Radiasi iPhone Tiga Kali Lipat Galaxy S III
2012-07-21 20:16:56
51
10681

Masalah mengenai radiasi ponsel sempat heboh beberapa waktu lalu karena dikabarkan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti tumor dan kanker. Bahkan badan regulasi di San Francisco, Amerika sempat membuat peraturan kalau pembuat ponsel harus menjelaskan secara spesifik jumlah angka radiasi yang dipancarkan bagi setiap model ponsel yang dijualnya.

Peraturan tersebut kini telah ditarik karena belum ada bukti yang otentik mengenai seberapa besar radiasi perangkat elektronik dapat mempengaruhi tubuh manusia, namun tetap menyisakan sejumlah ketakutan/kekhawatiran bagi sebagian orang. Sebenarnya ada batasan radiasi yang dapat diterima dengan aman oleh manusia, pada intinya ponsel yang semakin kecil radiasi-nya akan lebih baik ketimbang ponsel dengan radiasi yang besar.

Belum lama ini salah satu perusahaan bernama tawkon mengeluarkan paparan infograph mengenai jumlah radiasi yang dipancarkan oleh berbagai ponsel yang berbeda. Menurut Tawkon, iPhone besutan Apple memiliki pancaran radiasi yang tiga kali lebih banyak bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S III.

Ada beberapa aplikasi pengukur tingkat radiasi yang bisa digunakan untuk mengetahui pancaran radiasi pada ponsel anda. Untuk perangkat Apple sendiri, aplikasi sejenis sudah pernah ada beberapa waktu lalu hingga Apple menghapus aplikasi tersebut dari toko aplikasinya. Kabar baiknya adalah aplikasi pengukur radiasi masih dapat dicari di Google Play Store sehingga pengguna Android dapat diperingkatkan kalau radiasi pada ponselnya sudah diambang batas. Aplikasi ini tersedia gratis dan dapat diunduh bagi pengguna Android versi 2.1 dan diatasnya.


via phonearena


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version