TOP
REVIEWS
Review: Samsung GT-S5620 Monte
Review Samsung GT-S5620 Monte
Mar 30 2010 3:51PM
31
38551

Perkenalan

Belum genap setengah bulan semenjak peluncuran Samsung Corby Pop atau yang dikenal juga dengan nama Samsung Genoa, kali ini Samsung mengeluarkan handphone terbarunya lagi pada akhir bulan Maret ini. Desain Samsung S6520 Monte terlihat elegan serta tipis, handphone ini mengandalkan layar sentuh sebagai akses utama untuk menginput teks kedalam layar. Jika kami bandingkan dengan Samsung Corby Pop, kelas Monte memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap seperti adanya Wi-Fi, kamera beresolusi 3.2 megapixel, GPS dengan dukungan A-GPS, dll. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Samsung S6520 Monte.




Spesifikasi :

-Jaringan Quadband GSM 850/900/1800/1900 MHz, UMTS 900/2100, HSDPA 3.6Mbps
-Layar sentuh TFT 3 inci WQVGA (240 x 400 pixel)
-Tampilan Touchwiz
-Slot hot-swap microSD
-Kamera beresolusi 3.2 megapixel dan perekaman video beresolusi QVGA @15fps
-GPRS dan EDGE kelas 10
-Wi-Fi, GPS dengan dukungan A-GPS, Bluetooth versi 2.1 (A2DP)
-Akselerometer, jack audio standar 3.5mm
-Bluetooth versi 2.1 (A2DP)
-Radio FM dengan dukungan RDS
-DNSe (Digital Natural Sound Engine)
-Desain kompak
-Jaringan sosial yang terintegrasi (Facebook, My Space, Twitter, dll)

Kelemahan :

-Tidak dilengkapi dengan aplikasi pembuka dokumen office
-Kamera tidak dilengkapi dengan lampu flash
-Tidak terdapat bonus microSD didalam kotak penjualan




Samsung Monte dibanderol dengan harga Rp.2.400.000,- dan ini cukup mahal jika dibandingkan dengan harga Samsung Galaxy Spica yang dibanderol dengan harga Rp.3.000.000 dan memiliki kemampuan diatas Monte dan telah menggunakan sistem operasi Android Cupcake 1.5 buatan Google. Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui Samsung video hasil testing browser Samsung Monte vs Samsung Galaxy Spica.

Kotak Penjualan, Berukuran Kecil

Warna hitam terlihat mendominasi kotak penjualan Samsung Monte, ukuran kotak penjualan terlihat kecil padahal harga handphone ini tergolong cukup mahal. Didalam kotak penjualan terdapat aksesoris seperti batery handphone, charger, jack audio standar 3.5mm, kabel data, buku panduan manual, serta kartu garansi. Tidak terdapat bonus microSD didalam kotak penjualan handphone.



Dimensi, Tipis


Samsung Monte hadir dengan dimensi 108.8 x 53.7 x 12.4 mm dan berat 92 gram. Bobot Samsung Monte hanya berbeda 0.2 gram dari bobot Samsung Corby Pop yang kami review beberapa waktu lalu. Saat dilihat dari samping, handphone ini terlihat tipis dan berdesain kompak, sedangkan warna orange pada kedua sisi handphone membuatnya terlihat stylish.



Desain dan Rancangan

Jika anda tidak memperhatikan secara jelas, mungkin anda akan menyangka bahwa Samsung Monte adalah Samsung Corby Pop. Namun perbedaan yang signifikan terlihat pada desain tombol yang terdapat pada bagian bawah layar. Desain tombol Monte terlihat tipis sedangkan desain tombol Corby Pop terlihat lebih besar. Samsung Monte menggunakan bahan plastik pada bagian depan dan belakang handphone, ini ditujukan untuk menekan bobot handphone agar menjadi ringan.




Bagian depan Samsung Monte terlihat Pop didominasi oleh layar sentuh TFT 3 inci beresolusi WQVGA (240 x 400 pixel). Layar dapat dgunakan dengan baik saat kami gunakan dibawah sinar matahari namun terlihat adanya sedikit efek kehitaman pada layar.




Pada bagian atas layar terdapat lubang suara, sensor cahaya, serta logo Samsung.




Pada bagian bawah layar terdapat tombol pembuat panggilan, tombol back, dan tombol pemutus panggilan. Ketiga tombol mudah untuk digunakan saat kami ujicoba.




Pada sisi kiri Samsung Monte terdapat tombol volume serta lubang gantungan tali handphone.




Pada sisi kanan terdapat slot hot-swap microSD, tombol pengunci layar, dan tombol shutter kamera.




Pada bagian bawah hanya terdapat kait untuk membuka penutup batery.




Pada bagian atas terdapat jack standar audio 3.5mm dan port chager yang berfungsi ganda sebagai port USB juga.




Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 3.2 megapixel yang tidak dilengkapi dengan lampu flash, lubang suara, serta logo Samsung.


Input Teks

Tidak terdapat papak ketik ataupun stylus pada Samsung Monte, jadi anda harus menggunakan jari anda untuk menginput teks kedalam layar. Saat kami gunakan kuku, layar tidak dapat berfungsi. Layar Samsung Monte sama sensitifnya dengan layar Corby Pop saat kami ujicoba. Saat layar ditekan, maka akan terdapat getaran kecil yang menandakan bahwa layar diteka, namun ini dapat anda nonaktifkan jika tidak ingin menggunakannya.




Tampilan Antar-Muka Touchwiz Terbaru

Sama seperti Samsung Corby Pop, Samsung Monte juga menggunakan tampilan antar-muka Touchwiz terbaru dengan widget pada homescreen. Terdapat 3 layar homescreen yang dapat anda isikan Widget yang berguna untuk akses pintas ke menu favorit anda dan untuk memberikan notifikasi seperti Widget Facebook contohnya yang berguna untuk menginformasikan informasi mengenai status teman anda, orang yang menambahkan anda menjadi teman, dll.




Saat anda menekan tombol menu virtual yang terdapat pada bagian bawah layar, maka akan muncul menu dengan tampilan 3 x 4. Terdapat 3 halaman menu pada Samsung Monte sama seperti menu pada Samsung Corby Pop.





Samsung Monte dapat melakukan multitasking sampai dengan 3 aplikasi Java saat kami ujicoba untuk melakukan multitasking 3 game Java bawaan.



Phonebook

Phonebook Samsung Monte dapat menyimpan hingga 2000 kontak. Untuk mengisikan phonebook anda harus mengisikan nama depan kemudian diikuti dengan nama belakang. Anda juga dapat mengisikan detil kontak seperti alamat email, grup kontak, foto personal, tanggal ulang tahun, dan catatan. Sayangnya saat kami isikan tanggal ulang tahun pada kontak, kontak tidak dapat melakukan sinkronasi tanggal ulang tahun dengan kalendar.

Pilihan Tema

Hanya terdapat dua buah pilihan tema pada Samsung Monte, yaitu Rhytimical Surface dan Groovy. Selain tema, untuk melakukan kustimisasi pada handphone anda dapat mengganti wallpaper yang terdapat pada handphone ataupun microSD.


Catatan Panggilan


Catatan panggilan Samsung Monte dapat menampilkan catatan panggilan masuk, panggilan keluar, panggilan gagal, panggilan data, total SMS, durasi panggilan, serta catatan semua panggilan




Tidak terdapat fitur blacklist pada catatan panggilan Samsung Monte.


Pesan


Corby Pop dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, Email, serta IM. Untuk mengubah SMS menjadi MMS, yang harus anda lakukan adalah menambahkan konten multimedia kedalam SMS. Untuk mengirim dan menerima email, yang perlu anda lakukan adalah mengisikan username dan password serta memilih server POP3 atau IMAP yang akan anda gunakan.





Selain dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, dan Email, Samsung Monte juga dapat digunakan untuk mengirimkan pesan instant (IM) menggunakan aplikasi Palringo. Anda dapat menggunakan beberapa jenis akun IM pada Palringo seperti MSN, YM, Gtalk, AIM, Facebook, dll.

File Manager


File manajer dapat anda gunakan untuk melihat file, baik yang terdapat pada memory handphone, microSD, ataupun pada kedua memory handphone. Seperti biasa, folder pada file manager pisahkan berdasarkan tipe file (foto, video, audio, dan file yang diterima) dan anda dapat melakukan pengkategorian file berdasarkan tipe, nama file, tanggal, dan ukuran file. Anda juga dapat menggunakan file manajer untuk memindahkan file, menghapus file, menggandakan file, serta mengirimkan file yang terdapat pada microSD. Samsung Monte sudah dilengkapi dengan memory internal sebesar 200MB yang mana cukup besar untuk menyimpan file lagu, foto, dan video.

Galeri Foto


Galeri foto dapat anda akses dari file manajer, anda dapat melihat foto dengan tampilan layar penuh, melihat foto sebelumnya dan foto selanjutnya, serta melakukan zoom-in dan zoom-out pada galeri foto. Untuk melihat foto sebelumnya atau foto berikutnya anda dapat menggeser layar ke arah kiri ataupun kanan, untuk melakukan zoom-in dan zoom-out anda dapat mengetuk layar sebanyak dua kali. Galeri foto dilengkapi dengan slide show, sebenarnya terdapat fitur untuk mengedit foto, namun fitur ini terdapat pada bagian menu dan bukan pada galeri foto.



Terdapat beberapa pilihan editor foto seperti mencerahkan kontras, cropping foto, memutar posisi foto, menambahkan emoticon, dan memberikan efek foto.



Pemutar Musik, Dilengkapi Dengan DNSe dan Pilihan EQ


Pemutar musik Samsung Monte dilengkapi dengan teknologi DNSe dan pilihan EQ. Teknologi DNSe (Digital Natural Sound Engine) berguna untuk membuat suara terdengar jernih dan alami. Saat kami ujicoba, pemutar musik dapat memainkan lagu dengan format MP3, WMA, dan AAC. Selain terdapat teknologi DNSe, pemutar musik juga sudah dilengkapi dengan pilihan EQ seperti jazz, rock, live, klasik, mega bass, konser, wide, bass, dll.




Samsung Monte juga sudah mendukung Bluetooth A2DP, sehingga anda dapat mendengarkan lagu melalui headset Bluetooth kesayangan anda. Lagu dapat anda masukan menggunakan beberapa media antara lain seperti kabel data USB, microSD dengan card reader, ataupun kiriman file via Bluetooth. Saat lagu anda masukan, secara otomatis makan pemutar musik akan mendeteksi lagu yang baru anda masukan. Lagu akan secara otomatis dikelompokan berdasarkan penyanyi, jenis lagu, dan album.






Radio FM, Dilengkapi dengan RDS


Radio FM Samsung Monte sudah dilengakapi dengan RDS (Radio Data System ) sama seperti Samsung Corby Pop, dengan adan RDS Radio FM dapat mencari stasiun Radio FM ditempat anda berada. Sama seperti pemutar lagu, radio FM juga dapat anda dengarkan menjadi latar belakang handphone. Sayangnya Radio FM tidak dapat dimainkan tanpa headset.



Pemutar Video


Pemutar video dapat memainkan video dengan format MP4, H.263, dan H.264. Pemutar video juga dapat dimainkan dengan layar penuh dengan mode landscape ataupun portrait. Untuk berbagi video ke teman-teman anda, anda anda dapat dengan mudah melakukan sharing video menggunakan berbagai media seperti Facebook, Youtube, dll.



Kamera


Samsung Monte mengandalkan kamera beresolusi 3.2 megapixel sebagai andalannya, sayangnya kamera tidak dilengkapi dengan lampu flash sehingga hasil foto dimalam hari tampak gelap. Hasil foto terlihat terang dan jernih, detil foto juga terlihat baik. Dibawah ini adalah hasil foto kamera Samsung Monte yang telah kami resize tanpa melakukan re-touch tanpa hasil foto.




Terdapat banyak pengaturan kamera yang terdapat pada sisi kiri dan kanan viewfinder kamera seperti Shooting Mode (single, continuous, mosaic, smile shot, panorama, frame), Scene Mode (landscape, sports, portrait, sunset, dan night mode), Auto White Balance (daylight, incandescent, cloudy, fluorescent), Self Timer, EV, serta pilihan resolusi dan kualitas foto.




Perekam Video

Selain dapat digunakan untuk memotret, kamera Samsung Monte juga dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi QVGA dengan kecepatan 15 frame perdetik, hasil video disimpan dalam format MP4.


Konektivitas


Untuk sebuah handphone non-smart phone, konektivitas yang terdapat pada Samsung Monte tergolong lengkap seperti jaringan Quad-band GSM (GSM 850/900/1800/1900 MHz). Untuk melakukan panggilan data terdapat konektivitas seperti GPRS dan EDGE kelas 10, serta HSDPA yang dapat berjalan dengan kecepatan maksimal 3.6 Mbps.




Untuk konektivitas lokal, terdapat Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP serta Wi-Fi. Untuk menghubungkan Samsung Monte ke PC, anda dapat menggunakan kabel data USB. Anda juga dapat memindahkan data menggunakan card reader.


Browser


Samsung Monte sudah dilengkapi dengan browser Dolfin versi 1.5. Browser ini memiliki tampilan yang terlihat lebih baik dari browser NetFront yang terdapat pada Samsung Corby Pop. Kelebihan browser ini adalah sudah dilengkapi dengan fungsi zoom in/out, JavaScript, serta memudahkan anda untuk berbagi URL via email atau SMS. Dibawah ini adalah video demo browser Samsung Monte vs browser Samsung Galaxy Spica yang sama-sama menggunakan Wi-Fi.


Browser Samsung Monte hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik saat kami gunakan Wi-Fi untuk membuka situs Google. Saat kami membuka situs favorit kami, yaitu kassa9.com yang berisikan banyak gambar, browser membutuhkan waktu hampir 1 menit untuk membukanya saat kami menggunakan Wi-Fi.



Organizer


Untuk mendukung aktivitas anda, anda dapat menggunakan berbagai fitur-fitur organizer seperti Kalendar dengan tampilan harian, mingguan, dan bulanan dan memasangkan alarm pada event agar anda tidak lupa dengan event yang anda catatkan.





Kedua, terdapat Alarm.



Ketiga, terdapat perekam suara.




Kelempat, terdapat memo.




Kelima, terdapat jam dunia.




Keenam, terdapat timer.




Ketujuh, terdapat Task untuk mencatat kegiatan anda.




Kedelapan, terdapat kalkulator untuk mengitung.



Terakhir terdapat Stopwatch.



GPS dengan Dukungan A-GPS


Samsung Monte hanya dilengkapi dengan Map bawaan sekelas Google Maps versi 3.0. Map ini sama seperti Google Maps sebelumnya, hanya saja terdapat penambahan seperti Google latitude yang fungsinya untuk berbagi lokasi. Jadi anda dapat melihat posisi teman anda yang juga menggunakan Google latitude untuk mencarinya. Terdapat dua tampilan map, yaitu satelite dan map. Untuk menggunakan map ini, anda tinggal menentukan tempat anda berada sekarang dan menentukan tempat akhir tujuan anda, kemudian map akan segera mencarikan rute terdekat.




Game, Semua Free Trial


Terdapat 6 buah game pada Samsung Monte seperti Tetris Refresh, Monopoly, Millionaire, California Gold, Brain Challange, dan Asphalt 4. Keenam game ini merupakan versi Free Trial semua, untuk versi lengkapnya anda harus menebusnya dengan biaya beberapa belas ribu rupiah.



Daya Tahan Batery


Samsung Monte dengan batery Li-Ion 1000 mAh yang dapat bertahan hingga 700 jam dalam keadaan standby dan 10 jam saat digunakan untuk bicara. Test batery dilakukan dengan syarat hanya menggunakan jaringan 2G saat ujicoba berlangsung.



Kata Penutup


Fitur-fitur yang terdapat pada Samsung Monte tergolong bagus, sayang harganya agak mahal untuk sebuah handphone non-smartphone. Kalau saja harganya dibawah 2-juta mungkin handphone ini akan menggantikan posisi Samsung Star Wi-Fi yang booming dipasaran.


Kassa9


Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
44
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
14
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.