Apple iPhone 5 Pakai Memori 1GB LPDDR2-1066
2012-09-16 09:45:56
Oleh Hamdan
15
4143

Berdasarkan analisis cepat atas foto prosesor A6 SoC yang ditampilkan saat peluncuran iPhone 5, AnandTech berhasil mengetahui antarmuka memori, kecepatan, dan bandwidth dari platform terbaru smartphone buatan Apple ini. Dari nomer seri komponen yang terlihat, AnandTech menyimpulkan bahwa memori yang dipakai pada iPhone 5 adalah buatan Samsung dengan kapasitas total 1 GB.

Kode komponen yang tercantum dalam presentasi saat peluncuran iPhone 5 adalah K3PE7E700F-XGC2. Dengan penelusuran yang mendalam melalui buku petunjuk produk milik Samsung, Brian Klug dari AnandTech memperoleh beberapa detail. K3P menunjukkan bahwa komponen adalah LPDDR2 dual-channel masing-masing 32 bit. Kode E7E7 menunjukkan informasi densitas dari kedua DRAM, masing-masing 512 MB sehingga totalnya sebesar 1 GB. Dua karakter terakhir dari nomer komponen merupakan kode kecepatan data yaitu 1066MHz.




Dari informasi tersebut, AnandTech kemudian membuat grafik skala bandwidth memori. Dari sana diketahui bahwa iPhone 5 memiliki bandwidth memori 33% lebih besar daripada yang ada di iPhone 4S sehingga bisa membantu GPU yang lebih cepat dengan layar resolusi lebih tinggi. Bandwidth yang dipakai di iPhone 5 masih kalah daripada yang dipakai di iPad generasi ke-3, karena kebutuhan layar/GPU iPhone 5 tidak sebesar pada tablet yang layarnya lebih besar.

Selain kecepatan memori, masih perlu diteliti bagaimana pengaruh prosesor A6 terhadap bandwidth memori secara keseluruhan. Menurut AnandTech, arsitektur ARM, terutama generasi A9, memiliki efisiensi yang kurang bagus.

via AnandTech



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version