TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia Tipo ST21i
Xperia Budget Mungil nan Menarik
Aug 09 2012 2:32PM
Oleh Edwin
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.8
126
78772

Sekarang ini semakin hari semakin banyak saja orang yang berpindah dari featured phone ke smartphone, terlebih smartphone dengan OS Android tersedia dari harga dibawah sejutaan hingga enam jutaan. Untuk kelas low-end tidak begitu banyak pilihan yang diberikan oleh vendor ternama. Kini Sony ingin memasuki pasar tersebut dengan menawarkan ponsel Android ICS dengan desain dan spesifikasi yang cukup menarik, pastinya tidak akan membuat keuangan anda cekak. Xperia Tipo (ST21i) merupakan ponsel yang dirilis Sony untuk mengisi kelas low-end atau pemula di dunia smartphone. Kira-kira dengan dibanderol harga 1,5 jutaan, pantaskah anda berpindah hati ke ponsel ini? SIlahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi Utama

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • HSDPA 900 / 2100
  • Layar sentuh TFT kapasitif 3.2 inci HVGA(320 x 480 piksel) 180ppi 262ribu warna
  • Memori internal 2.9 GB (754MB aplikasi, 2.15GB multimedia), RAM 512MB
  • Kamera 3.15MP (2048 x 1536 piksel) fixed focus
  • OS Android 4.0.3 ICS
  • Prosesor Qualcomm MSM7225AA 800 MHz, GPU Adreno 200
  • Baterai Lithium Ion 1500 mAh

Paket Penjualan

  • Handset Xperia Tipo
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi



Desain dan Bodi
Manis dan imut, mungkin dua kata itulah yang dapat menggambarkan desain ponsel ini. Xperia Tipo berdimensi 103 x 57 x 13 mm dengan bobot 99.4 gram. Ponsel ini ditawarkan dengan empat pilihan warna seperti hitam, putih, merah dan biru. Meskipun mungil namun untuk masalah penggenggaman terasa nyaman karena selain bahan yang digunakan untuk bagian backcover doff, bagian belakang ini juga memiliki sudut-sudut yang curvy. Karena mungil juga, tidak menjadi suatu masalah ketika ponsel ini dibawa bepergian karena dapat dengan mudah dimasukkan ke saku.



Berdasarkan informasi yang beredar, Sony menyebut bagian backcover Xperia Tipo berjenis premium rubber (terutama warna putih) yang didesain khusus untuk kemudahan dibersihkan jika terkena kotoran, bahkan noda tinta sekalipun. Meskipun disebut premium rubber namun kami merasa tidak ada unsur karet sama sekali digunakan, hanya plastik bertekstur doff saja. Tapi benar, jika terkena kotoran cukup mudah dibersihkan bahkan dengan digosokkan jari saja.


Bagian depan terdapat earpiece, sensor proximity, led notfikasi, layar 3.2 inci, serta 3 buah tombol kapasitif fungsi Android. Bagian belakang diisi kamera utama, dan sebuah speaker, tak ketinggalan logo khas ponsel Sony menghiasi bagian belakang. Sisi kiri ponsel diisi dengan tombol volume up/down, dan lubang untuk strap/aksesoris. Sisi kanan diisi port microUSB. Bagian atas diisi port headset 3.5mm, dan tombol lock/power. Untuk bagian bawah hanya terdapat mic.



Xperia Tipo memiliki layar beresolusi HVGA (320 x 480 piksel ) berukuran 3.2 inci. Kualitas layar memang tidak sejernih ponsel Sony lain tapi dalam range harga sekian masalah ini dapat dimaklumi. Tampilannya sudah cukup halus, sudut penglihatan tidak terlalu baik namun masih terbilang wajar. Untuk penglihatan dibawah matahari, tampilan tetap terlihat walau tidak terlalu jelas. Ponsel ini juga tidak ditanamkan teknologi Bravia sehingga tampilan warna terlihat biasa saja, tidak ada yang istimewa.


Sony Xperia Tipo ST21i Review Gallery

Antar Muka
Xperia Tipo sudah berjalan di sistem operasi Android 4.0 ICS dengan antar muka khas Sony, Timescape, yang memiliki kelebihan di integrasi jejaring sosial (terutama Facebook) secara mendalam.

Seperti kebanyakan ponsel saat ini, saat anda memutar lagu, maka lockscreen akan menyajikan mini music player, jika kondisi normal akan muncul informasi jam dan tanggal. Sistem membuka kunci masih sama seperti di Android Gingerbread Sony, menggeser panah kiri ke kanan akan membuka kunci, sedangkan menggeser panah kanan ke kiri akan meluncurkan menu kamera.



Halaman homescreen dapat memuat hingga 5 halaman yang tidak dapat dikurangi atau ditambah. Untuk masuk ke mode overview anda cukup mencubit layar, dengan menggoncangkan ponsel maka widget-widget di mode overview ini akan ikut bergerak. Jendela notifikasi hitam transparan tampil sederhana saja hanya ada jalan pintas ke menu setting. Mini music player juga muncul jika anda sedang mendengarkan lagu.




Drawer aplikasi hadir standar Sony, ikon-ikon tersusun dalam formasi 3 x 4 ditemani latar belakang transparan. Bagian bawah terdapat tiga buah tombol yaitu sort, home, dan organize. Kami merasa keberadaan tombol home disini agak kurang berguna karena sudah tersedia juga tombol serupa di bodi ponsel. Untuk performa penjelajahan anta muka kami tidak menemukan gangguan yang berarti, namun sesekali masih terasa sedikit lag ketika berpindah-pindah halaman homescreen. Untuk memunculkan recent apps, cukup menahan tombol home di bodi beberapa saat.



Urusan input teks dalam kondisi default terdapat dua pilihan yaitu Xperia Chinese keyboard dan Xperia Keyboard. Dengan tampilan tombol-tombol keyboard yang cukup berjarak, pengetikan dirasa cukup baik. Tapi jika anda yang berjari besar mungkin sering terjadi kesalahan pengetikan, karena ukuran layar yang berukuran 3.2 inci, untuk mengakalinya anda bisa melakukan pengetikan landscape untuk mengurangi kesalahan.


Sony Xperia Tipo ST21i Review Gallery

Contact dan Mesaging
Menu contact tampil simpel saja tidak banyak embel-embel. Menu ini terdiri dari tiga sub tab seperti contact, phone, dan groups. Untuk mempercepat pencarian, terdapat bar pencarian di bagian atas atau menggunakan slider disebelah kanan yang akan muncul ketika anda sedikit menggerakkan layar.




Messaging juga tampil simpel dan intuitif, tombol tombol new message, add recipient, dan tombol attachment tampil dengan ukuran besar.



Kamera
Xperia Tipo memiliki satu kamera saja yang ada di bagian belang beresolusi 3.15MP tanpa kemampuan autofokus atau hadirnya LED flash. Jika sedang mendengarkan lagu, maka pemutaran lagu akan dihentikan ketika masuk ke menu kamera. Antar muka kamera tampil standar dan simpel. Terdapat beberapa fitur seperti mode scene, resolution, self timer, dll. Jika anda mendiamkan ponsel di menu kamera ini selama beberapa saat, maka secara otomatis ponsel akan keluar dari menu kamera untuk menghemat baterai.




Hasil kamera dalam ruangan foto terlihat cukup cerah dan tajam, meskipun kamera tidak mendukung autofokus sehingga untuk pengambilan jarak dekat terlihat blur.


Hasil pengambilan gambar luar ruangan entah mengapa terlihat seperti efek cat air. Foto terlihat tidak detil, gelap meskipun untuk kecerahan warna sudah cukup baik. Hasil asli dapat diunduh disini.


Sony Xperia Tipo ST21i Review Gallery

Perekam Video
Kamera Xperia Tipo mampu melakukan perekaman video hingga resolusi VGA saja. Fitur-fitur yang ada tidak jauh berbeda dengan menu kamera seperti mode scene, video size, self timer, exposure value, dll. Video yang sudah direkam akan disimpan dalam format MP4.




Multimedia
Untuk urusan gallery tersedia dua pilihan gallery yaitu Xperia gallery yang memiliki tampilan persis seperti yang ada di Gingerbread dan gallery biasa bawaan ICS. Seperti biasa kumpulan foto dan video anda akan terkumpul disini. Tidak ada yang spesial semuanya standar saja baik untuk Xperia gallery atau gallery bawaan ICS. Performa pinch and zoom dapat dilakukan dengan lancar.



Karena tidak ada aplikasi terdedikasi, maka untuk memutar video dapat dilakukan melalui gallery. Antar muka standar hanya terdapat tombol back, play/pause, forward. Untuk dukungan format video hanya terbatas MP4 saja dengan resolusi maksimal VGA.



Pemutar musik meskipun tidak semenarik yang ada di Xperia sola dan kawan-kawan, tapi pemutar musik di Xperia Tipo ini masih bisa diandalkan untuk hiburan utama, terlebih dengan integrasi ke berbagai aplikasi dan jalan pintas di antar muka. Terdapat pengaturan keluaran suara equalizer namun tidak tersedia pilihan untuk pengaturan secara manual. Kualitas speaker yang diberikan cukup mengagumkan, fitur xLOUD menghasilkan suara yang benar-benar kencang tanpa distorsi, baru kali ini kami mendengar performa xLOUD dari ponsel Sony sekencang speaker Xperia Tipo.



Untuk hiburan klasik Radio FM juga masih tersedia dengan tampilan bar vertikal untuk pengaturan dan pemilihan frekuensi. Ada juga integrasi ke aplikasi TrackID dan like . Jangan lupa untuk mencolokkan headset terlebih dahulu sebelum mendengarkan stasiun radio favorit anda.


Sony Xperia Tipo ST21i Review Gallery

Browser
Browser standar ICS ini hadir dengan kemampuan mutitab hingga 16 tab sekaligus, walaupun performanya akan semakin menurun. Konten flash dapat diputar dengan baik asalkan anda menginstall Flash 11 terlebih dahulu dari Play Store. Karena keterbatasan resolusi dan ukuran, maka layar di Xperia Tipo ini tidak dapat menampikan halaman website versi desktop dengan baik dalam kondisi zoom out. Tapi tenang saja, proses rendering dan zooming halaman dapat dilakukan dengan cukup baik.




Hasil skor yang diperoleh untuk browser Xperia Tipo sebesar 295 dengan 3 poin bonus. Skor Sunspider browser ini mendapatkan skor 3929.6ms (dimana semakin kecil semakin baik).



Konektivitas
Seperti ponsel masa kini ponsel Xperia Tipo berjalan di jaringan quadband GSM (850 / 900 / 1800 / 1900) dan dual band HSDPA (900/2100). Ada juga konektivitas WiFi b/g/n, Bluetooth v2.1, A-GPS, microUSB, dan microSD hingga 32GB.

Benchmarking

  • Quadrant Standard: 1418 poin
  • AnTuTu Benchmark: 2671 poin
  • MultiTouch Tester: maksimal 2 sentuhan
  • NenaMark2: 15.6 fps
  • CamSpeed: 267 shutter time, 1095 image time, - focus time

Sony Xperia Tipo ST21i Review Gallery

Daya Tahan Baterai
Xperia Tipo dibekali baterai berjenis Lithium Ion berkapasitas 1500mAh. Sony mengklaim dengan baterai ini pengguna dapat melakukan talk time hingga 5 jam dan waktu stand by hingga 470 jam (jaringan 2G). Saat kami melakukan review dengan terkoneksi sinyal wifi terus menerus, baterai Xperia Tipo mampu bertahan hingga 12 jam. Cukup baik, hal ini juga karena penggunaan hardware yang tidak begitu haus tenaga. Tapi semuanya kembali lagi bergantung pada intensitas penggunaan dan kondisi jaringan.


Kesimpulan
Dengan harga 1,5 jutaan anda akan mendapatkan ponsel dengan desain yang imut dan manis, serta performa yang baik dikelasnya. Dalam range harga ini Sony Xperia Tipo bersaing ketat dengan ponsel Samsung Galaxy Mini 2.

Dilihat dari spesifikasi harware, kedua ponsel ini bisa dibilang sejajar sama-sama berprosesor 800MHz, kamera 3.15MP, RAM 512MB. Untuk ukuran layar, Galaxy Mini 2 menang dengan selisih 0.02 inci (tipis memang) dan urusan memori internal lebih besar yakni 4GB. Tapi dalam hal baterai Xperia Tipo lebih unggul dengan 1500mAh sedangkan Galaxy Mini 2 hanya 1300mAh. Urusan sistem operasi juga Xperia Tipo lebih unggul karena sudah menggunakan Android 4.0 ICS, sedangkan Galaxy Mini 2 masih 2.3 Gingerbread.

Jadi keputusan ada di tangan anda, namun kami bisa rekomendasikan smartphone Xperia Tipo bagi anda yang baru ingin terjun ke dunia Android dan memiliki budget yang terbatas. Terlebih desain dan pilihan warna yang ditawarkan cukup menggoda mata.


Kelebihan

  • Desain yang mungil dan menarik
  • Android 4.0 ICS
  • Terjangkau dengan performa yang sesuai

Kekurangan

  • Bodi yang mudah kotor (terutama warna putih) meskipun mudah dibersihkan
  • Kualitas kamera kurang baik



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
6
18 Jul 2014
38
14 Jul 2014
23
04 Jul 2014
49
04 Jul 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
6
Jul 18 2014
Samsung Galaxy S5
5emakin Mengerti Anda
38
Jul 12 2014
Himax Pure III
High to the Max with Octa-core
23
Jul 4 2014
Xperia T2 Ultra dual
Si Mata Besar nan Tampilan Bening
49
Jul 4 2014
LG G3
Simple for the New G
28
Jun 27 2014
OPPO Yoyo
Mengayun di Kelas Mid-end
18
Jun 20 2014
Sir Lancelot's Armor - Holy Grail Screen Protector
Pelindung Layar Tahan Peluru
1
Jun 11 2014
OPPO Find 7a
Temukan Performa Sangar
12
Jun 10 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.