TOP
REVIEWS
Review: Sony Ericsson M1i Aspen
Review Sony Ericsson M1i Aspen
Aug 30 2010 10:55AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
30
35382

Perkenalan

Handphone Sony Ericsson yang satu ini mengingatkan kami akan Sony Ericsson M600 yang pernah kami miliki beberapa tahun lalu. Kala itu, SE M600 adalah smartphone dengan penjualan yang cukup laris karena fitur-fiturnya sangat membantu dalam menjalankan aplikasi bisnis. Waktu itu SE M600 masih menggunakan OS Symbian, kali ini Sony Ericsson Aspen hadir dengan OS Windows 6.5 Profesional dan pastinya dilengkapi dengan aplikasi bisnis yang lebih lengkap dari SE M600. Sekarang mari kita lihat spesifikasi resmi Sony Ericsson Aspen.




Spesifikasi resmi :


-Jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-UMTS/HSPA 900/2100 MHz
-Keyboard QWERTY
-Layar sentuh TFT resistif berukuran 2.4 inci dengan kedalaman 65K warna beresolusi QVGA (320 x 240 pixel)
-Kamera beresolusi 3.15 megapixel dan perekaman video beresolusi VGA dengan kecepatan 15 frame perdetik
-RAM sebesar 256MB dan ROM sebesar 265MB
-Memory internal sebesar 100 MB
-Konektivitas Wi-Fi b/g dan Bluetooth versi 2.0 dengan dukungan A2DP
-GPS dengan dukungan A-GPS
-Jack audio standar 3.5mm
-Aplikasi pembuka dan pengedit dokumen office
-Material bahan pembuat handphone dari plastik yang ramah lingkungan
-Radio FM stereo dengan dukungan RDS
-Slot hot-swap microSD yang dapat diekspansi hingga 16GB

Kelebihan :

-Browser dengan dukungan flash
-Keyboard yang mudah untuk digunakan
-Panel XPERIA yang menarik
-Pemutar DivX dan XviD
-Bahan pembuat, Ramah Lingkungan
-Speaker dan suara yang berkualitas
-Aplikasi Office yang lengkap
 

Kelemahan :

-Layar sentuh kurang sensitif
-Tidak terdapat lampu flash pada kamera
-Tidak terdapat tombol shutter kamera
-Tidak terdapat video camera depan untuk Video Call
-Resolusi perekam video yang masih VGA
-Masih menggunakan Windows Mobile 6.5
-Kamera belum Autofokus



Sony Ericsson Aspen dibanderol dengan harga Rp.2.600.000. Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui fitur dan aplikasi yang terdapat didalam SE Aspen lebih detil lagi.

Kotak Penjualan Sony Ericsson Aspen


Kotak penjualan SE Aspen berukuran lebih besar dari kotak penjualan SE Hazel. Didalamnya terdapat aksesoris seperti batery, charger, kabel data microUSB, headset standar 3.5mm, sarung handphone, buku panduan manual penggunaan handphone, sertta kartu garansi selama 12 bulan.




Hardware


SE Aspen hadir dengan desain QWERTY dengan bahan material pembuat handphone yang terbuat dari bahan plastik ramah lingkungan. Guratan-guratan lurus pada body handphone dan paduan warna silver hitam pada SE Aspen membuatnya terkesan elegan namun desain SE Aspen terlihat agak kaku bila dibandingkan dengan desain saingannya seperti BlackBerry Gemini dan menurut kami ini membuatnya menjadi terlihat kurang menarik.




Pada bagian atas layar terdapat lubang suara dan logo Sony Ericsson.




SE Aspen menggunakan layar sentuh TFT resistif berukuran 2.4 inci dengan kedalaman 65K warna beresolusi QVGA (320 x 240 pixel). Kedalaman warna terlihat kurang baik namun layar terasa dibaca saat kami gunakan diluar ruangan.




Untuk menginput teks anda dapat menggunakan keyboard QWERTY 4 baris untuk menginput teks. Walaupun tombol keyboard berukuran kecil dan tidak terdapat jarak antar tombol, tombol tetap terasa mudah saat digunakan untuk menginput teks saat ujicoba berlangsung.




Dibawah ini adalah foto-foto dimensi SE Aspen.









Tampilan Antar-Muka Windows Mobile 6.5.3


SE Aspen menggunakan OS Windows Mobile versi 6.5.3. Jika dibandingkan dengan handphone lainnya yang juga menggunakan OS yang sama dengan SE Aspen, maka anda akan melihat perbedaan yang cukup banyak pada handphone GreenHeart yang satu ini seperti adanya tampilan XPERIA Panel pada SE Aspen. Terdapat 6 panel bawaan pada SE Aspen seperti 2 buah panel SPB Mobile Shell, panel Facebook, panel Windows, dan panel Skype yang dapat anda jadikan sebagai homescreen.


Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery


Pada Panel SPB Mobile Shell anda dapat melakukan kustomisasi menu widget pada homescreen sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat menambahkan widget dengan metode drag dan drop menggunakan layar sentuh milik SE Aspen.




Sebagai informasi, anda dapat mengganti panel yang terdapat pada SE Aspen dengan menggunakan pengaturan waktu pada setiap panel, ini memudahkan penggantian panel. Dibawah ini adalah tampilan menu SE Aspen.




Phonebook


Sebagai sebauah smartphone, SE Aspen memiliki memory penyimpanan kontak tidak terbatas. Ukuran huruf pada phonebook juga terlihat besar sehingga kontak pada phonebook mudah untuk dibaca. Beberapa opsi sinkronasi kontak seperti sinkronasi kontak dengan kontak Facebook dan Outlook dapat anda gunakan pada SE Aspen.




Untuk menambahkan kontak baru secara cepat pada SE Aspen, anda dapat menambahkan kontak melalui homecsreen agar memudahkan anda untuk menambahkan kontak.





Pesan


SMS, MMS, IM, dan Email dapat anda kirimkan dengan mudah menggunakan handphone dengan OS Windows Mobile ini. SMS, MMS, serta Email sudah dilengkapi dengan fitur ”Spell Check” untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pengetikan pada pesan.




Untuk melakukan chating, tersedia aplikasi MSN Messenger yang berguna untuk chating ke sesama akun MSN milik teman atau rekan anda. Dari aplikasi ini anda juga dapat mengirimkan email ke kontak IM yang anda miliki.





Untuk mengirimkan serta menerima email, anda harus terlebih dahulu melakukan pengaturan email dengan cara memasukan alamat email dan password email anda. Setelah itu anda baru dapat menerima dan berkirim email menggunakan SE Aspen. SE Aspen memungkinkan anda untuk menerima dan berikirim email yang disertai dengan attachment dokumen office karena sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk membuka dan mengedit dokumen office.



Multimedia


Galeri foto tampil dengan tampilan yang terlihat memikat mata. Foto yang terdapat pada memory handphone atau microSD akan dipisahkan berdasarkan tanggal pengambilan foto. Untuk melihat foto dengan mode layar penuh, anda dapat mengetuk ikon thumbnail pada galeri. Setelah foto tampil dengan dengan mode layar penuh, anda dapat melakukan zoom-in/out pada foto, melakukan rotasi pada foto, dan melihat foto sebelum atau selanjutnya dengan cara menggesernya ke arah kiri atau kanan menggunakan layar sentuh SE Aspen.


Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery


Pemutar musik SE Aspen terlihat tampil dengan tampilan yang terlihat sederhana berbeda dengan galeri foto. Pemutar musik akan secara otomatis mengelompokan lagu berdasarkan penyanyi, judul lagu, dan album. Tidak terdapat pilihan EQ pada SE Aspen namun kualitas suara speaker terdengar bagus saat kami ujicoba. SE Aspen dapat digunakan untuk memutar lagu dengan format MP3, eAAC+, WAV, dan WMA player. Jack audio standar 3.5mm siap untuk digunakan jika anda ingin mendengarkan audio dengan kualitas prima.




Untuk melihat lagu berdasarkan penyanyi, judul lagu, dan album anda dapat menggeser folder yang terdapat pada bagian atas pemutar musik, ini dinamakan slide view pada OS Windows Mobile. Untuk mencari lagu, anda dapat mengetik judul lagu yang anda inginkan dan kemudian lagu akan tampil pada layar.




Radio FM


Untuk mendengarkan siaran Radio FM anda harus mencolokan headset terlebih dahulu pada SE Aspen. Setelah itu barulah anda dapat mendengarkan siaran Radio FM kesayangan anda melalui loudspeaker.




Untuk mencari informasi mengenai lagu yang anda inginkan, tersedia trackID yang sangat membantu dalam mencari informasi mengenai lagu yang anda inginkan.




Pemutar Video


Pemutar video SE Aspen dapat memutar video dengan format yang yang sangat lengkap seperti MP4, H.264, H.263, WMV, serta DivX dan XviD. Saat video diputar, tombol media akan tampil pada video dan dapat anda gunakan untuk mempercepat atau mengulang video.



Kamera


SE Aspen dilengkapi dengan kamera beresolusi 3.15 megapixel dengan fixed fokus. Tidak terdapat lampu flash LED pada SE Aspen ini menyebabkan foto dimalam hari terlihat buruk. Pengaturan kamera tidak terlalu banyak, kami mencatat hanya terdapat 3 pengaturan kamera seperti twilight mode, self-timer, dan geotagging. Kamera dapat melakukan zoom-in/-out digital sampai dengan 4x.




Dibawah ini adalah hasil foto kamear SE Aspen, hasil foto terlihat kurang detil dan kurang kaya akan warna. Hasil foto dalam jarak dekat terlihat kurang baik karena tidak terdapat autofokus dan makro mode.


Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery


Perekam Video


Hasil perekam video SE Aspen tidak lebih baik dari hasil foto SE Aspen, terdapat beberapa pilihan pengaturan perekaman video seperti twilight mode, resolusi video, dan pilihan menggunakan suara atau tidak saat merekam video.


Konektivitas


SE Aspen berjalan pada jaringan Jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz dan UMTS/HSPA 900/2100 Mhz. Untuk konektivitas lokal anda dapat menggunakan Bluetooth versi 2.0 dengan dukungan A2DP dan Wi-Fi. Untuk melakukan sinkronasi atau pertukaran data dengan PC anda, terdapat port microUSB. Card reader dapat anda gunakan untuk memindahkan data dari microSD ke PC anda.




Browser


Untuk menjelajah dunia maya, browser bawaan Internet Explorer Mobile 6 siap digunakan untuk mengantarkan anda mencari sumber informasi yang anda butuhkan. Browser sudah dilengkapi dengan dukungan flash sehingga anda dapat membuka kontent flash pada browser. Untuk melakukan zoom-in/out anda dapat menekan tombol virtual yang terdapat pada sisi kanan bawah layar, setelah menekan tombol maka akan tampiln pilihan untuk melakukan zoom-in/out pada layar. Selain menggunakan tombol virtual, untuk melakukan zoom-in/out anda juga dapat mengetuk layar sebanyak 2x secara cepat.




SE Aspen menggunakan flash lite versi 3.1 yang sudah dapat digunakan untuk membukan video dari situs Youtube saat kami ujicoba.



Organiser


Fitur-fitur organiser pada handphone Windows Mobile ini terasa lengkap, mulai dari kalendar yang dapat disinkronasikan dengan MS Outlook, To-List, Notes, perekam suara, kalkulator, dan alarm.


Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery


Aplikasi Pembuka dan Pengedit Dokumen Office


Untuk membuka dan mengedit dokumen office, anda dapat menggunakan aplikasi Office Mobile yang didalamnya sudah terdapat aplikasi untuk membuka dan mengedit dokumen office seperti word, power point, dan excel. Selain itu juga terdapat aplikasi Adobe Reader LE untuk membuka dokumen PDF anda.


Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery

Game


SE Aspen dilengkapi dengan 3 buah game bawaan seperti EcoMate, Experiment, dan Solitaire.


Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery


Windows MarketPlace


Ini adalah tempat untuk mendownload aplikasi bagi handphone dengan OS Windows Mobile, fungsinya sama seperti Android Market, yaitu untuk mendownload aplikasi, game, serta tema untuk handphone Windows Mobile.




Aplikasi Bawaan


Terdapat beberapa aplikasi bawaan didalam SE Aspen seperti aplikasi Yotube yang berguna untuk menonton video dari YouTube, F-Secure Mobile Security yang berguna sebagai anti-virus, Universal Search sebagai mesin pencari universal untuk mencari seluruh file didalam handphone, Bing sebagai mesin pencari website seperti Google, dan Skype.

Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery


Jaringan Sosial


Untuk mengupload foto anda dapat menggunakan Facebook panel, Facebook panel dapat anda gunakan untuk update status, melihat news feed, inbox, foto, upload foto, dll.


Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery

GPS

Terdapat tiga maps bawaan pada SE Aspen ini seperti Gokivo for Windows Mobile, Bing Maps, dan Google Maps. Ketiga nya dapat anda gunakan untuk mencari dan memandu anda ketempat tujuan yang anda inginkan.

Sony Ericsson M1i Aspen Review Gallery



Untuk mempercepat penguncian GPS anda dapat menggunakan aplikasi Fast GPS yang berguna untuk mendownload data GPS agar GPS dapat bekerja lebih cepat.





Daya Tahan Batery


SE Aspen menggunakan Lithium-ion 1500 mAH yang dapat bertahan hinga 450 jam untuk siaga pada jaringan 2G dan 600 jam pada jaringan 3G. Saat digunakan untuk bicara batery dapat bertahan hungga 10 jam dalam jaringan 2G dan 8 jam dalam jaringan 3G.

Kata Penutup

SE Aspen cocok untuk keperluan bisnis dengan aplikasi office mobile yang lengkap. Sayang masih menggunakan OS Windows Mobile 6.5.


Fitur dan Penggunaan Standar Handphone

Facebook (Facebook Panel)


Upload foto : Ya, Langsung dari hasil foto kamera dan media galery
Update status : Ya, dari Aplikasi dan browser
Koment : Ya, dari Aplikasi dan browser


Twitter

Upload foto : -
Update status : Ya, dari browser
Reply : Ya, dari browser
Retweet : Ya, dari browser


Kamera

Resolusi : 3.15 megapixel, fixed fokus, geotagging
Keadaan gelap : Cukup baik
Flash : Tidak
Fitur : Fixed fokus, twilight mode, self timer, geotagging, zoom-in/out, pengaturan EV


Video kamera

Resolusi : VGA (640 x 480 pixel)
Keadaan gelap : Kurang baik
Flash : Tidak 
Fitur : Twilight mode, resolusi video, mute/tidak


Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis


GPS

Type : A-GPS
Kompass Digital : -
Peta bawaan : Google Maps, Bing Maps, Gokivo


Browser

Dukungan HTML atau WAP saja : HTML
Flash Player : Ya
Performa : Tidak terlalu cepat
Dukungan banyak jendela : Tidak, hanya 1 tab


Layar

Resolusi : Layar sentuh TFT resistif berukuran 2.4 inci dengan kedalaman 65k warna beresolusi 320 x 240 pixel (QVGA) 
Dibawah matahari : Baik


OS

Type apa : Microsoft Windows Mobile 6.5.3 Professional 
Pemakaian : Agak sulit
 

Keyboard

Type : QWERTY keyboard
Tombol kualitas : Plastik
Tombol penekanan : Lembut


Office


Aplikasi bawaan : Ada, aplikasi Office Mobile untuk membuka dan mengedit dokumen Excel, Word, Powerpoint.
Penggunaan : Mudah


Aplikasi Bawaan

YouTube, F-Secure Mobile Security, Bing, Unversial Search, Google Maps, Skype. Facebook Panel


Media

Galery foto video : Ada, model slideshow
Penggunaan : Mudah 
Fungsi share : Email, MMS, atau Bluetooth


Wi-Fi

Shortcut on/off : Tidak ada
Kualitas : Baik


Jaringan

Dukungan 3G : HSPA/UMTS 900/2100 MHz
Band : Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz


Bluetooth


Versi : Bluetooth 2.0 dengan dukungan A2DP


Messaging


Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Pengunaan email : Mudah
Dukungan email : Push email


Baterai

Daya tahan (Standby): 450 jam (2G) / 600 jam (3G) 
Waktu bicara : 10 jam (2G) / 8 jam (3G) 
Type baterai dan kapasitas :  Lithium-ion 1500 mAH


Streaming

Audio : Tidak
Video : Ya, aplikasi Youtube


Aplikasi

Dukungan format : Windows Mobile, Java
Market app / Tempat Download : Windows Marketplace


Notifikasi

SMS : Ya, bunyi, notifikasi pada homescreen
Email : Ya, bunyi, notifikasi pada homescreen
Chatting : -
Facebook : -
Twitter : -


Nada dering


Format : MP3/eAAC+/WAV/WMA
Mp3 sebagai ringtone : Ya, melalui profile
MP3 sebagai sms : Ya, melalui profile
Mp3 sebagai email : Ya, melalui profile


Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Akses pintas pada bagian atas home screen
Type : Silent, on, vibrate


Startup

Waktu startup : 1 menit


Alarm

Alarm : Ya


Games

Bawaan :  Ecomate, Solitaire, Experiment 13
Format game : Windows Mobile, Java
Tempat download : Windows Marketplace


Background

Format gambar : Jpeg, bmp, gif
Ukuran : 320 x 240 pixel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui media galeri


Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya: D-pad
Penggunaan : mudah

Sinkronisasi Ke Komputer:

Data : Contact, Email, Calendar
Media : Kabel data microUSB, Bluetooth, Wi-Fi
Aplikasi HP : ActiveSync for Hotmail
Aplikasi PC : MS Outlook, Activesync/ Windows Mobile Device Center
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem/Sinkronasi Kontak


Memory

Internal : 100 MB
Dukungan kartu memory : MicroSD (hot-swap)
Sampai dengan : 16 GB


Buku Telepon

Kapasitas : tidak terbatas
Data : Telepon rumah, Mobile, Fax, Alamat kantor dan rumah, email,  Instant Messenger, Alamat Perusahaan
Sinkronisasi : Dengan activesync
Foto : Ya, dari Media Galery 
Backup : SIM Card, Activesync
Aplikasi Backup Kontak : -
Dukungan file backup : -


HomeScreen


Jumlah maximal : 1 home screen (6 XPERIA Panel)
Perpindahan : Mudah
Performa : Lancar
Dukungan Widget : No
Dukungan Shortcut : Ya


Lain-lain


Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada
Accelerometer : Tidak
Port charging : MicroUSB
Unlocked dan lock : menekan tombol bagian atas handphone (tombol power)
Hot swap : Ada 
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Flight mode

Kassa9


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
5
21 Aug 2014
12
19 Aug 2014
42
19 Aug 2014
8
19 Aug 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Sony Xperia T3
Akan Datang
8
Aug 19 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
23
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
51
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
29
Jun 27 2014
OPPO Yoyo
Mengayun di Kelas Mid-end
18
Jun 20 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.