TOP
REVIEWS
Review: BlackBerry 8520 Gemini
Review BlackBerry 8520 Gemini
Dec 03 2009 1:22PM
34
54272

 

Perkenalan

 

Sudah lama kami menantikan BlackBerry 8520 Gemini dipasaran Indonesia, BlackBerry Gemini saat ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Jika dulu handset BlackBerry selalu identik dengan harga yang mahal, kini tidak lagi. BlackBerry Gemini dapat anda bawa pulang dengan harga Rp.3,000,000,- untuk varian warna hitam dan Rp.3,300,000,- untuk varian warna putih. Bahkan beberapa toko handphone yang kami datangi ada yang menjual harga handset ini dibawah harga pasaran, namun kelengkapan seperti MicroSD tidak disertakan. Dibawah ini adalah fitur unggulan BlackBerry Gemini 8520. 



 


Fitur Unggulan BlackBerry 8520 Gemini :
•    Jaringan GSM Quad band 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
•    Kamera 2 megapixel
•    Optikal trackpad
•    Layar TFT beresolusi 320 x 240 pixel dengan kedalaman 65k warna, berukuran 2.46 inci
•    Wi-Fi 802.11b/g
•    Tombol akses pintas menu musik dan fungsi musik
•    Baterai bertipe Li-Ion berkapasitas 1150 mAh
•    Memory internal sebesar 256MB
•    Prosesor 512MHz yang terasa cukup cepat
•    Jack audio 3.5 mm
•    Aplikasi office untuk membuka dan mengedit dokument office
•    Ukuran yang ringan untuk sebuah Smart Phone



 Kelemahan :
•    Kamera tidak dilengkapi dengan lampu flash dan fitur autofokus
•    Fitur yang tidak jauh berbeda dengan BlackBerry Curve 8320
•    Penggunan bahan plastik yang membuatnya terlihat murahan


Sekilas, desain BlackBerry Gemini terihat seperti desain BlackBerry Javelin, apalagi kalau menggunakan sarung karet silikon. Namun, sebenarnya untuk membedakan keduanya sangatlah mudah, anda dapat melihat adanya optikal trackpad pada BlackBerry Gemini yang mana tidak dimiliki oleh Javelin.


Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui aksesoris yang terdapat didalam kotak penjualan.

 

Kotak Penjualan BlackBerry Gemini

 
Pada kotak penjualan BlackBerry Gemini terdapat kelengkapan aksesoris standar seperti charger, battery handphone, headset 3.5mm, kabel data, buku panduan manual penggunaan handphone, CD software, dan kartu garansi handphone.



Tidak terdapat microSD pada kotak penjualan BlackBerry Gemini yang kami beli, jadi kami terpaksa membelinya.

 



 

Dimensi BlackBerry Gemini

 
BlackBerry Gemini memiliki dimensi 109 x 60 x 13.9 mm dan berat sebesar 106 g yang mana tergolong ringan untuk ukuran sebuah Smart Phone. Jika dibandingkan dengan seri BlackBerry QWERTY lainnya, ukuran BlackBerry Gemini adalah yang paling ringan.

 



 

Desain dan Rancangan

 
BlackBerry Gemini terbuat dari bahan campuran plastik dan karet. Casing BlackBerry Gemini menggunakan bahan plastik, sedangkan bagian tulang handphone menggunakan bahan karet yang mana juga terdapat pada seri Curve. Bahan casing plastik yang digunakan oleh BlackBerry Gemini membuatnya terlihat murahan. 




Pada bagian atas layar terdapat logo BlackBerry, lubang suara, lampu indikator, dan sensor cahaya.




BlackBerry Gemini menggunakan layar berukuran 2.46 inci beresolusi 320 x 240 pixel dengan kedalaman warna 65k. Resolusi layar BlackBerry Gemini sama dengan resolusi layar Curve 8320, namun layar BlackBerry Gemini berukuran lebih kecil sedikit sehingga kerapatan pixel terasa lebih baik pada layar BlackBerry Gemini. 




Dibawah layar terdapat empat buah tombol penggunaan handphone. Pada sisi kiri trackpad terdapat tombol pembuat panggilan dan tombol menu berlogo Blackberry yang sudah menjadi ciri khas Smart Phone BlackBerry. Pada sisi kanan trackpad terdapat tombol back dan tombol pemutus panggilan yang berfungsi ganda sebagai tombol power. BlackBerry Gemini adalah Smart Phone pertama dari Blackberry yang menggunakan trackpad, untuk kedepannya semua seri BlackBerry akan menggunakan trackpad yang mana akan menggantikan trackball. Penggunaan trackpad terasa lebih nyaman daripada menggunakan trackball saat kami ujicoba.




Dibawah trackpad terdapat keyboard QWERTY, tombol keyboard terasa nyaman saat digunakan untuk mengetik SMS dan chat. Tombol ini lebih baik daripada tombol Curve 8320.



Pada bagian atas BlackBerry Gemini terdapat tombol akses pintas menu musik dan fungsi musik, serta lubang speaker.



Pada bagian bawah BlackBerry Gemini hanya terdapat lubang mikrofone untuk menangkap suara.



Pada bagian kiri BlackBerry Gemini terdapat tombol voice dial, port charger yang berfungsi ganda sebagai port USB, dan jack audio 3.5mm. 




Pada bagian kanan BlackBerry Gemini terdapat tombol volume, tombol shutter kamera, serta lubang gantungan tali handphone.




Pada bagian belakang BlackBerry Gemini terdapat kamera beresolusi 2 megapixel yang tidak dilengkapi dengan lampu flash dan autofokus.


 

Tampilan Menu Antar Muka

 


BlackBerry Gemini yang kami miliki menggunakan software BlackBerry OS versi 4.6.1. Tampilan menu antar-muka BlackBerry Gemini terlihat dengan tampilan BlackBerry lainnya. Pada bagian homescreen terdapat ikon yang dapat anda gunakan sebagai akses pintas ke menu favorit anda. Pada bagian atas layar terdapat status handphone seperti status batery, profile, sinyal handphone, penunjuk waktu, dan logo operator yang anda gunakan. Jika terdapat pesan masuk atau notifikasi chat dan notifikasi situs jaringan sosial yang belum anda baca, maka akan terdapat ikon chat atau jaringan sosial pada layar.




Tidak terdapat jeda saat masuk kedalam menu, masuk kedalam menu BlackBerry Gemini terasa lebih cepat daripada masuk ke menu Curve. Ini dikarenakan prosesor yang digunakan pada BlackBerry Gemini lebih baik daripada prosesor Curve 8320.




Tidak terdapat efek perubahan pada ikon saat anda memindahkan kursor dari ikon satu ke ikon lainnya (kami menggunakan tema standar). Ini tergantung dari pilihan tema yang anda terapkan.




BlackBerry Gemini dapat dengan mudah melakukan multitasking aplikasi Java saat kami ujicoba tanpa terasa berat saat kami membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.
 


Kustomisasi

 
Hanya terdapat satu pilihan tema pada BlackBerry Gemini, namun anda dapat mendownload ratusan tema lainnya jika anda bosan dengan sangat mudah pada BlackBerry Application World.

 

Phonebook

 
Sebagai sebuah Smart Phone, tentu saja tidak terdapat batasan penyimpanan pada phonebook BlackBerry Gemini. Batasan penyimpanan hanya terbatas pada kapasitas memory yang anda gunakan. Phonebook dilengkap dengan detil kontak seperti alamat email, telepon kantor, telepon rumah, tanggal ulang tahun, dan akun IM. 



 

Catatan Panggilan

 
Seperti biasa, pada catatan panggilan anda dapat melihat catatan panggilan seperti panggilan masuk, panggilan keluar, dan panggilan gagal. Catatan panggilan masuk, panggilan keluar, dan panggilan tergabung menjadi satu catatan panggilan, tidak terdapat kolom pemisah panggilan.


 

 

Membuat Panggilan

 


Saat kami melakukan panggilan dengan status sinyal dalam keadaan penuh, kami tidak mendapatkan masalah sama sekali saat mendengarkan suara lawan bicara kami. Lawan bicara kamipun tidak memiliki masalah dengan suara kami saat kami menghubungi lawan bicara kami.



 

Menulis Pesan

 


BlackBerry Gemini dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, dan Email. SMS, MMS, dan Email memiliki editor untuk menulisnya masing-masing. Kami tidak mendapatkan masalah saat mengirimkan SMS dan MMS. SMS BlackBerry Gemini memiliki tampilan seperti tampilan chatting sama seperti seri BlackBerry lainnya. Untuk mengirimkan email anda harus melakukan pengaturan seperti memasukan nama akun email dan password email anda pada pengaturan email, anda dapat menggunakan beberapa akun email secara bersamaan pada email BlackBerry Gemini. Setelah itu anda dapat menerima dan mengirimkan email berattachment dengan mudah menggunakan BlackBerry Gemini. Push email pada BlackBerry Gemini berjalan dengan baik saat kami lakukan ujicoba, terdapat kotak masuk untuk email yang terpisah dari kotak masuk untuk SMS dan MMS. 



 

File Manager



File manager BlackBerry Gemini terdapat pada media player, untuk menggunakan file manager anda dapat masuk ke menu media player, lalu tekan tombol menu dan masuk ke explorer. Seperti biasa, anda dapat menggunakan file manager untuk memindahkan file, mengirimkan file, menggandakan file, dan menghapus file.


 

 

Media Player

 


Sama seperti BlackBerry lainya, BlackBerry Gemini juga dilengkapi dengan media player. Pada media player terdapat pemutar musik, galeri foto, pemutar video, dan voice notes. Untuk mengakses pemutar musik ada dua cara, anda dapat mengaksesnya menggunakan tombol musik pada bagian atas dan mengaksesnya menggunakan ikon musik pada ikon dibagian menu. Pemutar musik akan memisahkan musik berdasarkan penyanyi, jenis musik, dan album. Jika anda memutar lagu maka akan muncul tampilan album art pada pemutar musik. Untuk mendengarkan lagu selanjutnya atau lagu sebelumnya anda dapat menggunakan tombol fungsi musik yang terdapat pada bagian atas BlackBerry Gemini, tombol ini dapat digunakan tidak hanya saat anda berada didalam menu pemutar musik, tetapi juga dapat digunakan saat anda meminimize pemutar musik dan memutarnya pada latar belakang. Sayangnya tidak terdapat pilihan EQ pada pemutar musik BlackBerry Gemini, namun suara lagu sudah terdengar baik walaupun tidak terdapat pilihan EQ.



Selain dapat mendengarkan lagu, anda dapat melihat foto pada galeri foto yang juga terdapat pada media player. Galeri foto dapat menampilkan foto dengan mode landscape dan portrait. Tidak terdapat jeda saat kami melakukan zoom-in pada foto.Tidak terdapat slide show dan editor foto pada galeri foto.



Yang terakhir terdapat pemutar video pada media player, anda dapat menonton video dengan mode layar penuh. Pemutar video BlackBerry Gemini dapat memutar video dengan beberapa format seperti 3GP, MP4, dan WMV saat kami ujicoba.


 

Layar

 
BlackBerry Gemini menggunakan layar LCD berukuran 2.46 inci dengan kedalaman 65k warna dan resolusi 320 x 240 pixel. Layar BlackBerry Gemini memiliki resolusi layar yang sama dengan layar Curve 8320, namun ukuran layar BlackBerry Gemini sedikit lebih kecil sehingga kerapatan pixel menjadi lebih baik pada layar BlackBerry Gemini.   



Kualitas Audio

 
Seperti biasa, kami mencoba memainkan lagu Jazz favorit kami yang dibawakan oleh penyanyi Jazz kawakan sekelas Peppy Kamadhatu dengan judul That’s What Friend’s Are For. Walaupun tidak terdapat pilihan EQ pada pemutar musik, namun suara saxofone pada intro lagu tidak terdengar pecah sama sekali saat kami memutar lagu dengan pengaturan volume maksimal. Selain memutar lagu berjenis jazz kami memutar lagu up beat yang dibawakan oleh The Black Eyed Peas berjudul Boom Boom Pow !!! , secara keseluruhan suara lagu terdengar baik walaupun suara bass kurang terasa. 



Overall, kualitas audio Blackberry Gemini patut diacungi jempol. Walaupun tidak terdapat pilihan EQ suara yang keluar dari speaker yang terdapat pada bagian atas terdengar baik. Untuk mendengarkan lagu dengan suara yang lebih baik anda dapat menggunakan headset kesayangan anda karena terdapat jack audio 3.5mm pada bagian kiri handphone.

Catatan penulis : lagu dimainkan pada bitrate 192 Kbps.

 

Kamera

 


Pada bagian belakang BlackBerry Gemini terdapat kamera beresolusi 2 megapixel dengan hasil foto beresolusi maksimal 1600x1200 pixel. Pada kamera terdapat beberapa pengaturan kamera seperti white balance, ukuran foto, efek warna, dan kualitas foto. 



Kamera BlackBerry Gemini tidak dilengkapi dengan lampu flash, jadi hasil foto saat kondisi kurang cahaya terasa kurang maksimal. Saat kondisi cahaya baik, hasil foto terlihat terang dan jernih seperti terlihat pada hasil foto dibawah ini.





 


Perekam Video



Kamera BlackBerry Gemini dapat digunakan untuk melakukan perekaman video. Kamera dapat melakukan perekaman video dengan resolusi maksimal 320 x 240 pixel, selain itu terdapat pilihan efek warna seperti black & white dan sephia pada perekam video. Hanya terdapat satu pilihan format perekaman video, yaitu 3GP.


 

Browser

 


BlackBerry Gemini dilengkapi dengan browser HTML yang dapat membuka halaman web dengan tampilan web seperti browser pada PC anda. Browser BlackBerry Gemini sudah mendukung flash saat kami ujicoba browser menggunakan Wi-Fi untuk membuka situs YouTube. Saat kami ujicoba browsing situs YouTube menggunakan layanan BIS, browser langsung memberikan peringatan bahwa layanan BIS akan berganti ke layanan WAP yang berarti anda harus membayar pulsa diluar layanan BIS. Saat kami ujicoba membuka video YouTube menggunakan layanan WAP, video tidak dapat diputar, namun saat menggunakan Wi-Fi video dapat diputar. Browser dapat ditampilan dengan mode layar penuh dan dapat dizoom untuk membaca teks lebih jelas.




 

Konektivitas

 
BlackBerry Gemini dilengkapi dengan konektivitas seperti jaringan Quad Band GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz. Untuk panggilan data, pada BlackBerry Gemini terdapat GPRS dan EDGE kelas 10 yang dapat mencapai kecepatan maksimal 236.8 kbps. Browsing menggunakan BlackBerry Gemini terasa cukup cepat jika dibandingkan dengan browsing menggunakan Curve 8320.



Untuk konektivitas lokal, BlackBerry Gemini dilengkapi dengan Bluetooth 2.0 A2DP dan Wi-Fi 802.11b/g. Saat kami ujicoba browsing menggunakan Wi-Fi, browsing terasa lebih jauh lebih cepat daripada menggunakan layanan BIS.


Selain itu terdapat slot microSD pada BlackBerry Gemini dan port USB untuk konektivitas lokal.

 


Organizer

 
Terdapat beberapa fitur organizer pada BlackBerry Gemini. Pertama, terdapat Kalendar dengan tampilan mingguan dan bulanan. Anda dapat melakukan sinkronasi tanggal ulang tahun teman anda yang terdapat pada jaringan sosial Facebook anda pada kalendar dengan mudah. Untuk melakukan sinkronasi anda dapat melakukannya dengan cara membuka aplikasi Facebook dan melakukannya secara manual apabila kalendar tidak melakukan sinkronasi tanggal ulang tahun secara otomatis.



Kedua, terdapat Tasks, berguna untuk mencatatkan suatu hal yang penting.



Ketiga, terdapat Memo. Fungsinya hampir sama seperti Tasks.



Keempat terdapat Alarm untuk membangunkan tidur anda.




Selain itu juga terdapat fitur organizer standar seperti kalkulator dan perekam suara.


 

Aplikasi Facebook

 
Terhubung dengan situs jaringan sosial Facebook sepertinya sudah menjadi keharusan saat ini. Pada BlackBerry Gemini sudah terdapat aplikasi Facebook yang dapat digunakan untuk melihat foto anda, foto teman anda, melihat notifikasi, melihat status terbaru teman anda, melihat foto terbaru teman anda, mengomentari wall teman anda, merubah status anda, dan mengupload foto anda via Mobile Upload lagu men-tag-nya ke Facebook teman-teman anda. 



 

Aplikasi office untuk membuka dan mengedit dokument office

 
Aplikasi office pada BlackBerry Gemini dapat digunakan untuk membuka dan mengedit dokumen office seperti word, excel, dan ppt. Sayangnya tidak dapat digunakan untuk membuat file baru.


 

Game

 
Terdapat beberapa 5 game pada BlackBerry Gemini seperti Brickbreaker, Texas Hold’Em King2, Sudoku, Klondike, dan Word Mole. Jika anda bosan dengan kelima game tersebut anda dapat mendonwload game lainnya.




 

BlackBerry Maps

 
BlackBerry Gemini sudah dilengkapi dengan BlackBerry Maps sama seperti beberapa seri Curve lainnya. Tampilan BlackBery Maps terlihat kurang baik, jika anda tidak suka dengan tampilannya anda dapat mengintsal Google Maps dengan mudah dan cepat menggunakan browser BlackBerry Gemini. Tampilan Google Maps terlihat jauh lebih baik dari tampilan BlackBerry Maps. Terdapat beberapa tampilan pada map seperti tampilan satelite dan map.



Untuk menggunakan Google Maps anda harus menentukan tempat anda berada dan lokasi yang akan anda tuju, setelah itu anda dapat memilih pergi untuk menggunakan transportasi mobil, kendaraan umum, atau berjalan kaki.  



 

Aplikasi Chatting

 

BlackBerry Gemini sudah dilengkapi dengan aplikasi chatting seperti Yahoo Messanger, MSN messenger, dan Google Talk. Selain ketiga aplikasi chat tersebut, anda dapat dengan mudah mendonwload aplikasi chat lainnya. Sebagai handset keluaran BlackBerry tentu BlackBerry Gemini juga dilengkapi dengan BlackBerry Messenger, ini dapat digunakan untuk melakukan chat sesama pengguna BlackBerry saja. Namun BBM cukup merepotkan ketika anda harus menggganti handset BlackBerry anda dengan handset BlackBerry lainnya, anda harus memberitahukan Pin BB anda ke teman anda karena Pin BB lama tidak dapat dipindahkan ke handset BlackBerry lainnya.




 

Daya Tahan Batery

 
BlackBerry Gemini menggunakan batery Li-Ion berkapasitas 1150 mAh. Menurut pihak RIM, batery dapat bertahan hingga 408 jam dalam keadaan standby tanpa digunakan sama sekali dan hingga 4 jam 30 menit jika digunakan untuk bicara. Saat kami ujicoba menggunakan batery dengan ketentuan seperti menggunakan layanan BIS, mengaktifkan beberapa akun IM seperti YM, MSN, dan Gmail, browsing, dan membuka aplikasi Facebook serta mengaktifkan Wi-Fi, batery tidak dapat bertahan hingga 24 jam.


 

Kata Penutup

 
Handset BlackBerry yang dulu berharga selangit kini tidak lagi terbukti, dengan kehadiran BlackBerry 8520 Gemini RIM, ingin membuktikan bahwa BlackBerry kini bukanlah “mainan” kelas atas saja. Dengan hadirnya Gemini di Indonesia membuat vendor lain harus menurunkan harga Smart Phone buatannya kalau tidak ingin tersaingi oleh kehadiran Gemini. Bagi anda yang yang memiliki budget tidak terlalu besar namun ingin memiliki BlackBerry, anda dapat membeli BlackBerry Gemini.

Kassa9


Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Sony Xperia E3 Dual
Akan datang
3
Nov 27 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
45
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
15
Oct 31 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.