TOP
REVIEWS
Review: TiPhone E88
Review TiPhone E88
Feb 15 2010 5:13PM
48
29024

Perkenalan

 

Tiphone baru saja mengeluarkan handphone terbarunya, yaitu TiPhone E88. Sebenarnya vendor TiPhone cukup gencar dalam mengeluarkan produk-produk terbarunya, namun tidak semua produk keluaran TiPhone selalu kami review. TiPhone E88 dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap seperti adanya TV tunner, Push Email, dan Wi-Fi. Selain ketiga fitur tersebut, masih banyak fitur-fitur yang terdapat pada TiPhone E88, selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini.




Spesifikasi :
•    Jaringan Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz) & Dual On GSM (SIM 1 dilock provider Telkomsel)
•    Layar LCD TFT 262k warna berukuran 2.2 inchi beresolusi QVGA
•    Bluetooth 2.0 dengan dukungan A2DP
•    Kamera beresolusi 2 megapixel dilengkapi dengan lampu flash LED
•    GPRS
•    Radio FM
•    Dukungan Java
•    Perekam video
•    Pemutar MP3/MP4
•    Optikal trackpad
•    G-Sensor (shake control pada hanphone Sony Ericsson)
•    Jack audio 3.5mm
•    Memory internal sebesar 19.5 MB
•    Wi-Fi
•    TV tunner
•    Ti-Messenger
•    Dukungan Java
•    Batery berdaya tahan tinggi


Kelemahan :
•    Tidak terdapat slot hot-swap microSD
•    Tidak terdapat fitur untuk mengedit dokumen office


TiPhone E88 dibanderol dengan harga jual Rp.999.000,- . Kami rasa ini sepadan dengan fitur-fitur yang terdapat didalamnya seperti fitur TV tunner contohnya.



Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui aksesoris yang terdapat didalam kotak penjualan.
 

Kotak Penjualan, Sudah Terdapat Bonus MicroSD sebesar 2GB


Didalam kotak penjualan TiPhone E88 sudah terdapat aksesoris seperti 2 buah battery handphone (1 cadangan), headset 3.5mm, kabel data, buku manual penggunaan handphone, CD software, sarung kulit, dan kartu garansi. Pada kotak penjualan terdapat bonus microSD sebesar 2 GB yang mana ini tergolong besar.


Dimensi TiPhone E88


TiPhone E88 memiliki dimensi 103mm x 57mm x 11mm dan berat 105 gram. Ukuran TiPhone E88 tergolong ringan karena menggunakan bahan campuran karet dan plastik. E88 hanya dikeluarkan dalam satu pilihan warna sat ini, yaitu warna hitam.



Desain dan Rancangan


Desain TiPhone E88 tidak meniru desain BlackBerry walaupun mungkin ada beberapa bagian yang desainnya terlihat sama dengan desain BlackBerry Bold. TiPhone E88 masih menggunakan trackball yang mana hampir semua handphone keluaran saat ini sudah menggunakan trackpad. Bagian depan TiPhone E88 terbuat dari bahan plastik, sedangkan bagian belakang TiPhone E88 terbuat dari bahan karet.




Pada bagian atas layar terdapat logo lubang speaker dan lampu sinyal handphone.




TiPhone E88 menggunakan layar LCD TFT berukuran 2.2 inci 262k warna beresolusi QVGA (320 x 240 pixel). Sayangnya layar kurang jelas terlihat saat kami menggunakannya dibawah sinar matahari.




Pada bagian bawah layar terdapat enam buah tombol penggunaan handphone, pada bagian kanan trackball terdapat tombol pemutus panggilan, tombol akses pintas ke menu TV tunner, dan tombol back. Pada sisi kiri trackball terdapat tombol pembuat panggilan menggunakan SIM 1 dan 2, serta tombol menu. Keenam tombol penggunaan terbuat dari bahan karet dan dapat digunakan dengan baik saat kami ujicoba. Tingkat kesensitifan trackball dapat diatur sesuai dengan keinginan anda pada bagian pengaturan.




Pada bagian bawah trackball terdapat keyboard QWERTY yang terbuat dari bahan campuran karet. Tombol keyboard memang berukuran kecil namun mudah untuk digunakan saat kami ujicoba.




Pada bagian atas TiPhone E88 terdapat tombol untuk menunci tombol.




Pada bagian kanan TiPhone E88 terdapat tombol volume, jack audio 3.5mm, lubang charger yang dapat anda gunakan menggunakan charger nokia, port charger yang berfungsi ganda sebagai port USB, dan tombol shutter kamera.




Pada bagian kiri tidak terdapat tombol atau port apapun.





Pada bagian bawah juga tidak terdapat tombol atau port apapun.





Pada bagian belakang TiPhone E88 terdapat kamera beresolusi 2 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash, lubang speaker, dan logo TiPhone.



Tampilan Menu Antar Muka, Tampilan Lebih Berwarna


Tampilan home screen TiPhone E88 terlihat penuh warna, pada layar home screen terdapat status handphone seperti status sinyal, status batery, penunjuk waktu, operator yang anda gunakan, profile yang anda gunakan, serta 5 ikon akses pintas pada bagian bawah handphone.




Tidak terdapat jeda saat kami masuk kedalam menu. Untuk membuka aplikasi Java diperlukan waktu sekitar 10 detik sampai aplikasi benar-benar dapat digunakan.

 



Tidak terdapat efek perubahan pada ikon saat anda memindahkan kursor dari ikon satu ke ikon lainnya. Namun tampilan grafik terlihat bagus dan tidak membosankan untuk dilihat. TiPhone E88 dapat melakukan multitasking satu aplikasi Java saja.




Kustomisasi, Tetap Tidak Terdapat Pilihan Tema


Tidak terdapat pilihan tema pada TiPhone E88, namun anda tetap dapat melakukan kustomisasi seperti mengganti wallpaper dan screen saver pada TiPhone E88.  




Phonebook, Dapat Menampung 1000 Kontak


Phonebook TiPhone E88 dapat menyimpan hingga 1000 kontak pada memory handphone. Selain dapat mengisi nomor kontak pada phonebook, anda juga dapat mengisi detil kontak seperti alamat email, nama perusahaan, nada dering personal, foto personal, video personal, dan grup kontak. Adanya video personal yang dapat anda gunakan saat terjadi panggilan masuk membuat tampilan panggilan masuk  terlihat lebih berwarna.





Phonebook dapat menampilkan kontak yang terdapat pada kartu SIM atapun memory handphone secara bersamaan.

Galeri Foto TiPhone E88


Foto dapat anda buka menggunakan file manajer ataupun menggunaman galeri foto. Namun kami sarankan anda untuk membuka foto menggunakan galeri foto karena tampilan foto terlihat lebih menarik. Anda dapat melihat foto dengan tampilan layar penuh saat membuka foto menggunakan galeri foto dan melakukan zoom-in/zoom-out.




Terdapat dua tampilan galeri foto, yaitu list dan grid pada galeri foto. Anda dapat mengedit foto, namun terbatas pilihan pengaturannya. Tidak terdapat slide show pada galeri foto.


Pemutar Audio, Suara Terdengar Sedikit Pecah


Kami melakukan ujicoba pemutar dengan memutar beberapa lagu favorit kami. Pertama-tama kami memutar lagu berjenis Jazz yang dibawakan oleh Peppy Khamadatu yang berjudul That’s What Friend’s Are For. Lagu dapat dimainkan dengan baik, hanya saja suara saxophone terdengar agak pecah saat kami putar lagu pada tingkat suara maksimal. Selanjutnya kami memutar lagu berjenis Up Beat yang dibawakan oleh Pitbull berjudul I Know You Want Me (Calle Ocho). Sura juga terdengar pecah saat lagu kami putar pada tingkat volume maksimal. Suara bass kurang terdengar, suara treble lebih terdengar jelas. Suara akan terdengar lebih baik jika anda mendengarkan lagu menggunakan headset audio standar 3.5mm.


TiPhone E88 dilengkapi dengan beberapa pilihan EQ seperti classic, jazz, rock, treble, dll. Selain itu juga terdapat pilihan bass enhancement agar suara bass terdengar lebih “keluar”, 3D surround, dan reverb efek seperti efek konser, shower, church, small room, dan opera. TiPhone E88 sudah mendukung A2DP, dengan adanya A2DP dapat mendengarkan lagu melalui headset Bluetooth kesayangan anda.





Pemutar audio TiPhone E88 hanya dapat memainkan lagu dengan format MP3 dan AAC saja saat kami ujicoba. Untuk memindahkan lagu dari PC anda dapat menggunakan kabel data, card reader, ataupun kiriman file dari Bluetooth dari perangkat lain. Untuk mendengarkan lagu yang baru dimasukan kedalam handphone anda harus melakukan refresh list.


Radio FM, Dilengkapi Dengan Perekam Suara


Radio FM TiPhone E88 dapat dimainkan tanpa menggunakan headset. Stasiun Radio FM dapat anda cari secara manual ataupun otomatis. Radio FM sudah dilengkapi dengan perekam suara yang dapat anda gunakan untuk merekam lagu favorit anda. Selain perekam suara biasa, terdapat pula perekam suara Radio FM otomatis yang dapat anda atur jadwal perekamannya.



Pemutar Video


TiPhone E88 dapat memainkan video dengan format .3gp, .AVI, dan MP4 saat kami ujicoba.


Membuat Panggilan, Tidak Terdapat Suara Mengganggu


Untuk membuat panggilan anda dapat menggunakan SIM 1 atau SIM 2. Saat kami ujicoba melakukan panggilan tidak terdapat masalah apapun pada saat panggilan berlangsung. Dengan catatan sinyal handphone dalam keadaan penuh saat kami melakukan panggilan.




TiPhone E88 tidak dilengkapi dengan fitur Smart Dialing.


Catatan Panggilan, Terdapat Fitur Suara Latar, Mesin Penjawab, dan Blacklist Nomor


Pada catatan panggilan terdapat catatan panggilan yang dapat menampilkan panggilan masuk, panggilan keluar, panggilan gagal, dan panggilan data. Selain itu juga terdapat penghitung lama durasi panggilan, data GPRS, dan banyaknya SMS.




Sebagai handphone bisnis, pada TiPhone E88 juga terdapat fitur suara latar, mesin penjawab, dan blacklist nomor. Ketiga fitur ini dapat berjalan dengan baik saat kami ujicoba.


Menulis Pesan


TiPhone E88 dapat mengirimkan pesan seperti SMS/MMS dan Email. SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat mengisikan konten multimedia seperti foto dan klip suara pada SMS.




Selain dapat mengirimkan SMS dan MMS, terdapat pula fitur Push Email. Namun untuk menggunakan fitur ini anda harus berlangganan dan berbayar. Cukup sulit untuk melakukan pengaturan Email, anda harus mendaftarkan email anda menggunakan PC, dan anda tidak dapat mendaftarkan email anda menggunakan handphone. Ini tidak seperti push email pada BlackBerry.



Sebenarnya TiPhone E88 dilengkapi dengan T-Messenger, yaitu sejenis media chat (IM) seperti BlackBerry Messenger, namun kami tidak sempat mencobanya karena kami hanya membeli satu buah handphone TiPhone E88. Namun menurut kami tidak jauh berbeda dengan Nexian Messenger pada NX-G801 yang telah kami ujicoba.


File Manager


Seperti biasa, file manajer berfungsi untuk melihat file yang terdapat pada pada memory handphone atau kartu memory. Seperti biasa, folder pada file manager dipisahkan berdasarkan tipe file (foto, video, dan audio).




Anda dapat menggunakan file manajer untuk menggandakan file, menghapus file, memindahkan file, serta mengirim file via Bluetooth. TiPhone E88 dilengkapi dengan memory internal sebesar 19.5 MB.

Dual Kamera Beresolusi 2 Megapixel


Pada bagian depan dan belakang TiPhone E88 terdapat kamera beresolusi 2 megapixel. Kamera belakang TiPhone E88 dilengkapi dengan flash LED namun terasa kurang membantu saat pemotretan dimakam hari. Hasil foto terlihat terang, namun detil foto kurang baik saat hasil foto TiPhone E88 kami pindahkan ke PC kami. Dibawah ini adalah hasil foto kamera TiPhone E88.






Pada kamera terdapat beberapa pengaturan white balance pada kamera seperti : Auto, Daylight, Tungsten, Fluorescent, Cloud, dan Incandescence. Selain itu juga terdapat beberapa efek kamera seperti : Grayscale, Sepia, Sepia Green, Sepia Blue, dan Color Convert. Selain itu anda juga dapat melakukan pengaturan terhadap resolusi foto (yang terbesar 1600 x 1200 pixel) dan kualitas foto. Tidak terdapat zoom-in pada kamera saat melakukan foto.


Perekam Video

Kamera depan dan kamera belakang TiPhone E88 dapat melakukan perekaman video dan hasil video akan disimpan dengan format .3GP. Pada perekam video juga terdapat beberapa efek video seperti : Grayscale, Sepia, Sepia Green, Sepia Blue, dan Color Invert. Dibawah ini adalah hasil perekaman video TiPhone E88.


 

Konektivitas


Konektivitas yang terdapat pada TiPhone E88 tergolong lengkap, untuk panggilan suara terdapat jaringan Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz). Untuk panggilan data terdapat konektivitas data seperti GPRS.




Untuk konektivitas lokal, TiPhone E88 mengandalkan Bluetooth versi 2.0 dengan dukungan A2DP serta Wi-Fi. Untuk menghubungkan TiPhone E88 ke PC anda, anda dapat menggunakan port USB yang terdapat pada bagian kanan dan menghubungkannya menggunakan kabel data. Selain menggunakan kabel data, anda juga dapat memindahkan data menggunakan card reader.


Browser, Pake GPRS bisa, Pake Wi-Fi Bisa


Untuk browsing anda dapat menggunakan browser WAP atau menggunakan Opera Mini dengan tampilan HTML. Saat menggunakan browser WAP untuk membuka situs Facebook menggunakan operato XL, situs Facebook dapat dibuka walam waktu 6 detik saja. Saat menggunakan Wi-Fi, situs Facebook dapat dibuka dalam waktu 3 detik saja.




Organizer


Terdapat fitur organizer yang tergolong lengkap pada TiPhone E88 seperti adanya  kalendar yang mana bisa anda gunakan untuk mencatatkan event yang akan berlangsung atau membuat pengingat event.





Task, yang berguna untuk membantu mengingatkan kegiatan anda sehari-hari.



Alarm dapat anda gunakan untuk membangunkan anda dari tidur anda. Terdapat 5 slot alarm.




World Clock berguna untuk menujukan waktu dunia dibelahan dunia manapun.




Notes untuk mencatat sesuatu pada TiPhone E88.




Selain itu juga terdapat fitur-fitur organizer standar lainnya seperti kalkulator, konverter, dan stopwatch, ebook reader dan penghitung BMI.
 

Aplikasi Java Bawaan


Pada TiPhone E88 terdapat aplikasi Java bawaan seperti Ebuddy yang dapat anda gunakan untuk chating menggunakan akun IM YM, MSN, dan Gtalk. Mobile Office dapat anda gunakan untuk melihat dokumen office word dan excel.  Opera Mini dapat anda gunakan untuk browsing dengan tampilan HTML. Ring Email untuk push email. Snaptu yang dapat anda gunakan untuk melihat news, ramalan cuaca, dll, pada snaptu juga terdapat aplikasi Facebook dan Twitter. Aplikasi Facebook pada Snaptu dapat anda gunakan untuk mengupdate status, menulis komentar di wall teman anda, mengomentari status facebook teman anda, hingga melihat foto dan menerima notifikasi baru pada Facebook anda. Sayangnya aplikasi Facebook pada Snaptu tidak dapat digunakan untuk mengupload foto via Mobile Upload seperti aplikasi Facebook milik BlackBerry. Twitter dapat anda gunakan untuk mengubah status twitter anda, dan yang terakhir Yamee untuk chatting menggunakan akun IM YM saja.





Selain itu juga terdapat aplikasi Java bawaan Telkomsel seperti My Pulau dan Chatbox.


TV Tunner


TV Tunner pada TiPhone E88 dilengkapi dengan perekam siaran TV, siaran TV dapat disimpan dalam format MPEG4 atau H.263. Hampir seluruh siaran TV dapat tertangkap dengan jernih saat kami menonton TV menggunakan antena TV tunner yang terdapat pada bagian atas handphone.



Game


Terdapat 3 buah game pada TiPhone E88 seperti Special Forces, Raiden 1944, Dice. Selain itu TiPhone juga dapat menjalankan game NES.





Daya Tahan Batery


TiPhone E88 hanya dilengkapi dengan batery berkapasitas 850 mAh yang sanggup bertahan hingga 3 hari dalam keadaan standby dan 3 jam dalam waktu bicara. Jika anda merasa daya tahan batery kurang baik, terdapat batery cadangan didalam kotak penjualan TiPhone E88.


Kata Penutup


Untuk handphone seharga Rp.999.000,- , TiPhone E88 tergolong memiliki fitur yang bagus dan berdesain kompak. TiPhone E88 akan bersaing dengan SPC Boss 4000 yang juga dilengkapi dengan TV tunner.
 

Kassa9


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
9
31 Oct 2014
24
23 Oct 2014
2
16 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
9
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
24
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
24
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.