Nokia Rampungkan Pembelian Scalado, Siap Rekam Memori dan Emosi dalam Gambar
2012-07-24 20:52:35
Oleh Hamdan
35
2545

Nokia baru saja merilis pengumuman mengenai rampungnya proses akuisisi Scalado. Pembelian ini termasuk paket teknologi, pengembang, dan kekayaan intelektual yang dimiliki Scalado.

Pembelian ini dinilai akan menguatkan posisi Nokia di segmen ponsel kamera. Menurut Samuli Hanninen, VP Software program management Nokia, revolusi gambar akan sekali lagi dilakukan oleh Nokia setelah teknologi PureView. Nokia berambisi agar ponsel bisa merekam emosi dan menyaring memori yang disimpan dengan cakupan yang lebih luas daripada apa yang bisa dilakukan oleh kamera saat ini.

Salah satu contoh yang disebutkan adalah foto bisa diperkaya dengan data kontekstual, sehingga mengenali siapa, apa, dimana, dan kapan setiap gambar diambil dan menggunakannya dengan cerdas. Dengan demikian ponsel kamera bisa membuat gambar yang menawarkan cara baru untuk mengingat memori pemakainya.

Perekaman memori juga bisa dirubah sehingga setiap momen bisa diambil ulang. Foto lama bisa diambil kembali dalam sudut lain dan berbeda, tanpa merusak yang sudah ada. Sebagai contoh disebutkan misalnya merekam matahari tenggelam yang tertutup gambarnya karena pundak seseorang (pacar).

Staf dari Scalado akan membuat pusat pengolah gambar canggih di Lund, Swedia bersama staf Nokia dari Tampere dan Espoo yang menelurkan teknologi PureView. Tim Lund akan fokus ke perangkat lunak yang akan menyempurnakan teknologi perangkat keras dari tim Finlandia.


Apakah Nokia akan semakin memimpin di sektor ponsel kamera di tahun-tahun mendatang dengan kehadiran Scalado?

via Nokia Conversations



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version