ZTE Berencana Buat Firefox OS Phone untuk Operator Eropa di 2013
2013-01-11 06:36:02
Oleh Hamdan
6
2850

Penantian akan hadirnya sebuah perangkat nyata berbasis Firefox OS tampaknya akan segera terwujud. Bos ZTE Amerika Serikat, Cheng Lixin, dalam wawancara dengan Bloomberg di ajang CES 2013 mengatakan bahwa pihaknya sedang bekerja dengan sebuah operator seluler di Eropa untuk menyiapkan ponsel Mozilla ini di tahun 2013.

ZTE saat ini sedang mencari rekanan untuk menawarkan perangkat yang berbasis sistem operasi baru dan mengurangi ketergantungan atas Google Android yang menurut data IDC menguasai 75% pasar smartphone dunia. Cheng juga mengatakan bahwa mereka sedang memonitor bagaimana ekosistem Firefox OS berkembang, dan jika memang sudah siap dan didukung data konsumen, maka ZTE kemungkinan akan meluncurkannya di Amerika Serikat pada tahun 2013 ini juga.

Sebelum ini diketahui ada beberapa pihak yang mengembangkan sistem operasi terbuka ini, yaitu Deutsche Telekom AG, Sprint Nextel dan Telefonica SA bersama Mozilla. Mereka berencana untuk membuat jajaran smartphone terjangkau yang bisa bersaing dengan Android.


Wakil presiden produk Mozilla yaitu Jay Sullivan sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya sedang bekerja bersama Qualcomm, TCL, dan ZTE untuk menyiapkan produk berbasis Firefox OS. Strategy Analytics memperkirakan bahwa Mozilla dan ZTE bisa meraih pangsa pasar mobile sebesar 1% di tahun 2013.

via Engadget, Bloomberg



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version