Desainer: Desain iPhone dan Ponsel Galaxy Dasarnya adalah Sama
2012-08-07 15:56:40
81
8645


Ternyata saksi ahli yang diinginkan oleh Apple untuk hadir di pengadilan antara pihaknya dan Samsung adalah Peter Bressler. Ia adalah mantan presiden dari Industrial Designers Society of America dan sekarang menjabat sebagai kepala established industrial design group, perannya dalam desain industri tampak dirasa cukup untuk Apple untuk memberikan testimoni mengenai paten yang telah Apple dapatkan. Bressler sendiri telah mendapatkan hingga 70 buah paten dan mengatakan bahwa desainer industri sendiri sudah terlatih untuk melihat detil-detil kecil dalam produk. Dalam testimoninya, Bressler setuju bahwa secara general Samsung telah mengkopi banyak sekali elemen spesifik yang muncul di iPhone.






Pengacara Apple sempat meminta Bressler untuk menjelaskan mengenai 3 dari total 4 paten Apple yang diklaim telah dilanggar. Pihaknya mengatakan bahwa setelah meneliti keseluruhan produk Samsung, ia mengatakan bahwa Galaxy S dan Galaxy S II serta semua model Galaxy Tab memang melanggar 3 paten milik Apple. Bressler mengatakan bahwa pada dasarnya produk tersebut memiliki desain yang mirip. Ketika ditanya mengenai astetik dari merk produk itu sendiri Bressler mengatakan bahwa keduanya berbeda dalam hal pemasaran. Namun Bressler sendiri mengungkapkan komentarnya bahwa konsumen tidak akan bingung membedakan kedua merk tersebut, walaupun cukup jelas baginya bahwa produk pihak Samsung memang mirip dengan produk Apple.






Apple sendiri telah meminta $2.5miliar sebagai ganti rugi karena Samsung telah mengkopi desain paten mereka. Sedangkan Samsung sendiri mengklaim bahwa Apple telah melanggar dan mengkopi paten wireless communication mereka.

via electronista


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version