Nokia Asha Beri Keuntungan Lebih Besar Dari Lumia
2012-07-30 13:17:44
27
4241

Seri Lumia boleh saja lebih diekspos oleh Nokia, tapi soal keuntungan lain lagi. Seri Asha ternyata lebih memberi banyak keuntungan bagi Nokia ketimbang seri Lumia.

Sejak diluncurkan pada awal tahun ini, produk Nokia Asha memberi kontribusi keuntungan lebih besar dibandingkan dengan lini ponsel pintar Nokia Lumia. Hal ini dikarenakan tren kontribusi seri Asha lebih matang

Hal ini diakui oleh Head of Marketing Nokia Indonesia, Lukman Susetio. Lukman mengatakan kalau kontribusi lini Lumia memang kecil, tapi seri Lumia digunakan untuk membangun brand image.

Mengutip data dari firma Gfk, kontribusi Asha sangat besar pada penjualan Nokia. Sampai Juni, seri Asha berperan sekitar 60 persen penjualan Nokia, kata Lukman.

Lukman mengatakan, meski kontribusi seri Lumia kecil, tapi secara pengapalan tingkat global menunjukkan respons kenaikan. Sayangnya, Lukman tidak memberikan keterangan detail apakah pengapalan tersebut berbanding lurus dengan hasil penjualan Nokia Lumia di Indonesia atau tidak.

''Itu responsnya tidak berbeda dengan tren global, tiap kuartal pertumbuhan Nokia Global sampai 100 persen,'' kata Lukman.

Karena itu, Nokia tetap akan mengandalkan seri Asha dan Lumia untuk beberapa waktu yang akan datang. Bagaimana pun, Lumia merupakan ponsel yang mendukung pertumbuhan Windows Phone. Bagi Nokia, hal itu sangat penting. Terutama Windows 8 akan segera muncul.

Nokia sendiri sudah mempersiapkan langkah baru untuk mempromosikan seri Lumia. Salah satunya dengan membangun ekosistem aplikasi Windows Phone. Sejak Februari lalu, jumlah aplikasi yang ada di Nokia Indonesia naik menjadi lebih dari 100 ribu aplikasi.

Langkah teranyar, Nokia sudah mempersiapkan Lumia 900 edisi Batman yang cuma tersedia 200 unit di Indonesia. Harganya tergolong premium, yaitu sekitar Rp. 5.999.000.

via Nokia Presscon


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version