Ancaman Malware Android Meningkat 3 Kali Lipat Dibanding Sebelumnya
2012-08-18 15:30:01
48
3706

Android diketahui cukup rentan dari ancaman malware, sebuah studi baru dari Kaspersky menunjukkan kalau masalah ini bertambah pelik. Dibanding kuartal pertama tahun 2012, di kuartal kedua ancaman malware yang menargetkan Android bertambah nyaris 3 kali lipat dari 5441 ke 14923 buah, hanya selama 3 bulan.

Hampir separuhnya, 49 persen, merupakan Trojan multifungsi yang mencuri data sensitif pada smartphone seperti kontak dan informasi yang berhubungan dengannya. Seperempat ancaman merupakan Trojan SMS yang mengirim SMS tanpa sepengetahuan pengguna ke nomor ponsel premium. 18 persen adalah virus yang mampu mendapatkan kontrol penuh atas perangkat yang diserangnya. Mayoritas malware ini bertujuan untuk mencari info personal yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang.

Yuri Namestnikov, analis malware senior di Kespersky Lab, menyatakan bahwa akan ada lebih banyak lagi malware yang efektif dan berbahaya dalam waktu dekat. Dilihat dari tren yang ada, mungkin para kriminal cyber akan mencari data-data penting melalui kartu kredit pengguna.


via Intomobile


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version