TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia ZL C6502
Dibawah Bayangan Xperia Z
Mar 19 2013 9:43AM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.2
36
55287

Teknokerz suka dengan spesifikasi yang dimiliki Xperia Z namun terasa terlalu mahal sehingga budget kurang mencukupi? Dan juga anda tidak begitu mementingkan fitur tahan air? Mungkin Xperia ZL bisa menjadi pilihan, selain dibanderol lebih murah dari Xperia Z (sekitar 6,7 jutaan rupiah), ponsel ini juga memiliki spesifikasi yang persis sama dengan saudaranya Xperia Z. Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • Pentaband HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
  • Layar sentuh kapasitif TFT 16 juta warna 5-inci FullHD (1080x1920 piksel) (~441 ppi)
  • Memori internal 16 GB (11.73 GB Available), RAM 2 GB
  • Kamera Belakang 13 MP (4128x3096 piksel) autofokus, LED flash
  • Kamera Depan 2MP
  • Android Jelly Bean 4.1.2
  • CPU Quad-core 1.5 GHz Krait Qualcomm MDM9215M / APQ8064
  • GPU Adreno 320
  • Baterai Lithium-Ion 2370 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Xperia ZL
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset in-ear (EX300AP)
  • Ear bud
  • Anti gores
  • Manual
  • Kartu garansi



Desain dan Bodi
Hanya dengan menyandingkan bersebelahan dengan Xperia Z, memang dari segi desain Xperia ZL jauh berada dibawah. Dari sisi material juga demikian, seperti yang sudah diketahui Xperia Z menggunakan material kaca untuk pelapis bagian muka dan belakang, sehingga terlihat lebih premium dan menunjukkan ponsel kelas atas, sedangkan ZL hanya menggunakan material plastik dengan bagian belakang bertekstur kasar sehingga mirip seperti Galaxy W tidak begitu terlihat ponsel yang harganya hampir tujuh jutaan. Kedua bersaudara ini sama-sama mengusung desain unibodi.

Xperia ZL memiliki dimensi 131.6 x 69.3 x 9.8 mm dengan bobot 151 gram sedikit lebih kecil namun lebih tebal dan berat dibandingkan Xperia Z. Karena layar 5-inci maka tidak heran ponsel ini tergolong besar untuk penggunaan satu tangan. Terlebih dengan desain bagian belakang yang melengkung, bodi Xperia ZL lebih nyaman digenggam dibandingkan Xperia Z.



Bagian muka Xperia Z dan ZL terlihat mirip, dengan layar 5-inci yang dikelilingi frame hitam untuk pilihan warna ponsel manapun. Bagian muka ini terisi dengan earpiece, sensor cahaya dan proximity, LED notifikasi dengan desain garis (seperti di Xperia Miro, J dan E), mic, dan kamera depan yang letaknya cukup unik, di bagian bawah kanan frame. Bagian belakang terisi dengan mic, kamera utama, LED flash, speaker, dan semacam pintu untuk membuka slot kartu memori dan kartu SIM.






Bagian kiri ponsel terisi dengan tombol volume, tombol lock/power, dan tombol kamera yang tidak ditemukan di Xperia Z. Bagian kanan terisi dengan port microUSB. Sisi atas terisi dengan port headset 3.5mm sedangkan bagian bawah hanya terisi lubang untuk menggantungkan aksesoris.





Xperia ZL memiliki spesifikasi layar yang persis sama seperti Xperia Z yaitu layar sentuh kapasitif TFT 16 juta warna 5-inci dengan resolusi FullHD 1080p (1080 x 1920 piksel) plus Bravia Engine 2 untuk mobile. Untuk kelebihan dan kekurangannya tidak jauh berbeda dengan Xperia Z. Kelebihannya tampilan dilayar terlihat tajam, halus, dan detail. Tampilan warna juga baik terlihat hidup, tapi hanya untuk sudut pandang lurus, karena salah satu kekurangan di layar Xperia Z dan ZL adalah sudut penglihatan yang tidak luas. Jika dilihat dari kemiringan tampilan di layar memang tetap terlihat detail, halus, dan tajam, namun untuk warna terlihat memudar. Selain hal tersebut layar ini masih terlihat bagus walaupun digunakan dibawah sinar matahari. Dan secara garis besar menurut kami meskipun tipis tapi kualitas layar Xperia ZL lebih baik jika dibandingkan dengan Xperia Z, warna hitam terlihat lebih pekat dan terang.


Sony Xperia ZL C6502 Review Gallery

Antarmuka
Xperia ZL menggunakan Android Jelly Bean 4.1.2 dengan antarmuka baru yang sedikit berbeda dari antarmuka Xperia sebelumnya. Tampilan antarmuka terlihat lebih simpel jika dibandingkan ponsel flagship dari vendor lain. Performa dari antarmuka ini terbilang baik cukup lancar, meskipun di halaman homescreen yang terisi dengan widget sempat terjadi sedikit lag saat dibuka pertama kali. Halaman lockscreen memiliki desain baru dimana menjadi sistem slide horizontal untuk membuka layar dan terdapat dua buah slider kiri untuk akses langsung ke pemutar musik dan kanan untuk masuk ke menu kamera.


Masuk ke homescreen anda dapat menggunakan maksimal 7 halaman yang diisi dengan item-item favorit dan seusai kebutuhan. Untuk memasukkannya cukup mencubit layar, anda juga dapat menambahkan/mengurangi jumlah halaman homescreen darisini.


Terdapat beberapa jalan pintas di jendela notifikasi seperti profil suara, bluetooth, wi-fi, mobile data, dan jalan pintas ke menu setting. Dari menu recent apps terdapat semacam mini apps yang dapat ditaruh ke layar seperti calculator, timer, notes, dan voice recorder (dapat ditambahkan juga dari Play Store). Karena sudah Jelly Bean anda dapat mengakses cepat aplikasi Google Now hanya dengan menahan tombol home.




Masuk ke drawer aplikasi, ikon-ikon aplikasi terjejer dalam formasi 5 x 4 dengan frame abu-abu transparan. Letak ikon-ikon ini dapat diubah sesuai keinginan secara manual maupun berdasarkan ketegori seperti abjad. Dibagian kanan atas terdapat tombol search untuk mempercepat pencarian aplikasi.


Hanya terdapat satu pilihan keyboard saja saat kondisi default yaitu Xperia keyboard yang memiliki tampilan simpel dengan fitur teks prediktif. Layout keyboard ini mirip seperti keyboard iPhone dengan tombol-tombol yang berjarak sehingga mempermudah proses pengetikan mengurangi kesalahan. Terdapat juga dukungan untuk beberapa bahasa seperti Jepang dan Mandarin.


Sony Xperia ZL C6502 Review Gallery

Contacts dan Messaging
Menu contacts berisi empat buah tab utama yaitu contacts, phone, favorites, dan groups. Tampilannya simpel dan bertombol besar sehingga mempermudah navigasi. Salah satu kelebihan antarmuka Xperia adalah pengintegrasian yang cukup kompleks dengan layanan jejaring sosial Facebook. Oleh sebab itu anda dapat melengkapi keterangan tambahan tiap contact dari layanan tersebut.




Untuk menu SMS masih sama dengan konsep dasar Android dengan tampilan chat thread di tampilan awal, dan SMS editor yang simpel dimana anda dapat melampirkan item-item seperti gambar, foto, doodle note, dan lokasi yang secara otomatis akan mengubah jenis pesan menjadi MMS.




Kamera
Xperia ZL memiliki kamera depan 2MP yang berposisi diluar kebiasaan yakni berada di bagian kanan bawah. Kamera depan ini memiliki area tangkapan yang luas. Untuk kamera utama Sony memberikan kamera dengan sensor Exmor RS beresolusi 13 MP (4128x3096 piksel) dengan kemampuan autofokus dan ditemani LED flash. Fitur-fitur yang disematkan diantarmuka kamera ini tergolong lengkap dengan beragam pilihan seperti mode superior auto, scene selection, sweep panorama, picture effect, burst, dan lainnya. Untuk fitur burst sendiri, Sony mengklaim kamera di Xperia ZL dapat terus menerus mengambil foto dalam mode burst hanya dengan menahan tombol kamera hingga memori yang tersedia habis. Meskipun begitu resolusi hasil foto dalam mode burst ini hanya maksimal 9MP saja. Untuk mode quick launch (mengakses dan mengambil gambar langsung saat kondisi layar mati dan terkunci) kini anda dapat mengatur apakah hanya mengakses menu kamera/video saja, atau sekaligus mengambil/merekam gambar.







Hasil foto untuk pengambilan dalam ruangan rendah cahaya terlihat bagus, minim noise, detail dan warna tetap natural.



Untuk hasil luar ruangan juga terlihat bagus dengan tingkat detail yang tinggi, pewarnaan juga natural. Untuk contoh hasil lain dalam ukuran asli dapat diunduh disini.



Perekaman Video
Dengan resolusi kamera 13MP jelas kamera utama di Xperia ZL dapat melakukan perekaman Full HD 1080p. Antarmuka perekaman video tidak jauh berbeda dengan antarmuka kamera, terdapat beberapa pilihan fitur seperti scene, HDR, Light, dan lainnya. Saat melakukan perekaman video, anda juga dapat sekaligus mengambil gambar namun maksimal hanya 1MP saja. Seperti kebanyakan kamera ponsel lain, hasil perekaman video akan disimpan dalam format MP4.




Multimedia
Gallery atau bernama Album disini memiliki tampilan yang mendapat sedikit modifikasi dari antarmuka Album Xperia sebelumnya. Kumpulan foto dan video baik dari memori internal maupun eksternal akan tertampil disini. Anda dapat melihatnya berdasarkan waktu pengambilan atau berdasarkan folder. Dengan pengintegrasian berbagai layanan yang mendukung, koleksi foto dan video anda di layanan tersebut juga dapat dilihat dari sini. Selain menu-menu standar seperti rotate, edit, crop dan lainnya, Sony memberikan sebuah aplikasi SensMe slideshow, dimana akan menampilkan koleksi foto-foto anda secara cantik dengan musik dan efek yang dapat diatur.






Pemutar musik atau yang bernama Walkman mampu melakukan tugas dengan baik, anda dapat mendengarkan semua koleksi lagu anda dengan nyaman karena selain visual yang menarik (menyesuaikan mayoritas warna di layar dengan warna di LED notifikasi), dukungan pencarian informasi lagu dari internet, terdapat juga pengaturan keluaran suara yang lengkap seperti clear audio, equalizer, efek surround, clear stereo, clear phase, xLOUD dan lainnya. Anda juga dapat melihat dan menikmati lagu/video yang telah diposting teman anda di jejaring sosial Facebook. Dan juga karena sudah mendukung koneksi DLNA anda dapat memutar dan melempar lagu antar perangkat yang mendukung. Keluaran suara via headset terdengar jernih dengan komposisi bass yang mantap, terlebih dalam paket penjualan disertakan headset berkualitas berjenis in-ear. Untuk keluaran suara via speaker terdengar biasa saja, dan cenderung sedikit pecah jika diatur ke volume maksimal.





Selain dari Album, anda juga dapat memutar konten video dari aplikasi Movies. Tampilan antarmuka aplikasi ini terlihat cantik dengan menampilkan potongan video dari clip yang terakhir diputar. Jika file film yang anda punya tidak memiliki informasi lengkap, maka anda dapat mengaktifkan online mode dimana akan mencari informasi yang tepat untuk konten film tersebut dari layanan Gracenote. Cukup banyak dukungan format video yang dapat diputar seperti MP4, M4V, AVI, MOV, MKV namun tanpa dukungan subtitle. Dengan dukungan DLNA, sama seperti musik, anda juga dapat memutar dan melemparkan konten video dari atau ke perangkat yang mendukung.




Radio FM masih hadir di Xperia ZL yang dapat menjadi alternatif hiburan bagi anda. Seperti biasa anda harus mencolokan headset terlebih dahulu baru dapat menikmati siaran stasiun radio favorit. Tampilan Radio FM disini terlihat lebih menarik karena Sony memberikan semacam animasi visual untuk latar belakang aplikasi.



Browser
Terdapat browser Opera dan Chrome dalam kondisi default. Tidak terdapat browser stok Android disini, jadi bisa dianggap Chrome-lah yang menggantikannya karena merupakan produk Google. Browser Chrome ini dapat melakukan tugas multitab dengan sangat baik, kami mecoba membuka tab hingga berjumlah lebih dari 100 dan browser masih dapat dioperasikan dengan cukup baik. Pergeseran dan zooming di halaman web versi desktop juga dapat berjalan mulus. Untuk konten flash juga dapat diputar dengan baik langsung dihalaman web.





Untuk hasil tes HTML5, browser Chrome mendapatkan skor 417 dengan 11 poin bonus. Skor Sunspider, browser ini mendapatkan angka 1306. 7ms (semakin kecil semakin baik).



Benchmark

  • Quadrant Standard: 7838 poin
  • AnTuTu: 15944 poin
  • NenaMark2: 59.7 fps
  • Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan
  • CamSpeed: 175 shutter time, 549 image time, 319 focus time

Sony Xperia ZL C6502 Review Gallery

Konektivitas
Xperia ZL berjalan di jaringan quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan pentaband HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100. Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 a/b/g/n, Bluetooth v4.0, NFC, A-GPS GLONASS, microUSB v2.0 yang mendukung MHL, dan dukungan microSD hingga 64GB. Salah satu yang membedakan Xperia Z dan ZL adalah keberadaan port infrared di Xperia ZL sehingga dapat dijadikan remote control beragam perangkat elektronik yang mendukung (TV, home theatre, DVD player, blu-ray player, dll).

Daya Tahan Baterai
Kapasitas baterai di Xperia ZL juga lebih besar sedikit dibandingkan Xperia Z (2330 mAh) yaitu 2370 mAh berjenis Lithium Ion. Karena berbentuk unibodi maka anda tidak bisa mencopot baterai ini karena tertanam didalam bodi. Diatas kertas baterai ini diklaim dapat bertahan hingga 500 jam untuk standby dan 13 jam talk time di jaringan 3G. Namun dalam prakteknya untuk penggunaan normal dengan paket data aktif baterai ini dapat menghidupi ponsel untuk menemani anda sekitar seharian saja +-10 jam (kembali lagi ke keadaan jaringan dan intensitas penggunaan). Cukup masuk akal karena prosesor quadcore dan layar 1080p memakan porsi daya baterai yang besar. Stamina mode yang tersedia cukup membantu daya tahan baterai, terlebih jika ponsel tidak akan gunakan sementara (hanya dapat menerima SMS dan telepon). Baterai hanya berkurang 2% saja saat kami tinggalkan dengan konektivitas Wi-Fi aktif selama +-12 jam.

Kesimpulan
Sebenarnya antara Xperia Z dan ZL tidak ada yang memegang posisi diatas atau dibawah, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, hanya saja Xperia Z memiliki tampilan bodi yang jauh lebih menawan dibandingkan Xperia ZL dan fitur tahan air yang membuatnya dibanderol harga lebih tinggi. Xperia ZL memang menggunakan material plastik untuk bodi bukan kaca sehingga terlihat kurang premium. Diluar hal itu meski Sony memberikan spesifikasi yang persis sama, tapi untuk performa layar Xperia ZL terlihat sedikit lebih baik dari Xperia Z. Jadi pilihan berada ditangan anda, apakah anda lebih mementingkan desain dan daya tahan akan air atau lebih ke kegunaan dan kelengkapan fitur.

Kelebihan

  • Layar FullHD 1080p
  • Kamera 13MP dengan performa memuaskan
  • Tombol kamera
  • Port Infrared

Kekurangan

  • Desain bodi dibawah Xperia Z
  • Sudut pandang layar kurang baik



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
17
21 Apr 2014
25
17 Apr 2014
97
11 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Zenfone 4
Akan Datang
17
Apr 21 2014
Asus Zenfone 6
Akan Datang
21
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
81
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
28
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.