TOP
REVIEWS
Review: Tabulet Beat Duos
Tablet Multimedia Dual Core Terjangkau
Aug 15 2012 1:45PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.8
14
56842

Tidak puas dengan Beat dan Beat 2, Tabulet kembali meluncurkan tablet WiFi multimedia baru-nya, yakni Beat Duos. Sebagai suksesor dari kedua tablet yang disebutkan pertama, tentu saja Beat Duos ini kuat di multimedia, Tabulet Beat Duos adalah Tablet 7 inci dengan sistem operasi ICS. Menggunakan Processor Dual Core Scorpio MX up to 1.5Ghz, RAM 1GB dan GPU Mali 400 (sama dengan Beat 2, Samsung Galaxy S II, III dan Note), menjanjikan kinerja yang lebih baik dari Beat 2 yang hanya dilengkapi prosesor 800MHz dan RAM 512MB. Untuk Display, Beat Duos didukung teknologi Anti-Glare dengan layar IPS kapasitif (multitouch hingga 4 sentuhan) beresolusi 1024x600 piksel. Tunggu review selengkapnya hanya di TeknoUp.com, Technology Speaking.

Paket Penjualan

  • Kabel data micro USB
  • charger
  • kartu garansi
  • buku petunjuk penggunaan


Desain dan Bodi
Tabulet Beat Duos menggunakan desain yang agak berbeda daripada Beat 2. Jika Beat 2 dengan warna putihnya tampak seperti bingkai foto, kali ini Beat Duos tampil dengan desain yang lebih elegan dengan warna gelap. Bahannya untuk bagian depan adalah plastik berwarna metalik, sementara layar tentunya menggunakan bahan glossy. Sementara bagian belakang adalah paduan plastik metalik yang sama, di tengah-tengahnya bahan plastik bergerigi. Loudspeaker tablet ini terletak di bagian kanan belakang.

Kini posisi layar dan bezel (bingkai) sudah rata; tidak seperti Beat 2 yang memiliki gap diantara keduanya, sehingga menyulitkan jika Anda ingin menyentuh bagian ujung layar karena ada gap antara layar dan bezel. Bagian depan selain layar 7 inci ada kamera depan VGA untuk narsis maupun video call. Lalu di bagian bawah ada port infrared untuk remote control tablet ini saat memutar file multimedia, namun sayangnya remote control tersebut tidak ada di paket penjualan. Berbeda dengan Beat 2, bagian atas tidak ada tombol fisik. Di bagian samping kanan Tabulet Beat 2 dijejali berbagai macam port, seperti micro USB, jack audio 3,5mm, port HDMI dan port charger. Sementara tombol power, volume dan slot micro SD ada di sebelah kanan. Untuk charging Anda bisa menggunakan charger menggunakan port charger bawaan maupun charger dengan charger micro USB milik perangkat BlackBerry atau Android lain.








Layar
Tabulet Beat 2 menggunakan layar LCD 7 inci beresolusi 1024x600 piksel. Cukup bagus dibanding tablet di rentang harga 1 jutaan yang rata-rata maih menggunakan resolusi 800x480 piksel. Tingkat kontras sudah cukup bagus saat tablet diposisikan tegak lurus dengan mata, namun sudut pandangannya kurang luas, meski masih tergolong tidak mengganggu kenyamanan penggunaan. Dalam keadaan mati, layar berwarna keunguan seperti film negatif, sepertinya ini merupakan anti glare yang disebutkan Tabulet. Namun meski sudah menggunakan lapisan anti glare, sidik jari tetap menempel dengan mudah. Yang pasti untuk memutar video HD layar ini sudah tergolong bagus dan cukup terasa ketajaman layarnya, maupun kontras, meski untuk kecerahan terasa kurang. Di dalam kondisi cahaya terang layar tablet ini sangat memantulkan cahaya, sehingga bisa dibilang nyaris tidak terlihat jika Anda sedang berada di bawah terik matahari.


Input Teks
Untuk keyboard dan metode input yang digunakan hanya ada Google voice typing dan Android Keyboard dengan fitur-fitur seperti auto capitalization, vibrate, sound, popup, show setting key, auto correct, suggestion.


Antar Muka
Tabulet Beat Duos menggunakan sistem operasi Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Seperti tablet sekelasnya, antar mukanya bisa dibilang benar-benar stock bawaan Google. Lock screen-nya memiliki akses pintas langsung ke kamera. Lock screen ini bisa diganti, Anda bisa memakai proteksi berupa slide, pattern, PIN dan password, namun sayangnya Face Unlock tidak tersedia di tablet ini. Satu lagi kelemahannya, layar tablet tidak langsung menyala ketika tombol power ditekan saat kondisi layar mati, ada jeda sekitar 2 detik. Homescreen terdiri dari beberapa layar home yang tersusun horisontal, Anda dapat melakukan penggantian wallpaper, menambahkan Widget maupun akses pintas. Di bagian paling bawah layar hadir 3 ikon pengganti tombol fisik yakni Back, Home dan Task Switcher. Seperti tablet lainnya baik Honeycomb maupun ICS, bar notifikasi terletak di bagian kanan bawah. Pada tablet ini yang tertampil adalah waktu, sinyal WiFi, indikator batere dan pengaturan. Sementara menu utama terdiri dari dua kategori yakni Apps dan Widget dengan susunan ikon 6x4 dan tersusun secara alfabetis. Kinerja secara keseluruhan tidak ada masalah berarti berkat penggunaan prosesor dual core dan GPU Mali400.




Tabulet Beat Duos Review Gallery

Email dan Instant Messaging
Sebagai tablet Android tentunya layanan Google Mail sangat diperhatikan. Tabulet Beat 2 ini menggunakan Gmail versi 4.0.1 dengan pengaturan-pengaturan yang cukup lengkap dan tampilan yang menyerupai versi desktopnya untuk penggunaan email yang lebih baik. Untuk chatting secara default ada dua aplikasi yang sudah terinstal yakni Google+ Messenger dan Google Talk. Masih ada opsi untuk menginstal apps dari Google Play yakni Yahoo Messenger, WhatsApp, Line dan lain-lain.


Tabulet Beat Duos Review Gallery

Kamera dan Perekam Video
Tabulet Beat 2 memiliki dua kamera depan (VGA) dan belakang (2MP). Namun di Beat Duos kamera belakangnya dihilangkan. Jadi seperti Google Nexus 7. Tidak ada pengaturan apapun selain digital zooming.



Galeri foto dan video, pemutar musik
Galeri foto yang merangkap galeri video menggunakan galeri bawaan ICS, dengan latar belakang hitam yang sederhana. Foto dapat Anda rotasi, di-crop dan dijadikan wallpaper. Bisa juga di-share via Google+, email dan Gmail serta jejaring sosial lain yang Anda instal. Foto dapat dilihat detil-detilnya (metadata). Ada pengeditan foto sederhana dengan fitur-fitur dan spesial efek yang cukup menarik.



Seperti Beat 2, pemutar video bisa dibilang adalah andalan utama tablet Beat Duos. Video format apa saja yang kami masukkan melalui micro USB bisa diputar dengan lancar, smooth tanpa ada lag sedikitpun. Tabulet melengkapi tablet ICS ini dengan banyak kodek untuk video, sehingga Anda tidak perlu repot-repot meng-convert video ke format yang diinginkan perangkat Anda. Sampai resolusi 1080p, dari format .mp4, .mkv, .avi, .mov, .wmv, flv bahkan video kopian dari bluray dengan format .m2ts, bisa terbaca dengan lancar. Subtitle dengan file tambahan .srt bisa tertampil, namun untuk subtitle yang sudah ter-embedd langsung dengan file video tidak tampil, namun bisa diakali dengan menggunakan aplikasi pemutar video pihak ketiga. Sewaktu memutar video ada berbagai pengaturan seperti Resume Mode, pemilihan track audio, pengaturan subtitle, display mode, tingkat kecerahan dan melihat detil video. Kelemahan pemutar video bawaan masih sama dengan Beat 2, yakni aplikasi ini tidak secara otomatis membaca seluruh file video di dalam tablet, namun Anda harus menjelajahi file explorer terlebih dulu, sehingga kurang praktis. Keluaran suara menggunakan loudspeaker juga biasa saja, tidak memiliki sensasi stereo karena hanya 1 buah speaker. Namun masih ada keunggulan lain yakni HDMI untuk meng-output video ke layar yang lebih besar dan kemampuan memutar video yang berasal dari perangkat terhubung dengan USB on the go seperti flashdisk maupun harddisk.




Berlawanan dengan pemutar video yang diberi fitur berlimpah, pemutar musik Tabulet Beat Duos sangat standar Android 4.0 ICS. Fitur ekualiser maupun efek suara tidak tersedia. File-file musik hanya dibedakan menjadi kategori seperti Artist, Albums, Songs, Playlists dan Now Playing saja. Pengaturan hanya ada shuffle. Keluaran suara loudspeaker tidak terlalu kencang.



Konektivitas
Tablet ini memang merupakan tablet non 3G namun melalui fitur USB on the go Anda bisa menggunakan koneksi jaringan 3G GSM (HSDPA) dengan mencolokkan modem 3G. Tabulet Beat Duos juga dilengkapi dengan WiFi, infrared (kegunaan terbesar untuk aksesoris remote) dan port HDMI.


Web Browser
Dengan dibekali kemampuan yang seharusnya lebih baik, browser Tabulet Beat Duos memang tercatat memiliki performa lebih baik. Browser pada Beat Duos mampu membuka tab sampai 16 buah. Performanya dalam membuka situs yang dipenuhi banyak konten seperti TeknoUp cukup bagus, scrolling tidak menimbulkan lag. Pinch and zoom bisa dilakukan untuk memperbesar tampilan layar. Untuk memutar video Youtube format 720p masih bisa dilakukan. Untuk pengaturan lainnya adalah standar browser bawaan Android, seperti Incognito, lalu opsi untuk meminta situs desktop pada situs mobile, serta pengaturan history, cookies, javascript, accessibility dan lain-lain.



Performa game HD
Tabulet Beat Duos kami dilengkapi dengan berbagai game dari yang tergolong sederhana macam Angry Birds, Cut the Rope sampai game HD macam PES 2012, Dungeon Hunter semua berjalan dengan lancar jaya. Simak video berikut untuk lebih jelasnya:

Hasil Benchmark
Quadrant Standart: 2565 poin
Mutitouch Tester: maksimal 4 poin
NenaMark2: 36.6fps
SunSpider: 2080.6ms
BrowserMark: 99039 poin






Daya Tahan Batere
Ditenagai batre sebesar 3200 mAh, Tabulet mengklaim tablet ini mampu bertahan 8 jam untuk pemakaian normal. Bagaimana untuk bermain game? Dari ujicoba kami, digunakan bermain game PES2012 selama 60 menit, indikator baterai berkurang sebesar 26 persen, yang berarti kasarnya tablet ini bisa digunakan bermain game sampai 4 jam kurang sedikit.

Kesimpulan

Cukup banyak perbaikan yang dilakukan oleh Tabulet untuk penerus Beat 2 ini baik hardware maupun performa keseluruhan. Dengan harga Rp. 1,6 juta, apa yang Anda dapat dari Tabulet Beat Duos sangat banyak, terutama kemampuan multimedia (khususnya pemutar video dan game) yang sangat kompetitif dan bisa dibilang sebanding dengan tablet kelas atas. Sayangnya tidak didukung layar yang bagus.

Kelebihan:

  • Pemutar video dengan banyak format yang kompatibel
  • layar 7 inci dengan Resolusi 1024x600 piksel
  • port HDMI
  • USB On the Go
  • kemampuan bermain game kelas atas dengan smooth

Kekurangan:

  • layarnya kurang bagus
  • batere cukup boros



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
2
16 Oct 2014
23
08 Oct 2014
30
03 Oct 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Smartfren Andromax V3s
Dual Flash Dual Kamera
2
Oct 16 2014
Xiaomi Redmi 1S
Spesifikasi Menengah dengan Harga Bawah
23
Oct 8 2014
Sony Xperia C3 Dual
Selfie to the Max
30
Oct 3 2014
Smartfren Andromax G2 QWERTY
Si Klasik yang Masih Dicari
5
Sep 24 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
42
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
16
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
4
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
26
Aug 29 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.