TOP
REVIEWS
Review: Nokia X5
Review Nokia X5
Sep 03 2010 10:59AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
38
31201

Perkenalan

Setelah mengeluarkan Nokia X2 bulan lalu, Nokia kembali mengeluarkan Nokia X Series terbarunya yaitu Nokia X5-01. Bila Nokia X2 berdesain candybar, kali ini Nokia X5-01 berdesain sliding dengan keyboard QWERTY. Nokia X5-01 dibanderol dengan harga Rp1.800.000 yang mana harganya dan kemampuannya lebih baik bila dibandingkan dengan Nokia X2. Sekarang mari kita lihat spesifikasi Nokia X5-01 dibawah ini.




Spesifikasi resmi :


-Jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-HSDPA/WCDMA 850/1900/2100 
-Layar TFT landscape 262K warna berukuran 2.36 inci beresolusi QVGA (320 x 240 pixel)
-Desain sliding QWERTY
-Kamera beresolusi 5 MP dilengkapi dengan lampu flash LED dan perekaman video beresolusi VGA dengan  kecepatan 15 frame perdetik
-Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP
-OS Symbian 9.3 dengan tampilan S60 versi 3.2
-Prosesor ARM 11 600 MHz
-Browser HTML dengan dukungan flash lite versi 3.0
-Aplikasi pembuka dokumen office
-Radio FM stereo dengan dukungan RDS
-Jack audio standar 3.5mm
-Slot eksternal microSD yang dapat diekspansi hingga 32GB

Kelebihan :

-Browser dengan dukungan flash
-Wi-Fi yang cepat dan stabil
-Performa keseluruhan cukup cepat
-Kualitas suara speaker berkualitas
-Bahan material pembuat handphone berkualitas
-Kamera dengan hasil yang cukup baik
-OS Symbian dengan dukungan banyak Aplikasi di Ovi Store
-Harga cukup murah untuk Fitur selengkap ini


Kelemahan :


-Tidak terdapat tombol shutter kamera
-Tidak ada autofokus pada kamera
-Tidak ada GPS




Tidak usah berbasa-basi lagi, bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui keunggulan Nokia X5-01 lebih detil lagi.

Kotak Penjualan Nokia X5


Didalam kotak penjualan Nokia X5 terdapat beberapa aksesoris standar seperti charger, batery, kabel data microUSB, headset standar 3.5mm, bonus microSD sebesar 2GB, buku panduan manual penggunaan handphone, serta kartu garansi selama 12 bulan.




Hardware


Nokia X5 terbuat dari bahan campuran plastik dan stainless steel. Walaupun dibanderol dengan harga Rp.1.800.000 namun bahan yang digunakan terlihat bagus dan seperti handphone kelas atas.




Bagian depan Nokia X5 didominasi oleh layar landcape TFT berukuran 2.36 inci beresolusi QVGA (320 x 240 piksel) dengan kedalaman 262k warna. Layar terlihat jernih saat digunakan didalam ruangan, saat digunakan diluar ruangan layar terlihat agak sedkit gelap namun tetap dapat dilihat.




Pada bagian atas layar terdapat lubang suara dan logo Nokia.




Pada bagian bawah layar terdapat tombol penggunaan handphone seperti D-pad 5 arah, pada sisi kiri D-pad terdapat tombol menu, tombol konteks, dan tombol pembuat panggilan. Pada sisi kanan D-pad terdapat tombol akses pintas ke menu pemutar musik, tombol back, dan tombol pemutus panggilan yang berfungsi ganda sebagai tombol power/tombol profile.




Saat anda membuka sliding, maka keyboard QWERTY 4 baris akan muncul dari balik sliding.Tombol keyboard terbuat dari bahan plastik dan terasa empuk saat ditekan, saat kami mencoba mengetik SMS secara cepat, terdapat kesalahan pengetikan pada beberapa huruf, ini dikarenakan tidak terdapat jarak antar tombol satu dengan tombol lainnya. Namun ini tidak akan menjadi masalah bila anda sudah terbiasa menggunakannya.




Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Nokia X5.






 

Tampilan Antar-Muka Symbian 9.3


Nokia X5 menggunakan OS Symbian 9.3 dengan tampilan S60 versi 3.2, tampilan ini banyak digunakan pada beberapa handphone Nokia lainnya. Terdapat 5 tampilan home screen yang dapat anda gunakan seperti ikon horizontal,  active, basic, ikon vertikal, dan kontak bar. Jika anda tidak suka dengan layar active standby anda dapat memilih tampilan basic yang terlihat polos dan tidak terdapat apapun pada layar home screen kecuali status handphone.






Untuk masalah tampilan menu, Nokia menyediakan 4 pilihan tampilan seperti grid, list, tapal kuda, dan tampilan menu seperti huruf V. Prosesor ARM 11 600 MHz sanggup melakukan perpindahan dari menu satu ke menu lainnya secara cepat dan melakukan multitasking beberapa aplikasi sekaligus tanpa terdapat jeda yang berarti.


Nokia X5 Review Gallery


Phonebook


Sebagai handphone Symbian, Nokia X5 tidak memiliki batasan dalam menyimpan phonebook kecuali jika anda kehabisan memory internal. Phonebook dilengkapi dengan detil kontak seperti telepon rumah, handphone, fax, alamat kantor, email, alamat perusahaan, nada dering personal, dan foto personal.


Nokia X5 Review Gallery


Anda dapat melakukan sinkronasi kontak yang terdapat pada aplikasi Facebook Nokia X5 dan melakukukan back up ke PC kontak menggunakan Nokia OVI PC Suite.


Fitur Pesan


Nokia X5 dapat digunakan untuk mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, IM, dan Email. SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat memasukan konten multimedia (foto, gambar, video, cuplikan suara) pada SMS.




Untuk IM, tersedia pilihan IM yang dapat anda gunakan seperti Gtalk, YM, MSN, dan OVI. Aplikasi chat dapat diminimize dan jika terdapat chat masuk namun anda tidak sedang membuka aplikasi chat, anda tetap akan dapat menerima notifikasi chat masuk seperti dering chat dan notifikasi pada layar home screen.


Nokia X5 Review Gallery


Untuk email, tersedia beberapa pilihan akun email seperti Yahoo Mail,  Gmail, Windows Live Mail, OVI Mail. Jika anda tidak memiliki akun email yang telah kami sebutkan, anda tetap dapat menggunakannya namun anda harus melakukan setting secara manual. Nokia X5 sudah mendukung SMTP, IMAP4, POP3 untuk bertukar email. Jika terdapat email masuk akan terdapat notifikasi pada home screen. Anda dapat mendownload atau mengirimkan email dengan attachment office karena sudah tersedia aplikasi untuk membuka dokumen office pada Nokia X5.


Nokia X5 Review Gallery


Sebagai informasi, anda dapat menggunakan fungsi copy, cut, dan paste dengan cara memblok teks dengan cara menekan tombol shift dan D-pad untuk mengarahkan teks yang anda anda copy.



Pemutar Musik


Untuk urusan pemutar musik, Nokia X5 dapat memainkan lagu berformat MP3, WMA, WAV, dan AAC. Pemutar musik akan secara otomatis mengelompokan algu berdasarkan penyanyi, album, jenis musik, dan pengarang lagu.


Nokia X5 Review Gallery


Nokia X5 juga dilengkapi dengan PlaylistDJ, ini berguna untuk mendengarkan lagu berdasarkan “mood” yang sedang anda rasakan. Jika anda malas mencari lagu, anda dapat menggunakan fitur “Music Search” untuk mencari lagu yang anda inginkan dengan cara menyebutkan judul lagu yang anda inginkan.






Untuk mengetahui informasi mengenai lagu yang anda inginkan, terdapat aplikasi Shazam yang fungsinya seperti TrackID pada handphone Sony Ericsson. Untuk mendownload lagu-lagu baru, anda dapat mengunjungi OVI Store langsung dari Nokia X5 anda.



Kualitas Audio


Nokia X5 dilengkapi dengan dua buah speaker yang terdapat pada bagian bawah handphone. Suara speaker terdengar keras dan kencang, sayang suara speaker terdengar agak sedikit pecah saat digeber pada tingkat volume tertinggi. Terdapat beberapa pilihan EQ seperti bass booster, klasik, jazz, pop, rock pada pemutar musik. Untuk mendengarkan lagu dengan kualitas yang maksimal anda dapat menggunakan efek stereo widening atau mendengarkan lagu menggunakan headset favorit anda karena sudah terdapat jack audio standar 3.5mm pada Nokia X5.




Radio FM Dengan Dukungan RDS


Nokia X5 dilengkapi dengan Radio FM dengan dukungan RDS dan Internet Radio. Untuk mendengarkan siaran Radio FM pada Nokia X5 anda harus mencolokan headset terlebih dahulu. Setelah itu barulah anda dapat mendengarkan siaran Radio FM kesayangan anda melalui loudspeaker.




Untuk mendengarkan Radio Internet anda dapat menggunakan koneksi GPRS atau Wi-Fi. Anda dapat mendengarkan siaran Radio dari hampir semua negara di dunia.


Nokia X5 Review Gallery


Pemutar Video


Pemutar video Nokia X5 dapat memainkan video berformat MP4, H.264, dan H.263. Untuk menonton video anda dapat mengaksesnya dari galeri atau Real Player untuk kenyamanan menonton video.

Kamera


Nokia X5 dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash LED. Terdapat beberapa fitur kamera yang bisa anda gunakan seperti Scene mode, flash mode, zoom-in/out, self timer, sequence mode. Kamera Nokia X5 tidak dilengkapi dengan fitur autofokus sehingga jika anda mengambil foto objek pada jarak dekat foto akan terlihat tidak fokus. Saat digunakan untuk mengambil foto pada jarak jauh foto terlihat bagus.


Nokia X5 Review Gallery


Perekam Video


Kamera milik Nokia X5 dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi VGA dengan kecepatan 15 frame perdetik dan hasilnya akan disimpan dalam format MP4. Saat kami ujicoba untuk merekam video dari YouTube, hasil rekaman video terlihat cukup baik.



Kustomisasi


Untuk melakukan kustomisasi pada  Nokia X5, anda dapat menggunakan tema yang sudah terdapat pada Nokia X5. Jika pilihan tema bawaan yang terdapat pada handphone terlihat kurang menarik, anda dapat mendownloadnya di internet dengan mudah dan gratis.




Galeri


Galeri foto dan video terletak menjadi satu galeri, galeri foto dan video Nokia X5 terlihat seperti galeri foto dan video milik Nokia N-Series. Foto yang anda ambil menggunakan Nokia X5 akan secara otomatis dikelompokan berdasarkan tanggal pengambilan foto. Anda dapat berbagi foto menggunakan media online seperti Flickr, OVI, dan VOX. Selain itu juga terdapat beberapa pilihan lainnya seperti Email, SMS, dan Bluetooth untuk mengirimkan foto.


Nokia X5 Review Gallery


Galeri Nokia X5 sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengedit foto dan slide show.

Konektivitas


Nokia X5 berjalan pada jaringan Jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz dan HSDPA/WCDMA 850/1900/2100 Mhz. Untuk konektivitas lokal anda dapat menggunakan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP serta EDR dan Wi-Fi. Untuk melakukan sinkronasi atau pertukaran data dengan PC anda, terdapat port microUSB. Card reader dapat anda gunakan untuk memindahkan data dari microSD ke PC anda.


Browser


Untuk menjelajah dunia maya, tersedia pilihan konektivitas seperti GPRS/EDGE/HSDPA atau Wi-Fi. Nokia X5 dilengkapi dengan browser yang dapat membuka halaman web dengan format HTML yang mana sudah dilengkapi dengan dukungan flash lite versi 3.0 yang memungkinkan anda untuk menonton video YouTube langsung dari browser. Browser Nokia X5 terasa cepat saat digunakan untuk membuka halaman web baik menggunakan konekitivitas Wi-Fi atau konektivitas HSDPA.


Nokia X5 Review Gallery


Browser dilengkapi dengan beberapa fitur standar seperti mini-map, fitur untuk mencari teks, menyimpan gambar, dan mengirimkan URL ke teman anda menggunakan SMS, Email, Bluetooth, dan OVI.


Organiser


Fitur-fitur organiser yang terdapat pada handphone berbasis Symbian terbaru dari Nokia ini tergolong lengkap seperti adanya kalendar, kalkulator, alarm, konverter, kamus, notes, active notes, serta pembaca pesan.

Aplikasi YouTube dan Jaringan Sosial


Walaupun browser Nokia X5 sudah mendukung flash dan dapat memainkan video YouTube, namun Nokia tetap membenamkan aplikasi YouTube pada Nokia X5. Aplikasi Youtube memiliki tampilan yang lebih mudah digunakan daripada anda mengakses video YouTube dari situsnya secara langsung.




Untuk aplikasi jaringan sosial, Nokia X5 dilengkapi dengan aplikasi Facebook yang dapat anda gunakan untuk melihat update status teman-teman anda, mengupload foto, update status, melihat foto anda, dll. Sayangnya tidak terdapat pilihan untuk dapat melihat update status dari layar home screen seperti pada Nokia C3.


Nokia X5 Review Gallery


Game


Terdapat 4 game Java bawaan pada handphone ini yaitu Pac-Man, Get Tower, California Gold Rush, Dance Faboulous. Game Snake yang biasanya menjadi ciri khas handphone Nokia kini absen pada Nokia X5.


Nokia X5 Review Gallery


Daya Tahan Batery

Untuk urusan data tahan batery, Nokia melengkapi Nokia X5 dengan batery Li-Ion BL-5F 950 mAh yang sanggup bertahan dalam kedaaan standby hingga 400 jam pada jaringan 2G dan 400 jam pada jaringan 3G. Saat digunakan untuk bicara, batery dapat bertahan hingga 5 jam pada jaringan 2G dan 3 jam 30 menit pada jaringan 3G. Untuk memutar musik, batery dapat bertahan hingga 30 jam secara nonstop.


Kata Penutup


Desain unik serta konektivitas dan fitur-fitur yang lengkap membuat kami terkesan dengan Nokia X5, harga yang terjangkau menjadi daya tarik handphone Nokia terbaru ini.

Fitur dan Penggunaan Standar HP

Facebook (Aplikasi Facebook)


Upload foto : Ya, Langsung dari hasil foto kamera, aplikasi FB dan media galery
Update status : Ya, dari Aplikasi dan browser
Koment : Ya, dari Aplikasi dan browser


Twitter


Upload foto : Tidak
Update status : Ya, dari browser
Reply : Ya, dari browser
Retweet : Ya, dari browser
DM : Ya, dari browser


Kamera


Resolusi : 5 megapixel Full Focus
Keadaan gelap : Terang
Flash : Ya, LED
Autofokus : Tidak
Zoom : 4x digital
Fitur : Scene mode, flash mode, zoom-in/out, self timer, sequence mode


Video kamera


Resolusi : VGA (640 x 480 pixel)
Keadaan gelap : Cukup baik
Flash : Ya
Fps : 15
Fitur : Panorama mode, scene mode, flash, white balance colour tone
Format File : mp4 (default), .3gpp (H.263)


Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis


GPS

Kompass Digital : Tidak
Peta bawaan : Tidak


Browser

Dukungan HTML : XHTML WAP 2.0 (HTTP/TCP/IP)
Flash Player : Ya, versi 3.0
Performa : Cukup cepat
Dukungan banyak jendela : Tidak, hanya 1 tab


Layar


Resolusi : Layar TFT landscape 2.36 inci dengan kedalaman 262k warna beresolusi 320 x 240 pixel (QVGA)
Dibawah matahari : Cukup Baik


OS


Type apa : Symbian OS v9.3, S60 3rd Edition rilis 3.2.3
Upgrade OS : FOTA (Firmware update Over The Air)


Keyboard


Type : QWRTY keyboard
Tombol kualitas : Karet
Tombol penekanan : Empuk


Office


Aplikasi bawaan : Ada, aplikasi pembuka dokumen Excel, Word, Powerpoint.


Media & Multimedia

Pemutar musik untuk mp3, AAC, eAAC+, dan WMA
Galery foto video : Ada, seperti tampilan galeri Nokia N-Series
Fungsi share : Ovi Share, Flickr, Vox, Email, MMS, atau Bluetooth
Aplikasi : Shazam untuk mengenali lagu yang tidak dikenali, Surprise me! untuk memainkan lagu secara acak, Playlist DJ untuk menyesuaikan daftar putar dengan mood


Wi-Fi


Shortcut on/off : Ada, pada layar active standby
Sinyal : Stabil


Jaringan


Dukungan 3G : HSDPA/WCDMA 850/1900/2100  
Band : Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
Kecepatan : HSDPA (Download) hingga 10.2 mbps, HSUPA (uplink) 2 mbps

Bluetooth

Versi : Bluetooth vesri 2.1 dengan dukungan A2DP dan EDR


Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : SMTP, IMAP4, POP3
Fitur lain : Olahpesan audio Nokia Xpress, Nokia Messaging 2.0 (Email & Chat)
Attachment email : file gambar, musik, dokumen, dan video


Baterai


Daya tahan (Standby): 400 jam (2G) / 400 jam (3G)
Waktu bicara : 9 jam (2G) / 3 jam 30 menit (3G)
Pengoperasian untuk memainkan musik : 30 jam
Type baterai dan kapasitas : Li-Ion BL-5F 950 mAh


Streaming


Audio : Ya, internet radio
Video : Ya, aplikasi Youtube

Aplikasi

Dukungan format : Java, SIS
Market app / Tempat Download : OVI
Daftar Aplikasi :

  • Nokia Messaging 2.0 untuk email dan chat
  • Ovi Suite 2.0/2.1 untuk menyinkron dengan komputer
  • Ovi Contacts 2.0 untuk mencadangkan kontak dan bersosialisasi
  • Dukungan Ovi Store di ponsel untuk mendapatkan aplikasi lainnya
  • Akun email gratis Ovi Mail dengan penyimpanan 1 GB
  • Facebook
  • Myspace
  • Hi5
  • Shazam
  • Surprise me! untuk memainkan lagu secara acak
  • Playlist DJ untuk menyesuaikan daftar putar dengan mood
  • Message Box untuk mendengarkan pesan yang belum dibaca
  • Informasi kontak terperinci
  • Kalender
  • Daftar agenda
  • Catatan
  • Perekam
  • Kalkulator
  • Jam
  • Konverter


Notifikasi


SMS : Ya, bunyi, notifikasi pada homescreen
Email : Ya, bunyi, notifikasi pada homescreen
Chatting : Ya, notifikasi pada homescreen
Facebook : Tidak
Twitter : Tidak


Nada dering


Format : MP3, WMA, WAV, eAAC+
Mp3 sebagai ringtone : Ya, melalui profile dan pemutar musik
MP3 sebagai sms : Ya, melalui profile
MP3 sebagai email : Ya, melalui profile


Profile


Pengaturan profile shortcut atau biasa : Akses pintas menggunakan tombol power/tombol pemutus panggilan
Type : General, Silent, meeting, outdoor, pager, offline


Startup


Waktu startup : 30 detik


Games


Bawaan :  Pac-Man, Get Tower, California Gold Rush, Dance Faboulous
Download format game : Java, SIS
Tempat download : OVI Store


Background


Format gambar : Jpeg, GIF
Ukuran : 320 x 240 pixel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui media galeri


Navigasi


Touchscreen : Tidak
Lainnya : D-pad 5 arah
Penggunaan : mudah


Sinkronisasi Ke Komputer


Media : Kabel data microUSB, Bluetooth
Aplikasi : Nokia OVI PC Suite
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem/Sinkronasi Kontak


Memory

Internal : 200 MB
Dukungan kartu memory : MicroSD sampai dengan 32GB


Buku Telepon


Kapasitas: tidak terbatas
Data : Telepon rumah, Mobile, Fax, Alamat kantor, email, Alamat Perusahaan
Sinkronisasi : Dengan Nokia OVI PC Suite dan Facebook
Foto : Ya, dari Media Galery
Backup : SIM Card, Nokia OVI PC Suite
Aplikasi Backup Kontak : Nokia OVI PC Suite
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

HomeScreen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 1 home screen
Perpindahan : Mudah
Performa : Lancar
Dukungan Widget : tidak
Dukungan Shortcut : Ya
Personalisasi :

  • Layar depan yang dapat disesuaikan:
  • Tema
  • Ikon
  • Pintasan
  • Menu
  • Profil yang dapat disesuaikan
  • Nada dering: MP3, AAC, eAAC+, 64 suara polifonik, video
  • Tema : wallpaper, screensaver, nada dering, tema pra-instal, tema warna yang dapat diubah


Lain-lain


Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, harus menggunakan headset untuk mendengarkan Radio FM ((87,5-108 MHz/76-90 MHz), RDS)
Accelerometer : Ya
Alarm : Ya
Port charging : MicroUSB
Unlocked dan lock : Buka sliding handphone
Hot swap : Tidak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Offline Mode
USB : MicroUSB untuk data dan charging

Kassa9


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
29
24 Apr 2014
26
17 Apr 2014
97
11 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Zenfone 4
Bintang di Kelas Low End
29
Apr 24 2014
Asus Zenfone 6
Akan Datang
22
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
81
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
28
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.