar TFT 2.2 inci dengan kedalaman 262k warna beresolusi 240 x 320 pixel

-Kamera beresolusi 2 megapixel dan perekam video beresolusi VGA dengan kecepatan 30 frame perdetik

-Track ID

-Aplikasi Facebook dan Twitter terintegrasi

-Jack audio standar 3.5mm

-Slot hot-swap microSD (up to 16GB)

-Radio FM

-Google Maps

-Video call (menggunakan kamera belakang)

-Dukungan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Kelebihan :

-Material pembuat handphone yang ramah lingkungan

-Harga terjangkau untuk handphone Sony Ericsson dengan konektivitas HSDPA

-Kualitas foto cukup baik

-Dapat melakukan multitasking aplikasi

Kelemahan :

-Suara speaker kurang besar

-Tampilan browser kurang baik

-Tidak terdapat tombol shutter dan lampu flash pada kamera


Untuk handphone low-end dibawah 1 juta rupiah SE Cedar akan bersaing secara ketat dengan Nexian W701 yang juga sudah dilengkapi dengan konektivitas 3G dan dibanderol dengan harga yang hampir sama. Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui SE Cedar lebih lanjut.

Kotak Penjualan 

Handphone Green Heart selalu dilengkapi dengan kotak penjualan berukuran kecil, bukannya Sony Ericsson pelit namun ini disesuaikan dengan temanya “Green Heart”. Didalam kotak penjualan terdapat aksesoris handphone seperti charger microUSB, batery, sarung handphone, headset standar 3.5mm, buku panduan manual penggunaan handphone, serta kartu garansi selama 12 bulan. 


Tidak terdapat bonus microSD dan kabel data didalam kotak penjualan SE Cedar.

Hardware Ramah Lingkungan

SE Cedar hadir dengan bahan material ramah lingkungan, seperti plastik daur ulang dan bahan cat yang digunakan oleh SE Cedar mengandung air dan seminim mungkin menggunakan bahan kimia ini ditujukan untuk mendukung gerakan ramah lingkungan. Ini sudah menjadi komitmen Sony Ericsson untuk ikut serta dalam mendukungan gerakan ramah lingkungan.


Handphone Green Heart terbaru dari Sony Ericsson ini berdesain batangan dan memang terlihat standar namun kami dapat memakluminya karena SE Cedar adalah handphone low-end. Pada bagian atas layar terdapat lubang suara dan logo Sony Ericsson.


SE Cedar menggunakan layar TFT 2.2 inci dengan kedalaman 262k warna beresolusi 240 x 320 pixel. Layar ini sama seperti yang digunakan oleh Sony Ericsson Spiro yang kami review beberapa waktu lalu. Saat digunakan dibawah matrahari layar terlihat agak gelap namun tetap dapat terbaca.


Untuk navigasi menu, D-pad 5 arah berwarna hitam dengan list berwarna krome siap digunakan untuk menjelajah menu satu-persatu. Kami tidak mendapatkan kesulitan saat menggunakan D-pad untuk melakukan navigasi menu.


Dibawah D-pad terdapat keypad alfanumerik yang desainnya seperti anak tangga bila anda melihatnya dari samping. Keypad dengan tombol yang terbuat dari karet ini terasa mudah saat digunakan untuk mengetik saat ujicoba.


Dibawah ini adalah foto-foto dimensi SE Cedar.






Tampilan Antar-Muka Khas Sony Ericsson

 

Tampilan home screen SE Cedar terlihat sama dengan tampilan home screen handphone Sony Ericsson low-end lainnya seperti SE Spiro contohnya. Tidak terdapat perbedaan yang benar-benar signifikan diantara kedua handphone tersebut kecuali pada layar update status Facebook dan Twitter yang kini terdapat pada SE Cedar dan belum terdapat pada SE Spiro.


Masuk kedalam menu, akan terdapat tampilan dengan susunan ikon 3 x 4 yang juga lagi-lagi terlihat sama dengan tampilan menu milik SE Spiro. Terdapat 3 pilihan tampilan ikon seperti tampilan kotak, rotasi, dan ikon single.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Multitasking

SE Cedar dapat digunakan untuk melakukan multitasking, caranya dengan menggunakan tombol dengan ikon kotak yang terdapat dibawah tombol pembuat panggilan. Tombol ini juga dapat digunakan untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan dan sebagai tombol akses pintas ke menu favorit anda, serta melihat event yang terdapat pada kalendar anda.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Phonebook

Untuk masalah penyimpanan kontak, anda tidak perlu khawatir kehabisan memory, SE Cedar menyiapkan setidaknya 1000 entry kontak yang dapat menampung hingga maksimal 7000 nomor kontak. Kontak dilengkapi dengan detil kontak seperti alamat email, alamat web, foto personal, nada dering personal, nada dering SMS personal, jabatan, perusahaan, alamat rumah, info, dan tanggal ulang tahun kontak.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Berkirim Pesan

SE Cedar dapat digunakan untuk mengirikan pesan seperti SMS, MMS, dan Email. SMS, MMS, dan Email memiliki editor masing-masing sehingga memudahkan kita untuk mengakses ketiganya. Untuk mengirimkan email anda harus melakukan pengaturan secara manual pada handphone, terdapat dua pilihan protokol email yaitu POP3 dan IMAP4 yang dapat digunakan untuk berkirim dan menerima email.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Pada fitur pesan, terdapat pula kotak masuk untuk akun Facebook anda. Untuk menggunakan fitur ini anda harus memasukan akun Facebook anda terlebih dahulu saat anda membuka fitur ini.

Multimedia

 

Pemutar Musik Walkman Versi 4.0

Handphone ramah lingkungan ini sudah dibekali dengan pemutar musik Walkman versi 4.0 sama seperti yang terdapat pada saudaranya yaitu SE Spiro. Saat lagu anda masukan kedalam handphone, pemutar musik akan segera mendeteksinya dan secara otomatis memisahkan lagu berdasarkan penyanyi, jenis musik, tahun pembuatan, dan judul album. 


Terdapat sebuah fitur menarik pada pemutar musik yaitu fitur SenseMe yang dapat memainkan lagu berdasarkan ”mood” anda. Pilihan EQ seperti seperti normal, bass, mega bass, voice, treble boost siap digunakan untuk membuatr suara lagu semakin ”poll”. Selain itu pilihan stereo widening dan lubang jack audio standar 3.5mm siap untuk anda gunakan untuk mendengarkan lagu menggunakan headset kesayangan anda. Pemutar musik SE Cedar dapat memainkan lagu berformat MP3, AAC, dan WAV saat kami ujicoba.


Saat lagu dimainkan, pemutar musik akan menampilkan album art berukuran besar.


Kualitas Suara

Untuk kualitas suara, sebenarnya handphone ini memiliki kualitas suara yang tergolong baik. Sayangnya suara speaker handphone terdengar kurang besar sehingga tidak dapat didengarkan dari jauh.


Pemutar Video 

Pemutar video SE Cedar dapat memainkan video dengan tampilan landscape atau portrait saat kami ujicoba. Format video MP4 dan 3G dapat dimainkan dengan baik dan tanpa masalah pada layar handphone berukuran 2.2 inci ini.


Galeri Foto

Galeri foto terdapat pada media, anda dapat memilih untuk melihat keseluruhan foto pada handphone atau melihat foto dengan bantuan timeline, jika menggunakan timeline foto akan dipisahkan berdasarkan waktu pengambilan foto. Foto dapat anda lihat dengan mode portrait atau landscape. Zoom-in/out hanya dapat dilakukan jika anda melihat foto denga mode landscape saja.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Terdapat beberapa media online untuk berbagi foto pada galeri foto seperti Facebook, Twitter, Blogger, Picasa, dan Flickr. Selain dapat berbagi foto menggunakan media online anda juga dapat berbagi foto menggunakan email, MMS, atau Bluetooth. Yang terakhir anda dapat menggunakan fitur geotaging untuk menginformasikan tempat pengambilan foto.

Kamera Beresolusi 2 Megapixel

Untuk mengabadikan moment sudah tersedia kamera beresolusi 2 megapixel yang terdapat pada bagian belakang SE Cedar. Sebagai informasi saja kamera belakang  SE Cedar dapat digunakan pula untuk melakukan panggilan video. Walaupun termasuk handphone low-end, Sony Ericsson tidak terlihat asal-asalan dalam menggarap fitur kamera, ini terbukti dari pengaturan kamera yang cukup banyak jumlahnya seperti shoot mode (panorama, frames, burst, normal), resolusi foto (2MP, 1MP, VGA), night mode, self timer (2 detik, 10 detik), White balance (daylight, cloudy, fluorescent, incandescent), efek warna ( hitam putih, negatif, sepia), zoom-in 2.5x, dan geotag.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Dibawah ini adalah hasil foto kamera  SE Cedar, untuk kualitas foto sudah dapat dikatakan baik namun hasil warna kurang tajam.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Perekam Video

Kamera SE Cedar dapat digunakan untuk melakukan perekaman video dengan format file MP4 dan resolusi video terbesar VGA dengan kecepatan frame 30 frame perdetik. Terdapat beberapa pengaturan video seperti durasi (normal, MMS), self timer (2, detik, 10 detik), mikrofone (on/off), efek warna (hitam putih, negatif, sepia).Hasil video dapat anda lihat dibawah ini.


Radio FM 

Untuk mendengarkan siaran Radio anda harus mencolokan headset terlebih dahulu. Setelah headset dicolokan barulah anda dapat mendengarkan radio menggunakan speaker handphone. Stasiun radio FM dapat anda cari secara manual ataupun otomatis pada handphone.


Konektivitas Lengkap

SE Cedar berjalan pada jaringan Jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz serta UMTS/HSPA 850/1900/2100 MHz. Untuk konektivitas lokal anda dapat menggunakan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Untuk pertukaran data dari dalam handphon ke PC atau sebaliknya, anda dapat menggunakan kabel data microUSB atau card reader. Tidak terdapat bonus kabel data microUSB didalam kotak penjualan handphone jadi anda harus membeli kabel data secara terpisah.


Sony Ericsson melengkapi Cedar dengan fitur untuk melakukan sinkronasi seperti kontak dengan layanan backup data secara online menggunakan layanan yang tersedia didalam handphone.

Browsing

Untuk masalah jelajah dunia maya Sony Ericsson sudah membekali Cedar dengan browser NetFront 3.5 bawaan yang didukung dengan konektivitas HSPA. Browser ini dapat menampilkan halaman web berformat HTML namun tampilannya terlihat kurang baik. Kami mencatat beberapa kelebihan browser ini seperti dapat menyimpan halaman web, kinerja yang cepat dalam membuka halaman web, halaman web dapat dizoom-in/out, terdapat mesin pencari Google pada browser.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Aplikasi Jaringan Sosial

Facebook

Aplikasi jaringan sosial Facebook pada Cedar dapat digunakan untuk melihat news feed, wall anda, foto album, notifikasi, kotak masuk, permintaan menjadi teman, dan mengupload foto.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Twitter

Aplikasi Twitter dapat anda gunakan untuk update status, mention, mengirim/menerima DM, melihat topik terpanas, dan upload foto (twitpict)

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Cedar sudah dilengkapi dengan Widget Manajer 2.0 yang memungkinkan handphone ini untuk menampilkan update status Facebook dan Twitter pada halaman home screen  Cedar.

Kustomisasi

Terdapat beberapa pilihan kustomisasi pada Cedar seperti mengganti wallpaper, tampilan menu, dan screen saver untuk mempersonalisasikan handphone.


Aplikasi Bawaan

Walaupun tidak dilengkapi dengan GPS, SE Cedar tetap dilengkapi dengan map bawaan sekelas Google Maps buatan Google yang memiliki tampilan sederhana namun mudah untuk digunakan mencari rute terdekat yang sedang kita cari. Oh iyah, Google Maps versi 3.0 yang terdapat pada SE Cedar juga dapat menampilkan map dengan tampilan map, satelite, dan street view.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Accu Weather dapat anda gunakan untuk melihat ramalan cuaca di sekitar anda, namun aplikasi ini menggunakan koneksi data untuk dapat terhubung dengan server yang dapat menginformasikan ramalam cuaca kepada anda.


Aplikasi Checkbook berguna untuk menyimpan data-data penting seperti akun bank anda, untuk mengaksesnya anda memerlukan password agar keamanan data-data anda terjamin.


Aplikasi Ecomate berguna untuk memberikan informasi dan tips-tips untuk menjaga kelestarian alam lingkungan sekitar kita. Aplikasi ini juga terdapat pada handphone Green Heart lainnya.


Aplikasi Green Calculator menghitung kadar emisi C02 yang anda keluarkan dari aktivitas yang anda lakukan sehari-hari. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengurangi polusi udara di dunia.


Aplikasi Grocery list adalah aplikasi yang dapat membantu anda untuk menyimpan daftar belanjaan anda yang akan anda beli disupermarket.


Aplikasi NeoReader berguna untuk melakukan scanning menggunakan kamera pada barcode yang terdapat pada surat kabar, setelah melakukan scanning makan handphone akan terhubung dengan server dan menyajikan sumber informasi kepada anda.


Aplikasi YouTube berguna untuk menonton video YouTube.


Aplikasi 12 Pixels berguna sebagai media untuk menggambar dengan menggunakan piksel-piksel berbentuk kotak.


Aplikasi TrackID berguna untuk mencari sumber informasi mengenai lagu dengan cara merekam cuplikan lagu favorit anda.


Organizer

Terdapat 7 fitur organiser yang kami catat pada Cedar seperti kalendar, alarm, tasks, notes, timer, kalkulator, dan perekam suara.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Game

Terdapat 3 buah game Java bawaan pada Cedar seperti Brick Breaker, Bubble Town, dan Quadrapop.

Sony Ericsson J108i Cedar Review Gallery

Daya Tahan Batery

SE Cedar dilengkapi dengan batery Li-Ion 1000 mAh yang sanggup bertahan dalam kedaan standby hingga 420 jam pada jaringan 2G dan 475 jam pada jaringan 3G. Saat digunakan untuk berbicara batery dapat bertahan hingga 12 jam 30 menit pada jaringan 2 G dan 4 jam 56 menit pada jaringan 3G menurut klaim pihak Sony Ericsson.


Kata Penutup

Keluarga Sony Ericsson Green Heart yang satu ini dibekali dengan kemampuan yang menarik seperti saudara-saudaranya namun dengan harga yang terjangkau.

Fitur dan Penggunaan Standar HP

Facebook (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi

Update status : Ya, dari browser dan aplikasi

Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi

Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi

Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi

News Feeds : Ya, dari browser dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi (Twitpict)

Update status : Ya, dari browser dan aplikasi

Reply : Ya, dari browser dan aplikasi

Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi

DM : Ya, dari browser dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 2 megapixel

Keadaan gelap : Terang

Flash : Tidak 

Autofokus : Tidak

Zoom : 2.5x

Fitur : Shoot mode (panorama, frames, burst, normal), resolusi foto (2MP, 1MP, VGA), night mode, self timer (2 detik, 10 detik), White balance (daylight, cloudy, fluorescent, incandescent), efek warna ( hitam putih, negatif, sepia), zoom-in 2.5x, dan geotag.

Video Kamera

Resolusi : VGA

Keadaan : Cukup terang 

Flash : Tidak

Kecepatan frame : 30 frame perdetik

Fitur : Durasi (normal, MMS), self timer (2, detik, 10 detik), mikrofone (on/off), efek warna (hitam putih, negatif, sepia).

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Tidak

A-GPS : Tidak

Peta bawaan : Ya, Google Maps

Browser

Format : NetFront 3.5

Flash Player : Tidak

Performa : Cepat

Dukungan banyak jendela : Hanya 1

Layar

Layar TFT 2.2 inci dengan kedalaman 262k warna beresolusi 240 x 320 pixel

OS

Type apa : Prorietary

Upgrade OS : Belum diketahui

Keyboard

Type : Alfanumerik 

Tombol kualitas : Karet

Tombol penekanan : Empuk

Office

Aplikasi bawaan : Tidak

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, AAC, dan WMA

Galery foto video : Ada, menggunakan Media

Fungsi share : Email, MMS, Blogger, Twitter, Flick, Picassa, Facebook, dan Bluetooth.

Wi-Fi

Shortcut on/off : Tidak 

Sinyal : -

Jaringan

Dukungan 3G : Ya, HSPA

Band : Quadband GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz

Kecepatan HSDPA : -

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP 

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah

Dukungan email : IMAP4, dan POP3

Fitur lain : -

Attachment email : -

Baterai

Daya tahan (Standby):  420jam (2G) / 475 jam (3G)

Waktu bicara : 12 jam 30 menit (2G) / 4 jam 56 menit (3G)

Pengoperasian untuk memainkan musik : -

Type baterai dan kapasitas :  Li-Ion 1000 mAh

Streaming

Audio : Ya

Video : Ya

Aplikasi

Dukungan format : Java

Market app / Tempat Download : Situs resmi Sony Ericsson

Daftar Aplikasi :

-Phonebook

-Kamera

-Catatan panggilan

-Pesan

-Media

-Pemutar musik Walkman 4.0

-Alarm 

-Kalendar

-Memo

-Notes

-Kalkulator

-Stopwatch

-Browser NetFront 3.5

-Email

-Twitter

-Facebook

-Pemutar video

-Perekam suara

-SyncML

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi, notifikasi pada homescreen 

Email : -

Chatting : Tidak

Facebook : Tidak

Twitter : Tidak

Nada dering

Format : MP3, AAC, WMA, dan MIDI

MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui profile dan pemutar musik

MP3 sebagai sms : Ya

MP3 sebagai email : Tidak

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu

Type : Normal, meeting, in car, outdoor, flight mode, handsfree, home, office

Mode pesawat : Ada, flight mode

Startup

Waktu startup : 10 detik

Games

Bawaan : Ada

Download format game : Java 

Tempat download : Situs resmi Sony Ericsson

Background

Format gambar : JPEG, GIF

Ukuran :  240 x 320 piksel

Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Tidak

Lainnya : Tidak

Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data, dan Bluetooth

Aplikasi : Sony Ericsson Sync

Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 280 MB

Dukungan kartu memory : MicroSD sampai dengan 16GB

Buku Telepon

Kapasitas: 1000 Entry

Data : Alamat email, alamat web, foto personal, nada dering personal, nada dering SMS personal, jabatan, perusahaan, alamat rumah, info, dan tanggal ulang tahun kontak.

Sinkronisasi OTA : Sony Ericsson Sync

Foto : Ya, dari kontak

Backup : SIM Card

Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : Sony Ercisson Sync

Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara

Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab

Panggilan konferensi

Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 1 home screen

Perpindahan : Lancar

Performa : Lancar

Dukungan Widget : Tidak

Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi 

Layar depan yang dapat disesuaikan : 

-Wallpaper

-Screen Saver

-Pintasan/Shortcut

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm

Radio FM : Ada, memerlukan headset untuk memainkannya

Akeselerometer : Tidak

Alarm : Ya

Keypad tone : Ya

Port charging : Ya, microUSB

Unlocked dan lock : Tekan tombol konteks dan *

Hot swap : Ya

Speaker : Suara berkualitas

Mode pesawat : Flight mode

USB : MicroUSB untuk data dan charging

Kassa9


Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Sony Xperia E3 Dual
Akan datang
14
Nov 27 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
15
Oct 31 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.