Apple Umumkan OS X 10.9 Mavericks dengan 200 Fitur Baru
2013-06-11 11:30:02
Oleh Husodo
2
1754

Melalui acara World Wide Developer Conference (WWDC) 2013 yang dibuka semalam waktu Indonesia, Apple mengumumkan sistem operasi desktop Mac terbarunya. Berbeda dengan OS X sebelum-sebelumnya, OS X versi terbaru tidak menggunakan nama hewan kucing besar seperti Mountain Lion, Snow Leopard, dan Panther. Apple mengenalkan OS X 10.9 dengan sebutan Mavericks.

'Perangkat Mac secara konsisten melampaui industri PC dan OS X terus menjadi sistem operasi yang paling inovatif dan mudah digunakan di dunia,' kata Craig Federighi, SVP Software Engineering Apple. 'OS X Mavericks adalah versi terbaik kami sejauh ini dan membawa fitur berupa Maps terbaru dan aplikasi iBooks, Finder Tags dan Tabs, dukungan multi-display, peningkatan performa dan lebih hemat energi, dan Safari yang baru.'


Sebelum menjelaskan berbagai pembaruan yang ada di Mavericks, Apple berbagi cerita kesuksesan versi Mountain Lion ke para peserta dan undangan yang hadir. Menurut CEO Apple Tim Cook, Mountain Lion sudah berhasil dikapalkan hingga 28 juta copy sejak dirilis tahun lalu. Sebanyak 35% pengguna Apple sudah menginstal Mountain Lion di perangkatnya. Sementara OS X Lion hanya terjual 26 juta copy.

Seperti yang diungkap Craig Federighi, OS X Mavericks dikatakan punya lebih dari 200 fitur baru. Namun beberapa fitur utamanya adalah menekankan pada kemampuan hemat baterai dan peningkatan performa. Dikatakan bahwa penggunaan power CPU berkurang hingga 72%. Peningkatan itu dilakukan dengan cara kompresi memori (RAM) yang tak aktif sehingga juga membuat ruang menjadi lebih besar.


OS Mavericks juga membawa pembaruan pada browser Safari dan iCloud. Pembaruan tersebut menambahkan fitur yang membantu mengingat password serta username. Selain itu tambahan utama lain di versi Mavericks adalah adanya notifikasi yang muncul desktop. Nofitikasi ini mendukung pemberitahuan dari layanan email, Facetime, serta notifikasi push lainnya.


Layanan Maps di Mavericks juga mendapat peningkatan besar dengan adanya tampilan 3D, tambahan point of interest, turn-by-turn navigation, dan kemampuan membuat rute di Mac lalu kemudian memindahkannya ke iPhone. Di layanan iBooks, Apple menghadirkan 1,8 juta pilihan buku yang bisa diakses. Aplikasi tersebut bisa melakukan sinkronisasi antara iOS dan Mac, sehingga memudahkan pengguna ketika berpindah perangkat saat membaca konten.


Sama seperti beberapa OS X terakhir, Mavericks akan tersedia dan bisa diunduh melalui Mac App Store mulai musim gugur.

via Apple, The Verge, The Next Web


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version