TOP
REVIEWS
Review: Tabulet Tabz Z1S
Tablet Terjangkau dengan Pemutar Video Berkualitas
Nov 28 2012 10:15AM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.6
2
20947

Tabulet kembali meluncurkan tablet WiFi dengan fitur utama multimedia yakni Tabz Z1S. Sebagai tablet multimedia entry level, Z1S adalah sebuah tablet 7 inci dengan sistem operasi Android 4.0 ICS. Menggunakan single core Cortex A8 1,2GHz, layar 7 inci kapasitif beresolusi WVGA (800x480 piksel), GPU multicore GC800 (600Mhz), RAM 512MB, storage 4GB dengan slot micro SD sampai 32GB, WiFi, USB on the Go, kamera depan VGA, output HDMI dan diperkuat batere 3000mAh.

.

Paket Penjualan

  • Kartu garansi
  • charger
  • kabel data (mini USB)
  • kabel USB on the go
  • Buku petunjuk penggunaan


.

.

Desain dan Bodi
Desain Tabz Z1S mirip dengan tablet Tabulet lain dan tablet Negeri Tirai Bambu pada umumnya, dengan warna hitam dan bahan plastik glossy di bagian layar, mirip dengan Samsung Galaxy Tab P1000. Tiga tombol sentuh kapasitif menu, Home dan back hadir di bagian bawah tablet. Untuk bagian samping dan kover belakang menggunakan bahan plastik keras berwarna metalik, yang cukup memberikan kesan kokoh pada tablet seharga Rp. 799 ribu ini. Kover belakang tidak bisa dibuka, jadi batere tidak removable. Untuk port charger, mini USB, HDMI, slot micro SD, dan jack audio 3.5 mm berkumpul di bagian bawah, sementara tombol power dan volume di sebelah kanan.





Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

Layar Tabz Z1S tidak spesial, dengan resolusi hanya WVGA (800x480 piksel) tentu saja di bidang layar 7 inci layar terlihat tidak tajam. Warna yang dikeluarkan memang cukup lumayan, namun viewing angle tidak bagus, apalagi layar tablet ini cukup reflektif. Layar Z1S sudah berjenis kapasitif dan cukup responsif, dengan layar dan bezel berposisi sejajar.


.

.

Antar Muka
Tabz Z1S menggunakan sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Seperti tablet-tablet Tabulet sebelumnya, antar mukanya bisa dibilang benar-benar stock bawaan Google. Lock screen-nya memiliki akses pintas langsung ke kamera. Lock screen ala Slide ini bisa diganti, Anda bisa memakai proteksi lain berupa berupa pattern, PIN dan password, serta fitur Face Unlock. Homescreen terdiri dari beberapa layar home yang tersusun horisontal, yang bisa ditambahkan wallpaper, menambahkan Widget maupun akses pintas. Di bagian paling bawah layar hadir 3 ikon pengganti tombol fisik yakni Back, Home dan Task Switcher. Bar notifikasi masih terletak di bagian kanan bawah. Menampilkan jam, sinyal WiFi, indikator batere dan pengaturan serta tentunya notifikasi yang muncul. Ada beberapa pengaturan pada Notifikasi yakni opsi untuk mematikan auto-rotate, mengatur tingkat kecerahan layar, menon-aktifkan notifikasi dan akses pintas ke Settings. Sementara menu utama terdiri dari dua kategori yakni Apps dan Widget dengan susunan ikon 6x4 dalam keadaan layar landscape dan tersusun secara alfabetis. Tablet ini bisa digunakan dalam 4 arah yang berbeda, namun perputaran layar mengikuti arah tablet kurang cepat dan tidak responsif. Performanya sendiri standar saja, tidak istimewa dan kadang terjadi lag, sebuah hal yang wajar mengingat Tabz Z1S memiliki hardware yang tidak setangguh kakaknya, Tabulet Beat Duos.





Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

.


Input teks dan messaging
Untuk keyboard dan metode input yang digunakan ada Google voice typing dan Android Keyboard dengan fitur-fitur seperti auto capitalization, vibrate, sound, popup, show setting key, auto correct, suggestion.


.

Tidak ada menu Kontak di Z1S. Namun untuk messaging masih ada Gmail dengan pengaturan-pengaturan yang cukup lengkap dan fitur-fitur yang menyerupai versi desktopnya dan tentunya Anda bisa menggunakan email client lainnya. Untuk chatting secara default ada Google Talk, tentunya juga masih ada opsi untuk menginstal aplikasi chating lain dari Google Play yakni Yahoo Messenger, WhatsApp, Line dan lain-lain.

Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

.


Kamera
Kamera pada Tabz Z1S hanya kamera depan saja dengan resolusi VGA (640x480 piksel). Pengaturannya ada pengaturan resolusi (QVGA dan VGA), White balance, serta fitur night mode, dan GPS tagging. Perekaman videonya memiliki pengaturan White balance dan time lapse recording serta fitur GPS tagging seperti pada kamera.



Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

.

Galeri foto, Pemutar video dan pemutar musik
Galeri penampil foto pada Z1S adalah galeri standar ICS, dengan latar belakang hitam dan dibagi per folder, bisa juga berdasarkan lokasi, waktu pengambilan foto, people dan tags. Foto bisa di-crop, di-rotate dan di-edit menggunakan editor foto sederhana bawaan Android. Foto juga bisa di-share melalui Picasa dan Gmail, serta jejaring sosial yang Anda instal.

Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

Seperti perangkat-perangkat Tabulet selama ini, pemutar video bisa dibilang adalah andalan utama tablet Tabz Z1S. Video format apa saja yang kami masukkan melalui micro USB bisa diputar dengan lancar, smooth tanpa ada lag. Baik itu format .mp4, .mkv, .avi, .mov, .wmv, flv bahkan video kopian dari bluray dengan format .m2ts, bisa diputar dengan lancar. Subtitle dengan file tambahan .srt bisa tertampil, demikian juga subtitle yang sudah ter-embedd langsung dengan file video bisa ditampilkan, menambah nilai positif dari aplikasi video player bawaan Z1S. Pengaturan-pengaturan tidak banyak, yakni pemilihan track audio dan pemilihan subtitle, tingkat kecerahan, bookmark dan aspek rasio saja. Kini aplikasi pemutar video membaca semua video di dalam storage tablet, tidak perlu menjelajahi file explorer seperti pada Beat Duos dan Beat 2. Layar tablet ini memang tidak spesial, namun Anda bisa dengan mudah mengkoneksikan tablet ini dengan kabel HDMI ke TV Anda untuk menonton konten di dalam tablet. Untuk pemutaran video juga bisa menggunakan USB on the go.


Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

Berlawanan dengan pemutar video yang diberi fitur berlimpah, pemutar musik Tabz Z1S sangat standar. Kali ini ada fitur ekualiser seperti Rock, Jazz, Dance, Pop dan sebagainya serta ekualizer buatan sendiri. Juga ada efek Bass Boost dan Efek 3D yang bisa diatur tingkatannya. File-file musik dibedakan menjadi kategori seperti Artist, Albums, Songs, Playlists dan Now Playing. Keluaran suara loudspeaker tidak terlalu kencang, namun cukup berkualitas.

Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

.

Konektivitas

  • WiFi 802.11 b/g/n
  • port mini USB (mendukung USB on the go)
  • port HDMI

.

.


Web Browser
Browser pada Tabz Z1S mampu membuka tab sampai maksimal 16 buah tab sekaligus. Namun performanya dalam membuka situs yang dipenuhi banyak konten seperti TeknoUp kurang bagus, scrolling saja menimbulkan lag yang lumayan terasa. Pinch and zoom bisa dilakukan untuk memperbesar tampilan layar. Untuk pengaturan lainnya adalah standar browser bawaan Android, seperti Incognito, lalu opsi untuk meminta situs desktop pada situs mobile, serta pengaturan history, cookies, javascript, accessibility dan lain-lain.


Tabulet Tabz Z1S Review Gallery

.

Hasil benchmark
Quadrant Standart: 1547 poin


.

Mutitouch Tester: maksimal 5 sentuhan

.

NenaMark2: 22 fps


.

SunSpider: 4373,5 ms


.

.

Daya Tahan Batere
Dengan batere 3000 mAh, Anda tidak bisa berharap banyak dari tablet ini. Paling maksimal jika sering digunakan terutama untuk multimedia dan browsing hanya bertahan di jam kerja saja. (9 pagi sampai 5 sore). Apalagi indikator batere sepertinya kurang presisi. Di saat indikator menunjukan 12 persen, tiba-tiba tak lama kemudian batere habis, padahal tidak digunakan sama sekali.

.

.

Kesimpulan
Meski memiliki banyak kelemahan, tapi mengingat harganya hanya Rp. 799.000 kelemahan tersebut bisa dimaafkan. Apalagi kemampuan memutar videonya sangat lengkap, serta kuat memutar 1080p bitrate besar sekalipun. Tidak didukung layar yang bagus, tapi ada port HDMI, sayangnya kabel HDMI tidak tersedia di paket penjualan.

Kelebihan

  • Pemutar video dengan kemampuan tinggi
  • Port HDMI
  • USB on the go
  • harga relatif murah

Kekurangan

  • kualitas layar kurang bagus
  • batere boros
  • performa web browsing kurang mulus



Kembali ke atas
BACA INI JUGA


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
22
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.