TOP
REVIEWS
Review: Lenovo S880
Layar Jumbo Tak Selalu Mahal
Nov 19 2012 9:24AM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
10
84903

Ponsel berlayar 5-inci, dual sim, stereo speaker, hanya sebagian kecil dari fitur yang dimiliki Lenovo S880. Tenang saja ponsel yang dibanderol 2 juta pas ini, bukan berasal dari perusahaan ponsel abal-abal, karena nama Lenovo sudah lebih dulu dikenal sebagai perusahaan manufaktur laptop yang terkenal. Memang Lenovo terbilang baru dalam dunia ponsel, namun mereka ingin membuktikan kepiawaian mereka dengan merilis ponsel terjangkau namun dengan fitur kelas atas seperti yang ada di Lenovo S880 ini. Kira-kira layakkah ponsel ini menjadi ponsel anda berikutnya? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • HSDPA 900 / 2100 - SIM 1
  • Dual SIM on
  • Layar LCD kapasitif WVGA (480x800 piksel) 187ppi
  • Memori internal 4GB (755MB aplikasi, 1,81GB multimedia), RAM 512MB
  • Kamera 5MP (2592x1944 piksel) autofokus
  • Kamera sekunder VGA
  • Android ICS 4.0
  • Prosesor single-core MTK 6575 1GHz Cortex A9; GPU PowerVR SGX531
  • Baterai Lithium ion 2250mAh

Paket Penjualan

  • Handset Lenovo S880
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Mirip dengan desain Galaxy Note pertama? bisa dibilang seperti itu, terlebih untuk warna putih seperti tes unit kami. Dilihat sekilas orang dapat menyangka anda memegang handset Galaxy Note dengan layar sama-sama berukuran 5-inci. Oleh karena ukuran layar yang besar maka dimensi ponsel ini besar yakni 142 x 78 x 9.9 mm dengan bobot 197 gram. Ya, untungnya ponsel ini memiliki bodi yang cukup tipis sehingga anda tidak merasa memegang batu bata.



Bagian muka terdapat kamera sekunder, earpiece yang juga berfungsi sebagai speaker, sensor cahaya dan proximity, layar 5-inci, dan speaker (untuk tombol fungsi android berada di dalam antar muka). Bagian belakang hanya diisi dengan kehadiran kamera utama dan sebuah mic. Sisi kiri ponsel diisi dengan tombol volume dan sisi kanan polos saja. Untuk bagian atas terdapat port headset 3.5 mm, tombol lock/power, dan port micro USB.







Untuk masalah layar, memang ukuran 5-inci setidaknya sudah mengusung layar HD, namun Lenovo S880 ini hanya dipasangi layar beresolusi WVGA. Bisa ditebak, tampilan terlihat tidak terlalu halus, sangat terlihat jika sedang memutar konten video maka tampilan akan terlihat bergaris. Terlebih resolusi layar yang WVGA 480x800 terpotong menjadi 480x728 oleh kehadiran 4 tombol fungsi Android. Lenovo cukup pintar mengakali masalah ini, mereka menggunakan ukuran antarmuka yang juga besar sehingga tidak terlihat efek dari resolusi yang dipaksakan tersebut, dan tampilan masih terlihat halus. Diluar itu semua kualitas layar ini terbilang bagus, sudut pandang penglihatan juga baik.

Antar Muka
IdeaDesktop menjadi antar muka di S880 diaplikasikann di Android versi 4.0. Meskipun baru, namun kinerja dan fitur yang ditawarkan di IdeaDesktop ini terbilang handal. Sangat banyak personalisasi layaknya anda menggunakan aplikasi launcher dari Play Store.

Bagian lockscreen terdapat dua buah menu saat menggerakkan slider, ke kiri untuk masuk ke menu kamera, sedangkan kanan untuk membuka kunci. Tidak seperti ponsel ICS sekarang ini, halaman homescreen di S880 dapat ditambah/dikurangi dengan maksimal hingga 9 halaman homescreen. Seperti biasa homescreen ini disediakan untuk diisi widget-widget, shortcut, atau folder sesuai keinginan pengguna. Untuk masalah wallpaper, tidak terbatas hingga live wallpaper saja, bahkan wallpaper dari konten video juga dapat dipasang, dimana tidak mengganggu kinerja homescreen sendiri, semua masih terasa cepat.




Tampilan jendela notifikasi juga mendapat sentuhan modifikasi, dimana terdapat jalan pintas ke menu konektivitas, profil suara, dan pengaturan layar. Karena sudah terdapat tombol recent apps jadi sangat mudah memunculkan daftar ini dimanapun. Drawer aplikasi masih berkonsep ICS, dengan terbagi dua tab (apps dan widget). Serta jalan pintas ke Play Store. Ikon-ikon aplikasi tersusun dalam formasi 4x4, yang dapat diatur sendiri atau berdasarkan abjad.





Untuk urusan pengetikan dalam kondisi default hanya terisi dengan keyboard standar Android saja. Untuk pengetikan satu tangan memang cukup sulit dikarenakan ukuran layar yang besar terlebih penggunaan material bodi belakang yang licin. Tapi berbeda jika melakukan pengetikan menggunakan dua tangan, terasa lebih pas.


Lenovo S880 Review Gallery

Contact dan Messaging
Tampilan menu contact mendapat keserasian dengan tema IdeaDesktop namun tetap mempertahankan kesederhanaan. Terdapat tiga buah tab seperti group, contact, dan favorite. Daftar contact ditampilkan dalam ukuran besar sehingga sangat mudah dilihat dan dipilih. Sayangnya anda hanya bisa melakukan sinkronisasi dengan akun online dari email saja, tidak bisa dari Facebook atau layanan sejenis lain. Dengan adanya kamera sekunder didepan maka anda dapat melakukan panggilan video langsung di S880 ini.




Perpesanan juga sederhana saja, cukup mengakomodasi kebutusan sms anda. Dengan tampilan minimalis dan intuitif pastinya tidak menjadi masalah untuk membuat pesan, bahkan jika pertama kali memegang ponsel ini.




Kamera
Kamera utama Lenovo S880 beresolusi 5MP (2592x1944 piksel) dengan kemampuan autofokus namun tanpa kehadiran LED flash. Tampilan antar muka menu kamera terlihat ada sedikit modifikasi dari stok Android. Terdapat beberapa pilihan pengaturan seperti scene, color effect, white balance, HDR, dan lainnya. Anda juga dapat mengambil gambar panorama dan objek 3D yang akan disimpan dalam format .MPO. Hasil asli dapat diunduh disini.





Hasil kamera dalam ruangan terlihat sedikit gelap, kurang terang dan kurang tajam, meskipun detil cukup baik.


Untuk luar ruangan sama terlihat sedikit gelap, namun pewarnaan lebih hidup dan cukup tajam dan detil.



Lenovo S880 Review Gallery

Perekaman Video
Kamera di S880 mampu melakukan perekaman hingga HD 720p (1280x720 piksel) namun dalam format .3GP. Jadi bisa ditebak kualitasnya tidak sebaik hasil HD format .MP4. Terdapat beberapa fitur juga seperti video quality, time lapse, color effect, white balance, dan lainnya. Anehnya entah karena kecacatan ponsel atau software, hasil perekaman HD terlihat ada gangguan semacam flick, silahkan lihat dibawah ini.



Multimedia
Gallery tampil seperti bawaan stok Android dengan kumpulan foto dan video di kelompokkan berdasarkan folder dan bisa diurutkan berdasarkan waktu pengambilannya. Tidak ada yang istimewa di menu gallery ini standar saja dengan fungsi yang sudah diberikan di Android ICS.




Lenovo S880 sebenarnya mampu melakukan pemutaran konten video hingga HD 720p, namun pergerakannya terlihat tersendat-sendat, tidak begitu lancar. Untuk dukungan format, pemutar video ini dapat memutar video dalam format MP4, 3GP, AVI, MOV, MKV tanpa kemampuan menampilkan subtitle. Tidak banyak pengaturan yang ada hanya terdapat tombol aspek rasio video dan share saja selain tombol play/pause.



Masalah musik, sepeti ponsel Android terkini, terdapat dua pemutar musik yang pertama standar bawaan dan kedua bawaan Google. Dasi segi pemutar musik sudah baik, namun kami merasa hardware yang digunakan kurang baik karena keluaran suara terdengar kurang bagus dari segi volume maupun kualitas (menggunakan headset) meskipun sudah disediakan pengaturan keluaran suara (equalizer). Untuk kualitas speaker bisa dibilang sebuah kelebihan, selain stereo dengan penempatan yang baik, speaker ini juga mampu mengeluarkan suara yang kencang.




Untuk radio, Lenovo S880 tidak melihat fitur ini sebagai pelengkap. Karena terdapat fitur FM transmitter dimana anda dapat memancarkan sinyal radio untuk mendengarkan koleksi musik anda melalui perangkat radio yang ada. Selain itu fitur FM radio sendiri memiliki antena internal sehingga anda tidak perlu mencolokkan headset untuk mendengarkan stasiun radio kesenangan anda.




Browser
Browser bawaan Android ini mampu melakukan multitab hingga 16 tab sekaligus. Dengan layar besar tentunya sangat nyaman digunakan berselancar di dunia maya, meskipun tidak terlalu tajam. Konten flash seperti video di YouTube versi desktop dapat diputar dengan baik (dengan waktu tunggu yang cukup lama) tanpa harus mengunduh aplikasi flash player terlebih dahulu.




Hasil tes HTML5, browser ini mendapatkan skor 287 dengan 3 poin bonus. Skor Sunspider, browser ini mendapatkan angka 2997.3ms (semakin kecil semakin baik).



Konektivitas
Lenovo S880 berjalan di jaringan triband GSM (900 / 1800 / 1900) dan dual band HSDPA (900/2100). Konektivitas lokal terdapat WiFi 802. 11 b/g/n, Bluetooth v3.0 dengan kemampuan tethering, A-GPS, microUSB v2.0, dan dukungan kartu memori microSD hingga 32GB.


Benchmarking

  • Quadrant Standard: 2204 poin
  • AnTuTu Benchmark: 3630 poin
  • MultiTouch Tester: maksimal 5 sentuhan
  • NenaMark2: 22.7 fps
  • CamSpeed: 86 shutter time, 573 image time, 922 focus time

Lenovo S880 Review Gallery

Baterai
Baterai yang diberikan ke Lenovo S880 ini terbilang besar yakni 2250 mAh. Pemberian kapasitas ini terbilang wajar karena layar berukuran 5-inci itu sangat menguras tenaga baterai. Apalagi dikombinasikan dengan hadirnya fitur dual sim yang aktif secara bersamaan. Baterai ini diklaim mampu menghidupi ponsel hingga 13 hari dan talk time hingga 17 jam. Kembali angka-angka tersebut tidak mutlak karena tergantung ke intensitas penggunaan serta keadaan jaringan operator. Namun untuk seharian saja kami rasa anda tidak perlu khawatir mencari charger.


Kesimpulan
Ponsel Android seperti yang anda harapkan dari budget dua juta rupiah? Anda akan mendapatkan ponsel dengan layar yang sama besar dengan Galaxy Note pertama. Eits namun jangan samakan performa ponsel high-end tersebut dengan Lenovo S880 ini karena kedua ponsel ini jelas mengisi segmen yang berbeda. Lenovo S880 memiliki banyak faktor yang membuat orang meliriknya, terutama dari segi harga yang ekonomis. Sayangnya ponsel ini memiliki kelemahan di resolusi layar yang dipaksakan dan kemampuan multimedia yang kurang baik. Namun ponsel-ponsel yang mengisi range harga ini memang tidak ada yang sempurna bukan? Secara keseluruhan kami dapat rekomedasikan ponsel ini untuk anda yang ingin ponsel berlayar besar dengan desain yang cukup berkelas, tanpa perlu membawa dua ponsel untuk dua nomor GSM dan tentunya tanpa banyak menguras kocek anda.

Kelebihan

  • Layar besar
  • Dual-sim GSM on
  • Speaker stereo
  • Baterai kapasitas besar

Kekurangan

  • Kemampuan multimedia kurang baik
  • Resolusi layar yang dipaksakan



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
35
24 Apr 2014
97
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
ASUS Zenfone 4
Bintang di Kelas Low End
35
Apr 24 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
81
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.