TOP
REVIEWS
Review: ZTE Skate V960
Layar Terbesar di Kelasnya
Sep 10 2012 2:20PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
7.7
15
22378

Meskipun saat ini banyak sekali smartphone Android yang memiliki spesifikasi menggiurkan, namun tentunya smartphone tersebut tidak bersahabat dengan kantong. Dan juga meskipun tersedia smartphone Android dengan harga yang terjangkau, tidak dibarengi dengan ukuran layar yang bersahabat dengan mata. Kali ini kami akan mereview smartphone Android dari vendor ZTE yaitu ZTE Skate. Ponsel ini memiliki keunggulan di ukuran layar yang luas (4.3-inci) di range harga yang terjangkau (dibawah dua jutaan). Kira-kira sesuaikah harga dan kemampuan dan performa yang dimiliki smartphone ini? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Dual band GSM 900/1800 MHz, UMTS 2100 MHz
  • Layar sentuh TFT WVGA 4.3-inci (480 x 800 piksel, ~217 ppi)
  • RAM 512MB, Internal Storage 150MB
  • Kamera 5MP (2592 x 1944 piksel) autofokus LED flash
  • OS Android v2.3 Gingerbread
  • Prosesor single core ARMv6 800 MHz, GPU Adreno 200
  • Baterai Li-Ion 1400 mAh

Paket Penjualan

  • Handset ZTE Skate
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
ZTE Skate memiliki ukuran bodi yang cukup besar yakni 126.5x68x11.2 mm dengan bobot 140 gram. Tapi dimensi ini bukan tanpa alasan, karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, ponsel ini memiliki ukuran layar yang besar di kelasnya yakni 4.3-inci dengan resolusi WVGA (480x800 piksel) hasilnya, tampilan layar terlihat bagus dan tajam meskipun sudut pandang dan tingkat kontras hanya terbilang cukup saja.

ZTE mengatakan desain ponsel ini terinspirasi dari bentuk skate board, namun menurut kami yang benar-benar berciri papan skate adalah bagian ujung bodi ponsel yang agak mengangkat keatas. Material yang digunakan seluruhnya terbuat dari plastik berwarna hitam full glossy. Kualitas bodi terbilang baik karena saat digenggam terasa kokoh dan plastik yang digunakan juga cukup tebal.



Bagian muka terdapat sensor cahaya dan proximity, earpiece, layar 4.3-inci, tiga buah tombol fisik fungsi Android (home, menu, back). Tombol back disini juga berfungsi sebagai indikator notifikasi (satu-satunya tombol ber-backlight). Bagian belakang terisi dengan kamera 5MP, led flash, dan sebuah speaker. Bagian kiri ponsel terisi dengan tombol lock/power, dan port microUSB. Bagian kanan hanya diisi dengan tombol volume. Bagian atas diisi dengan port headset 3.5mm sedangkan bagian bawah diisi sebuah mic.





ZTE Skate V960 Review Gallery

Antar Muka
ZTE Skate masih menggunakan Android versi 2.3.5 Gingerbread dengan tampilan antar muka stok tanpa adanya personalisasi dari ZTE. Karena stok, tampilan lockscreen hadir dengan standar Gingerbread dengan dua buah slider di kiri dan kanan, kiri untuk membuka layar, sedangkan kanan untuk menonaktifkan suara.


Masuk halaman homescreen, anda dapat menempatkan berbagai item seperti widget ke lima halaman yang tersedia dimana jumlahnya fixed tidak dapat ditambah atau dikurangi. Bagian bawah terdapat tiga buah ikon yakni ikon home, drawer aplikasi dan browser yang memiliki posisi tetap saat menggeser homescreen. Jika anda menahan tombol drawer aplikasi maka akan dimunculkan overview dari semua halaman homescreen. Begitu juga jika anda menahan tombol home maka akan ditampilkan recent apps.



Tampilan jendela notifikasi tentu saja standar Android saja tanpa ada jalan pintas hanya ada informasi operator saja. Masuk ke drawer aplikasi ikon-ikon yang ada disusun dalam satu halaman saja memanjang kebawah ditemani layar belakang hitam solid. Posisi ikon juga tidak dapat diubah, tersusun secara alfabetis.



Saat kami menjelajah bagian-bagian menu, performa ponsel ini tidak terlalu baik kami merasakan lag-lag pada animasi pergerakan meskipun tidak begitu parah.

Keyboard disediakan dua macam dalam kondisi default yakni Android keyboard dan TouchPal keyboard. TouchPal keyboard ini memiliki fitur yang sangat lengkap yang mungkin membuat anda bingung saat pertama kali memakainya. Karena layar yang lebar dan layar sentuh yang cukup baik maka pengetikan dapat dilakukan dengan baik tanpa kendala.



Contacts dan Messaging
Menu ini berisi lima tab (phone, call log, contacts, favorites, groups) di bagian atas dan tiga ikon menu di bagian bawah (option, add new, dan search). Meskipun bar abjad tidak hadir tapi digantikan oleh invisible bar yang membuat pergerakan (atas/bawah) lebih cepat. Jika anda menyentuh ikon gambar di entry maka akan ditampilkan menu cepat untuk memilih jenis panggilan yang akan dilakukan apakah telepon atau sms. Terlebih dengan sinkronisasi akun online, maka informasi kontak anda akan lebih lengkap lagi.




Untuk menu messaging hadir standar tanpa adanya hal yang baru.



Kamera
Meskipun tanpa kehadiran kamera sekunder, tapi satu-satunya kamera di ZTE Skate ini sudah beresolusi 5MP (2592 x 1944 piksel) dengan kemampuan autofokus dan led flash. Antar muka yang digunakan masih standar Android saja yang menyediakan cukup banyak pilihan pengaturan.



Hasil pengambilan gambar dalam ruangan terlihat baik dengan menampilkan warna yang cerah dan tajam meskipun tanpa menggunakan flash. Justru jika menggunakan flash terlebih mengambil gambar suatu objek dekat maka hasilnya akan buruk, karena kekuatan cahaya led flash yang terlampau powerful.



Hasil pengambilan gambar di luar ruangan juga bagus, gambar terlihat tajam dan detil, warna juga cukup cerah. Sayangnya tidak terdapat fitur touch-to-focus sehingga lensa sendiri yang akan memilih objek fokus yang didapat. Hasil asli dapat diunduh disini.



ZTE Skate V960 Review Gallery

Perekam Video
Perekaman video mentok di resolusi VGA (640 x 480 piksel) saja, durasi pun dibatasi maksimal hanya 30 menit. Yang disayangkan lagi, anda tidak bisa menggunakan flash yang ada untuk membantu penerangan. Hasil perekaman video kamera akan disimpan dalam format MP4. Kualitasnya tidak terlalu baik, video terlihat agak patah-patah meskipun warna yang ditampilkan cerah dan berwarna.



Multimedia
Gallery tampil seperti gallery Android pada umumnya dengan tampilan 3D, foto dan video akan dikategorikan sesuai lokasi penempatan. Terdapat juga beberapa pilihan lain seperti crop, rotate, share, dll. Tidak ada hal baru yang ditawarkan. Berbeda dengan performa di antarmuka, performa pergerakan di gallery ini terasa lancar.




Konten video dapat diputar melalui gallery atau aplikasi Video terdedikasi. Namun jika memutarnya di aplikasi terdedikasi tidak muncul thumbnail sehingga anda hanya dapat mengetahui konten video berdasarkan nama file saja. Baik pemutaran via gallery atau aplikasi video, hanya tombol standar saja (prev, play/pause, next) yang muncul tanpa kehadiran fitur lain. Untuk format juga terbatas hanya MP4 dengan resolusi maksimal VGA.



Di menu pemutar musik kami juga tidak menemukan hal yang baru, semua hadir dengan standar Android saja, tanpa kehadiran fitur equalizer dan lainnya. Untuk speaker terbilang kencang namun jika di atur ke posisi maksimal maka keluaran suara terdengar agak sember tidak jernih.



Fitur radio juga tampil sederhana tidak banyak fitur. Seperti biasa jangan lupa mencolokkan headset jika ingin menggunakan fitur ini.



Browser
Browser basic Gingerbread hadir di ZTE Skate. Anda dapat melakukan browsing tab banyak hingga maksimal 8 tab sekaligus. Performa browser ini terbilang kurang baik jika digunakan untuk membuka situs versi desktop. Proses pergerakan halaman dan zooming agak terasa lag yang cukup mengganggu. Terlebih tidak adanya dukungan konten flash.





Hasil tes html5


Hasil tes sunspider


Konektivitas
Ponsel ini lebih diutamakan digunakan di dalam negeri karena hanya mendukung jaringan dual band GSM saja. Konektivitas lokal seperti WiFi 802.11 b/g, Bluetooth v2.1, A-GPS, microSD, microUSB juga hadir di ponsel ini.


Benchmarking

  • Quadrant Standard: 595 poin
  • AnTuTu Benchmark: 1475 poin
  • NenaMark2 : 5.5 fps
  • MultiTouch Tester: maksimal 5 sentuhan
  • CamSpeed: 334 poin (Shutter Time), 1316 poin (Image Time), 1252 poin (Focus Time)

ZTE Skate V960 Review Gallery

Daya Tahan Baterai
Dengan chip prosesor yang kurang powerful maka baterai sebesar 1400 mAh yang dimiliki ZTE Skate ini cukup menghidupi ponsel hingga seharian penuh dalam penggunaan normal. Dikatakan ponsel dapat stand by hingga 288 jam dan melakukan pembicaraan hingga 5 jam. Meskipun begitu harus diperhatikan karena layar yang berukuran besar, jika pengaturan brightness maksimal dapat lebih cepat memperpendek daya tahan baterai.


Kesimpulan
Adakah ponsel lain yang menawarkan ukuran layar 4.3 inci di range harga dibawah 2 juta? Kami rasa belum ada, bisa dibilang ZTE Skate lah yang memberikannya. Namun sayang performa ponsel secara keseluruhan bisa dibilang pas-pas an. Karena selain prosesor yang hanya bertengger di 800 MHz, kapasitas memori internal pun kecil hanya 150MB. Kami dapat mengatakan ponsel ini hanya cocok bagi pengguna biasa/pemula Android, bukan penggila yang senang menginstall aplikasi-aplikasi terkini. Terlebih sistem operasi yang digunakan masih Gingerbread (tanpa kejelasan akan update), sudah cukup jauh tertinggal dimana manufaktur lain di range harga ini sudah menawarkan Android ICS 4.0 atau setidaknya dijanjikan update. Ya, jika anda memang mencari ponsel berlayar lebar tanpa perlu spesifikasi dan performa yang wah , ZTE Skate patut dipertimbangkan sebagai ponsel anda selanjutnya.

Kelebihan

  • Layar besar di harga yang terjangkau
  • Kualitas material yang baik
  • Performa kamera yang bisa diandalkan

Kekurangan

  • Performa ponsel pas-pas an
  • Memori internal kecil
  • Android Gingerbread



Kembali ke atas


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Peel iPhone 6 and iPhone 6 Plus Super Thin Case
Memberikan keamanan lebih yang tidak terlihat pada iPhone Anda
0
Nov 14 2014
Noreve iPhone 6 and iPad Mini Premium Leather Case
Memberikan kesan Mewah pada iPhone Anda yang makin 'berharga'
0
Nov 14 2014
Sony Xperia M2 Aqua
Penyelam di Kelas Menengah
22
Nov 13 2014
Sony Xperia Z3 Compact
The Little Cobra
44
Nov 11 2014
Stave iPhone 5 dan iPhone 6 Hardwood Case
Memberikan kesan natural pada iPhone Anda
0
Nov 7 2014
Nokia Lumia 730 Dual SIM
Ponsel Selfie Rasa Windows Phone
51
Nov 5 2014
LG G3 Stylus
Tampil Premium dengan Stylus
15
Oct 31 2014
Elago S6 Outfit MATRIX iPhone 6 Case
Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi
0
Oct 24 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.