TOP
REVIEWS
Review: Mito 303
Review Mito 303
Jun 29 2010 2:30PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
6.0
36
37019

Perkenalan

Merek ponsel lokal saat ini semakin banyak saja jumlahnya di Indonesia, namun tidak semua merek dapat dikatakan sukses, hanya segelintir nama yang terbilang sukses dipasaran Indonesia, termasuk Mito. Mito memang tidak se-eksis Nexian atau HT Mobile dalam mengeluarkan handphone, namun bukan berarti Mito kalah saing dengan kedua merek tesebut. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat Mito mengeluarkan dua jagoan barunya bulan ini, yaitu Mito 303 dan Mito 8600. Namun yang akan kami bahas terlebih dahulu kali ini adalah Mito 303. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Mito 303.




Spesifikasi resmi :


-Dual On GSM 900/1800MHz
-Layar LCD TFT 262k warna berukuran 2.0 inci
-Dual kamera beresolusi VGA
-Radio FM
-GPRS
-MP3/Mp4 player
-Jack audio standar 3.5mm
-Casing metal
-Aplikasi chating bawaan
-Bluetooth
-Slot eksternal microSD
-Speaker bersuara besar
-Dukungan Java

Kelebihan :

-Pemutar musik dengan suara bagus

Kelemahan :


-Masih mengandalkan kamera beresolusi VGA
-Tidak terdapat tombol shutter kamera
-Tidak terdapat tombol volume




Untuk mengetahui fitur-fitur yang terdapat didalam Mito 303 lebih detil, bukalah halaman selanjutnya.

Kotak Penjualan Mito 303


Kotak penjualan Mito 303 berbentuk persegi panjang dan terdapat gambar “Master Limbad” yang sedang menggunakan Mito 303. Didalam kotak penjualan Mito 303 terdapat beberapa aksesoris standar seperti batery, kabel data miniUSB, jack audio standar 3.5mm,charger, buku panduan manual penggunaan handphone, dan kartu garansi.



Dimensi  


Mito 303  hadir dengan dimensi 57mm x 110mm x 14mm dan berat 140 gram termasuk kartu SIM, microSD, dan batery. Mito 303 dikeluarkan dalam dua pilihan warna, yaitu coklat dan silver.



Desain Sedikit Meniru Nokia E72


Jika dilihat sekilas, anda pasti tidak akan memperhatikan bahwa Mito 303 sebenarnya sedikit meniru desain Nokia E72, namun untungnya Mito 303 tidak meniru desain Nokia E72 secara keseluruhan. Hanya pada beberapa bagian saja yang ditirunya seperti pada tombol penggunaan handphone. List berwarna sliver yang melingkari layar membuatnya semakin terkesan elegan ditunjang lagi dengan penggunaan bahan metal yang membuatnya terasa kokoh saat digenggam.




Untuk urusan layar, Mito 303 menggunakan layar TFT dengan kedalaman warna 262k warna dengan ukuran layar 2 inci. Untuk urusan grafik, layar Mito 303 memang memiliki kekurangan, layar terlihat kurang jernih namun tetap dapat digunakan dengan baik.




Diatas layar terdapat logo Mito, lubang suara, dan kamera beresolusi VGA yang berfungsi untuk memotret dan melakukan video chat.




Untuk urusan navigasi dan penggunaan handphone, terdapat D-pad 5 arah berbentuk bulan dengan aksen warna silver. Desain tombol penggunaan milik Mito 303 terlihat seperti desain tombol milik Nokia E72. Pada sisi kiri D-pad terdapat tombol menu, tombol pembuat panggilan, tombol akses pintas menu, dan tombol akses pintas ke menu kalendar. Pada sisi kanan D-pad terdapat tombol back, tombol pemutus panggilan yang berfungsi sebagai tombol power, tombol akses pintas ke menu phonebook, serta tombol akses pintas ke menu pesan.




Untuk berkirim pesan singkat, keyboard QWERTY Mito 303 siap untuk anda gunakan. Saat tombol keyboard kami ujicoba, tombol terasa keras saat ditekan dan in menyulitkan ketika akan digunakan untuk mengetik secara cepat. Desain tombol yang tidak memiliki jarak semakin mempersulit ruang gerak jari, apalagi jika jari anda berukuran diatas rata-rata.




Pada sisi kiri Mito 303 tidak terdapat port atau tombol apapun alias polos.




Pada bagian bawah terdapat banyak sekali port seperti port miniUSB yang berfungsi sebagai port USB dan port charger, lubang charger yang dapat anda gunakan dengan charger Nokia, lubang mikrofone, serta lubang gantungan tali handphone.




Pada sisi kanan hanya terdapat lubang jack audio standar 3.5mm.




Pada bagian atas tidak terdapat tombol atau port apaun sama sepeti bagian kiri handphone.




Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi VGA serta speaker handphone yang dihiasi dengan list berbentuk bulat.


Tampilan Antar-Muka dan Penggunaan Handphone


Tidak dapat dipungkiri, penggunaan handphone yang mudah salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu handphone dan inilah yang dialami Nokia selama bertahun-tahun. Melihat faktor penggunaan turut ikut ambil bagian dalam kesuksesan suatu handphone wajar kiranya jika Mito 303 meniru tampilan antar-muka Nokia E71. Pada home screen selain terdapat status handphone, terdapat pula layar active standby yang mana terdapat pada Nokia E71. Layar active standby berguna sebagai akses pintas ke menu favorit anda.




Untuk masuk ke menu, anda dapat menekan tombol berbentuk rumah yang terdapat pada sisi kiri D-pad. Menu ditampilkan dengan susunan ikon 3 x 4.




Mengirimkan Pesan


HT G12 dapat mengirimkan pesan seperti SMS dan MMS. SMS dan MMS memiliki editor yang terpisah, untuk mengirimkan SMS anda harus menggunakan editor SMS dan begitupula dengan MMS. SMS dibatasi jumlah karakternya hanya sampai dengan 160 karakter saja. Untuk membaca SMS dengan karakter panjang sepertinya anda harus melakukan scrolling berkali-kali karena layar Mito 303 hanya dapat menampilkan SMS maksimal 4 baris teks.





Belum terdapat folder untuk menyimpan pesan terkirim pada SMS dan MMS.




Aplikasi Chatting

Mito 303 dilengkapi dengan aplikasi chating bawaan seperti MSN, saat kami ujicoba aplikasi chatting MSN yang terdapat pada Mito 303 dapat berjalan dengan baik. Aplikasi chat MSN hanya dapat digunakan dengan menggunakan akun MSN anda saja dan sebagai informasi aplikasi chat MSN hanya dapat digunakan untuk chat sesama akun MSN dan tidak dapat digunakan untuk melakukan chat ke IM lain seperti chatting menggunakan PC anda.




Lantunan Lagu Bersuara Merdu


Untuk urusan musik, Mito 303 jagonya. Bagaimana tidak speaker yang digunakan untuk melantunkan lagu pada bagian belakang sengaja didesain layaknya speaker Hi-Fi. Saat kami ujicoba suara speaker Mito 303 terdengar bagus dan merdu. Beberapa lagu up beat kami mainkan pada pemutar musik, seperti lagu yang dibawakan oleh Pussy Cat Dolls berjudul Hush Hush dan lagu I Don't Know Why yang dibawakan oleh Moony. Suara lagu bass dan treble dari kedua lagu tersebut benar-benar terdengar ”keluar”.




Untuk mengetes speaker Mito 303, kami melakukan ujicoba sekali lagi dengan melantukan lagu berjenis jazz berjudul That's What Friend Are For, ternyata lagu ini dapat dibawakan dengan baik oleh speaker Mito 303. Terdapat beberapa pilihan EQ pada pemutar musik seperti klasik, treble, bass, dance, dan normal.


Phonebook, Cukup Banyak


Untuk menyimpan kontak, anda tidak perlu cemas, Mito 303 menyediakan 500 entry phonebook. Untuk memasukan phonebook anda dapat memasukan nama dan kemudian diikuti dengan nomor pemilik kontak. Phonebook Mito 303 juga dilengkapi dengan detil kontak seperti tanggal ulang tahun, nada dering personal, gambar, grup kontak, dan nada dering personal. Sayangnya gambar dan nada dering personal tidak dapat dikustomisasi dengan foto dan nada dering yang terdapat pada microSD.




Dual Kamera Beresolusi VGA dan Perekam


Untuk mengabadikan moment, anda dapat menggunakan kamera depan atau kamera belakang milik Mito 303 yang kedua-duanya beresolusi VGA yang dapat menghasilkan foto beresolusi maksimal 640 x 480 pixel. Dibawah ini adalah hasil foto kamera belakang dan kamera depan Mito 303. Kamera depan Mito 303 dapat digunakan pula untuk melakukan video chat namun kami tidak berhasil melakukannya karena jaringan yang tidak stabil.





Selain dapat digunakan untuk memotret, kamera depan dan belakang Mito 303 juga dapat digunakan untuk melakukan perekaman video. Resolusi video yang dihasilkan oleh kamera Mito 303 berukuran kecil dan kurang baik seperti hasil rekaman video dibawah ini.



Fitur Organizer


Untuk fitur organiser, handphone keluaran Mito memang tidak memiliki fitur organiser sebanyak handphone keluaran Nexian, namun fitur organiser yang terdapat didalam Mito 303 cukup membantu seperti adanya kalendar, To-Do, Alarm, dan World Clock.






Konektivitas


Mito 303 berjalan pada jariangan GSM 900/1800. Untuk konektivitas data, Mito 303 hanya dilengkapi dengan konektivitas GPRS. Untuk konektivitas lokal anda dapat menggunakan Bluetooth yang belum didukung dengan A2DP. Untuk memindahkan data dari handphone ke PC atau sebaliknya, anda dapat menggunakan kabel data atau card reader jika data terdapat pada microSD.




Radio FM Dilengkapi Dengan Perekam Suara


Untuk mendengarkan lagu, selain dari pemutar musik anda juga dapat mendengarkan lagu melalui siaran radio milik Mito 303. Anda tidak perlu mencolokan headset terlebih dahulu untuk mendengarkan Radio FM milik Mito 303 yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk merekam siaran radio terjadwal.




Browser


Untuk melakukan browsing, Mito 303 mengandalkan konektivitas GPRS saja. Saat kami ujicoba untuk membuka beberapa halaman wap, Mito 303 dapat membuka situs facebook dalam waktu 6 detik saja saat kami menggunakan operator IM3 yang mana ini tergolong cepat untuk sebuah handphone yang hanya mengandalkan konektivitas GPRS.




Galeri Foto


Untuk melihat gambar atau foto koleksi anda, anda dapat dapat melihatnya menggunakan galeri foto. Foto dapat anda lihat dengan tampilan layar penuh dan dengan mode landscape ataupun portrait. Anda juga dapat melihat foto sebelumnya dan foto selanjutnya dengan menekan D-pad arah atas dan bawah.




Terdapat dua tampilan galeri foto, yaitu grid dan list.


Game


Terdapat 5 buah game bawaan pada Mito 303 seperti Tetris, Stone, Puzzle Bobble, Puzzle, dan Copter.








Daya Tahan Batery


Mito 303 menggunakan batery bertipe Li-Ion dengan kapasitas 900 mAh yang sanggup bertahan hingga hampir 4 hari dalam kedaan standby dan 3 jam saat digunakan untuk bicara terus-menerus.


Kata Penutup


Desain Mito 303 terlihat elegan, apalagi handphone ini dibuat dari bahan stainless stell yang membuatnya terasa kokoh saat digenggam. Untuk masalah fitur, adanya dukungan Java membuatnya menjadi yang terbaik dikelasnya namun sayang Java pada Mito 303 belum mendukung multitasking.


Kassa9


Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Otterbox iPhone 5 Resurgence Case
Lakukan Pengisian Daya Tanpa Kabel
0
Dec 19 2014
Nodus iPhone 6 Access Case dengan Micro Suction
Case Ajaib untuk iPhone Anda dari Nodus
1
Dec 18 2014
Pelican iPhone 6 ProGear™ Voyager Case
Case multi-fungsi memberikan perlindungan ekstra pada iPhone 6 Anda
0
Dec 16 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
23
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014