TOP
REVIEWS
Review: Samsung B3210 Corby TXT
Review Samsung B3210 Corby TXT
Dec 18 2009 11:13AM
21
23936

Perkenalan

 

Setelah menghadirkan Samsung S3650 Corby yang dilengkapi dengan layar sentuh beberapa waktu lalu, Samsung kini menghadirkan Samsung B3210 Corby TXT yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Samsung B3210 lebih terkenal dengan nama Samsung Corby TXT. Desain funky, stylish dan terkesan anak muda banget mencirikan bahwa handphone ini memang ditujukan untuk segmentasi anak muda yang aktif dan suka berkirim pesan teks atau chatting. Walaupun tidak memiliki fitur sebaik BlackBerry, namun Samsung Corby TXT tetap dapat dijadikan pilihan bagi anda yang saat ini ingin membeli handphone yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Anda dapat membawa pulang Corby TXT dengan uang senilai Rp.1.400.000,-.




Fitur Utama :
•    Jaringan Quad Band GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
•    Layar TFT berukuran 2.2 inci, 256K warna beresolusi 220 x 176 pixel
•    Kamera beresolusi 2 megapixel
•    GPRS dan EDGE kelas 10
•    MP3/MP4 player
•    Radio FM dengan dukungan RDS
•    Memory internal sebesar 50MB
•    Dukungan Java
•    Pemutar audio dengan dukungan format MP3/eAAC+/WMA
•    Sudah termasuk microSD sebesar 1GB
•    Batery Li-Ion 800 mAh dengan daya tahan yang baik
•    Fashion Jackets (cover bagian belakang dengan beberapa varian warna yang dapat diganti dengan mudah)


Kelemahan :
•    Tidak terdapat fitur autofokus dan lampu flash pada kamera
•    Tidak terdapat slot hot-swap microSD
•    Tidak terdapat aplikasi untuk membuka dokumen word, excel, PDF, dll
•    Desain yang membuatnya menjadi kurang nyaman saat digenggam


Di Indonesia, Corby TXT harus bersaing ketat dengan BlackBerry lokal yang sedang marak saat ini. Walaupun demikian Corby TXT tetap memiliki pasar yang baik di Indonesia.



Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui aksesoris yang terdapat didalam kotak penjualan.
 

Kotak Penjualan


Pada kotak penjualan Corby TXT terdapat aksesoris seperti charger, battery handphone, headset 3.5mm, 2 buah fashion Jackets (cover belakang), dan buku manual pemakaian handphone serta kartu garansi.
Selain itu Samsung memberikan bonus microSD sebesar 1GB.



Dimensi


Corby TXT hadir dengan dimensi 112 x 59.6 x 12.9 mm dan berat 94 g, ukuran Corby TXT lebih berat 4 g dari ukuran Samsung Corby S3650. Walaupun demikian ukuran Corby TXT tetap terasa ringan saat kami genggam menggunakan tangan kanan kami.



Desain dan Rancangan


Bagian depan dan belakang Corby TXT terbuat dari bahan plastik kelas atas yang membuatnya tidak terlihat murahan. Beberapa lekukan-lekukan yang terdapat pada Corby TXT membuatnya terkesan stylish namun menurut kami ini menjadikannya tidak nyaman saat digenggam.




Pada bagian atas layar hanya terdapat lubang suara untuk mendengarkan suara lawan bicara ketika terjadi panggilan.




Corby TXT menggunakan layar TFT berukuran 2.2 inci, dengan kedalaman 256K warna beresolusi 220 x 176 pixel. Layar Corby TXT terlihat terang dan jernih saat kami gunakan untuk melihat gambar-gambar landscape dan video yang kami masukan menggunakan Bluetooth. Tidak terdapat kabel data pada kotak penjualan Corby TXT.




Dibawah layar terdapat tombol penggunaan handphone dan sebuah D-pad yang kesemuanya mudah untuk digunakan. Pada sisi kiri D-pad terdapat tombol pembuat panggilan dan tombol menu. Pada sisi kanan D-pad terdapat tombol back dan tombol pembutus panggilan yang berfungsi ganda sebagai tombol power.




Dibawah D-pad terdapat keyboard QWERTY yang tidak memiliki jarak antar tombol satu dengan tombol lainnya. Tombol keyboard tetap mudah digunakan saat kami ujicoba untuk menuliskan SMS.




Pada sisi kiri Corby TXT hanya terdapat tombol volume.




Pada sisi kanan Corby TXT hanya terdapat tombol shutter kamera.




Pada bagian bawah handphone terdapat semacam celah untuk membuka cover bagian belakang handphone.




Pada bagian atas terdapat port USB dan jack audio 3.5mm serta lubang gantungan tali handphone.




Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 2 megapixel, lubang speaker, dan logo Samsung.


Tampilan Menu Antar Muka


Tampilan menu antar-muka Corby TXT terlihat standar, seperti biasa, pada bagian home screen terdapat status handphone seperti status sinyal, tanggal, jam,status batery, dan operator yang digunakan. Anda dapat menggunakan toolbar menu pada home screen (seperti layar active standby pada Nokia) sebagai akses menuju menu yang anda inginkan jika anda mau. Jika anda menonaktifkan toolbar menu maka anda dapat menggunakan D-pad 4 arah sebagai tombol akses pintas menu menu favorit anda.




Pada bagian menu hanya terdapat satu pilihan tampilan ikon, yaitu tampilan ikon menu 4 x 3. engakses menu anda dapat menggunakan tombol menu atau layar sentuh. Untuk navigasi menu anda dapat menggunakan layar sentuh dan tombol sejenis D-Pad yang terdapat dipojok kanan bawah keyboard QWERTY.




Saat mengakses sub-menu, sub-menu ditampilkan dengan tampilan list yang memanjang kebawah. Anda dapat menggunakan tombol alfanumerik untuk masuk kedalam sub-menu.




Terdapat dua efek perpindahan layar menu seperti efek door dan slide. Corby TXT tidak dapat digunakan untuk melakukan multitasking program Java saat kami ujicoba. Namun anda tetap dapat mendengarkan lagu sambil menulis pesan dan browsing menggunakan Corby TXT.


Kustomisasi


Terdapat tiga pilihan tema yang dapat anda terapkan pada Corby TXT, yaitu Precision, Caertoon, dan Eclipse. Selain dapat mengganti tema, anda juga dapat menggantik wallpaper dan home screen pada pada Corby TXT.




Phonebook


Phonebook Corby TXT dapat menyimpan hingga 1000 nomor kontak. Pada kontak, selain dapat mengisikan nomor telepon, anda dapat memasang nada dering serta foto personal kontak.



Hanya terdapat satu tampilan kontak, yaitu nama dan nomor saja pada phonebook Corby TXT.

Membuat Panggilan


Untuk membuat panggilan anda dapat melihat kontak yang terdapat pada phonebook atau langsung menulis nomor yang anda inginkan pada layar home screen Corby TXT. Corby TXT dilengkapi dengan fitur smart dialing yang dapat mempercepat anda membuat panggilan dengan cara mengetikan beberapa nomor kontak, kemudian nama pemilik nomor akan ditampilkan pada layar.




Kami tidak mendapatkan masalah saat menggunakan Corby TXT untuk membuat panggilan. Suara lawan bicara kami terdengar jernih, begitupun dengan lawan bicara kami yang tidak memiliki masalah dengan suara kami ketika melakukan panggilan dengan kami.


Catatan Panggilan


Corby TXT dilengkapi dengan dengan catatan panggilan yang dapat menampilkan panggilan masuk, panggilan keluar, panggilan gagal, panggilan terakhir, SMS terakhir yang diterima, dan SMS terkirim.



Menulis Pesan


Corby TXT dapat mengirimkan pesan seperti SMS/MMS dan Email. SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda harus mengisikan konten multimedia pada SMS. Untuk mengirim Email anda dapat harus melakukan pengaturan email dengan cara memasukan password dan username email anda. Setelah itu anda dapat mengirimkan email dengan mudah menggunakan akun email anda, Corby TXT mendukung sampai dengan 5 akun email berbeda.

 





Selain SMS/MMS/Email terdapat IM pada Corby TXT. Untuk chat via IM tersedia aplikasi Java Mini Fring yang menyediakan layanan chat beberapa IM seperti GTalk, YM, MSN, dll.



File Manager


Untuk memudahkan anda melakukan pengaturan file pada Corby TXT, anda dapat menggunakan file manajer. Seperti biasa, folder pada file manager pisahkan berdasarkan tipe file (foto, video, audio) dan anda dapat melakukan pengkategorian file berdasarkan ukuran, waktu, dll.




Selain dapat melihat file yang terdapat pada memory handphone dan microSD, anda juga dapat menggunakan file manajer untuk menggandakan file, memindahkan file, menghapus file, dan mengirimkan file via Bluetooth.

Galeri Foto


Galeri foto Corby TXT dapat anda akses melalui file manager. Sama seperti galeri foto pada handphone lainnya, anda dapat melihat foto menggunakan layar penuh dan melakukan zoom-in pada foto. Galeri foto dilengkapi dengan slide show untuk melihat foto dengan tampilan yang terkesan lebih dinamis.




Terdapat dua pilihan tampilan pada galeri foto Corby TXT, yaitu list dan grid.


Pemutar Audio


Corby TXT dilengkapi dengan pemutar audio dengan tampilan yang cukup baik. Pemutar audio akan mengelompokan lagu berdasarkan penyanyi, jenis musik, album, lagu yang sering dimainkan, dan lagu terakhir yang dimainkan. Selain itu pemutar musik juga dilengkapi dengan beberapa pilihan EQ seperti jazz, klasik, pop, dan rock dan tampilan album art ketika lagu dimainkan. Dengan adanya dukungan Bluetooth versi 2.1 A2DP, anda dapat menggunakan headset Bluetooth stereo untuk mendengarkan lagu favorit anda. Selain itu, adanya jack audio 3.5mm pada bagian atas Corby TXT, memungkinkan anda untuk mendengarkan lagu menggunakan headset kesayangan anda. Corby TXT sudah dilengkapi dengan headset 3.5mm dengan suara yang tergolong bagus saat kami ujicoba mendengarkan beberapa lagu dengan jenis yang berbeda.








Pemutar audio Corby TXT dapat memainkan lagu dengan format MP3, eAAC+, dan WMA saat  kami ujicoba. Pemutar audio dapat dimainkan menjadi latar belakang saat kami ujicoba.



Radio FM Dengan Dukungan RDS


Radio FM Corby TXT sudah dilengkapi dengan RDS yang memungkinkan Radio FM dapat mendeteksi chanel di kota anda berada. Untuk mendengarkan Radio FM anda harus mencolokan headset terlebih dahulu karena Radio FM tidak dapat dimainkan tanpa menggunakan headset.



Pemutar Video


Pemutar video dapat memainkan video dengan format MP4/H.263 player. Selain itu anda juga dapat memainkan video dengan tampilan layar penuh agar lebih nyaman saat menonton video.



 

Kualitas Audio


Kualitas audio yang dikeluarkan dari speaker yang terdapat pada bagian belakang Corby TXT terdengar baik. Tidak terdengar suara pecah sedikitpun saat kami memainkan beberapa lagu favorit kami saat ini dengan jenis musik yang berbeda.



Pertama-tama kami mami mencoba memutar lagu berjenis up beat yang dibawakan oleh Akon dengan judul Make Up Right Now (Na Na Na). Suara lagu terdengar baik dan juga suara bass cukup terdengar ketika kami memutar lagu ini menggunakan EQ surround.



Setelah mendengarkan lagu berjenis up beat, kami mendengarkan lagu yang diringi petikan gitar yang terdengar khas yang dibawakan oleh Bon Iver & St Vincent berjudul Roslyn yang diambil dari album Original Sound Track The Twilight Saga : New Moon. Petikan gitar Bon Iver & St Vincent terdengar sangat jelas dan baik saat kami mendengarkan lagu yang dibawakannya.


Secara keseluruhan, kualitas audio cukup baik saat anda dengarkan pada volume sedang, pada volume tinggi suara akan terdengar pecah.


Catatan penulis : lagu dimainkan pada bitrate 192 Kbps.


Kamera


Pada bagian belakang Corby TXT terdapat kamera beresolusi 2 megapixel yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 1600 x 1200 pixel. Sayangnya kamera Corby TXT tidak dilengkapi dengan fitur autofokus dan lampu flash. Walaupun demikian kamera Corby TXT sudah dilengkapi dengan beberapa pengaturan kamera seperti shooting mode, auto white balance, pilihan resolusi kamera, night mode, self timer, efek foto (Black and White, sephia, negative, dan aqua), serta pilihan frame pada foto.



Hasil foto kamera Corby TXT terlihat baik dan jernih saat kami mengambil foto pada kondisi cahaya yang baik. Saat digunakan untuk memotret pada malam hari, hasil foto terlihat kurang baik karena kamera tidak dilengkapi dengan lampu flash.





Selain dapat digunakan untuk memotret, kamera Corby TXT juga dapat digunakan untuk merekam video yang disimpan dengan format .MP4.



 

Konektivitas


Corby TXT dilengkapi jaringan GSM Quad Band GSM 850 / 900 / 1800 / 1900. Untuk konektivitas data, terdapat GPRS dan EDGE kelas 10. Adanya jaringan EDGE membuat browsing menjadi lebih cepat, namun sayangnya tidak semua wilayah yang kami ujicoba terjangkau dengan layanan EDGE operator yang kami gunakan.



Untuk konektivitas lokal, Corby TXT dilengkapi dengan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Untuk menghubungkan Corby TXT dengan PC, anda dapat menggunakan Port USB yang terdapat pada bagian atas handphone dengan menggunakan kabel data atau anda juga dapat memindahkan data menggunakan card reader.


WAP Browser


Corby TXT dilengkapi dengan browser NetFront versi 3.5. Keunggulan browser ini antara lain anda dapat melakukan zoom-in pada halaman web, terdapat pointer mouse, dan sudah mendukung Java Script.
Kami mencoba membuka situs favorit kami, yaitu kassa9.com dengan menggunakan browser NetFront. Browser dapat menampilkan gambar dan teks secara lengkap dalam waktu 1 menit.




Organizer


Corby TXT dilengkapi dengan fitur organizer yang tergolong lengkap. Pertama, terdapat Kalendar dengan tampilan bulanan, harian, dan  mingguan, seperti biasa, anda dapat mencatatkan event pada kalendar dan memasangkan alarm pada event agar anda tidak lupa dengan event yang anda catatkan.




Kedua, terdapat Memo yang dapat digunakan untuk menulis hal yang penting.





Ketiga, terdapat Task yang berguna untuk memprioritaskan tugas yang akan kita lakukan.



Keempat, terdapat Jam Dunia, dengan ini anda dapat melihat waktu dibelahan dunia manapun.




Kelima, terdapat Kalkulator. Ini kalkulator biasa dan bukan kalkulator kimia yang terdapat Sin dan Cos.





Keenam, terdapat Konversi, berguna untuk mengkonversi satuan berat, panjang, dan mata uang.




Selain itu juga terdapat fitur organizer lainnya seperti stopwatch dan perekam suara.
 

Aplikasi Java


Corby TXT sudah dilengkapi dengan aplikasi Java Seperti Facebook, Flickr, MySpace, PhotoBucket, Picasa, dan Friendster. Saat kami ujicoba, Facebook dan Friendster yang terdapat pada aplikasi Java hanyalah akses pintas dan bukanlah aplikasi Facebook seperti pada BlackBerry.  





Game


Corby TXT dilengkapi dengan 5 game bawaan seperti Crazy Penguin, Diamond Twister, SolaRola, Tetris, dan Typing Training. Game yang terdapat pada Corby TXT cukup menghibur dan cukup banyak jumlahnya, jika kurang anda dapat mendownload game lainnya menggunakan browser.




Daya Tahan Batery


Corby TXT menggunakan battery bertipe Li-Ion 800 mAh yang sanggup bertahan hingga 390 jam dalam keadaan standby dan 7 jam 30 menit untuk bicara menurut klaim pihak Samsung. Saat kami ujicoba dengan penggunaan untuk browsing dan chat secara normal, battery dapat bertahan hingga 3 hari.



Kata Penutup


Walaupun tidak dilengkapi dengan TV dan Wi-Fi seperti beberapa produk lokal peniru BlackBerry, Samsung B3210 Corby TXT tetap memiliki prestise saat anda menggunakannya.
 

Kassa9


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
46
18 Sep 2014
14
18 Sep 2014
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
46
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
14
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
3
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
25
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
10
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.