Pendapatan Microsoft dari Lisensi Paten Android Ungguli Penjualan Windows Phone
2012-08-07 04:37:23
Oleh Hamdan
17
4031

Sebagai salah satu pemain di dunia smartphone, Microsoft diketahui belum mampu meraih pasar signifikan di bidang tersebut melalui Windows Phone miliknya. Meski begitu, ternyata raksasa software ini mampu meraih pendapatan lumayan besar dari pasar smartphone melalui paten miliknya yang dilisensikan ke salah satu platform mobile paling populer yaitu Android.

Menurut firma analitis Treis, Microsoft memperoleh royalti cukup besar dari dua perusahaan pemakai OS Android besar yaitu Samsung dan HTC. Dari keduanya Microsoft mampu meraup lisensi hingga 792 juta dolar (sekitar 700 miliar rupiah) pada periode triwulan kedua tahun 2012 ini. HTC membayar Microsoft sebesar 10 dolar untuk setiap ponsel Android yang terjual, sementara Samsung membayar 12-13 dolar per handset Android yang terjual.

Sebagai perbandingan, Microsoft memberikan uang sebesar 250 juta dolar kepada Nokia untuk menggunakan Windows Phone pada setiap kuartal. Sementara dari hasil penjualan Windows Phone, Microsoft akan memperoleh margin 20 dolar untuk setiap handset Windows Phone Nokia yang terjual.


Pendapatan dari lisensi Android ini merupakan dana talangan bagi Microsoft selama penjualan Windows Phone tidak bagus. Apalagi Microsoft tidak perlu membayar Samsung dan HTC seperti halnya yang dilakukan kepada Nokia. Jika Android terus menguasai pasar maka Microsoft beruntung karena pendapatan royalti yang semakin besar, dan jika penjualan Windows Phone meningkat maka Microsoft juga akan tetap untung.

Menurut firma riset Canalys, Windows Phone mampu dikirim sebanyak 5,1 juta unti di kuartal lalu. Dari situ dapat diperkirakan bahwa saat ini royalti dari lisensi paten masih lebih besar dari nilai penjualan Windows Phone.

via Phone Arena, Trefis



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version