Remote Kamera Mempermudah Fotografer Ambil Foto Olimpiade
2012-07-30 12:53:39
Oleh Husodo
1
2527

Foto udara adalah sebuah keharusan untuk menangkap gambar-gambar Olimpiade. Sejak Olimpiade Beijing 2008, para fotografer kini sudah mendapatkan gambar-gambar tersebut. Foto dengan pemandangan keseluruhan, pemandangan ala mata burung (bird's eye) dan pemandangan dari atap stadion.


Untuk alasan keamanan, panitia Olimpiade mengingatkan bahwa tidak boleh ada fotografer yang ditempatkan di atas atap stadion. Untuk menyiasati hal tersebut, AFP (Agence France-Presse), salah satu news agency internasional membuat sebuah sistem yang dikenal dengan remote-controlled photography.

Selama lebih dari 18 bulan, AFP bekerjasama dengan Nikon dan sepesialis robot MRMC membuat perangkat yang akan digunakan pada Olimpiade London 2012. 'Di dunia fotografi, robot adalah semacam hal yang baru tahun ini,' kata Francois-Xavier Marit, chief editor technical AFP.

Pada Olimpiade London 2012, tim dari AFP meyiapkan 10 robot di atap stadion, termasuk dua yang bisa bergerak. Robot yang disiapkan untuk mengambil foto melalui udara memiliki dua buah kamera yang bisa mengambil sudut sangat luas. Dengan rntang zoom 16mm hingga 400mm dan tiga buah sudut putar.

via AFP Blog


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version