TOP
REVIEWS
Review: Lenovo S920
Paket Lengkap di Kelas Menengah
Sep 04 2013 10:36AM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
13
173257

Setelah sempat diluncurkan secara resmi di Indonesia bulan Juni lalu, kini smartphone Android Lenovo S920 telah masuk ke pasaran. Ponsel ini memiliki kelebihan prosesor quad-core, jellybean, dengan layar HD berukuran 5,3-inci. Selain itu tampak luar ponsel ini juga terlihat stylish dengan bodi tipis. Dibanderol di angka 3 jutaan rupiah, layakkah ponsel ini anda miliki? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • GSM 900 / 1800 / 1900 (SIM 1& 2)
  • HSDPA 900 / 2100 (SIM 1)
  • Dual sim GSM
  • Layar IPS 5.3 inci, 1280 x 720 pixel
  • Android 4.2 Jelly Bean
  • Prosesor MTK 6589 1.2 GHZ Quad-Core
  • RAM 1GB
  • Memori Internal 4GB
  • Slot microSD up to 32GB
  • Kamera utama 8MP autofocus + LED flash
  • Kamera depan 2MP
  • Baterai 2250mAh

Paket Penjualan

  • Handset Lenovo S920
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset in-ear
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Desain atau lebih tepatnya bentukan merupakan salah satu poin jual dari Lenovo S920, karena ponsel ini memiliki dimensi 154 x 77.7 x 7.9 mm dengan bobot 159 gram, dimana meskipun besar dan lebar namun terbilang tipis. Seluruh bodi terbuat dari plastik glossy. Jika dilihat dari belakang ponsel ini memiliki desain belakang yang mirip dengan ponsel HTC One X dengan kamera berbentuk lingkaran dibagian atas.



Bagian muka terisi dengan earpiece, sensor cahaya dan proximity, LED notifikasi, kamera depan, layar 5.3-inci serta tiga buah tombol fungsi Android dan mic. Bagian belakang terisi dengan mic, kamera utama, LED flash, dan speaker. Dua slot kartu SIM dan slot kartu microSD terdapat dibalik back cover.






Sisi kiri ponsel terdapat tombol volume, untuk sisi kanan terlihat polos. Untuk sisi atas terdapat port headset 3.5mm, tombol lock/power, dan port microUSB yang ditutup dengan flap, sedangkan bagian bawah terlihat polos. Menurut kami untuk ponsel ukuran jumbo seperti S920 ini penempatan tombol lock/power akan lebih baik jika berada di sisi kiri ponsel karena lebih mudah dijangkau dengan jari, terlebih tombol yang ada di S920 terasa kurang menonjol.




S920 menggunakan layar beresolusi HD 720p dengan ukuran 5.3-inci serta kedalaman piksel 277 ppi. Kualitasnya terbilang baik dengan tampilan tajam dan warna yang cerah. Kekurangannya hanya karakteristik yang sedikit kemerahan. Untuk dibawah matahari layar dapat mengatasi dengan baik, terlebih terdapat sensor cahaya jadi layar dapat otomatis mengatur keterangan jika diatur ke mode otomatis.

Antarmuka
Antarmuka S920 mengikuti antarmuka ponsel high-end terbaru Lenovo lain seperti K900. S920 juga sudah berjalan di Android 4.2 JellyBean. Jika Teknokerz sudah mengetahui atau bahkan pernah menggunakan ponsel Lenovo, pasti anda tau bahwa antarmuka Lenovo memiliki banyak kostumisasi dari tema,efek, ikon, wallpaper video, dan lainnya. Karena sudah menggunakan Android 4.2 pada bagian lockscreen anda bisa menaruh widget-widget. Sayangnya slider lockscreen tidak memiliki jalan pintas hanya untuk membuka layar saja.


Masuk ke homescreen anda disediakan 9 homescreen maksimal yang dapat anda taruh widget, shortcut, folder, dan lainnya. Anda bisa menggunakan wallpaper video untuk menjadi penghias halaman homescreen. Terdapat juga kostumisasi seperti tema, efek transisi, dekorasi ikon, dan lainnya. Ikon di drawer apps tersusun dalam formasi 5 x 4 dengan ukuran yang cukup besar dan saling berjarak. Anda dapat mengatur posisi tiap ikon baik secara manual atau kategori tertentu. Jendela notifikasi hadir dengan pilihan toggle konektivitas, pengaturan, dan pengaktifan beberapa fitur. Terdapat juga jalan pintas ke menu setting. Lenovo memberikan beberapa fitur sensor dan gestur seperti Pocket mode yang secara otomatis meningkatkan volume ringtone jika berada di dalam kantong, Decrease tone dimana secara otomatis menurunkan volume ketika ponsel sudah digenggam, dan Smart roll untuk mengubah layout layar dengan melakukan gestur.




Lenovo S920 Review Gallery


Urusan pengetikan, dalam kondisi default Lenovo S920 hanya memberikan keyboard standar Android yang menawarkan fitur-fitur basic. Karena ukuran layar yang besar saat pengetikan akan lebih nyaman jika dilakukan dengan dua tangan. Layout keyboard ini juga lebih berjarak karena efek layar yang besar.


Contacts dan Messaging
Contacts hadir to-the-point dengan langsung menjabarkan nama dan nomor telepon contact yang ada. Dimana anda juga dapat mengubah tampilan ke groups, contacts, atau favorites. Untuk mempermudah pencarian ada juga tombol pencarian serta bar abjad disebelah kanan.




Menu Contacts dan Messaging sebenarnya menjadi satu hanya saja perbedaan di highlight tab saat masuk masuk aplikasi pertama kali. Messaging hadir standar Android saja dengan menampilkan thread chat di halaman awal, sorting tampilan (all, contacts, strangers, unread dan favorite). Tampilan editor SMS juga standar, karena ponsel ini mendukung dua SIM card sekaligus maka terdapat dua buah tombol Send sesuai kartu SIM mana yang ingin digunakan.



Kamera
S920 dibekali kamera beresolusi 8MP pada bagian belakang dan 2MP pada bagian depan. Kamera ini memiliki pengaturan yang cukup lengkap dan fitur yang menarik seperti HDR, Face Beauty, Panorama, MAV, dan lainnya. Memang fitur dan pengaturan yang disediakan tidak selengkap K900, namun setidaknya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.




Hasil pengambilan gambar dalam ruangan menggunakan kamera utama S920 terlihat kurang fokus meskipun terang rendah noise dan warna natural. Untuk luar ruangan terlihat cukup detil dengan pewarnaan yang natural namun sedikit gelap/kurang terang. Hasil asli dapat diunduh disini.





Lenovo S920 Review Gallery

Perekaman Video
Antarmuka kamera dan perekaman video menjadi satu hanya dipisahkan tombol pengambilan. Dengan kamera 8MP tentu anda dapat mengambil video dengan resolusi hingga FullHD 1080p yang akan disimpan dalam format 3GP, dimana menjadi dua sisi mata uang karena meskipun ukurannya menjadi tidak terlalu memakan memori namun kualitasnya tidak sebaik format MP4. Hasil pengambilan video dengan kamera ini terbilang tajam, dengan dukungan fokus sentuh saat melakukan perekaman. Saat merekam video anda juga bisa sekaligus mengambil gambar dengan resolusi sesuai dengan ukuran video.



Silahkan lihat contohnya dibawah ini:

Multimedia
Gallery menampilkan konten foto dan video yang ada, dengan cara simpel seperti aplikasi stok Gallery Android. Anda bisa melihat koleksi foto berdasarkan folder, lokasi, atau waktu pengambilannya. Di kanan atas juga terdpaat akses cepat ke menu kamera. Terdapat juga menu edit untuk mengaplikasikan filter, frame, mirror, rotate, dan lainnya.




Untuk dapat mendengarkan musik, anda dapat menggunakan aplikasi Play Music bawaan Android, karena S920 tidak menyediakan aplikasi terdedikasi. Tampilan dan fitur yang ada sama seperti pada aplikasi Play Music di perangkat lain, seperti album art tertampil besar saat memainkan lagu. Terdapat juga pengaturan keluaran suara equalizer dengan pengaturan manual atau preset. Kualitas via headset terdengar bagus, sedangkan loudspeaker terdengar kencang namun kurang jernih.




Konten video selain dapat diputar melalui gallery, dapat juga diputar di aplikasi terdedikasi. Tampilan antarmuka aplikasi Video tetap terlihat sederhana, dengan membagi dua tab konten video antara video yang berasal dari kamera ponsel dan video lain. Saat memutar video Terdapat pengaturan aspek rasio, brightness, take screen shot, dan lock layar (agar tidak tersentuh-sentuh saat video diputar). Pemutar video ini dapat memutar video dengan beragam format seperti MP4, M4V, FLV, AVI, MKV hingga resolusi HD namun tanpa dukungan subtitle.



Terdapat juga fitur hiburan klasik FM Radio dimana selain fitur standar seperti auto search, sleep mode, dan recording, anda tidak wajib menancapkan headset terlebih dahulu karena sudah terdapat antena built-in.



Browser
Browser bawaan yang menggunakan engine Mobile Safari ini terbilang memadai sebagai tempat pengguna menjelajah dunia maya. Meskipun tidak se cepat Chrome namun rendering halaman terbilang baik pergerakan juga smooth. Browser ini dapat melakukan multitab hingga 16 tab sekaligus. Saat kami membuka video YouTube versi desktop video tidak dapat terputar.



Untuk hasil tes HTML5, browser bawaan ini mendapatkan skor 434 dengan 12 poin bonus. Skor Sunspider, browser ini mendapatkan angka 1581.6 ms (semakin kecil semakin baik).



Benchmark

  • Quadrant Standard: 4182 poin
  • AnTuTu: 13468 poin
  • NenaMark2: 46.3 fps
  • Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan

Lenovo S920 Review Gallery

Konektivitas
Lenovo S920 berjalan di jaringan triband GSM 900 / 1800 / 1900 dan dualband HSDPA 900 / 2100. Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 a/b/g/n dual-band, Bluetooth v3.0, A-GPS, microUSB v2.0, dan dukungan microSD hingga 32GB.

Ciri khas Lenovo juga yaitu hadirnya fitur dual SIM GSM. Untuk slot satu dapat meluncur cepat hingga koneksi HSDPA sedangkan untuk SIM dua hanya mentok di GSM. Tersedia pengaturan penggunaan untuk kedua SIM tersebut di menu Setting.


Daya Tahan Baterai
Lenovo S920 ditenagai dengan baterai Lithium Ion berukuran 2250 mAh yang diklaim dapat bertahan untuk stand-by hingga 480 jam dan talk time hingga 12 jam di jaringan 3G. Selama kami melakukan proses review dengan kondisi kedua slot kartu SIM aktif dan konektivitas internet WiFi baterai ini terbilang mumpuni, cukup untuk menghidupi ponsel seharian dengan penggunaan normal. Lebih bagusnya lagi Lenovo menyediakan sebuah aplikasi bernama Lenovo Power yang dapat mengoptimalisasikan penggunaan baterai dengan mengatur sumber daya yang ada, sesuai dengan pengaturan penggunaan pengguna.


Lenovo S920 Review Gallery

Kesimpulan
Lenovo S920 merupakan ponsel keluarga S yang paling tinggi saat ini. Dimana menawarkan ponsel dengan spesifikasi tinggi dan desain yang stylish. Di kisaran harga ini anda akan mendapatkan ponsel dengan prosesor Quadcore meskipun performanya tidak luar biasa, namun terbilang cukup baik untuk menyokong kegiatan yang berat. Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah harga yang terjangkau dimana menjadi salah satu kelebihan Lenovo. Untuk pasar dibawah 3,5 juta rupiah, sejauh pantauan kami saat ini belum banyak vendor internasional yang menawarkan smartphone Android dengan prosesor quadcore (selain Acer dengan Liquid E2 dan ZTE dengan Andromax V Smartfren) di pasaran, jadi jika anda sedang mencari ponsel dengan spesifikasi tinggi, fitur lengkap dengan desain bergaya tanpa menguras dompet Lenovo S920 bisa menjadi pilihan.

Kelebihan

  • Layar besar dan prosesor quadcore harga terjangkau
  • Desain bodi tipis
  • Daya tahan baterai yang tergolong bagus
  • Pilihan kostumisasi antarmuka yang lengkap

Kekurangan

  • Memori kurang besar (internal free 475MB; built-in free 1.17GB)
  • Penempatan tombol lock/power yang kurang tepat

teknoup


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
121
01 Sep 2014
18
01 Sep 2014
52
01 Sep 2014
42
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
1
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
19
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
30
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
24
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
52
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.