TOP
REVIEWS
Review: LG Nexus 4 E960
Optimalisasi Maksimal Google Nexus
Jan 09 2013 4:33PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.5
43
95208

Setelah HTC Nexus One, Samsung Nexus S, dan Samsung Galaxy Nexus, Google kembali merilis smartphone Android murni-nya. Kali ini mereka menggandeng vendor Korea Selatan, LG, merilis ponsel LG Nexus 4. Kali ini, dengan OS terbaru Android 4.2 Jelly Bean, Google membekali Nexus 4 dengan sistem hardware kelas atas terkini, sebut saja prosesor Snapdragon S4 Krait quadcore 1,5GHz, GPU Adreno 320 dan RAM 2GB. Spek lainnya juga tidak kalah, seperti layarTrue IPS HD 1289x768 piksel berukuran 4,7 inci, Gorilla Glass 2 depan-belakang, kamera 8MP dengan LED flash dan perekaman video 1080p, storage 16GB, NFC, dan diperkuat batere berkapasitas besar 2100mAh. Bagaimana performa ponsel yang banderol resminya Rp. 5,5 juta ini?
.
.
Desain dan bodi
Jika Samsung Galaxy Nexus menggunakan bodi full plastik, maka LG Nexus 4 terlihat dan terasa lebih premium. Dari sisi depan, layarnya agak cembung pada bagian ujung, seperti pada Nokia Lumia 800. Dari samping, ada bezel tipis plastik biru gelap, setelahnya ada bahan seperti karet matte metalik yang membantu grip saat menggenggam ponsel. Lalu akhirnya di bagian belakang, menggunakan bahan kaca seperti iPhone 4, namun lebih atraktif dikarenakan ada pola-pola yang berubah tergantung sudut pandang dan pencahayaan. Meski feelnya lebih premium, namun secara garis besar, terutama bagian depan, ciri khas Nexus selalu ada, yakni bagian atas dan bawah yang melengkung. Feel menggenggam Nexus 4 tidak sebaik Galaxy Nexus, yang memiliki bodi yang lebih melengkung dan pas di genggaman tangan, namun Nexus 4 pun tetap relatif nyaman, dibandingkan LG Optimus 4X dan Motorola RAZR yang sangat kaku.




.

Kami juga melakukan perbandingan dengan Galaxy Nexus (kanan):


LG Nexus 4 E960 Review Gallery


.

Layar depan kini tampil lebih polos dibanding Galaxy Nexus. Hanya kamera saja yang terlihat, sementara earpiece posisinya agak nyempil (Galaxy Nexus lebih terlihat). Seperti pada Galaxy Nexus, lampu LED untuk notifikasi ada di bagian bawah layar, di posisi tengah dan tidak akan terlihat kecuali kalau sedang menyala. Tombol volume muncul di sisi kiri, beserta slot kartu SIM, yang modelnya mirip iPhone (ditusuk untuk membuka slot). Tombol power.lock muncul di sisi kanan, sementara port headset 3,5mm di sebelah atas. Port micro USB muncul di bagian bawah, beserta dua skrup kecil untuk membongkar ponsel, seperti pada iPhone 4. Di bagian belakang, selain kamera, LED flash, logo Nexus yang cukup keren, dan logo LG, ada FCC ID, nomor model dan tulisan Made in Korea, lagi-lagi kami teringat akan iPhone.

LG Nexus 4 E960 Review Gallery

.


.

.
Layar
Sejujurnya kami mengharapkan layar Nexus 4 ini lebih baik, mengingat dengan resolusi HD720p, terlebih lagi menggunakan Super AMOLED, Galaxy Nexus sangat mempesona terlebih pada masanya masih jarang ponsel berlayar 720p. Namun ternyata tidak, layar Nexus 4 dari tingkat hitam, kontras dan saturasinya tidak sebaik pendahulunya, meski layar tipe OLED memang unggul di 3 hal tersebut dan kalah di tingkat kecerahan, serta ketajaman (AMOLED menggunakan dua subpiksel sementara IPS menggunakan RGB). Namun dibanding pesaing, ponsel kelas atas berlayar LCD IPS lainnya, seperti Nokia Lumia 920 (IPS), Apple iPhone 5 (IPS), dan HTC One X (SLCD2), di bidang-bidang tersebut layar Nexus 4 tidak sebagus mereka. Warna yang keluar juga tidak nonjok namun sudut penglihatan tergolong bagus. Performa di bawah matahari sedikit lebih baik dari Galaxy Nexus. Layar juga terlihat lebih dekat atau lebih mencelat dibanding pendahulunya itu, berkat teknologi Zero Gap dari LG. Meski banyak kelemahannya secara keseluruhan layar Nexus 4 masih oke untuk ukuran ponsel yang harganya diposisikan di bawah 3 ponsel berlayar IPS yang kami sebut di atas.

.


.
.

Antar Muka
Tentu saja antar muka perangkat Nexus benar-benar murni bawaan Google Android 4.2 Jelly Bean yang kini semakin banyak fitur yang dibenamkan. Misalkan dari lockscreen, ada tiga halaman, lockscreen standar, lalu Anda bisa menambahkan beberapa widget di halaman lockscreen sebelah kiri, yang tersedia adalah Kalender, jam digital, Gmail, Google+ dan SMS. Sementara jika Anda menyapu ke halaman sebelah kanan, Anda akan dibawa langsung ke aplikasi kamera. Untuk akses ke Google Now masih hadir tapi berpisah dengan gembok lockscreen, kali ini muncul di bagian bawah. Selain lockscreen biasa, masih ada lockscreen model lain seperti pattern, pin, password dan Face Unlock.




LG Nexus 4 E960 Review Gallery


.

Untuk homescreen perbedaannya dengan Android 4.1 tidak signifikan. Homescreen terdiri dari 5 layar home yang tersusun horisontal, Anda dapat menambahkan Widget dan akses pintas ke dalamnya, serta menggunakan Live wallpaper ataupun wallpaper biasa. Widget Google Search selalu tampil di tiap halaman Home. Tiap ikon dapat Anda kumpulkan menjadi sebuah folder, sementara untuk widget ukurannya bisa diubah sesuai keinginan Anda. Di bagian paling bawah layar hadir 3 ikon pengganti tombol fisik yakni Back, Home dan Task Switcher. Di atas 3 ikon ini ada ikon Kontak, Phone, Menu, Messaging dan Browser yang susunan dan komposisinya dapat Anda ganti sesukanya, kecuali akses Menu.


LG Nexus 4 E960 Review Gallery


.
Di menu utama terdapat 2 bagian utama yakni Apps dan Widget, selain itu ada akses pintas ke Google Play Store di sebelah kanan atas. Menu tersusun secara horizontal, kali ini 5x5 ikon aplikasi, disinyalir berkat pertambahan resolusi dari Nexus sebelumnya yang 1280x720 menjadi 1280x768 piksel. Susunan aplikasi fix berdasarkan alfabetis dan tidak bisa diubah sesuka Anda. Bar notifikasi mengalami sedikit permak, kini ada sebuah akses ke Quick Toggle ala ponsel-ponsel Samsung dan LG, ada akses ke tingkat kecerahan, Setting, WiFi, Emergency Calls, indikator batere, mode airplane dan Bluetooth namun sayangnya setelah klik salah satu dari Quick Toggle Anda dibawa ke menu yang bersangkutan di bagian Setting, tidak seperti quick toggle di ponsel LG dan Samsung yang lebih praktis. Ada Informasi Pemilik, namun Anda harus login terlebih dulu di Google+.






.
Untuk pengaturan ada tingkat kecerahan, wallpaper, auto rotate, sleep, ukuran huruf, lampu notifikasi dan wireless display. Yang terbaru adalah fitur Daydream yang merupakan semacam Screen Saver, Anda bisa menampilkan jam, BeanFlinger, Warna, Google Currents, Photo Frame, dan Photo Table semuanya dengan terlebih dulu membuat pengaturan. Untuk Daydream tersebut bisa langsung diaktifkan, atau diatur agar menyala saat Anda mencolokkan ponsel ke Dock ataupun men-charging ponsel. Untuk performa tidak perlu diragukan, selain hardware yang merupakan terbaik saat ini, Google membekali ponsel ber-OS Jelly Bean dengan Project Butter dan tweak lainnya, membuat antarmuka ponsel jalan dengan framerate 60 fps, sangat meminimalisir lag. Di Galaxy Nexus saja setelah diupgrade ke JB performanya terasa meningkat jauh dan sangat smooth, terlebih di Nexus 4 yang hardwarenya jauh diatas Galaxy Nexus.

LG Nexus 4 E960 Review Gallery

.


.
.

Kontak dan Messaging
Tidak banyak perubahan pada menu People (kontak). Terdapat grup dan favorit untuk kemudahan pengelompokkan teman-teman Anda. Seperti perangkat Android lainnya contact dapat anda sinkronisasikan dengan akun GMail, Facebook, Twitter dan lain-lainnya, tentunya jika aplikasi jejaring sosial tersebut sudah ada di ponsel Anda. Untuk kontak baru, beberapa field tambahan yang bisa dipilih adalah ringtone, IM, Email, Postal, Organization, Notes, Nickname, Website dan Internet Call.

LG Nexus 4 E960 Review Gallery


.
Untuk urusan messaging pun standar saja, ada SMS, MMS, Email dan Instant Messaging. SMS tertampil dalam threaded mode layaknya chatting. Sementara email Anda bisa menggunakan Gmail yang memiliki banyak fitur serupa dengan versi desktop. Selain itu juga bisa menggunakan email client lainnya, menggunakan aplikasi email. Sementara untuk Instant Messaging yang tersedia adalah Google Talk dan Google+ Messenger, selain itu tentu saja Anda bisa menambahkan aplikasi pihak ketiga dari Google PlayStore seperti Line, WhatsApp, YM dan sebagainya.

LG Nexus 4 E960 Review Gallery


.
Input Teks
Keyboard dan metode input teks yang digunakandi Nexus 4 adalah Google voice typing dan Android Keyboard dengan fitur-fitur seperti auto capitalization, vibrate, sound, popup, show setting key, auto correct, suggestion. Fitur Voice to type dalam bahasa Indonesia cukup cepat dan berguna, serta memiliki beberapa pengaturan keamanan seperti block offensive words, dan safe search untuk pencarian menggunakan suara. Pengetikan melalui keyboard QWERTY nya sendiri cukup nyaman dan bisa dilakukan secara tepat dan cepat meskipun dalam kondisi portrait, mengingat layar Nexus 4 sedikit lebih besar dari Galaxy Nexus, tapi pengetikan menggunakan satu tangan masih bisa dilakukan.
.
.
Kamera dan Perekam Video
Antarmuka kamera Nexus 4 mengalami perombakan, tepatnya memiliki viewfinder dengan gaya baru, dengan pengaturan yang berbentuk lingkaran, seperti tombol di pocket digicam. Fitur-fiturnya antara lain: flash, Touch to focus, HDR, tingkat kecerahan, White balance, scene mode (action, night, sunset, party), location dan resolusi. Kamera dengan resolusi 8 MP ini juga memiliki fitur panorama dan Photo Sphere. Photo Sphere punya kemampuan mengambil foto mirip panorama, namun lebih luas, memungkinkan untuk mengambil foto dengan tangkapan pemandangan yang luas. . Jika panorama hanya menyamping saja, maka Photo Sphere bisa ke atas dan ke bawah. Sebagai gambaran, hasilnya mirip dengan tampilan pada layanan Google Street View.





.
Hasil foto pendahulunya relatif standar saja, bagaimana dengan Nexus 4? Untuk Anda yang tidak menuntut banyak dari kamera sebuah smartphone, hampir dapat dipastikan Anda akan puas saja. Namun memang hasil kameranya tidak sebagus iPhone 5 atau Galaxy S III. Yang jelas karakteristik kameranya tidak sepucat ponsel-ponsel LG sebelumnya, foto yang dihasilkan warnanya keluar. Hasilnya juga cukup tajam, meskipun banyak noise yang cukup mengganggu. Silakan lihat foto-foto ini, klik untuk perbesar. Untuk mengunduh foto dalam ukuran aslinya, unduh dari link ini.

makro mode indoor:

IMG_20130110_054930

.

indoor dengan flash:

IMG_20130110_171226

.

indoor tanpa flash:

IMG_20130110_171215
.

.

outdoor:

IMG_20130110_170322

IMG_20130110_170346

IMG_20130110_170435

.

Photo Sphere:

PANO_20130110_170600
.
.

.
Untuk perekaman video fitur-fiturnya antara lain: flash, white balance, time lapse, resolusi dan location. Fitur efek Silly Faces yang muncul di Android 4.0 dan 4.1 dihilangkan.




Hasil perekaman video bagus, tapi continous autofocusnya agak labil. Kadang tidak jalan, kadang jalan. Videonya smooth, namun hasilnya kurang tajam. Ini dikarenakan bitrate-nya tidak terlalu tinggi, yakni 10000-an kbps dengan framerate 30fps, menghasilkan file sebesar 87MB untuk video berdurasi 1 menit. Cukup hemat storage untuk ponsel yang storagenya 16GB dan tidak dilengkapi slot memori eksternal ini.

.
.

Galeri Foto dan Pemutar Video
Untuk galeri, Nexus 4 dengan Android 4.2 ini masih menggunakan karakteristik yang sama dengan sebelumnya, perbedaan yang terlihat hanyalah kini antar thumbnailnya memiliki jarak. Foto dan video bisa diliat berdasarkan albums, locations, times, people dan tags. Foto yang diambil menggunakan fitur PhotoSphere memiliki penampil foto sendiri yang mencitrakan foto melengkung seperti panorama. Album sinkronisasi dengan akun Google+ Anda bisa dibuat agar tidak memerlukan jaringan internet untuk menikmatinya. Foto bisa di-share ke jejaring sosial dan messaging, bisa juga diputar, dicrop, dijadikan wallpaper dan dilihat detil infonya. Kini Android 4.2 memiliki fitur editing yang mirip Instagram, ada filter-filter semacam punch, vintage, bleach dan sebagainya, bisa ditambahkan bingkai foto, lalu di-edit tingkat kecerahan, kontras,vibrance, ketajaman dan lain-lain.




LG Nexus 4 E960 Review Gallery

LG Nexus 4 E960 Review Gallery


.
Seperti yang sudah-sudah aplikasi pemutar video masih dianaktirikan, pemutar video hanya bisa memutar file .mp4 sampai ukuran 1080p, sedangkan file avi, mkv, mov, wmv tidak terbaca. Pengaturan video sangat minim dan bisa dibilang tidak ada, cuma ada opsi untuk share saja. Meski demikian Anda bisa menggunakan MX Player atau aplikasi pemutar video pihak ketiga lainnya untuk fitur yang lebih banyak dan memutar format video lain, yang semuanya berjalan dengan lancar di aplikasi tersebut.




.
.
Pemutar musik
Identik dengan Galaxy Nexus, pemutar musik sudah menggunakan aplikasi Google Play Music yang fiturnya sudah cukup lengkap. Ada fitur queue, shuffle, thumbs up dan last added, lagu-lagu dibagi berdasarkan playlist, recent, artist, albums, songs, genre. Equalizer bisa diaktifkan, sebagai tambahan ada FX booster berupa bass boost dan 3d effect. Pengaturan equalizer bawaan sendiri ada rock, pop, classic dan sebagainya. Selain itu Anda juga bisa buat pengaturan eq sendiri.



LG Nexus 4 E960 Review Gallery


.
Kualitas suara terbilang bagus, terutama dalam hal separasi suara. Sehingga perangkat ini cocok untuk mendengar genre live, rock, band. Untuk lagu-lagu yang bersifat ngebass kurang powerful, masih kalah dengan iPhone, meski demikian secara keseluruhan masih dalam kategori bagus. Sementara itu loudspeaker cukup kencang, lebih kencang dari Galaxy Nexus, tapi agak cempreng, terlebih posisi speaker membua suara akan mendem jika ponsel ditaruh di meja.
.

.
.

Konektivitas

  • GSM / HSDPA
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth v4.0 dengan A2DP
  • MicroUSB
  • NFC
  • GPS with A-GPS support

.
.
Web Browser
Browser kini menggunakan penjelajah web buatan Google, yakni Chrome. Kelebihannya, Anda bisa sign-in dan melakukan sinkronisasi dengan browser Chrome pada desktop Anda. Performanya bagus dalam membuka website full ala desktop. Sepertinya tabnya pun tidak ada batas, 20 tab terbuka, masih bisa ditambah, yang pastinya lebih dari cukup untuk kebutuhan internet mobile Anda. Fitur-fiturnya antara lain: incognito mode, bookmark, find, request desktop. Pengaturan-pengaturannya standar saja, ada pengaturan privasi, cookies, javascript, block pop up, Google location, serta sebuah pengaturan tersendiri untuk website tertentu. Untuk pengaturan aksesibilitas ada text scaling dan force enable zoom saja.





.
.
Hasil benchmarking
Quadrant Standard: 4699 poin



.
AnTuTu: 15929 poin



.
Nenamark 2: 58,9 frame per detik



.
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan



.
SunSpider: 1939.6 ms



.
.
Daya Tahan Batere
Dibekali batere lithium polymer berkapasitas 2100 mAh, performa dan daya tahan batere Nexus 4 Dalam penggunaan yang cukup intensif selama 4,5 jam, indikator menunjukkan kalau batere berkurang dari 89 ke 46 persen, berkurang 43 persen, jadi jika penggunaan Anda normal, kira-kira dalam sekali pengisian Anda bisa menggunakan Nexus 4 selama seharian, atau paling tidak bertahan selama jam kerja Anda.
.
.
Kesimpulan
Dibanderol Rp. 5,5 juta (harga normal), Nexus 4 sangat menggoda. Untuk urusan software dan hardware, smartphone kebanggaan Google ini sudah menggunakan spek terkini. Apalagi saat ini di Indonesia smartphone dengan RAM 2GB hanya Samsung Galaxy Note II (Rp. 7,2 juta) yang harganya terpaut hampir Rp. 2 juta. Performanya sangat smooth, meski OS yang diusungnya bisa jadi membosankan bagi sebagian orang. Jika Anda termasuk yang tidak suka dengan OS murni bawaan Google, alternatifnya ada LG Optimus 4X, Lenovo K860, HTC One X dan Samsung Galaxy SIII. Namun jika Anda tidak keberatan dan hobi mengoprek, ponsel ini sempurna.

.
Kelebihan:

  • Spek prosesor tertinggi saat ini
  • Desain dan build quality kelas atas
  • RAM 2GB
  • Layar 4,7 TrueHD IPS
  • Android terbaru, update tercepat
  • Performa sangat smooth
  • Kualitas suara bagus

.
Kekurangan:

  • Layar kurang menarik
  • Batere tidak bisa diganti-ganti
  • Tidak ada slot micro SD
  • Tidak ada port HDMI (namun bisa MHL)



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Sony Xperia E3 Dual
Akan datang
12
Nov 27 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
15
Oct 31 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.