TOP
REVIEWS
Review: Acer Iconia B1-A71
Tablet 7 Inci Murah dari Acer
Mar 04 2013 10:53AM
Oleh Husodo
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.5
10
40772

Diluncurkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2013 bulan Januari di Las Vegas, Acer Iconia B1 hadir dengan layar berukuran 7 inci dan berada dalam kategori entry-level. Didukung prosesor dual-core MT6517 1,2Ghz dari Mediatek, serta memori internal 8GB dan RAM 512MB, Iconia B1 dengan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean siap bersaing di kelas tablet murah dengan harga jualnya sekitar Rp 1,5 jutaan. Seperti apakah kemampuan Acer Iconia Tab B1 berfitur koneksi WiFi only ini? Baca review lengkapnya di TeknoUp – Technology Speaking.

Spesifikasi utama:

  • OS Android 4.1.2 Jelly Bean
  • Layar TFT LCD 7 Inci WSVGA (1024 x 600)
  • Prosesor MediaTek MT6517 1,2 GHz dual-core
  • RAM 512MB
  • Memory internal 8GB
  • Kamera depan 0,3MP
  • GPS, Bluetooth 4.0, WiFi 802.11 b/g/n, microSD
  • Dimensi: 197,4 x 128,5 x 11,3 mm
  • Baterai Li-Ion 2710 mAh




Desain dan Bodi

Kesan pertama ketika memegang tablet 7 inci ini adalah cukup ringan, tidak seperti beberapa tablet rivalnya. Total beratnya adalah 320 gram. Material bodi terbuat dari bahan plastik sehingga membuatnya tidak terlalu berat. Ditambah kapasitas baterai yang tidak terlalu besar juga ikut mempengaruhi berat perangkat tersebut.

Tablet warna hitam ini tidak sepenuhnya berwarna hitam. Di sisi samping body terdapat garis berwarna biru yang mengelilingi keempat sisinya. Garis-garis tersebut terlihat makin menguatkan ciri khas dari Acer. Sementara di pojok kiri bawah terdapat tulisan Iconia yang dibalut dalam latar segitiga berwarna biru.


Pada bodi bagian belakangnya terdapat desain seolah-olah adalah tutup belakangnya untuk melihat baterai. Namun bagian tersebut tidak bisa dibuka, dan hanya sebagai aksen yang membuatnya terlihat lebih kaya . Desain tersebut berbeda dengan kebanyakan tablet yang punya latar polos, yang lebih mengesankan minimalis. Di desain tersebut tepampang logo Acer di tengah dan Iconia B1 di bagian bawahnya. Pada posisi mendekati sudut kanan bawahnya terdapat sebuah speaker utama. Bodi bagian belakang terbuat dari bahan glossy yang terkesan licin.


Untuk tombol fungsi, Acer Iconia B1 memiliki tiga buah tombol yang ada di sebelah kiri bodi, yaitu tombol power dan tombol volume up serta volume down. Ada pula sebuah microphone di atas tombol power tersebut. Sementara di bagian atas bodi terdapat lubang jack audio 3,5mm dan di bagian bawah bodi terdapat port micro USB dan slot microSD. Slot untuk memori eksternal ini tertutup dengan pintu kecil yang bisa dibuka. Ukuran rumah tersebut agak panjang dari ukuran microSD sendiri. Kami menduga di sebelah slot microSD tersebut merupakan bagian yang diperuntukan untuk slot SIM card. Namun perlu di catat di tablet ini tidak ada slot SIM card, karena ini versi WiFi only.

Untuk sisi mukanya, terdapat layar berukuran 7 inci TFT LCD dengan logo Acer di atasnya. Di deretan logo tersebut terdapat kamera beresolusi 0,3 MP yang letaknya ada di sudut kanan. Tablet ini tidak memiliki sensor cahaya ataupun sensor proximity.

Acer Iconia B1-A71 Review Gallery

Acer Iconia B1-A71 Review Gallery

Antarmuka

Desain antarmuka Acer Iconia B1 adalah bawaan Android Jelly Bean. Tidak ada kustomisasi khusus di antarmuka tablet tersebut. Pada halaman lock screen menggunakan model slider lingkaran dimana gesture slide ke kanan untuk membuka kunci, sedangkan slide ke kiri merupakan pintasan untuk masuk ke aplikasi kamera. Masuk ke halaman home screen tedapat lima halaman yang bisa dikustomisasi dengan widget, shortcut, dan lainnnya. Anda juga bisa mengganti wallpaper dengan live wallpaper.



Pada jendela notifikasi, terdapat tombol cepat Brightness, Timeout, Auto Rotation, WiFi, Bluetooth, GPS, Airplane Mode dan shortcut ke Settings. Di dalam menu aplikasi drawer, tampilannya sama dengan desain default Android. Pada tampilan potrait, ikon-ikon tersusun dalam formasi 6 x 5 ditemani latar belakang hitam, sementara pada tampilan landscape tersusun dalam formasi 7 x 4. Di bagian atasnya terdapat pilihan menu Apps dan Widgets, serta shortcut Google Play di pojok kanan atas.



Android 4.1.2 Jelly Bean merupakan salah satu versi Android yang paling baru saat ini. Versi tersebut menghasilkan transisi yang dihasilkan Iconia B1 menjadi lebih halus. Saat kami pertama kali menghidupkan tablet ini, muncul pemberitahuan update software sekitar kurang dari 30 MB. Update tersebut merupakan update minor yang meningkatkan performa dan keamanan Iconia B1.

Performa antarmuka kami rasakan terbilang cepat dan responsif. Pergeseran menu berjalan lancar tanpa lag berarti. Hal tersebut karena didukung dengan prosesor dual-core yang dipakainya.

Acer Iconia B1-A71 Review Gallery

Contact dan Messaging

Aplikasi kontak di Iconia B1 bernama People, yang berisikan kumpulan informasi kontak yang Anda miliki. Namun karena tablet ini tidak memiliki fungsi telepon maupun SMS, aplikasi ini hanya berfungsi sebagai penyimpanan kontak saja. Untuk urusan perpesanan, tablet ini sudah dimasukkan aplikasi Email dan Gmail, serta Talk dan Messenger. Tampilan-tampilannya sama saja seperti default Android murni.




Kamera dan Perekaman Video

Acer Iconia B1 merupakan tablet 7 inci yang masuk kelas entry-level. Tablet ini hanya memiliki satu kamera yang ada di bagian depan dan beresolusi 0,3 MP. Kamera tersebut bisa difungsikan untuk melakukan panggilan video. Untuk pengambilan foto, kamera ini menghasilkan gambar beresolusi VGA. Sementara untuk perekaman video, ada fitur-fitur efek seperti efek mata besar, mulut besar, background sunset, maupun video bebas.


Acer Iconia B1-A71 Review Gallery

Hasil foto kamera ini kami rasakan tidak memuaskan. Kualitas yang dihasilkan hanya sebatas VGA saja. Tentu Anda tidak bisa mengharap banyak dari tablet kelas entry-level tersebut mengingat harga jualnya yang murah. Kamera ini juga tidak memiliki fitur autofokus. Sementara ketika difungsikan untuk merekam video, hasil file-nya berekstensi 3GP. Video berdurasi 28 detik memakan memori sebesar 20,7 MB.

IMG_20130304_164354

IMG_20130305_101609

IMG_20130305_101720

IMG_20130305_101856

IMG_20130305_101907

Dari segi desain, penempatan kamera depannya kami rasa kurang tepat. Letak kamera berada di sudut kanan atas sehingga kurang pas menangkap wajah ketika digunakan untuk video call.

Multimedia

Di Acer Iconia B1, tidak disediakan aplikasi khusus pemutar video. File-file video bisa dilihat melalui aplikasi Gallery yang juga menjadi satu dengan preview file foto. Untuk urusan pemutar video ini, kami melakukan uji sederhana untuk melihat kemampuan Iconia B1. Pengujian dilakukan dengan memutar berbeda format dan resolusi. Video beresolusi Full HD berformat MP4 tidak disupport tablet ini. Video kedua beresolusi HD berformat MP4, hasilnya bisa diputar namun terasa agak berat dan kadang ada patah-patah. Video ketiga kami mencoba berformat MKV dan beresolusi HD, hasilnya bisa diputar lancar namun terasa berat. Untuk format MOV, tablet ini tidak mendukung. Tablet ini juga punya aplikasi Movie Studio yang bisa digunakan untuk mengedit video sederhana, seperti cut atau memasukkan audio.




Layar Iconia B1 kami rasakan kurang begitu memiliki sudut pandang yang baik. Pengguna yang hobi memonton rasanya kurang terpuaskan dari layar yang dipakainya.

Di dalam aplikasi Gallery tempat melihat foto-foto, terdapat tiga buah tombol di sudut kanan atas. Tombol menu yang berisikan Select item dan Group by, tombol Play untuk melihat foto secara otomatis dengan tampilan slide show, serta tombol Kamera sebagai shortcut mengaktifkan kamera.



Untuk pemutar musik, Iconia B1 disediakan aplikasi bawaan Android, yaitu Play Music. Kualitas suara yang dihasilkan bisa dibilang standar saja namun diatas rata-rata. Suaranya kencang dan tidak pecah, tapi agak menyakitkan telinga jika volume dimaksimalkan. Letak speaker berada di belakang dan suara bisa hilang saat tertutup tangan atau dalam posisi diletakkan telentang.



Browser

Tampilan browser default sama dengan tampilan browser bawaan di Jelly Bean. Browser ini mampu membuka tab hingga 16 halaman sekaligus, serta memutar konten flash seperti video dari YouTube. Selain browser stok, di Iconia B1 juga disediakan Google Chrome. Untuk performa browser stok, kami rasakan memuaskan untuk tablet seharga Rp 1,5 jutaan. Proses scroll ke atas dan bawah berjalan dengan cepat. Proses pinch-to-zoom juga berjalan dengan mulus.



Konektifitas

Acer Iconia B1-A71 merupakan tablet dengan konektifitas WiFi only. Teknologi yang digunakannya adalah WiFi standard 802.11 b/g/n. Sementara teknologi Bluetooth yang ditanamkan adalah versi 4.0. Secara teori, versi terbaru ini memiliki keunggulan berupa lebih hemat daya dibanding Bluetooth versi sebelumnya. Teknologi GPS yang ada di tablet ini kami rasakan bekerja cepat. Pengujian sederhana yang kami lakukan di dalam ruangan, GPS di Iconia B1 dapat ditangkap satelit dalam waktu hitungan detik. Namun saat mengunci posisi, tablet ini membutuhkan waktu yang agak lama.

Benchmark

Quadrant Standard: 2995 poin
AnTuTu Benchmark: 6111 poin
MultiTouch Tester: max 5 sentuhan
NenaMark2: 20.4fps


Acer Iconia B1-A71 Review Gallery

Baterai

Acer Iconia B1 disiapkan baterai berkapasitas 2.710 mAh. Ketika mengisi ulang, kami rasakan membutuhkan waktu yang agak lama hingga baterai terisi penuh, sekitar 3 jam. Saat baterai terisi penuh, tablet ini bisa dipakai untuk seharian, asalkan tidak digunakan secara terus-menerus. Daya tahan baterai tergantung penggunaan dari masing-masing pengguna.

Kesimpulan

Dari hasil pengalaman kami, Acer Iconia B1 memang salah satu tablet yang menarik untuk kelas entry-level. Dengan harga jual sekitar Rp 1,5 jutaan, pengguna sudah mendapatkan spesifikasi berupa prosesor dual-core 1,2 GHz dan sistem operasi Android terbaru. Ini merupakan salah satu point penting yang menjadi unggulan di Iconia B1. Kemampuan Iconia B1 kami rasakan berjalan dengan sangat baik dan lancar, meski kapasitas RAM yang disediakan hanya 512 MB. Kapasitas RAM terasa standar memang untuk kelas ini, namun secara keseluruhan kinerjanya tidak ada hambatan untuk melakukan pekerjaan ringan, termasuk ketika melakukan pinch-to-zoom yang terasa responsif.

Selain keunggulan tersebut, bodi Acer Iconia B1 terbuat dari material plastik. Penggunaan material ini membuat tablet terasa ringan. Hal ini menjadi penting karena biasanya tablet berukuran 7 inci sering dipakai sebagai buku digital yang sering dibawa-bawa, sehingga tangan tidak pegal saat lama dipakai.

Namun dibalik itu, kelemahan yang kami rasa ada di kualitas layarnya. Iconia B1 menggunakan layar berukuran 7 inci berjenis TFT LCD. Layar ini punya sudut pandang yang kurang baik, serta reflektif sehingga sulit terlihat di kondisi terang seperti di bawah sinar matahari. Hal tersebut bisa diakali dengan menaikkan brightness-nya, namun perlu diingat bahwa memaksimalkan cahaya di layar juga lebih menguras baterai, terlebih kapasitas baterainya tidak terlalu besar, hanya 2.710 mAh. Sekali lagi, tentunya Anda dapat memaklumi kualitas tersebut mengingat harga jualnya yang terbilang ramah kantong.

Untuk pesaingnya, Acer Iconia B1 punya rival kuat Asus Memo Pad. Dibandrol dengan harga yang mirip, keduanya punya fitur yang berbeda yang saling mengisi. Untuk harga jual sebesar itu, tablet Iconia B1 memang bisa menjadi salah satu pilihan di kelas entry-level selain Asus Memo Pad. Ditambah nama Acer juga bisa mendongkrak pilihan Anda karena sudah cukup dikenal di Indonesia dengan cakupan layanan purna jualnya yang luas.

Kelebihan:

  • Desain bodi tidak terlalu berat dan nyaman dipegang jika lama dipakai
  • Prosesor dual-core dan Android Jelly Bean
  • Performa secara keseluruhan lancar

Kekurangan:

  • Kapasitas baterai kecil
  • Layar kurang bagus dan reflektif
  • Kemampuan kamera depan biasa saja dan cenderung kurang memuaskan

TeknoUp


Kembali ke atas
BACA INI JUGA
28
27 Aug 2014
5
21 Aug 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
17
Aug 29 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Akan Datang
0
Aug 26 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
28
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
24
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
52
Jul 4 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.