TOP
REVIEWS
Review: Axioo PicoPad 7 3G
Tablet 3G Murah, Multimedia Lengkap
Jan 28 2013 4:58PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.0
5
62994

Tablet 3G tidak selamanya mahal. Axioo membuktikannya dengan tablet Axioo PicoPad 7. Sesuai namanya, tablet ini menggunakan layar 7 inci dengan resolusi 1024x600 piksel. Selain itu fitur-fiturnya antara lain:

  • Jaringan: GSM Quadband, WCDMA Dual Band 850/2100MHz, WiFi 802.11 b/g/n
  • Dimensi: 199mm (L) x120mm (W) x12.3mm (H)
  • Chip: Boxchip A10 Cortex A8, 1.2GHz, GPU Mali400MP
  • Platform: Android 4.0.3 ICS
  • Kamera: depan 0,3MP, belakang 2MP
  • Storage: internal 8GB, slot Micro SD, RAM 1GB
  • Batere: Li-Po 3000mAh
  • Port: Micro USB dan HDMI

Dengan harga Rp. 1.599.000, bagaimana performa tablet ini?
.
.
Paket Penjualan

  • Manual book
  • Kartu Garansi
  • Charger
  • Kabel data micro USB


.
.
Desain dan Bodi
Tidak ada yang terlalu spesial dengan tablet 7 inci ini dari sisi desain. Baik bagian depan dan belakang menggunakan bahan plastik glossy, dengan bagian depan hitam dan bagian belakang putih. Bingkai di sekeliling layar cukup tebal, ada earpiece di sebelah kiri dan kamera depan di kanan atas. Untuk bagian belakang sendiri agak melengkung, disesuaikan dengan genggaman tangan. Ada logo Axioo berwarna metalik yang cukup mencolok, serta kamera dan loudspeaker. Tablet ini bersifat unibodi, jadi Anda tidak bisa mengganti baterai. Semua port ada di bagian samping kanan tablet, yakni mic, port charger (ala Nokia), micro SD, slot kartu SIM, jack audio 3,5mm dan port mini HDMI. Tombol volume dan lock ada dibagian atas. Secara keseluruhan tablet ini relatif enteng dan tipis dibanding tablet 3G 7 inci lainnya.




Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
.
Layar
Menggunakan layar TFT 7 inci, resolusinya standar yakni 1024x600 piksel. Kualitasnya relatif bagus untuk tablet sekelasnya. Warna, kontras dan tingkat kecerahan tidak buruk, malah secara keseluruhan layarnya relatif bagus untuk perangkat sekelasnya. Performa layar di bawah sinar matahari kurang bagus karena layarnya agak reflektif. Sudut pandang yang kurang luas juga menjadi kelemahan tablet ini.



.
.
Antar Muka
Seperti kebanyakan tablet sekelasnya, antar muka yang digunakan oleh PicoPad 7 adalah standar Android 4.0. Kustomisasi yang terasa hanya pada lockscreen, yang selain opsi Slide to Camera juga menampilkan opsi Slide to ke aplikasi yang baru Anda buka (Recent Apps) sampai 6 apps. Anda juga bisa memakai proteksi lain berupa berupa pattern, PIN dan password.




.
.
Homescreen terdiri dari beberapa layar home yang tersusun horisontal, yang bisa ditambahkan wallpaper, menambahkan Widget maupun akses pintas. Di bagian paling bawah layar hadir 3 tombol virtual pengganti tombol fisik yakni Back, Home dan Task Switcher(Recent Apps) yang selalu nongol di sebelah kiri serta ikon profil suara dan tombol Menu. Bar notifikasi masih terletak di bagian bawah layar, tepatnya di sebelah kanan. Sebenarnya ini bukan bar notifikasi, melainkan Informasi perangkat, menampilkan jam, sinyal WiFi, indikator batere dan pengaturan serta tentunya notifikasi yang muncul. Ada beberapa pengaturan pada Notifikasi yakni opsi untuk mematikan auto-rotate, mengatur tingkat kecerahan layar, menon-aktifkan notifikasi dan akses pintas ke Settings.




.
.
Sementara menu utama terdiri dari dua kategori yakni Apps dan Widget dengan susunan ikon 6x4 dalam keadaan layar landscape dan tersusun secara alfabetis. Tablet ini bisa digunakan dalam 4 arah yang berbeda, namun berdasarkan logo Axioo di belakang, penggunaan utama tablet tampaknya adalah landscape, meskipun tentu terserah kemauan Anda juga. Performanya cukup bagus, perpindahan menu, swiping berlangsung smooth, meski tidak selalu. Namun entah mengapa Anda tidak bisa melakukan screenshot bawaan Android 4.0 (tombol lock dan volume down bersamaan). Anehnya tablet ini punya kelemahan mirip dengan Tabulet Octa Duos, yakni tombol lock screen yang kurang responsif.



.


.
.
Input Teks, Kontak, Messaging
Metode input yang digunakan pada tablet ini adalah Google voice typing dan Android Keyboard dengan fitur-fitur seperti auto capitalization, vibrate, sound, popup, show setting key, auto correct, suggestion.


Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
Tablet 7 inci ini bisa digunakan untuk menerima maupun melakukan panggilan telepon. Suara lawan bicara Anda bisa diperdengarkan dari earpiece di atas layar maupun via loudspeaker di belakang. Selain itu, untuk kontak tablet ini menggunakan People dari bawaan Android 4.0 yang terbagi dalam 3 kategori yaitu Groups, All dan Favorites. List kontak tersusun berdasarkan abjad dan tertampil dalam 3 kolom sehingga mudah untuk dibaca. Pada saat menambahkan kontak baru, detail kontak cukup banyak yaitu terdapat nama depan dan belakang, no telp, email, alamat, organisasi, IM, Notes, nickname, website dan internet call. Anda dapat mengimport kontak dari kartu SIM atau melalui akun Gmail anda dan jejaring sosial yang Anda instal.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
Selain bisa menelepon, tablet ini juga bisa mengirim dan menerima SMS dan MMS. Untuk keperluan messaging lainnya, ada Gmail dengan pengaturan-pengaturan yang cukup lengkap dan fitur-fitur yang menyerupai versi desktopnya serta email client lainnya. Untuk chatting secara default ada Google Talk, tentunya juga masih ada opsi untuk menginstal aplikasi chating lain dari Google Play yakni Yahoo Messenger, WhatsApp, Line dan lain-lain.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
.
Kamera dan Perekam Video
Tak ada yang spesial dari kamera PicoPad 7, baik fitur, UI maupun hasil. Kameranya depan belakang, depan VGA, belakang 2MP. Antar mukanya standar Android, fitur-fiturnya antara lain White Balance, tingkat kecerahan, resolusi dan GPS tagging. Tidak ada autofokus, kamera bersifat fix. Anda bisa memotret dalam mode panorama. Hasil fotonya sangat kurang, namun untuk tablet sekelasnya memang rata-rata seperti itu.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
.
Fitur-fitur perekaman video antara lain: white balance, timelapse dan GPS tagging. Hasil perekaman video berdurasi 1 menit adalah 20MB, dengan bitrate 2600-an kbps dab framerate 18 frame per detik.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.

.
.
Galeri Foto
Cukup aneh, tablet ini tidak punya aplikasi Galeri selayaknya perangkat Android dengan versi stock Android ini. Ternyata untuk mengakses file foto dan video ada dua cara, yakni melalui File Manager dan aplikasi SuperHD Player yang juga mencakup video. Untuk Super HD Player, ternyata jika Anda buka app tersebut yang tertampil adalah galeri bawaan Android 4.0, dengan latar belakang hitam dan bisadibagi per album, lokasi, waktu pengambilan foto, people dan tags. Foto bisa di-crop, di-rotate dan di-edit menggunakan editor foto sederhana bawaan Android. Foto juga bisa di-share melalui Picasa dan Gmail, serta jejaring sosial yang Anda instal.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
.
Pemutar Video
Tidak percuma Super HD Player ini ikonnya ada tulisan 2160p. Karena video 4K format .mp4 dario Youtube (3840x2160 piksel) bisa diputar, meskipun nge-lag. Format-format 1080p lain yang ditaruh di storage semuanya bisa diputar, antara lain: .avi, .mp4, .mov, .wmv, .mkv dan .m2ts yang direname ke mp4. Subtitle pun terbaca, jika formatnya .srt dan ada di folder yang sama dengan judul yang sama dengan file videonya. Pengaturan subtitle lengkap yakni ukuran, warna, dan sinkronisasi delay. Selain, itu ada pengaturan aspek rasio.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
.
Pemutar Musik
Untuk aplikasi mp3 player, tampilannya mirip dengan versi Gingerbread, belum menggunakan Google Music Play. Namun, sudah ada fitur pengaturan sound effect. Ada efek Hiphop, Jazz, Pop, Rock dan sebagainya serta pengaturan manual. Musik terbagi berdasarkan Artist, Albums, Songs, Playlist dan Now Playing. Kualitas suara yang dihasilkan loudspeaker cukup kencang dan memiliki dentuman bass yang lebih terasa dibandingkan perangkat mobile pada umumnya. Mirip-miriplah dengan speaker laptop.

Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
.
Konektivitas

  • GSM 850/900/1800/1900 MHz
  • 3G WCDMA 850/2100 MHz
  • WiFi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth 2.1
  • slot micro SD
  • slot micro USB
  • port mini HDMI

.
.
Web Browser
Browser pada Axioo PicoPad 7 sanggup membuka tab sampai maksimal 16 buah tab sekaligus. Namun performanya dalam membuka situs yang dipenuhi banyak konten seperti TeknoUp lumayan bagus, meski terkadang lag yang lumayan terasa. Pinch and zoom bisa dilakukan untuk memperbesar tampilan layar. Untuk pengaturan lainnya adalah standar browser bawaan Android, seperti Incognito, lalu opsi untuk meminta situs desktop pada situs mobile, serta pengaturan history, cookies, javascript, accessibility dan lain-lain.


Axioo PicoPad 7 3G Review Gallery


.
.
Hasil Benchmark
Quadrant Standard:



.
AnTuTu:



.
Multitouch Tester:



.
.
Daya Tahan batere
Dengan kapasitas batere hanya 3000mAh, sulit berharap banyak untuk tablet ini, apalagi jika Anda juga mengaktifkan sinyal selular. Sebagus-bagusnya jika digunakan, tablet ini paling lama bertahan sehari jam kerja saja. Anehnya, keanehan indikator baterai yang juga ada di perangkat-perangkat Tabulet hadir disini. Saat batere menunjukkan indikator 30-an persen, didiamkan sejenak, tiba-tiba ada indikator bunyi lowbatt yang menunjukkan batere ada di posisi 14 persen.
.
Kesimpulan

Axioo Picopad 7 3G ini punya banyak kelemahan, namun sebanding dengan harganya. Apalagi nama Axioo sudah dikenal terlebih dulu dengan laptopnya. Kelebihan utamanya adalah pemutar video yang hampir bisa memutar video apapun yang Anda taruh di storage. Sementara kekurangannya, batere yang kurang kuat.

Kelebihan

  • Tablet berkemampuan seluler dengan harga murah
  • Pemutar video yang mumpuni
  • layar relatif bagus di kelasnya
  • port HDMI
  • slot micro SD

Kekurangan

  • Performa terkadang agak lemot
  • tingkat reflektivitas layar tinggi
  • batere boros
  • Tombol lock/power kurang responsif



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
5
21 Aug 2014
12
19 Aug 2014
42
19 Aug 2014
8
19 Aug 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
5
Aug 21 2014
Sony Xperia T3
Akan Datang
8
Aug 19 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
9
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
42
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
23
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
51
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
29
Jun 27 2014
OPPO Yoyo
Mengayun di Kelas Mid-end
18
Jun 20 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.