TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia SL LT26ii
Kloning Ponsel Xperia S
Sep 21 2012 1:16PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
46
58821

Teknokerz berminat untuk mengganti ponsel ke Sony Xperia S? Tunggu dulu, karena kini Sony mengeluarkan kembaran dari ponsel perdana perusahaan tersebut setelah berganti nama hanya menjadi Sony. Xperia SL memiliki beberapa peningkatan dari Xperia S, tercatat adanya kenaikkan clock prosesor, sistem operasi Android saat ini, dan tambahan pilihan warna. Dibanderol dengan harga selisih 400 ribuan, layakkah anda membayar peningkatan ini? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quadband GSM (850 / 900 / 1800 / 1900) & HSDPA (850 / 900 / 1900 / 2100)
  • Layar sentuh kapasitif LED-backlit LCD 4.3 -inci 720 x 1280 piksel (~342 ppi)
  • Memori internal 32 GB, RAM 1 GB (tanpa dukungan kartu memori)
  • Kamera utama 12 MP (4000x3000 piksel) autofokus dengan LED flash
  • Kamera sekunder 1.3 MP
  • Android Ice Cream Sandwich 4.0
  • Prosesor Qualcomm MSM8260 Snapdragon Dual-core 1.7 GHz; GPU Adreno 220
  • Baterai Lithium Ion 1750 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Xperia SL
  • Kepala Charger
  • Kabel data micro USB
  • Headset in-ear
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Xperia masih berada di keluarga NXT (kehadiran bar transparan), dan karena ponsel ini merupakan versi upgrade dari Xperia S, bisa dikatan 100 persen desain dan bahan material yang diusungnya persis dengan Xperia S, tidak terdapat perubahan sama sekali.



Desain dan bobot masih sama 128 x 64 x 10.6mm dan 144 gram. Terbilang jumbo dengan ukuran layar 4.3-inci. Bagian muka terdapat sensor cahaya dan proximity, LED notifikasi, earpiece dan kamera sekunder, kemudian layar 4.3-inci, dan tiga tombol fungsi Android berjenis kapasitif. Bagian belakang dapat dibuka namun hanya untuk menempatkan sim card saja, baterai tertanam didalam bodi. Terdapat kamera utama LED flash, speaker dan microphone, yang terlihat sedikit berbeda dengan Xperia S disini mungkin kehadiran stiker logo NFC.





Bagian kiri ponsel terdapat port micro HDMI, tombol volume, dan tombol kamera.Bagian kanan ponsel hanya terdapat port micro USB. Bagian atas diisi dengan tombol lock/power dan port headset 3.5mm. Sedangkan bagian bawah terdapat mic dan lubang untuk menggantungkan aksesoris/strap.



Sony Xperia SL LT26ii Review Gallery

Layar
Resolusi HD (720x1280 piksel ) menjadi resolusi layar Xperia SL dengan ukuran 4.3-inci, berjenis LED-Backlit LCD, menjadi layar paling tajam diantara layar milik pesaingnya. Untuk kualitas layar kami melihat Xperia SL setingkat dengan Xperia S, layar terlihat agak kuning dan sudut penglihatan juga kurang baik untuk ukuran ponsel high-end. Sangat disayangkan layar di Xperia SL tidak sebaik milik Xperia acro S.

Antar Muka
Xperia SL sudah menggunakan sistem operasi Android 4.0 ICS, sehingga tampilan antar mukanya persis seperti milik Xperia acro S. Halaman lockscreen, homescreen, jendela notifikasi dan drawer aplikasi tampil serupa dengan pilihan 7 tema mewakili warna tertentu yang dapat dipilih. Mode overview juga masih hadir dengan menampilkan kumpulan widget-widget yang dipasang di kelima halaman homescreen.





Drawer aplikasi ikon-ikon terjejer dalam formasi 5 x 3, disertai kemampuan sorting berdasarkan kategori atau personalisasi pribadi. Melihat recent apps dapat dilakukan dengan menahan tombol home. Pilihan input teks juga masih sama menawarkan Xperia Keyboard dengan segala kelengkapan fiturnya.





Sony Xperia SL LT26ii Review Gallery

Meskipun sudah dilakukan upgrade prosesor menjadi 1.7 GHz namun kami merasa tidak ada perubahan dalam kinerja ponsel, terkadang kami masih mengalami lag saat menjelajahi menu ke menu.

Contacts
Kedua menu ini juga tampil ala ICS Android Sony, tidak ada perubahan. Masih terdapat empat tab submenu dibagian atas (contacts, phone, favorites, groups), kemudian kehadiran bar abjad disisi kanan untuk mempercepat pencarian entri contact. Panggilan video juga dapat dilakukan di Xperia SL karena sudah terdapat kamera sekunder beresolusi 1.3 MP.




Messsaging

Menu messaging tampil dengan simpel dan intuitif, pastinya tidak menjadi masalah bagi anda untuk mengkomposisi sebuah pesan di Xperia SL ini.




Kamera
Sama-sama memiliki kamera beresolusi 12 MP (4000 x 3000 piksel) dengan Xperia S dan acro S, Xperia SL menawarkan pengalaman pengambilan gambar dan perekaman video HD. Layaknya ponsel Sony lain, terdapat banyak fitur di menu kamera ini. Jika anda merasa 12 MP terlalu besar dan boros memori anda dapat memilih resolusi lain yang lebih rendah seperti 9 MP (16:9), 2 MP (4:3), 2 MP (16:9). Kinerja kamera secara keseluruhan juga cepat. Tidak ketinggalan mode pengambilan gambar secara cepat juga hadir (bahkan dalam keadaan layar mati). Hasil asli dapat diunduh disini.





Hasil pengambilan gambar indoor terlihat bagus dengan detail yang cukup baik, meskipun sedikit lebih pucat dan noise yang tidak begitu terlihat di kondisi rendah cahaya (karena dilengkapi sensor Exmor R for mobile). Terlebih jika menggunakan flash maka hasil kamera dapat terlihat seperti hasil dari kamera digital.



Untuk pengambilan luar ruangan hasil terlihat sangat detail untuk ukuran kamera ponsel dan tingkat keterangan yang pas, tapi tetap pewarnaan sedikit pucat. Untuk urusan makro juga dapat diandalkan, detail objek terlihat dengan baik.



Perekam Video
Karena memiliki resolusi besar 12 MP maka anda dapat melakukan perekaman video hingga resolusi HD 1080p sedangkan kamera depan dapat melakukan perekaman hingga 720p. Sama seperti menu kamera, terdapat banyak pengaturan salah satunya seperti penggunaan flash. Video hasil perekaman akan disimpan dalam format mp4. Sayangnya tidak terdapat fokus saat melakukan perekaman.



Multimedia
Sama seperti album (atau gallery) di acro S, kumpulan foto dan video akan disusun berdasarkan waktu pengambilannya, anda juga ditawarkan pilihan melihat foto-foto berdasarkan lokasi pengambilan atau melihat gallery online dari akun-akun layanan yang mendukung. Tidak ada masalah untuk menu ini semua dapat berjalan dengan menarik dan baik.




Pemutaran video dapat dilakukan di menu album atau di aplikasi terdedikasi. Hampir semua format video populer saat ini dapat diputar dengan baik di Xperia SL, hanya saja pengecualian untuk format flv. Sayangnya meskipun sudah dilengkapi pengunduhan informasi video dari layanan Gracenote tapi untuk subtitle tidak dapat ditampilkan disini. Tombol kontrol juga minim terlihat hanya hadir tombol play/pause saat video diputar.




Karena sama dengan versi Android milik acro S, maka Xperia SL juga memiliki pemutar musik Walkman. Dengan pemutar musik ini lengkaplah hiburan untuk urusan musik, karena pemutar musik ini memiliki antarmuka yang menarik dan pastinya performa yang sudah dapat diandalkan. Fitur-fitur yang ada juga terbilang lengkap seperti SensMe, visualizer, equalizer dengan clear bass, dan lainnya. Untuk speaker juga terdengar kencang (xLOUD) meskipun terdengar sedikit pecah dalam pengaturan maksimal.




Tak ketinggalan Sony memberikan fitur alternatif Radio FM di Xperia SL dengan antarmuka yang tidak berubah dari di acro S.


Browser
Untuk browser juga dapat diandalkan karena sudah dikenal bahwa browser bawaan ICS memiliki performa yang baik. Anda dapat melakukan multitab hingga 16 tab sekaligus, dukungan konten flash. Terlebih dengan resolusi layar HD, dalam tampilan zoom out konten halaman web dapat terlihat jelas dan tajam.




Hasil tes HTML5:


Hasil tes Sunspider:


Konektivitas

  • Quadband GSM / HSDPA (850 / 900 / 1800 / 1900, 850 / 900 / 1900 / 2100)
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth v2.1
  • Micro USB 2.0, USB On-the-go
  • GPS, A-GPS
  • NFC
  • Micro HDMI
  • Sertifikasi PlayStation


Benchmarking

  • Quadrant Standard: 3419 poin
  • AnTuTu Benchmark: 7069 poin
  • NenaMark2 : 37,4 fps
  • MultiTouch Tester: maksimal 10 sentuhan
  • CamSpeed: 325 poin (Shutter Time), 469 poin (Image Time), 1054 poin (Focus Time)

Sony Xperia SL LT26ii Review Gallery

Daya Tahan Baterai
Xperia SL ditenagai dengan baterai berkapasitas sama dengan Xperia S yakni 1750mAh non-removeable. Untuk kemampuan daya tahannya sendiri terbilang biasa saja, cukup menemani anda seharian +-10 jam. Dikarenakan layar HD yang besar dan tenaga prosesor yang besar. Namun nilai ini tidak mutlak dimana tergantung ke intensitas penggunaan dan kondisi jaringan dari masing-masing operator.

Kesimpulan
Xperia SL memiliki semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel Xperia S, dengan selisih harga yang lumayan (+-400 ribuan). Kami tidak menemukan upgrade yang signifikan baik dari sisi hardware maupun software, mungkin hanya tambahan pilihan warna dan sistem operasi Android ICS out of the box. Meskipun digadang-gadang memiliki kekuatan prosesor 1.7GHz namun nyatanya kami masih merasakan sedikit lag saat menjelajahi menu-menu di ponsel ini. Kualitas layarpun tidak sebaik milik Xperia acro S, masih terlihat efek kekuningan.

Kelebihan

  • Prosesor dual core 1.7GHz
  • Layar HD 720p
  • Kamera yang bagus
  • Android ICS out of the box

Kekurangan

  • Tidak ada perubahan yang signifikan dari Xperia S
  • Layar sedikit kekuningan



Kembali ke atas
BACA INI JUGA


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
Apple iPhone 6
Melunak dalam Keangkuhan
21
Oct 23 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.