TOP
REVIEWS
Review: Sony Xperia Neo L MT25i
Xperia Pertama yang Menikmati Es Krim Sandwich
Jul 31 2012 4:35PM
Nilai kami
(Cara Menilai)
8.5
119
63136

November lalu, Sony Ericsson merilis Neo, smartphone Android mid-end berorientasi multimedia sebagai penerus smartphone Symbian mereka, Vivaz. Kini setelah bercerai dengan Ericsson, Sony kembali merilis refreshment dari Neo, yakni Neo L. Merupakan smartphone Xperia pertama yang langsung menggunakan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich, Neo L dibanderol sekitar Rp. 2,5 juta dan diberikan fitur-fitur seperti berikut: layar LCD 4 inci beresolusi FWVGA (854x480 piksel), prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon dengan clock 1GHz, GPU Adreno 205, RAM 512MB, storage 1GB dengan slot micro SD, kamera 5MP dengan autofokus, LED flash dan perekam video 720p, serta konektivitas 3.5G, WiFi dan Bluetooth. Semua itu ditenagai dengan batre LiPo 1500mAh. Tunggu review selengkapnya hanya di TeknoUp, Technology Speaking.

Paket Penjualan

  • Dus
  • Kartu Garansi
  • Kabel data+charger
  • Startup guide
  • Handsfree stereo model standar


Desain dan Bodi
Untuk garis desain Neo L sangat mirip dengan Xperia Neo. Memang ada perbedaan yang cukup mencolok, seperti tombol fisik yang menjadi 4 buah (Neo 3 buah), frame depan, serta letak dan bentuk kamera depan, namun tidak salah lagi, gen Sony Ericsson Vivaz masih menurun ke Neo L. Terlihat dari lengkungan di bagian atas dan bawah ponsel ini. Sayangnya Neo L tidak memiliki tombol fisik untuk kamera seperti kakaknya. Port yang tersedia adalah jack audio 3.5mm dan port micro USB. Slot untuk kartu SIM dan micro SD ada di balik kover dan perlu membuka batre untuk memasukkan keduanya. Lampu LED notifikasi ada diatas, posisi yang aneh karena tidak terlalu terlihat saat ponsel ditaruh di meja misalnya.


Dengan berat 131 gram dan ketebalan 12.2 mm, Neo L cukup enak digenggam berkat desain bagian samping dan kover belakang yang mengikuti lengkungan genggaman tangan. Sayangnya bagian belakang yang terbuat dari plastik glossy sangat mudah kotor terkena sidik jari dan keringat Anda, jadi dalam waktu lama akan membuat ponsel kotor dan licin. Meski berbahan plastik, namun built quality dan material dari Xperia Neo L tergolong bagus.








Layar
Masih mengusung layar LCD, Xperia Neo L mendapatkan layar yang sedikit lebih besar dari Neo (4 inci vs 3.7 inci) dengan resolusi yang sama, 16:9 widescreen 854x480 piksel. Namun tidak seperti Neo, layar Neo L tidak dilengkapi Bravia Engine. Bravia Engine di ponsel Sony lainnya beraksi ketika melihat file foto dan video, memperbaiki ketajaman gambar dan menambah tingkat kontras dan saturasi pada layar. Di Xperia Neo L, karena tidak dilengkapi dengan Bravia maka tampilan foto dan video warnanya kurang vibrant jika dibandingkan dengan ponsel Xperia lainnya yang Bravia Engine diaktifkan. Sudut pandang pada layar terasa kurang bagus. Secara keseluruhan performa layar Xperia Neo L rasanya sudah cukup bagus untuk kategori ponsel berharga Rp. 2.5 juta, Anda mendapat layar 4 inci beresolusi full WVGA, untuk besar layar hanya kalah dari Optimus L7 yang 4.3 inci.



Input Teks, Contact, Messaging dan Timescape
Seperti ponsel ICS lainnya, kini saat Anda mengetik, di bar notifikasi akan muncul opsi untuk melakukan pengaturan metode input teks. Ada 3 metode, yakni Chinese Keyboard, Google Voice Typing dan Xperia Keyboard. Yang terakhir merupakan default, dengan fitur-fitur bahasa penulisan, layout pada mode portrait (full qwerty atau phonepad123), prediksi dan auto correct, dan vibrasi saat mengetik. Untuk kenyamanan penulisan, dengan layar 4 inci tentu saja Anda akan mudah mengetik baik mode landscape maupun portrait, meskipun menggunakan mode qwerty.


Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Saat Anda pertama kali menggunakan contact di Xperia Neo L, Anda akan dihadapkan kepada opsi untuk mengimpor kontak dari PC Companion dan melakukan sinkronisasi dengan akun-akun yang anda miliki seperti Facebook, Google dan sebagainya. Kontak dapat dibagi berdasarkan grup dan Favorites.

Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Seperti seharusnya, ada 4 kategori untuk pesan yakni SMS, MMS, Email dan IM. Untuk SMS seperti kebanyakan ponsel Android lainnya Xperia Neo L melakukannya dengan sempurna. Dengan tampilan threaded, SMS dan MMS sangat intuitif dan mudah digunakan. Demikian juga Gmail dan Gtalk, dengan tampilan sama seperti ponsel Android lainnya, yang mudah digunakan. Untuk akun email lain maupun aplikasi chatting lainnya banyak tersedia di PlayStore.

Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Timescape merupakan fitur unik dari smartphone Xperia, di Neo L, Timescape menggabungkan Facebook, Twitter dan Foursquare ke satu tempat dengan tampilan scrolling yang menarik. Di sini juga Anda bisa melakukan update status ke FB maupun Twitter.


Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Antar Muka
Dengan Android 4.0 ICS, tentunya ada sedikit perbedaan dengan smartphone Xperia sebelumnya. Terutama huruf yang digunakan sudah menggunakan Roboto. Tampilan hurufnya bisa diganti menjadi lebih kecil. Selain itu, pengaturan yang ada adalah tingkat kecerahan, wallpaper, auto rotate, sleep dan tema. Tema yang tersedia sama saja dengan tema pada Xperia Ion, yakni warna emerald, gold, sapphire dan lain-lain. Tekan tombol Home selama beberapa detik maka Anda akan terbawa ke Most Recent Apps sebagai akses ke aplikasi lain yang sedang berjalan, untuk menghentikan aplikasi swipe saja aplikasi tersebut. Bagian Homescreen masih sama dengan Xperia Ion, dengan 5 halaman yang dapat ditambahkan widget dan akses pintas ke aplikasi. Cubit layar homescreen maka akan muncul Overview Mode. Demikian pula menu utama, tak ada yang berubah. Pada bar notifikasi ada sedikit perubahan yakni tampilannya transparan dan memiliki akses pintas ke pengaturan.





Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Kamera
Dalam keadaan lock screen, Anda bisa mengambil jalan pintas ke kamera dengan menggeser widget unlocker ke sebelah kanan. Tampilan kamera pada Xperia Neo L adalah tampilan ala Galaxy Nexus alias standar ICS. Agak aneh memang melihat ponsel Sony Xperia dengan tampilan kamera begini. Fitur-fiturnya antara lain: flash, white balance, tingkat eksposur, scene, resolusi sampai 5 megapiksel dan mode fokus. Selain itu ada mode panorama. Untuk memfokuskan objek, tidak ada mode touch to fokus, auto fokus hanya terjadi ketika Anda menekan tombol Capture pada layar. Juga tidak ada tombol fisik kamera untuk mempermudah pengambilan gambar. Bisa dibilang untuk antar muka kamera, Neo L masih dibelakang ponsel Xperia lainnya.


Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Hasil foto bisa dibilang cukup bagus untuk kamera 5 megapiksel dengan warna yang menarik. Untuk pemotretan dalam ruangan pun hasilnya cukup bagus. Lebih jelasnya silakan lihat foto dibawah, seperti biasa klik untuk memperbesar.

makro dalam ruangan:
IMG_20120802_135208

indoor tanpa flash:

IMG_20120802_135257

indoor dengan flash:

IMG_20120802_135309

outdoor:

IMG_20120802_135503

outdoor makro:

IMG_20120802_135632

Neo L disematkan perekam video sampai resolusi HD 720p. Fitur-fiturnya antara lain: flash, white balance, timelapse interval dan resolusi. Ketika merekam video, continous autofokus beraksi untuk memfokuskan diri pada obyek terdekat. Rekaman video 720p berdurasi 1 menit menghasilkan file sebesar 45MB, dengan bitrate 5000kbps dengan framerate 30 frame per detik.

Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery


Galeri Foto, Video, Musik dan Radio FM
Untuk galeri foto dan video ada dua macam galeri yakni Galeri standar ICS dan Xperia Gallery. Meski ada embel-embel Xperia namun ternyata yang digunakan adalah galeri ala Android versi Gingerbread. Namun di Xperia Gallery Anda dapat mensinkronisasikan album foto di Facebook Anda, tentunya foto-foto yang ada dilihat dengan memanfaatkan konektivitas internet. Ada fitur-fitur seperti Share, Crop, Rotate, melihat detil-detil foto, serta memutar slideshow untuk folder pada galeri.



Pemutar video tidak punya aplikasi sendiri dan nyempil di Galeri, dengan pengaturan yang sangat minimalis. Format yang bisa dibaca secara normal dan lancar hanya terbatas .mp4 saja. Format .mkv bisa diputar namun lag parah, sedangkan format .avi sama sekali tidak terbaca. Pemutar video pun tidak memiliki fitur-fitur apapun selain pause, forward dan previous. Untuk Anda pengguna Xperia Neo L dan hobi nonton video di ponsel sepertinya harus menginsal aplikasi pemutar video pihak ketiga seperti MX Player, MoboPlayer dan lainnya.


Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Pemutar musik Xperia Neo L terbagi menjadi 4 kategori yakni Artists, Albums, Tracks dan Playlists. Cukup banyak pilihan equalizer yang tersedia di pemutar musik ponsel ini, yakni Classical, dance, flat, folk, heavy metal, hip hop, jazz, pop dan rock. Ada extension di pemutar musik ini, membuat Anda mampu langsung mencari lagu yang sedang diputar di Youtube, PlayNow, Wikipedia, lirik, video karaoke serta ekstension lain yang akan menyusul. Tentunya sistem pengenalan lagu alias TrackID yang eksis sejak jaman Sony Ericsson Walkman Phone masih eksis di ponsel ini. Dengan fitur XLoud, suara yang dihasilkan oleh loudspeaker Neo L cukup kencang meskipun kualitas suara loudspeaker rata-rata saja. Sayangnya, posisi penempatan speaker tampaknya salah, sebab jika Anda menaruh ponsel dengan layar menghadap ke atas, keluaran suara teredam dan menjadi sangat kecil.


Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Konektivitas
Xperia Neo L berjalan pada jaringan Quadband 850/1800/1900/2100 dan HSDPA 900/2100. Lalu konektivitas lokal adalah GPS, bluetooth 2.1, WiFi (802,11 b/g/n) dengan DLNA dan kemampuan menjadi hotspot (wiFi tethering), dan micro USB (sebagai mass storage dan PC sync menggunakan Sony Ericsson PC Companion).

Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Web Browsing
Performa browser saat membuka situs fullsite cukup smooth dan lancar. Untuk streaming melalui Youtube awalnya tidak bisa dilakukan. Namun setelah mengunduh Adobe Flash dari PlayStore, streaming sampai 720p bisa dilakukan, meski di resolusi tersebut kinerja browser menjadi nge-lag, scrolling misalnya. Maksimal tab yang bisa dibuka web browser bawaan ini sampai dengan 8 buah. Untuk fitur-fitur lain adalah berbagai pengaturan standar browser seperti history, cookies, javascript dan lain-lain.


Sony Xperia Neo L MT25i Review Gallery

Benchmarking
Quadrant Standart: 1226 poin
Mutitouch Tester: maksimal 4 sentuhan
NenaMark2: 25.8 frame per detik
CamSpeed: lihat foto
SunSpider: 3274.2ms
BrowserMark: 52666 poin







Daya Tahan Batere

Dengan spek prosesor 1GHz dan GPU Adreno 205, layar 4 inci, Xperia Neo L dibekali batre Lithium Polymer berkapasitas 1500 mAh. Untuk penggunaan normal yang wajar seperti penggunaan multimedia, email dan jejaring sosial paling tidak Xperia Neo L bisa bertahan dari pagi sampai sore.

Kesimpulan

Dengan harga Rp. 2,5 juta, memang Xperia Neo L tergolong cukup menarik. Secara performa masih begitu-begitu saja, terkadang lemot, ada lag, sebuah hal wajar bagi ponsel rentang harga ini, namun ICS dan fitur-fitur lainnya cukup menarik. Di kisaran harga yang sama untuk sesama ponsel Android ada LG Optimus L7, Samsung Galaxy W dan Xperia U yang malah sedikit lebih murah. Untuk performa, Xperia U dengan dual core-nya paling bagus, juga disertai desain ala NXT Sony, namun layarnya paling kecil dan tidak memiliki slot micro SD. Layar terbesar dimiliki LG Optimus L7, namun performa keseluruhan dan hasil kameranya kurang bagus. Galaxy W saat pertama kali dirilis adalah ponsel bagus dengan harga menarik, namun kini dengan banyaknya pesaing dengan harga serupa, ponsel Samsung yang umurnya hampir setahun dan masih Gingerbread itu memiliki banyak kemiripan fitur dengan Neo L, dengan prosesor lebih kencang namun layar dan bodi yang sedikit lebih kecil. Seperti biasa, pilihan ada di tangan Anda, pilihlah dengan bijaksana sesuai kebutuhan.

Kelebihan:

  • Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich
  • Layar 4 inci Full WVGA
  • Slot micro SD
  • Kamera 5MP dengan AF, LED flash dan perekam video 720p

Kekurangan:

  • Layar kurang bagus, terutama sudut pandang serta tidak adanya Bravia Engine membuat tampilan foto dan video kalah menarik dibanding ponsel Xperia lain
  • Keluaran suara speaker amat teredam jika ponsel ditaruh di meja dengan layar menghadap ke atas
  • Bodi sangat mudah kotor kena sidik jari



Kembali ke atas
BACA INI JUGA
1
23 Sep 2014
48
18 Sep 2014
14
18 Sep 2014
121
01 Sep 2014


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version
RECENT
REVIEWS
Andromax G2 QWERTY
Akan Datang
1
Sep 23 2014
Nokia Lumia 530
Si Entry Level Paling Smooth
40
Sep 18 2014
ASUS Zenfone 4S
Penyempurna Lebih Manusiawi
14
Sep 15 2014
ASUS Fonepad 7 (FE170CG)
Tablet Murah All-Around
3
Sep 1 2014
LG G3 vs Samsung Galaxy S5
Pertarungan Berdarah Dua Korea
25
Aug 29 2014
Sony Xperia T3
Tipis Bodi Tebal Konektivitas
31
Aug 25 2014
Oppo N1 Mini
Untuk Selfie yang Lebih Baik
6
Aug 21 2014
Asus Memopad HD 7
Tablet Entry Level dengan Stamina Tinggi
10
Jul 18 2014
MOST
COMMENTED
Konten TeknoUp.com yang paling banyak di komentari dalam 7 x 24 Jam.