Pegawai Baidu Dipecat Setelah Dapat Suap untuk Hapus Konten Sensitif
2012-08-07 16:51:58
1
1762


Teknokerz familiar dengan Baidu? Search engine terbesar di China tersebut diketahui telah memecat 4 orang karyawan mereka yang sekarang sedang ditahan pihak kepolisian. Alasan? Karyawan diketahui telah menerima uang suap untuk menghapus sebuah konten pada forum populer. Kelakuan karyawan dikatakan merupakan suatu masalah besar bagi internet negara tersebut.

Konten yang dihapus tersebut terjadi pada forum online milik perusahaan, Baidu Tieba, yang sebelumnya sudah dengan jelas menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menghapus komplain apapun yang terjadi secara online. Dalam pernyataannya dikatakan bahwa Baidu akan menindak semua penghapusan ilegal yang ditujukan untuk kepentingan satu pihak saja. Baidu sendiri memang diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang diterapkan oleh badan sensor China, yang ditujukan untuk menyaring konten-konten yang berbau anarkis dan bertentangan dengan pemerintah.

Ketika diteliti lebih jauh, ternyata ada perusahaan yang khusus melakukan hal ini dikatakan bahwa konten dapat dihapus dengan mudah dalam 24jam saja dengan biaya 1,500 yuan atau US$237. Perusahaan ini dikatakan ahli dalam menyediakan jasa untuk menghilangkan konten sensitif dari sebuah situs.

via pc world


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version