Teaser Smartphone dengan OS Sailfish Beredar, Diumumkan 20 Mei
2013-05-16 06:39:15
Oleh Hamdan
11
3768

Jolla, perusahaan smartphone baru yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia, baru saja mengumumkan bahwa pihaknya akan memperkenalkan smartphone Sailfish OS pertama mereka pada 20 Mei mendatang. Sailfish OS diambil dari OS MeeGo yang ditinggalkan Nokia namun dikembangkan dengan desain antarmuka pengguna baru.

Pengumuman tersebut dilakukan Jolla menggunakan video teaser yang dipasang di YouTube. Dalam video tersebut tercantum kalimat 'I am the other half. All will be revealed ont 20th of May". Software Sailfish OS yang berbasis MeeGo telah diperkenalkan bulan November tahun 2012 lalu, maka diperkirakan separuh lagi yaitu hardwarenya akan diumumkan pada tanggal 20 Mei mendatang tersebut.

OS Sailfish berfokus pada fitur multitasking penuh antaraplikasi dengan kemampuan interaksi pada aplikasi versi kecil secara langsung melalui layar depan sehingga mirip widget. Selain itu Sailfish OS juga menawarkan personalisasi yang tidak berbelit-belit. OS Sailfish bisa dipakai di berbagai gadget seperti smartphone, tablet, atau perangkat lain.

Pihak Jolla sendiri telah mendapat dukungan dari berbagai vendor untuk mengembangkan OS tersebut, diantaranya adalah ST-Ericsson yang menyediakan platform Nova-Thor untuk membantu Jolla bersaing di pasar smartphone.

via Phone Arena



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version