TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia acro S LT26w
Ketika Multimedia dan Ketangguhan Menyatu
Sep 04 2012 10:04AM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
9.6
112
88172

Teknokerz sudah mengenal ponsel Xperia tahan air Xperia go? Tidak puas ingin ponsel juga tahan air namun dengan spesifikasi yang tinggi? Inilah jawaban Sony ke anda yakni smartphone Android Xperia acro S. Meskipun memiliki tingkat sertifikasi yang lebih rendah (IP-57) dari Xperia go (IP-67), tapi bisa dibilang inilah ponsel tahan air pertama yang memiliki spesifikasi kelas atas. Dibanderol dengan harga 5 jutaan, layakkah ponsel ini untuk dibawa pulang? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • Quadband GSM (850 / 900 / 1800 / 1900) & HSDPA (850 / 900 / 1900 / 2100)
  • Sertifikasi IP-57 tahan air (1 meter 30 menit) dan debu IP-55
  • Layar sentuh kapasitif LED-backlit LCD 4.3 -inci 720 x 1280 piksel (~342 ppi)
  • Memori internal 16 GB, RAM 1 GB, microSD hingga 32GB
  • Kamera utama 12 MP (4000x3000 piksel) autofokus dengan LED flash
  • Kamera sekunder 1.3 MP
  • Android Ice Cream Sandwich 4.0
  • Prosesor Qualcomm MSM8260 Snapdragon Dual-core 1.5 GHz Scorpion; GPU Adreno 220
  • Baterai Lithium Ion 1910 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Xperia acro S
  • Kepala Charger
  • Kabel data
  • Headset in-ear
  • Charging dock
  • Manual
  • Kartu garansi


Desain dan Bodi
Dilihat ponsel ini memiliki dimensi yang bongsor yakni 126.0 x 66.0 x 11.9 mm dengan bobot yang cukup berat 147 gram. Desain yang diusungnya terlihat simpel dan rapi dimana semua port ditutup dengan pintu berkaret yang berguna juga untuk mencegah masuknya air kedalam ponsel, karena ponsel ini memiliki keistimewaan tahan terhadap siraman air dan semburan debu. Bagian kaca depan juga dikatakan tahan akan goresan, terlebih Sony berbaik hati sudah memasangkan antigores untuk keamanan yang berlapis. Xperia acro S berdesain unibodi, sehingga terdapat banyak slot disekeliling ponsel. Material yang digunakan terbuat dari plastik yang cukup berkualitas, karena saat digengam bodi ponsel terasa kokoh dan tidak terasa murahan.



Pada bagian muka terdapat lampu led notifikasi, sensor cahaya dan proximity, earpiece, kamera sekunder, layar 4.3-inci, tiga tombol kapasitif (back, home, option), serta mic. Bagian belakang diisi sebuah speaker, kamera utama, led flash, dan mic kedua.




Bagian kiri ponsel terdapat tombol lock/power, tombol volume dan tombol kamera (two-step). Bagian kanan ponsel terdapat slot microSD, kartu SIM berukuran normal, serta konektor untuk docking. Bagian atas terlihat penuh dengan tiga pintu microUSB, headset 3.5mm, dan port HDMI. Untuk bagian bawah hanya terdapat tempat untuk mengkaitkan strap/aksesoris yang dapat diakses dengan membuka plate bagian bawah.

Sony Xperia acro S LT26w Review Gallery

Satu-satunya yang terlihat ringkih di ponsel acro S ini adalah bagian tray kartu SIM yang bermaterial plastik tipis dan menempel di bodi.


Layar
Urusan layar Xperia acro S memiliki ukuran dan resolusi layar yang sama dengan yang dimiliki Xperia S. Sama-sama berukuran 4.3-inci dengan resolusi HD 720 x 1280. Hanya saja terdapat perbaikan dilayar Xperia acro S, warna hitam kini terlihat lebih gelap seperti milik layar HTC One x. Untuk derajat kemiringan sudut pandang cukup baik. Dengan ditanamkannya teknologi BRAVIA engine, pastinya tampilan foto dan video anda akan lebih hidup di ponsel ini.

Antar Muka
Karena sudah menggunakan Android versi 4.0 ICS, tampilan antar muka di handset Sony ini agak berbeda. Untuk lockscreen dan homescreen masih terlihat sama dengan versi sebelumnya. Lockscreen terdapat dua slider kiri untuk membuka kunci dan kanan untuk masuk ke menu kamera. Dengan menggeser jam di lockscreen ke arah kiri maka akan memunculkan mini music player untuk akses yang cepat dan mudah.


Lima halaman homescreen dapat diisi dengan berbagai item seperti widget, shortcut, folder dan lainnya. Untuk memasukan item ke widget atau hanya sekedar ingin mengganti themes atau wallpapaper, anda cukup menahan area kosong di homescreen maka sebuah bar akan muncul dibagian atas, dimana sebelah kiri untuk wallpaper dan themes dan sebelah kanan untuk widget, shortcut, folder.



Tampilan jendela notifikasi, standar bawaan Android ICS saja tidak ditemukan perubahan. Masuk ke drawer aplikasi maka ikon-ikon aplikasi terjejer dengan formasi 5 x 3 dengan kemampuan untuk sorting berdasarkan kategori atau ingin mengatur sendiri posisi ikon tersebut. Untuk memunculkan daftar recent apps cukup menahan tombol kapasitif home. Dengan prosesor 1.5GHz maka kami tidak menemukan adanya lag saat menjelajah halaman-halaman menu.




Layaknya ponsel Sony lain, untuk urusan input teks masih setia dengan menyediakan pilihan Xperia keyboard dengan dukungan berbagai bahasa. Karena layar acro S besar, maka bukan menjadi masalah untuk melakukan proses pengetikan di layar ponsel baik meskipun anda memiliki ukuran jari yang besar sekalipun. Sebagai ganti Swype, Xperia keyboard menyediakan pilihan input gesture yang berfungsi sama dengan keyboard Swype.



Sony Xperia acro S LT26w Review Gallery

Contacts
Menu contact tampil sedikit segar dengan empat tab submenu dibagian atas (contacts, phone, favorites, groups), bar abjad disebelah kanan dan tombol search dan add new di bagian bawah. Dengan kehadiran kamera sekunder maka anda dapat melakukan panggilan video dengan acro S terlebih kehadiran mic kedua yang berfungsi sebagai fitur noise-cancellation, sehingga anda dapat melakukan panggilan dengan kualitas yang baik meskipun berada di lingkungan yang ramai.




Menu messaging tampil identik dengan ponsel Sony lainnya, namun dengan beberapa tambahan tombol-tombol kecil seperti melampirkan lokasi, notes, kamera, dan gambar.




Kamera
Inilah salah satu keunggulan utama ponsel Xperia acro S, yaitu kamera utama dengan resolusi besar 12 MP (4000x3000 piksel) ditemani kemampuan autofokus dan flash, fitur andalan Sony Exmor R untuk mobile juga hadir persis seperti yang dimiliki ponsel Xperia S. Antarmuka menu kamera ini sama seperti ponsel Xperia terbaru lain. Terdapat pilihan mode pengambilan gambar (scene recognition, normal, front camera, 3D sweep panorama, 3D sweep multi angle, sweep panorama), face dan smile detection, dan lainnya. Tidak ketinggalan kemampuan mode quick launch untuk mengambil gambar secara cepat tanpa harus membuka kunci layar.





Hasil pengambilan gambar indoor terlihat baik, tidak banyak noise yang muncul, gambar cukup detil , namun jika tanpa flash gambar terlihat agak pucat kurang berwarna. Kami merasakan jika sedang melakukan pengambilan gambar dalam ruangan dan tanpa flash, sensor fokus kamera kurang dapat bekerja dengan baik, sehingga sering menghasilkan gambar yang blur.


Hasil pengambilan gambar outdoor gambar terlihat detil, cukup cerah dan berwarna tanpa ada masalah. File hasil asli dapat diunduh disini.


Sony Xperia acro S LT26w Review Gallery

Perekam Video
Dengan resolusi kamera 12 MP tentu saja anda dapat melakukan perekaman hingga resolusi Full HD 1080p. Kamera sekunder juga dapat melakukan perekaman hingga resolusi HD 720p 30fps. Hasil perekaman akan disimpan dalam format MP4. Tidak ada kendala dalam melakukan perekaman video, semua berjalan dengan baik,lancar dengan kualitas yang baik pula.



Multimedia


Menu gallery yang biasanya ditemukan di ponsel android berganti nama menjadi album di acro S. Tampilannya pun berbeda dengan biasanya yang kita lihat. Terdapat tiga tab diatas (picture, map, online). Secara default kumpulan foto dan video dikategorikan berdasarkan waktu (bulan) pengambilannya. Dapat juga diubah ke kategori berdasarkan lokasi penyimpanannya. Performanya cepat, rendering gambar dapat dilakukan dengan mulus.




Untuk pemutaran konten video, terdapat aplikasi terdedikasi bernama movies. Tampilannya profesional dan menarik dengan dukungan tambahan informasi dari layanan Gracenote. Anda dapat memutar bermacam format video disini seperti mp4, 3gp, avi, mkv, mov, wmv, m2ts, kecuali flv. Namun sayang tidak terdapat banyak pengaturan disini, saat pemutaran video saja hanya terdapat tombol play/pause meskipun untuk memajukkan/memundurkan video dapat dilakukan dengan bar durasi.





Untuk urusan musik terdapat Walkman player yang sudah dapat diandalkan kemampuannya. Sebenarnya tidak banyak perubahan antara Walkman player ini dengan music player bawaaan ponsel Sony Xperia lain (seperti ion atau sola, dsb) hanya terdapat beberapa polesan kecil. Antarmukanya masih terlihat menarik dan intuitif. Terdapat dukungan informasi dari layanan Gracenote, pengkategorian lagu berdasarkan mood (SensMe), visualizer, equalizer dengan fitur clear bass, playlist teman, dan lainnya. Untuk kualitas speaker, keluaran suara terdengar cukup kencang karena ponsel ini sudah ditanamkan fitur xLOUD, meskipun terkadang agak tajam terdengar di volume maksimal.



Sony Xperia acro S LT26w Review Gallery

Tidak ketinggalan fitur klasik radio fm sebagai alternatif hiburan.




Browser
Browser ICS hadir dengan sempurna di acro S, karena mendapat bantuan dari ukuran dan resolusi layar, serta kemampuan prosesor yang baik sehingga semua kelebihan dan nilai tambah dari browser bawaan Android ICS dapat dinikmati oleh pengguna. Anda dapat melakukan browsing dengan tab banyak hingga 16 tab sekaligus, dukungan konten flash (menginstall dahulu flash player). Proses rendering dan zooming pastinya tidak menjadi masalah di browser ini.




Saat kami melakukan test html5 browser acro S mendapat poin 310 dengan 3 bonus poin, untuk Sunspider 1955.6ms (semakin kecil semakin bagus).



Konektivitas
Semua jenis konektivitas saat ini hadir di acro S, seperti dukungan Quadband GSM dan HSDPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0, NFC, A-GPS GLONASS, microHDMI, microSD hingga 32GB, dan microUSB v2.0, USB On-the-GO. Xperia acro S juga salah satu perangkat yang memiliki sertifikasi PlayStation.


Benchmarking

  • Quadrant Standard: 3141 poin
  • AnTuTu Benchmark: 6859 poin
  • NenaMark2 : 37,9 fps
  • MultiTouch Tester: maksimal 10 sentuhan
  • CamSpeed: 328 poin (Shutter Time), 640 poin (Image Time), 1449 poin (Focus Time)

Sony Xperia acro S LT26w Review Gallery

Daya Tahan Baterai
Dikatakan baterai acro S mampu melakukan talk time hingga 7 jam 10 menit, standby hingga 310 jam. Meskipun sudah ditanamkan baterai berkapasitas besar yakni 1910 mAh, namun saat kami melakukan review kinerja baterai terasa sama saja seperti baterai ponsel Android pada umumnya yang hanya tahan seharian (+- 12 jam) dalam penggunaan normal. Namun semua tergantung kembali ke intensitas penggunaan dan kondisi dari jaringan masing-masing provider.

Kesimpulan
Memang tidak ada ponsel yang sempurna namun kami dapat katakan Xperia acro S mendekatinya. Jika anda ingin sebuah smartphone yang dapat diajak berpetualang tanpa repot membawa kamera terpisah, Xperia acro S dapat dijadikan pilihan. Selain kedua hal tersebut, acro S juga memiliki sisi multimedia yang baik. Memang dari segi desain acro S kurang dapat dibanggakan, tapi kami rasa dapat tertutup dengan performanya secara keseluruhan.

Jika Teknokerz tidak begitu mengindahkan kemampuan tahan air dan debu, pastinya saudara dekat ponsel ini yakni Xperia S dapat dijadikan pertimbangan karena sama-sama memiliki spesifikasi yang setara namun dengan desain yang lebih unik dan selisih harga yang lebih murah. Kekurangan yang anda harus korbankan (selain ketahanan air dan debu) di Xperia S adalah kualitas layar yang sedikit dibawah acro S, baterai lebih kecil (1750 mAh), dan kemampuan slot kartu memori yang harus puas di 32 GB saja sedangkan di acro S maksimal anda dapat memiliki kapasitas gabungan hingga 48 GB. Kami dapat katakan Xperia acro S merupakan ponsel Android terbaik Sony saat ini.

Kelebihan

  • Tahan air dan debu
  • Kemampuan multimedia yang baik
  • Layar HD 720p
  • Kamera 12 MP
  • Charging dock dalam paket penjualan

Kekurangan

  • Dimensi dan bobot yang besar



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
14
17 Oct 2014
1
16 Oct 2014
23
08 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Apple iPhone 6
Akan Datang
14
Oct 17 2014
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
1
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
29
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
4
Sep 1 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.