TOP
REVIEWS
Review: Blackberry Curve 8330 CDMA (Smart)
Review Blackberry Curve 8330 CDMA (Smart)
Nov 04 2009 6:43PM
18
101376

 

Perkenalan

 

 

Blackberry Curve 8330 CDMA sebenarnya sudah dikeluarkan pada pertengahan tahun 2008 lalu, namun penggunaan Smart Phone CDMA kala itu belumlah semaksimal penggunaan Smart Phone GSM. Kali ini Smart mencoba mendatangkan Blackberry Curve 8330 CDMA yang mana dibundel dengan operator Smart. Smart berharap penggunaan Smart Phone CDMA dapat menjadi tren karena kecepatan CDMA secara teori dan praktek jauh lebih cepat dari kecepatan GSM. Fitur 8330 CDMA tidak berbeda jauh dengan fitur Blackberry 8320, 8330 CDMA juga dilengkapi dengan GPS. Namun terdapat jaringan EVDO yang membedakan keduanya.

 



Dibawah ini adalah kelengkapan aksesoris yang terdapat pada kotak penjualan Blackberry 8330 CDMA :

-Batery Lithium Ion berkapasitas 1150mAh
-Charger
-Kabel data USB
-Headset stereo
-Buku panduan manual
-CD software

 

Desain



8330 CDMA hadir dengan dimensi 4.2 x 2.4 x 0.6 inchi dan berat 113 gram. Dari segi desain 8330 CDMA tidak berbeda jauh dengan desain Blackberry seri 8300 lainnya seperti Blackberry 8310 dan 8320, yang membedakannya hanyalah pada jaringannya saja. 8330 CDMA dikeluarkan dalam dua pilihan warna saat ini yaitu abu-abu metalik dan silver, jika anda tidak suka dengan kedua warnanya anda dapat melakukan kustomisasi dengan cara men-skin casing Blackberry anda yang mana sedang marak saat ini. 



Seperti biasa, pada bagian bawah layar terdapat trackball yang mudah digunakan dan dapat diatur kesensitifannya. Pada sisi kiri trackball terdapat tombol pembuat panggilan dan tombol menu, sedangkan pada sisi kanan trackball terdapat tombol back dan tombol pemutus panggilan.



8330 CDMA menggunakan layar berukuran 2.4 inchi beresolusi QVGA (320 x 240 pixel) berbentuk landscape dengan kedalaman 65k warna. Pada bagian atas terdapat lampu LED sebagai lampu indikator, lampu ini akan menyala dengan warna merah ketika terjadi panggilan atau terdapat pesan masuk. Pada posisi standby lampu akan menyala dengan warna hijau, sedangkan jika battery lemah maka lampu akan menyala berwarna kuning. 




Pada sisi kanan 8330 CDMA terdapat tombol volume dan tombol kamera. Kedua tombol tersebut dilapisi dengan warna krome.


Pada sisi kiri 8330 CDMA terdapat jack audio 3.5mm, port charger yang berfungsi ganda sebagai port USB, dan tombol voice dial yang dapat anda kustomisasi fungsinya.



Pada bagian atas handphone terdapat tombol untuk menonaktifkan nada dering handphone dan lubang speaker.


Pada bagian bawah tidak terdapat apapun.



Pada bagian belakang 8330 CDMA terdapat kamera beresolusi 2 megapixel yang dilengkapi dengan lampu flash dan kaca pemotret diri.

 

 

Tampilan Antar-muka dan Sistem Operasi



Tampilan antar-muka 8330 CDMA terlihat mirip dengan tampilan antar-muka Blackberry 8320 milik kami, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya karena keduanya dibangun pada platform yang sama. Ikon-ikon menu hadir dengan tampilan yang menarik, sebenarnya ini tergantung dari pilihan tema yang anda terapkan, namun tema bawaan 8330 CDMA sudah cukup tampil dengan menarik.



8330 CDMA menggunakan OS 4.5.0.169 yang mana juga digunakan pada beberapa seri Blackberry Curve lainnya. Seperti biasa, anda dapat dengan mudah mengundah aplikasi untuk Blackberry anda, baik yang gratis ataupun berbayar. Tidak terlalu sulit untuk menginstal aplikasi pada 8330 CDMA karena kecepatan BIS-nya terasa cukup stabil.

Untuk mengelompokan aplikasi yang anda download dengan aplikasi bawaan, anda dapat membuat folder pada bagian menu 8330 CDMA. Selain itu, anda juga dapat melakukan kustomisasi pada beberapa tombol sebagai akses pintas menuju menu yang anda inginkan. 

Trackball 8330 CDMA terasa sama dengan trackball Blackberry 8320 milik kami

 

 

Phonebook



Mengisikan kontak pada phonebook 8330 CDMA sangatlah mudah, anda tinggal membuka menu phonebook, kemudian klik new address. Seperti biasa, pada phonebook terdapat detil kontak seperti alamat email, alamat telepon rumah, PIN BB, alamat IM, tanggal ulang tahun, alamat rumah dan lain-lain. Jika anda mengisikan detil kontak dengan benar, maka otomatis phonebook dapat melakukan sinkronasi IM atau mengetahui nama Facebook kontak yang anda isikan pada phonebook anda dengan IM dan Facebook milik anda.

Selain itu anda juga dapat melakukan kustomisasi lainnya pada kontak seperti memasangkan nada dering personal dan foto personal. Untuk mengisikan kontak, anda harus mengisikan kontak dengan nama depan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan nama belakang kontak, ini sebenarnya tidak terlalu penting.

 

 

Organizer



Yang pertama terdapat kalendar dengan tampilan bulanan dan mingguan. Kalendar dapat disinkronasikan dengan tanggal ulang tahun teman pada email atau situs jaringan sosial yang anda miliki seperti Facebook. Tanggal ulang tahun teman anda akan langsung tercatat pada kalendar 8330 CDMA anda. Selain itu pada kalendar anda juga dapat memasangkan pengingat, event, dan alarm.

Selain itu juga terdapat organizer standar lainnya seperti tasks, memo, pad, perekam suara, dan kalkulator. 8330 CDMA juga dilengkapi dengan fitur voice dial.

 

 

Pesan



Blackberry 8330 CDMA dilengkapi dengan fitur pesan yang sangat lengkap dan canggih. Sepertinya itu sudah menjadi standar Blackberry sebagai handphone messenger. 8330 CDMA dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, dan Email (push email). Anda dapat mengirimkan email dengam attachment pada 8330 CDMA.

Setiap Blackberry selalu dilengkapi dengan Blackberry PIN, ini berguna untuk berkomunikasi menggunakan IM antar sesama pengguna Blackberry. Standar-nya, pada sebuah Blackberry sudah terdapat IM seperti YM, MSN, AIM, dan G-Talk.

Pengaturan email pada 8330 CDMA sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan hanyala tinggal mengisikan alamat email dan dan password email anda, kemudian email akan masuk sebagai pesan ke kotak masuk anda. Tetapi anda perlu mengingat, untuk menggunakan IM, Push email, dan browser pada 8330 CDMA anda harus mengaktifkan layanan BIS terlebih dahulu. 8330 CDMA mendukung push email sampai dengan 10 akun email berbeda secara bersamaan.

 

 

Konektivitas



8330 CDMA dilengkapi dengan jaringan CDMA dual band (800/1900 MHz) dan konektivitas sekelas EVDO, ini jauh lebih cepat dari kecepatan 3G yang dimiliki oleh seri Blackberry lainnya yang sudah dilengkapi dengan jaringan 3G. Browsing menggunakan browser bawaan 8330 CDMA terasa browsing menggunakan PC karena hadir dengan tampilan HTML, namun untuk browsing dengan tampilan yang benar-benar mirip dengan PC anda dapat menginstal Opera Mini versi 5.0 pada 8330 CDMA anda.

Kami sudah mencoba menggunakan 8330 CDMA untuk membuka situs YouTube dan video yang ditampilkan tidak terlihat patah-patah sekalipun. Menurut pihak Smart, jaringan EVDO saat ini baru dapat dinikmati di daerah Jakarta saja, jadi jika anda membawanya keluar daerah maka kecepatannya akan sedikit berukurang.

Selain EVDO, 8330 CDMA juga sudah dilengkapi dengan konektivitas lokal seperti Bluetooth 2.0 dengan dukungan HSP, SPP, A2DP, dan AVRC. Sayangnya tidak terdapat konektivitas sekelas Wi-Fi pada 8330 CDMA seperti pada Blackberry 8320 milik kami.



Untuk menerima file dari device lain anda dapat menggunakan Bluetooth, seperti file video, musik, dan foto.

8330 CDMA dapat digunakan untuk melakukan sinkronasi data dengan PC anda menggunakan Microsoft Outlook Express. 8330 CDMA tidak hanya dapat digunakan untuk browsing via browser bawaan, namun anda dapat menjadikannya sebagai modem Internet untuk PC atau laptop anda dengan kecepatan maksimal 3.1 Mbps dan perlu dicatatkan ini unlimited dan tidak dipungut biaya tambahan selama anda berlangganan BIS miliki Smart. Ini adalah salah satu keunggulan 8330 CDMA yang dibundel dengan Smart.

 

Prosesor dan Performa Multimedia



8330 CDMA dilengkapi dengan 312 MHz, RAM sebesar 32MB, dan ROM sebesar 96MB.

Selain mendukung bisnis, RIM tidak lupa melengkapi 8330 CDMA dengan kemampuan multimedia seperti kamera beresolusi 2 megapixel pada bagian belakang handphone. Galeri yang dapat menampilkan foto, pemutar musik, dan pemutar video.



Menggunakan media player 8330 CDMA terasa mudah dan berlangsung dengan cepat, pada galeri foto, tidak terdapat jeda yang lama saat melakukan zoom pada foto. Pada pemutar musik, musik dapat ditampilkan dengan suara yang terdengar cukup baik dan keras.

Pemutar musik 8330 CDMA dapat menampilkan lagu berdasarkan kategori seperti penyanyi dan album. Pemutar musik juga dapat menampilkan album art dari lagu yang sedang kita mainkan. Pemutar musik dapat memainkan musik dengan format seperti : MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, WAV, dan AMR

Sedangkan pemutar video 8330 CDMA dapat memutar video dengan format seperti :
MPEG4, WMV, eAAC+, dan H.263.

Selain itu, Smart bekerjasama dengan beberapa jaringan TV luar untuk menghadirkan layanan TV digital pada 8330 CDMA. Kami sempat mencoba memutar beberapa chanel TV luar seperti BBC, melakukan streaming terasa sangatlah cepat dan benar-benar tanpa jeda saat kami melakukannya 





 

Software



8330 CDMA sudah dilengkapi dengan memory internal sebesar 96MB, jika terasa kurang terdapat slot external microSD. Pada 8330 CDMA sudah terdapat Blackberry Maps, hanya saja tampilannya kurang baik, sebaiknya anda menginstal Google Maps untuk digunakan sebagai GPS karena tampilannya terlihat lebih baik dari tampilan Blackberry Maps. Untuk menggunakan GPS, anda harus mengaktifkan layanan BIS terlebih dahulu.

 

Performa



Kami tidak mendapatkan masalah saat menggunakan 8330 CDMA untuk membuat panggilan, demkianpun dengan lawan bicara kami yang tidak mendapatkan masalah saat melakukan panggilan dengan kami. 8330 CDMA menggunakan battery Li-Ion 1150mAh. Pihak Blackberry mengklaim bahwa battery dapat bertahan hingga 4 jam 30 menit untuk digunakan berbicara dan 264 jam dalam keadaan standby.


 

Kata Penutup



Smart Phone CDMA adalah sebuah fenomena baru di Indonesia, karena selama ini Smart Phone hanya didominasi oleh Smart Phone GSM saja. Ini karena terbatasnya jaringan yang terdapat pada handset CDMA yang tidak dapat dibawa ke wilayah tertentu di Indonesia dan harus melakukan registrasi apabila anda ingin membawanya ke daerah tertentu, namun tenang saja karena ini tidak akan terjadi pada 8330 CDMA karena Smart dapat dibawa kemanapun selama anda masih berada di Indonesia.

Dengan harga jual Rp.2,500,000,- kami lebih memilih membeli 8330 CDMA daripada membeli Blackberry 8520 Gemini yang cukup lambat saat menampilkan halaman web. Keuntungan jika anda membeli 8330 CDMA jauh lebih besar daripada jika anda membeli Blackberry 8520 Gemini, mengingat 8330 CDMA dapat digunakan juga sebagai modem internet tanpa pungutan biaya tambahan jika anda berlangganan layanan BIS dari Smart. Sayangnya penjualan 8330 CDMA ini harus dibundel dengan operator Smart, harga handsetnya saja Rp.2,500,000,- namun anda harus berlangganan BIS Smart selama 12 bulan dan harga jualnya menjadi sekitar Rp,4,000,000,-.

 

Kassa9


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
52
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
19
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
30
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
24
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
52
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
29
Jun 27 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.