Apple: Google Telah Ingatkan Samsung Perihal Kemiripan Desain Produknya dengan iPhone dan iPad
2012-07-29 03:36:30
Oleh Hamdan
92
8657

Setelah sebelumnya diperoleh informasi dari Samsung yang menyebutkan bahwa desain iPhone diambil dari inspirasi Sony, kini giliran Apple yang menyiapkan argumen balasan. Menurut sebuah dokumen milik Apple yang diperoleh AllThingsD, Samsung diketahui telah diperingatkan beberapa kali agar tidak terlalu mencontoh desain Apple. Salah satu yang memperingatkan hal tersebut adalah pihak Google sendiri.

Di tahun 2010, Google melihat bahwa tablet Samsung P1 (Galaxy Tab) dan P3 (Galaxy Tab 10.1) dianggap terlalu mirip dengan iPad. Google meminta agar desain kedua produk bisa dibedakan dengan jelas jika dibandingkan langsung dengan iPad, sejak dari desain bagian depan.

Hal lain yang menarik adalah adanya catatan dari bagian desain produk Samsung sendiri di tahun 2011. Bagian ini disebutkan menyesali keputusan yang membuat desain Galaxy S terlalu mirip dengan model iPhone generasi yang lalu. Kemiripan ini disebutkan sedemikian dekat sehingga seorang pembeli bisa bingung membedakan Galaxy S dan iPhone karena keduanya tak akan nampak berbeda jika logo yang menunjukkan perbedaan merk keduanya ditutup.


Laporan lain dari The Verge juga menyebutkan bahwa Samsung begitu ingin untuk mengalahkan Apple sehingga mereka membuat tujuan internal di tahun 2012 untuk mewujudkan hal tersebut. Dari dokumen awal juga diketahui bahwa Samsung telah secara khusus meminta dibuatkan fitur seperti efek memantul seperti pada iOS dan penggulungan halaman di dalam browser.

Ditemukan juga dalam salah satu catatan Samsung di tahun 2011 yang menyebutkan bahwa mereka telah mengalihkan perhatian dari Nokia kepada Apple sebagai pesaing utama mereka dan mengatakan bahwa antarmuka pengguna milik Samsung jika dibandingkan dengan Apple terlihat seperti bumi dan langit.


Satu hal lagi yang dapat dijadikan bukti melawan Samsung adalah adanya sebuah dokumen yang mengatakan bahwa 7 dari 30 orang yang mengembalikan tablet Samsung di toko-toko BestBuy menyebutkan alasan bahwa mereka berpikir bahwa produk tablet Samsung yang mereka beli adalah iPad. Ini seakan membuktikan tuduhan Apple dalam gugatannya kepada Samsung.

via GSMArena, AllThingsD



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version