TOP
REVIEWS
Review: New Smartfren Andromax Tab 7.0
Tablet Terjangkau dengan Kemampuan Seluler dari Smartfren
Dec 07 2012 4:19PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.7
12
61217

Berbeda dari ponsel Smartfren Andromax-i yang dibuat produsen asal Cina, Hisense, Smartfren juga telah merilis tablet Android versi lebih segar yang bernama New Smartfren Andromax Tab 7.0 yang memiliki nama kode WM7 namun berasal dari produsen WonderMedia (Namun di stiker belakang tablet tertulis Hisense). Tertebak dari namanya, tablet ini memiliki ukuran layar 7-inci. Tablet yang dibanderol dengan harga 1,8 jutaan ini sudah dapat digunakan untuk internetan menggunakan operator Smartfren tentunya. Meskipun menggunakan kartu SIM, namun anda tidak dapat menggunakan operator lain di tablet ini. Bagaimana hasil review kami atas tablet ini? Silahkan baca dibawah ini.


Spesifikasi Utama

  • CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800/1900MHz
  • TFT LED 7 inci 1024x600 pixels (160x160 dpi)
  • Memori Internal 8GB (aplikasi 4.00GB, multimedia 3.94GB)
  • RAM 1024MB
  • Kamera utama 3MP (2048x1536 piksel)
  • Kamera sekunder 2MP (1600x1200 piksel)
  • Android ICS 4.0.3
  • Prosesor single-core Cortex ARM Cortex A9 1.0GHz; GPU Mali-400 MP
  • Baterai Lithum Polymer 4000 mAh

Paket Penjualan

  • Tablet Andromax Tab 7.0
  • Charger
  • Kabel USB on the go
  • Buku manual
  • Kartu garansi
  • Starter pack


Desain dan Bodi
Desain tablet yang memiliki dimensi 199.5 x 126 x 10mm ini terlihat standar, layaknya tablet Android lain.Di bagian depan diisi dengan frame hitam yang tebal mengelilingi layar sentuh 7-inci (1024x600 piksel), kamera depan beresolusi 2MP disebelah logo Smartfren di bagian atas (dalam posisi potrait). Bagian belakang baru bisa dikatakan sedikit berbeda dengan tablet Android lain. Dengan bahan plastik bertekstur maka anda tidak perlu takut akan mudah bergores dan mudah meninggalkan bercak jari jika memegangnya. Sayangnya meskipun kokoh, namun bahan yang digunakan terasa seperti plastik murah. Bagian belakang ini diisi dengan kamera utama beresolusi 3MP, dan stereo speaker disisi-sisinya.





Bagian atas diisi dengan tombol lock/power ber-LED, mic, tombol volume, port headset 3.5mm. Bagian bawah terdapat slot kartu SIM, dan kartu memori microSD yang tertutup, kemudian terdapat port miniHDMI, microUSB, dan port charger. Sisi kiri dan kanan tablet polos tidak terdapat apa-apa.



Urusan layar sebenarnya tablet ini sudah memiliki layar yang bagus, dan cukup tajam, namun lapisan layar yang digunakan terlihat reflektif sehingga cukup menyulitkan melihat layar ketika anda berada di ruangan banyak cahaya. Anda dapat mengakali hal ini dengan mengatur tingkat keterangan layar ke posisi lebih terang, namun perlu diingat ini juga akan berefek ke penggunaan daya baterai.

Antarmuka
Antarmuka di tablet Andromax Tab 7.0 ini terlihat standar Android ICS 4.0 untuk tablet, tidak nampak adanya perombakan atau penambahan tampilan. Pada halaman lockscreen menggunakan model slider lingkaran dimana slide ke kanan untuk membuka kunci sedangkan slide ke kiri untuk langsung masuk ke menu kamera. Masuk ke homescreen anda akan disajikan lima halaman yang dapat dikustomisasi dengan widget, shortcut, dan lainnya. Anda juga dapat mengganti wallpaper tidak hanya dengan live wallpaper namun juga klip video. Karena tidak ada tombol fisik maka tablet ini menggunakan tombol di antarmuka yang dapat disembunyikan dan ditampilkan.





Drawer aplikasi juga standar ICS saja, namun menggunakan latar belakang hitam transparan. Anda tidak dapat mengubah susunan ikon aplikasi yang sudah tersusun berdasarkan abjad. Performa keseluruhan antarmuka Andromax Tab 7.0 terbilang baik, mungkin karena RAM yang cukup besar yakni 1GB. Kami tidak menemukan lag yang berarti selama pengoperasian.


New Smartfren Andromax Tab 7.0 Review Gallery

Dalam kondisi default hanya terdapat pilihan input teks Android keyboard dengan Google voice typing. Dengan ukuran layar yang besar tentu tidak menjadi masalah dalam proses pengetikan baik dalam posisi potrait atau landscape.


Contact dan Messaging
Tablet ini tidak memiliki menu contact, namun terdapat menu People. Meskipun begitu tetap tablet ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan suara, terbatas hanya untuk mengirim pesan teks dan panggilan video dengan aplikasi pihak ketiga saja.


Untuk urusan perpesanan seperti biasa tetap lengkap dengan dukungan dari sms, mms, email, hingga perpesanan instan. Jika tidak puas dengan layanan yang disediakan, tentunya anda dapat menggunakan layanan lain yang aplikasinya dapat diunduh dengan mudah dari Play Store.




Kamera dan Perekaman Video
Ada dua kamera yang hadir di Andromax Tab 7.0 yakni kamera beresolusi 2MP di bagian depan dan beresolusi 3MP di bagian belakang. Kedua kamera ini memiliki fokus tetap tanpa adanya bantuan LED-flash. Tampilan antarmukanya standar ICS, dengan beberapa pengaturan standar. Terdapat juga mode pengambilan gambar panorama. Baik kamera depan maupun belakang sama-sama dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi VGA (640x480 piksel) dalam format MP4. Kualitas dari kamera ini terbilang kurang baik, masuk akal karena keberadaan kamera di tablet hanya sebagi pelengkap saja, bukan fitur utama.




Hasil pengambilan gambar dalam ruangan cukup cerah namun sedikit buram, dan terlihat noise. Untuk luar ruangan juga buram, tidak detil, dan cenderung gelap.



New Smartfren Andromax Tab 7.0 Review Gallery

Hasil Perekaman Video

Multimedia
Selain aplikasi multimedia standar seperti gallery dan music yang pastinya menggunakan tampilan standar Android, Andromax Tab 7.0 juga dilengkapi aplikasi multimedia tambahan seperti my photo, my music, my recorder , dan my video.

My photo merupakan aplikasi gallery tanpa memasukkan konten video, khusus foto-foto saja. Tampilannya mirip seperti gallery di ICS. Anda dapat memilih menampilkan koleksi foto berdasarkan lokasi. Fungsinya secara keseluruhan juga sama. Anda dapat melakukan proses editing kecil seperti crop, filter, dan lainnya.



My music merupakan aplikasi pemutar musik tambahan dengan tampilan yang lebih menarik dan fungsi yang lebih luas. Seperti menampilkan koleksi musik berdasarkan lokasi, lirik baik mengunduh atau menampilkan, sound effect, dan lainnya. Kualitas speaker biasa saja, terdengar tidak begitu kencang, jika anda mengatur ke posisi maksimal maka keluaran suara akan terdengar sedikit sember.




My recorder, sesuai namanya aplikasi ini merupakan aplikasi untuk melakukan perekaman suara/percakapan dengan durasi maksimal satu jam.

My video menjadi tempat terdedikasi untuk memutar konten video. Tablet ini sangat bisa diandalkan untuk melakukan pemutaran video dari berbagai format. Kami mencoba banyak format seperti, mp4, avi, m4v, flv, mkv, mov, m2ts, dapat diputar dengan baik dan lancar hingga resolusi HD 1080p. Subtitle juga dapat ditampilkan dengan tepat dengan beberapa menu pengaturannya. Video juga dapat dizoom saat diputar.




FM Radio juga hadir untuk menyiarkan frekuensi dari stasiun radio favorit anda. Seperti biasa, anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu yang berfungsi sebagai antena baru anda dapat menggunakannya.


Browser
Terdapat dua pilihan browser dalam kondisi deafult yaitu Chrome dan browser stok. Seperti biasa browser bawaan ICS dapat membuka tab bersama-sama hingga 16 buah. Resolusi dan ukuran layar yang cukup besar membantu untuk pembacaan konten dalam posisi zoom-out. Konten flash seperti video di situs YouTube versi desktop dapat diputar dengan cukup baik dan cepat.




Tes HMTL 5 (266 bonus 3 poin)


Tes Sunspider (3394.0ms)


Konektivitas
Andromax Tab 7.0 berjalan di jaringan CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800/1900MHz. Konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 b/g/n dengan kemampuan tethering, Bluetooth v2.1, build in GPS, microUSB v2.0, dan dukungan kartu memori microSD hingga 32GB. Tidak ketinggalan kemampuan USB in the go.

Benchmarking

  • Quadrant Standard: 1144 poin
  • AnTuTu Benchmark: 3935 poin
  • MultiTouch Tester: maksimal 5 sentuhan
  • NenaMark2: 19.3 fps

New Smartfren Andromax Tab 7.0 Review Gallery


Baterai
Andromax Tab 7.0 dibekali baterai Lithium Polymer berkapasitas 4000 mAh. Untuk ukuran tablet yang memiliki kemampuan seluler, kapasitas tersebut terbilang kecil terlebih jika anda mengandalkan seluler sebagai konektivitas utama untuk berinternet. Untuk pemakaian normal kami dapat mengatakan tablet ini hanya mampu bertahan setengah hari saja (+-6 jam), atau mungkin kurang jika terus digunakan untuk berinternet.

Kesimpulan
Dengan harga 1,8 jutaan anda akan mendapatkan tablet berkemampuan seluler, dengan layar yang bagus dan performa yang cukup baik. Kami dapat merekomendasikan tablet ini untuk anda yang sedang mencari tablet murah namun mumpuni. Memang sayangnya kapasitas baterai yang kecil dan repotnya pengisian daya karena harus menggunakan charger bawaan menjadi poin minus besar yang juga patut anda pertimbangkan. Namun diluar itu tablet ini sangat layak untuk anda miliki.

Kelebihan

  • Fitur multimedia mumpuni
  • Layar berkualitas baik
  • Harga terjangkau untuk tablet berkemampuan seluler

Kekurangan

  • Kapasitas baterai kecil dan proses charging lama
  • Lapisan layar reflektif



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
44
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
14
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.