Samsung: Desain iPhone Dibuat Berdasarkan Konsep dari Sony di Tahun 2006
2012-07-26 21:26:00
Oleh Hamdan
268
19481

Sebuah argumen baru kembali dikemukakan oleh Samsung dalam perkaranya dengan Apple. Menurut wakil Samsung, desain iPhone milik Apple bukanlah karya orisinil namun merupakan produk turunan, sama seperti tuduhan yang dilontarkan Apple kepada Samsung sebagai penjiplak.

Dasar argumen ini ada di tahun 2006 saat sebuah wawancara antara Businessweek dan desainer produk Sony, Takashi Ashida dan Yujin Morisawa. Menurut Samsung, artikel tersebutlah yang menjadi arah desain iPhone pertama kali. Dokumen ini disebarkan secara internal oleh Senior Vice President Apple, Tony Fadell kepada CEO Steve Jobs dan Jony Ive. Dari poin tersebut maka terciptalah gambaran awal dari perangkat tersebut.

Desainer Apple setelah membaca artikel tersebut kemudian menyiapkan desain 'mirip Sony' untuk produk mereka. Gambar tersebut bahkan mencantumkan nama Sony di bagian belakang, seperti yang ditemukan dalam dokumen internal Apple.

Produk dengan desain mirip kemudian diluncurkan Sony dalam produknya yaitu Walkman NW-A1200. Desainnya tidak banyak ornamen atau polos, tanpa tombol dan hanya layar. Dari situlah, menurut Samsung, desainer Apple kemudian membuat purwarupa seperti gambar dan menjadi desain final iPhone.


Argumen ini digunakan Samsung untuk menunjukkan bahwa klaim Apple yang menuduh Samsung menyontek mentah-mentah desain iPhone adalah tidak benar. Ini karena iPhone sendiri mencontoh gaya Sony dalam desain iPhone mereka, sehingga iPhone tidak memiliki hak untuk menuduh Samsung meniru produk kerjaan mereka. Tim legal Samsung menyatakannya dalam sebuah kalimat bahwa Samsung menggunakan konsep desain yang sama dengan yang disebutkan Sony dan berada di ranah publik. Konsep desain ini kemudian dipakai Apple dari pesaingnya termasuk Sony, yang digunakan untuk mengembangkan iPhone.

via AllThingsD



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version