TOP
REVIEWS
Review: Samsung Galaxy Note 10.1 N8000
Tablet Profesional Terdepan
Sep 14 2012 4:34PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.0
52
38380

Samsung Galaxy Note akhirnya hadir dalam bentuk full tablet, mengambil form factor 10.1 inci dan dinamakan Galaxy Note 10.1 N8000. Tablet seharga Rp. 6999.000 ini dilengkapi fitur-fitur dan spek yang luar biasa, sebut saja prosesor quadcore ARM Cortex A9 dengan clock 1.4 Ghz, RAM sebesar 2 GB, memori internal sebesar 16GB (dengan dukungan slot memori eksternal hingga 32 GB), kamera 5MP di belakang dengan dukungan perekaman video full HD 1080p & kamera 2 MP di depan, sistem Android 4.0 ICS, serta baterai berkapasitas 7000 mAH. Dan tentu saja yang paling diunggulkan adalah stylus S-Pen dan aplikasi S Memo-nya. Samsung mengklaim kalau Note 10.1 akan meningkatkan produktivitas dan kreatifitas penggunanya dari kalangan bisnis, desainer, pekerja seni, generasi muda hingga para orang tua. Apa betul?




Paket Penjualan

  • Dus
  • charger
  • kabel data model pin
  • handsfree model in-ear dengan earbuds dalam beberapa ukuran
  • ujung S Pen cadangan dan pencapitnya
  • kartu garansi
  • petunjuk penggunaan


Desain, Bodi dan Layar
Desain dan bodi dari Note 10.1 masih sangat khas Samsung Galaxy Tab, dengan sudut-sudut melengkung pada bezel, bentuk simetris, dan bagian belakang yang glossy. Dengan berat 600 gram, Note 10.1 sedikit lebih berat dari Tab 2 10.1, namun lebih tipis. Dengan letak speaker stereo, sekilas memang Note 10.1 mirip sekali dengan Tab 2 10.1, namun yang jelas desain dan finishing-nya terlihat lebih bagus dengan bahan-bahan yang kelihatan mahal. Namun harus diakui tablet Note 10.1 ini desain dan bodinya tidak sebagus Galaxy Tab 7.7 yang finishing dan feel-nya bisa dibilang paling bagus untuk ukuran tablet Samsung. Speaker Stereo dan letak kamera menandakan bahwa tablet ini penggunaan utamanya adalah landscape. Terlebih letak Stylus S Pen tersembunyi di bawah kanan, sama dengan Galaxy Note N7000. Untuk charging dan koneksi ke komputer sayangnya tidak menggunakan micro USB, melainkan menggunakan konektor ala Galaxy Tab yang terletak dibagian bawah. Di bagian atas ada slot micro SD, kartu SIM, tombol volume, tombol power, jack audio 3.5mm, serta port infrared (untuk remote control).









Menurut kami hal yang paling disayangkan dari Note 10.1 adalah layar yang hanya beresolusi 1280x800 piksel sehingga kepadatan layarnya hanya 149ppi. Resolusi layar yang sama dengan Note N7000, padahal lebar layarnya hanya setengahnya Note 10.1, membuat kepadatan layarnya unggul jauh. Padahal untuk ukuran tablet 10 inci, Apple New iPad sudah muncul dengan resolusi super besar 2048x1536 piksel. Ini membuat Note 10.1 layarnya terlihat kurang tajam, meski standar tablet Android 10.1 inci memang beresolusi segitu. Apalagi tablet 10 inci dengan layar 1920x1200 piksel sudah ada, yakni Acer Iconia Tab A700 (belum masuk Indonesia). Namun untuk hal lainnya jangan kuatir, dari tingkat kontras, sudut penglihatan, kecerahan, warna, layar Note 10.1 tergolong bagus, pastinya lebih bagus dari Tab 2 10.1. Jenis layarnya adalah PLS yang merupakan versi pengembangan Samsung dari IPS. Jenis layar ini digunakan di hampir seluruh tablet Samsung, kecuali Galaxy Tab P1000 (LCD TFT) dan Galaxy Tab 7.7 (SAMOLED). Ada beberapa mode layar yakni Dynamic, Standart dan Movie.


Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Antar Muka
Dengan Android 4.0 ICS, Note 10.1 menggunakan antarmuka ala Samsung, apalagi kalau bukan TouchWiz. Kali ini yang digunakan adalah versi terbaru, yang mirip dengan antarmuka pada Samsung Galaxy SIII. Untuk lockscreen, tablet ini memiliki fitur Face Unlock. Seperti Galaxy SIII, fitur Smart Stay pun hadir di Note 10.1, fitur yang berguna ketika Anda membaca dokumen misalnya. Huruf bisa diganti, huruf yang sudah ada dan bisa dipakai adalah Choco cooky, Helvetica S, Rosemary dan Default Font (Roboto). Tablet ini bisa digunakan dalam 4 arah. Ada efek suara gemericik air ketika Anda membuka aplikasi, mengunlock layar, seperti pada Galaxy S III.


Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Di bagian homescreen yang terdiri dari 5 halaman, Anda dapat menambahkan widget, application shortcut, wallpaper dan lain-lain seperti contact tertentu, setting tertentu dan lain-lain dengan menahan layar selama beberapa detik. Lalu menu search Google ada di ujung kiri atas, demikian pula dengan tombol Back, Home serta akses ke most recent apps dan akses screenshot berada di ujung bawah kiri layar, di area yang mirip taskbar pada Windows. ''Taskbar'' ini muncul di semua aplikasi, kecuali saat aplikasi fullscreen akan menghilang namun jika Anda menyentuh bagian tersebut akan muncul kembali. Semuanya dimaksudkan karena perangkat ICS pada umumnya tidak memerlukan tombol apapun di daerah sekitar layar sehingga taskbar diperlukan untuk kembali ke homescreen dan menu sebelumnya. Bar notifikasi juga ada di taskbar ini, yang berisi akses pintas WiFi, GPS, Profil, Rotasi layar dan Power Saving Mode serta informasi seperti jam, indkator sinyal dan baterai.

Menu utama memiliki 2 bagian utama yakni Apps dan Widget, selain itu ada akses pintas ke Google Play Store dan akses-akses untuk edit, uninstall, melihat downloaded types, view type, share app, hide app dan show hidden app di sebelah kanan atas. Menu tersusun secara horizontal, dengan 8x5 ikon aplikasi yang menjejali menu utama ini. Susunan ikon bisa semau Anda, maupun secara alfabetis. Anda juga bisa menyembunyikan aplikasi tertentu.



Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Input Teks, Kontak dan Messaging
Merasa layout keyboard tak sesuai dengan tangan Anda? Cubit saja area keyboard, maka akan ada opsi 3 mode layout: standar, floating dan split. Untuk keyboard dan metode input yang digunakan hanya ada Google voice typing dan Samsung Keyboard dengan fitur-fitur seperti input bahasa, prediksi teks, auto capitalization dan lain-lain. Selain itu sebagai alternatif ada juga handwriting recognition dengan memanfaatkan S Pen. Pengaturan handwriting mode antara lain recognition time, ketebalan pen, warna, tipe pengenalan tulisan dan guide untuk Anda yang pertama kali menggunakan metode ini.

Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Menu Kontak terbagi menjadi 3 bagian yakni grup, favorit dan all contacts untuk kemudahan pengelompokkan rekan Anda. Seperti perangkat Android lainnya, kontak dapat anda sinkronisasikan dengan akun Gmail, ChatOn, Facebook, Twitter dan lain-lain, namun Anda harus terlebih dulu menginstal aplikasi jejaring sosial tersebut.

Untuk messaging yang tersedia adalah SMS, MMS, email melalui Gmail dan akun lainnya, serta Instant Messenger berupa ChatOn, Google+ Messenger dan Google Talk. Tentu saja Anda dapat menginstal berbagai email client maupun aplikasi IM dari pihak ketiga.

Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery


Kamera dan Perekam Video
Sebagai tablet kelas atas, Note 10.1 dilengkapi dengan kamera 5MP untuk belakang dan 1.9MP (1392x1392) di depan. Untuk kamera blakang, fitur-fiturnya adalah LED flash, mode pemotretan, smile shoot, panorama, efek warna, tingkat eksposure, mode focus, timer, effect, white balance, ISO, metering, visibilitas luar ruangan, guideline, kualitas foto dan GPS tag. Tampilannya sama dengan smartphone/tablet Samsung lainnya, dengan akses pintas yang bisa diedit penempatannya. Fokus ke objek dapat dilakukan dengan menyentuh layar.


Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Hasil foto tergolong biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa baik foto indoor yang noise-nya cukup mengganggu, hasil fotonya agak kusam. Untuk hasil foto outdoor, hasilnya cukup natural. Klik foto-foto di bawah untuk melihatnya dalam resolusi aslinya.

Makro outdoor:

20120918_164929

Outdoor:

20120918_164857

20120918_164850

Indoor dengan flash:

20120918_164757

Indoor:

20120918_164749

Indoor makro:

20120918_164729

Untuk perekaman video, N8000 mampu merekam sampai 1280x720 piksel saja. Fiturnya antara lain flash, mode perekaman, efek warna, tingkat eksposur, white balance, visibilitas luar ruangan, guideline, kualitas video dan GPS tag. Tampilannya sama dengan smartphone/tablet Samsung lainnya, dengan akses pintas yang bisa diedit penempatannya. Seperti kamera, fokus ke objek dapat dilakukan dengan menyentuh layar, ketika tablet ini sedang merekam video.


Hasil perekaman video cukup bagus dengan bitrate 10000kbps dan framerate mencapai 30 frame per detik. Namun sayangnya tidak ada mode perekaman video full HD 1080p. Karena Anda bisa memfokuskan lensa saat merekam video, maka perekaman video makro dapat dilakukan. Video berdurasi 1 menit menghasilkan file sebesar 88MB. Silakan lihat video berikut:


Multimedia
Galeri foto dan video tertampil dalam galeri ala ICS, dengan thumbnail yang berukuran besar serta berlatar belakang hitam. Foto dapat Anda edit, dirotasi, di-crop melakukan seleksi, menambahkan efek dan masih banyak lagi. Foto juga dengan mudah bisa di-share via Bluetooth, ChatOn, Wifi Direct, Picasa, MMS, Google+, Gmail, Dropbox dan lain-lain. Foto dapat dikelompokkan berdasarkan lokasi dan waktu. Detil-detil gambar seperti model kamera, panjang fokal, ISO, eksposure dan data-data EXIF lainnya bisa dibaca.


Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Pemutar video adalah sebuah aplikasi tersendiri. Susunan video dapat dilihat dalam format list, folder, thumbnail, dengan format tersusun berdasarkan nama, tanggal, ukuran dan jenis. Format yang bisa dibaca cukup bervariasi, yang kami coba antara lain .mp4, .mkv, .wmv dan .avi.Untuk format .mov tidak terbaca. Subtitle format .srt terbaca dengan lancar, dengan beberapa pengaturan seperti sinkronisasi, ukuran huruf, bahasa dan pilihan subtitle. File video beresolusi 1080p jalan dengan lancar, baik dalam mode full screen, multiscreen atau mode pop up play. Ketika dalam keadaan mode Pop Up Play, Anda dapat melakukan zoom-in zoom-out dengan melakukan cubitan pada video. Video dapat Anda potong, di-edit, ataupun dibagikan melalui bluetooth, WiFi direct, email, jaringan sosial maupun Dropbox. Fitur-fitur lainnya adalah auto play next, tone warna, visibilitas luar ruangan, dan video auto off. Untuk suara stereo loudspeaker sangat berguna, suara yang keluar memiliki efek stereo yang sangat terasa. Untuk optimalisasi ada fitur SoundAlive dengan mode normal, voice, movie dan virtual 7.1 kanal.



Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery


Pemutar musik di N8000 ni tampilannya biasa-biasa saja, namun keluaran suara dari loudspeaker sangat kencang dan memiliki efek stereo yang terasa, berkat penggunaan speaker stereo di sisi kiri dan kanan pada bagian depan tablet. Untuk keluaran suara ada berbagai pilihan ekualiser SoundAlive yakni pop, rock, bass, vocal, virtual 7.1 channel, concert hall dan lain-lain ada disini. Seperti biasa lagu-lagu dikelompokkan berdasarkan album, artis, playlist, genre dan lain-lain, kategori yang tak Anda inginkan bisa disembunyikan. Lirik bisa dibaca ketika memutar lagu, juga bisa di-non aktifkan. Lagu dapat di-share, dijadikan ringtone. Juga ada fitur matikan lagu secara otomatis setelah melewati periode yang Anda tentukan (30 menit sampai 2 jam).

Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Konektivitas

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, GPRS dan EDGE kelas 12
  • HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dengan HSDPA maksimal 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
  • Bluetooth 4.0
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, dual-band, Wi-Fi hotspot
  • Port infrared (sebagai remote TV)
  • USB 2.0 dengan port model pin
  • aGPS



Web Browser
Browser bawaan Note 10.1 hanya bisa membuka maksimal 8 buah tab saja. Meski begitu masalah performa cukup bagus dalam membuka situs yang dipenuhi banyak konten baik itu gambar, video Untuk fitur-fitur tentunya sudah cukup bagus, ada tab incognito, bookmark, share,find, opsi untuk selalu menampilkan site desktop, save. Juga fitur dan opsi lain seperti cache, cookie, history, autofit, javascript encoding dan lain-lain. Untuk aksesibilitas banyak opsi yang bisa dipilih seperti skala teks, zoom, ukuran font terkecil yang ditampilkan, serta melakukan invert warna. Fitur Multiscreen yang sangat berguna juga hadir untuk browser.


Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery


Fitur-fitur Unggulan

S Pen
Note 10.1 dibekali dengan Stylus S Pen yang lebih besar, panjang dan tebal dibanding S Pen untuk Note N7000. Meskipun tetap lebih kecil dibandingkan kebanyakan pulpen, namun tentunya lebih nyaman digunakan daripada S Pen lama. Saat digunakan di atas layar pun gripnya berbeda, pada S Pen baru terasa lebih nge-grip dibandingkan dengan S Pen lama. Untuk melakukan screenshot Anda bisa menekan tombol di sisi S Pen lalu menahan stylus di layar selama beberapa detik. Hasil screenshot langsung dibawa ke menu Edit pada Gallery. Setelah menarik S Pen dari tempatnya, ada opsi untuk membuka aplikasi terkait seperti S Note, S Planner dan lain-lain. Di dalam paket penjualan Anda diberikan ujung pen cadangan dan pencapitnya agar Anda bisa mencabut ujung pen dari S Pen.





S Note
Pada dasarnya aplikasi ini adalah pengganti kertas memo bagi Anda, dapat ditulis dengan tangan Anda sendiri namun selayaknya kertas memo, tulis saja dengan S.Pen. Ada beberapa template tersedia yang berhubungan dengan bisnis, edukasi, Ideas dan lifestyle. Anda dapat menggambar maupun memberi warna dengan 4 jenis input: Pen, Kuas, Pensil dan Stabilo. Selain itu ada pilihan warna yang sangat banyak serta opsi untuk menambahkan gambar baik dari galeri, kamera, clip art, clipboard maupun map. Jika terjadi kesalahan ketika menulis atau menggambar, ada fitur eraser dan undo (serta redo). Background dapat Anda ganti dengan warna putih, memo bergaris-garis, kertas matematik, serta partitur nada. Tiap memo bisa Anda lock dan diberi kode PIN agar tidak bisa dibuka dan diedit orang lain. Gambar dapat Anda ekspor ke Gallery maupun di-share via SocialHub, AllShare, Picasa, Facebook dan sebagainya.



Ada juga fitur Productivity Tools, dengan masing-masing Formula Match, Shape Match dan Handwriting to Text. Formula match dapat secara otomatis mengenali rumus-rumus matematika yang Anda tulis di layar. Hasilnya kemudian bisa dicari melalui situs Wolfram Alpha, yang akan tampil di layar sebelah S Memo berkat fitur Multiscreen pada Note 10.1 ini. Shape Match secara otomatis mengenali bentuk geometri yang Anda gambar dan merapikannya. Contohnya, Anda menggambar lingkaran meskipun tidak bulat sempurna tapi fitur ini akan merapikan lingkaran tersebut menjadi benar-benar bulat. Satu lagi handwriting to text, seperti fitur handwriting recognition yang sudah ada sejak jaman PDA Windows Mobile, cukup memudahkan untuk Anda yang ingin menulis cepat. Di bagian atas ada bar pencarian yang juga menggunakan Wolfram Alpha dalam mencari kata yang Anda tulis.




Multiscreen
Fitur ini adalah fitur unggulan yang sangat berguna dan semakin mendekatkan kemampuan tablet dengan kemampuan PC Desktop. Dengan multiscreen yang menghadirkan real multitasking, Anda bisa nonton video beresolusi Full HD, sambil menggambar menggunakan S Memo, tidak ada lag yang terjadi. Lalu film bisa di-screenshot, dicrop dan dimasukkan ke S Note. Namun tidak semua aplikasi mendukung fitur multiscreen, fitur-fitur yang mendukung multiscreen sendiri antara lain: S Note, Video Player, Polaris Office, Gallery dan Email.


Photoshop Touch
Aplikasi dari Adobe yang versi desktopnya sangat populer untuk mengedit foto ini hadir di Note 10.1, dengan berbagai penyesuaian dengan kemampuan S Pen milik Note. Anda bisa mempergunakan fitur layer dan selection, melakukan adjustment seperti tingkat saturasi, kontras, kecerahan, mengganti warna, memasukkan efek HDR, tv monitor, tilt shift dan lain-lain. Memang aplikasi ini agak ribet digunakan, dikarenakan fitur yang bejibun mendekati versi desktop, namun untungnya ada tutorial yang sangat membantu.



Samsung Galaxy Note 10.1 N8000 Review Gallery

Hasil benchmarking

  • Quadrant Standard: 5207 poin
  • AnTuTu: 12303 poin
  • Nenamark2: 58,7 frame per detik
  • Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan
  • SunSpider: 1221,1 poin
  • BrowserMark: 163734 poin


Quadrant Standart


AnTuTu


NenaMark 2


Multitouch Tester


Sun Spider


BrowserMark


Daya tahan batere
Samsung Galaxy Note N8000 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 7000mAh. Dengan kondisi baterai sisa 30 persen, batere bisa bertahan dari jam 1 siang sampai jam 4 sore, menyisakan 8 persen. Pemakaian seperti berikut: tingkat kecerahan layar manual, hampir maksimal, menggunakan video dan musik sesekali, background data email tetap berjalan, koneksi via WiFi.


Kesimpulan
Pertama-tama, tablet ini harganya tergolong paling mahal dibanding tablet Android lainnya. Dengan harga Rp. 6999.000, harganya sangat bersaing dengan tablet populer Apple New iPad 32GB dengan jaringan selular. Tablet iOS itu memiliki dukungan game dan aplikasi yang sangat banyak serta layar 9.7 inci yang luar biasa bagus (baik ketajaman maupun kualitas), sedangkan Note 10.1 menang telak di faktor penggunaan untuk bisnis, desain dan produktivitas. S Memo dengan S Pen memang tidak dijumpai di tablet lain, namun jika Anda merasa tidak memerlukannya, Galaxy Tab 2 10.1 (Rp. 4,8 juta) dirasakan sudah cukup, apalagi perbedaan harga mencapai 2 juta lebih, meskipun pada Gtab 2 Anda tidak mendapat prosesor quadcore dan RAM 2GB, untuk lain-lainnya tablet itu mirip dengan Note 10.1. Ingin have fun dan bermain game? Pilih New iPad. Jika ingin layar bagus namun tidak suka iOS, ada Samsung Galaxy Tab 7.7 (Rp. 5.2 juta) yang memiliki layar SAMOLED+ dan build quality lebih baik, meskipun update OS nya kurang jelas. Pilihan ada di tangan Anda.


Kelebihan:

  • S-Pen, S Memo
  • Multiscreen Mode dan Pop Up Video
  • Codec video yang cukup lengkap
  • Performa yang sangat bagus dengan prosesor quadcore dan RAM 2GB
  • Loudspeaker stereo yang bertenaga dan berkualitas
  • slot micro SD

Kekurangan:

  • Harga mahal
  • Resolusi layar hanya 1280x800 piksel
  • tidak ada port micro USB standar
  • Desain mirip tablet yang lebih murah (Tab 2 10.1)



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
18
17 Apr 2014
95
11 Apr 2014
61
10 Apr 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Zenfone 6
Akan Datang
18
Apr 17 2014
Nokia X Dual SIM
Android Setengah Hati
95
Apr 11 2014
Sony Xperia E1 Dual
Ponsel Walkman Ringan, Ringan di Kantong
61
Apr 10 2014
Sony Xperia Z1 Compact
Powerful Tidak Harus Besar
52
Mar 28 2014
Xiaomi Mi3
Show Me Your Infinite Power
29
Mar 20 2014
Aplikasi Museekr
Game Cross Platform Wajib untuk Pecinta Musik
1
Mar 19 2014
Iware Tyrex Screen Protector
Pelindung Layar Super Keras
9
Mar 18 2014
Asus Google Nexus 7 (2013)
Naik ke Kelas Premium
17
Feb 28 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.