TOP
REVIEWS
Review: ZTE Light Plus Tab
Tablet 3G Terjangkau
Sep 10 2012 3:14PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
7.2
8
18693

ZTE Light Plus Tab adalah Tablet ZTE yang menyempurnakan kemampuan ZTE Light lama pada layar sentuhnya menjadi layar sentuh kapasitif, pemakaian DOLBY Surround 3.0, Dual Camera (depan VGA dan belakang 3MP), dan system operasi Android 2.3 Gingerbread. Tidak hanya itu, tablet HSDPA berlayar 7 inci (resolusi 1024x600) ini sudah dilengkapi prosesor 1GHz, RAM 512MB, storage 8GB dengan slot micro SD. Untuk konektivitas Light Plus Tab menggunakan 3.5G, WiFi, Blutooth 2.1 dan GPS. Tablet ini dilengkapi removable battery Lithium Ion sebesar 3400mAh. Dibanderol Rp. 2,3 jutaan, bagaimana performa dan impresi terhadap tablet 3G yang tergolong murah ini?




Paket Penjualan

  • Batere 3400 mAh
  • Charger
  • Kabel Data
  • Headset standar
  • Petunjuk Penggunaan
  • Kartu Garansi


Desain dan Bodi
Secara umum bisa dikatakan desain dan bodi tablet ini mirip dengan Samsung Galaxy Tab 7 inci yang pertama (P1000) namun desainnya lebih simpel. Dengan bodi belakang dan samping berbahan karet doff, Tablet ini enak dan nyaman digenggam meskipun agak tebal. Bagian layar di muka tentu merupakan panel glossy. Tablet ini speakernya ada dua buah dan berada di samping kiri-kanan sehingga memberi efek stereo yang cukup terasa. Port micro USB dan jack audio 3.5 mm ada di bagian samping, untuk slot micro SD dan kartu SIM ada di balik cover belakang. Batere bertipe removable, hal yang jarang dijumpai untuk tablet.









Layar
Dilengkapi layar 7 inci beresolusi 1024x600 piksel, sayangnya layar ZTE Light Plus Tab ini kurang bagus. Layarnya sangat kebiruan, dan tergolong gelap, sehingga untuk melihat dengan jelas Anda perlu menggunakan tingkat kecerahan yang tinggi. Sudut penglihatan juga kurang bagus. Untuk resolusi tidak masalah, resolusi 1024x600 piksel yang digunakan adalah standar untuk tablet 7 inci. Kepadatan piksel adalah 170 piksel per inci.


ZTE Light Plus Tab Review Gallery

Input teks, kontak dan messaging
Untuk keyboard dan metode input yang digunakan ada TouchPal keyboard , XT9 Text Input dan Android Keyboard dengan fitur-fitur standar seperti auto capitalization, vibrate, sound, popup, show setting key, auto correct, suggestion.




Kontak kurang lebih sama saja dengan perangkat Android lainnya, menjadi satu dengan dialer, call log. Lalu ada fitur favorite dan Groups. Bisa disinkronisasikan dengan akun Google, Facebook, Twitter dan akun online lainnya untuk mempermudah sinkronisasi phonebook dari akun lain Anda.


Untuk messaging yang tersedia adalah SMS, MMS, email melalui Gmail dan akun lainnya, serta Instant Messenger berupa Google Talk. Tentu saja Anda dapat menginstal berbagai email client maupun aplikasi IM dari pihak ketiga seperti WhatsApp, LINE, Viber dan sebagainya.

ZTE Light Plus Tab Review Gallery


Antar Muka
Antar muka tablet ZTE ini merupakan bawaan Gingerbread dengan sedikit sentuhan seperti di lockscreen dan beberapa ikon di bagian bawah. Antar muka dengan OS yang masih Gingerbread ini tentu merupakan kelemahan, karena lebih cocok untuk smartphone. Antar muka ZTE Light Plus ini bisa 4 arah, kita memegang tablet dengan posisi atas, bawah, kiri, kanan layar tetap mengikuti, mulai dari homescreen, layar sewaktu di-lock, menu utama dan beberapa menu. Homescreen terdiri dari lima halaman,bisa dipasang Live Wallpaper. Menu utama dengan latar belakang hitam dan tampilan menu vertikal kebawah dalam 4 kolom, khas bawaan Gingerbread. Bar notifikasi-nya pun sama saja, hanya ada pemberitahuan notifikasi dan nama operator selular. Performanya sendiri tergolong biasa, kadang-kadang ada lag.





Kamera dan Perekam Video
Kamera beresolusi 3MP dengan auto focus turut menyertai ZTE Light. Antarmuka kamera sangat sederhana dan standar Android, dengan pilihan-pilihan pengaturan yang tidak banyak. Hanya ada antara lain: Focus Mode, Exposure, Resolusi (3MP, 2MP, 1MP, QVGA), Kualitas gambar (, Color effect, ISO, Anti Banding, Saturation, Contrast dan Sharpness level. Selain itu ada pilihan untuk mengaktifkan lokasi menggunakan GPS, White balance (auto, incandescent, daylight, fluorescent, cloudy) serta zoom (digital zoom). Touch to focus tidak tersedia, jadi fokus dilakukan ketika Anda menekan tombol kamera pada layar.



Hasil kamera tergolong tidak begitu bagus, tapi berhubung ini hanya tablet dimana kamera sebetulnya kurang penting, maka bisa dimaafkan. Lagipula foto dokumen bisa dimungkinkan berkat adanya autofokus dan mode makro.

Outdoor:

IMG_20120912_045317

Indoor:

IMG_20120912_045253

IMG_20120912_045220

Indoor Macro:

IMG_20120912_045211

Perekam video beresolusi maksimal VGA dengan fitur Color effect, Resolution lalu ada encoded video dalam format (Mpeg4, H263 atau H264) lalu codec suara (AMRNB, QCELP, EVRC dan AAC). Rekaman video dibatasi sampai dengan 30 menit. Selanjutnya White Balance, dan kualitas video. Sayangnya perekaman video tidak punya fitur autofokus sehingga Anda tidak bisa merekam video dengan mode makro



Hasil perekaman video pun tidak istimewa. Bitrate hanya 2000kbps, dengan framerate 14 frame per detik, menghasilkan video yang terpatah-patah. Tentunya irit storage, 1 menit video hanya menghasilkan file sebesar 15MB.


Multimedia
Galeri yang dipakai adalah galeri 3D bawaan Android. File gambar dan video sama-sama masuk ke dalam galeri.Untuk melakukan browsing foto cukup cepat dan lancar. Pinch and zoom dapat dilakukan, Kita dapat langsung mengupload / share foto melalui MMS, Twitter, email, Facebook, Picasa, Bluetooth dan Gmail. Lalu gambar yang ada bisa dijadikan wallpaper, di crop, atau diputar.


ZTE Light Plus Tab Review Gallery


Tablet ini punya aplikasi Video, namun tidak memiliki banyak fitur, hanya ada fitur Dolby Mobile saja. Namun karena speakernya dua, keluaran suara tablet ini cukup bagus baik saat memutar video musik ataupun film. Ada dua pengaturan Dolby yakni Dolby Movie dan MTV. Masing-masing memiliki pengaturan tersendiri seperti Pop, Rock, Jazz, Sports, Drama, Action dan sebagainya. Anda juga bisa mengatur ekualiser sendiri. Untuk file video yang bisa diputar sayangnya hanya terbatas pada .mp4 saja. File mp4 dengan resolusi 720p terbaca dengan lancar. Untuk file avi bisa dicoba dengan aplikasi MX Player (gratis di PlayStore), namun untuk file mkv 720p masih kurang lancar, meskipun dengan opsi software rendering tergolong masih bisa ditonton.




Pemutar musik pada ZTE Light Tab Plus adalah standar Android yang dilengkapi dengan Dolby. Anda dapat dengan mudah melakukan navigasi mencari lagu, dengan pengelompokkan: Artist, Albums, Songs, Playlist dan Now Playing. Ditambah dengan speaker eksternal yang sudah stereo, keluaran suara juga cukup keras dan enak didengar untuk ukuran perangkat mobile, mengenai Dolby pada speaker, terasa sekali bedanya antara aktif dan tidaknya Dolby Mobile. Ketika diaktifkan terasa suara lebih nyaring dan stereo lebih terasa. Apalagi jika anda memakai headset. Mengenai Dolby Mobile, seperti pada pemutar video, ada settingan equalizer dimana ada beberapa equalizer bawaan serta dua settingan equalizer yang bisa kita custom sendiri. Untuk memutar radio kita harus mencolokkan headset sebagai antena radio.


ZTE Light Plus Tab Review Gallery


Konektivitas
Tablet ini bisa digunakan untuk menelepon tanpa menggunakan headset, meskipun tidak ada earpiece, sehingga suara lawan bicara Anda keluar dari loudspeaker. Konektivitas lain selain 3.5G adalah WiFi, kabel data micro USB dan Bluetooth.



Web Browser
Browser mendukung sampai 8 tab berbeda. Situs fullsite dapat dibuka dengan lancar dan agak lag ketika bernavigasi, sempat freeze saat membuka situs TeknoUp versi desktop. Fitur-fitur browser bawaan ini antara lain bookmark, share, find dan lain-lainnya seperti homepage, form auto-fill, cache, history, cookies, password, ukuran teks dan zoom, javascript, plugin, dan lain-lain.


ZTE Light Plus Tab Review Gallery


Hasil Benchmark

  • Quadrant Standart: 1951 poin
  • Antutu benchmarking: 3008 poin
  • Mutitouch Tester: Maksimal 5 sentuhan sekaligus
  • NenaMark2: 20.2 frame per detik
  • SunSpider: 4117.7ms
  • BrowserMark: 44355 poin







Daya Tahan Batere
ZTE Light Plus Tab dibekali batere dengan kapasitas 3400 mAH. Daya tahannya sendiri lumayan baik, bisa tahan seharian jam kerja jika online terus menerus. Untuk charging baterai cukup lambat, setengah jam hanya bertambah 5-10%, jadi jika mau ditinggal tidur tidak masalah. Plusnya, baterenya removable sehingga Anda bisa menggunakan batre cadangan.


Kesimpulan
Seperti kebanyakan tablet dengan harga murah, layar adalah kekurangan utama ZTE Light. Kurang cerah, cenderung kebiruan dan viewing angle buruk. Pesaing utama ZTE Light Plus Tab yang sudah kami review adalah Tabulet Troy 2 (Rp. 1949.000). Tablet 3G ini sudah ICS. Performa baik antar muka serta multimedia-nya cukup baik, namun layarnya beresolusi lebih kecil, hanya 800x480 piksel saja (sama-sama 7 inci).


Kelebihan:

  • layar 1024x600 piksel
  • stereo loudspeaker berkualitas
  • kamera ada autofokus
  • 3G, bisa menelpon

Kekurangan:

  • layar kebiruan
  • sudut pandang layar buruk
  • charging baterai perlu waktu lama
  • masih menggunakan Android 2.3 Gingerbread



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Sony Xperia E3 Dual
Akan datang
11
Nov 27 2014
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
46
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
15
Oct 31 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.