Samsung Menang Atas Apple di Inggris, Hakim Nilai Galaxy Tab tak Sekeren iPad
2012-07-10 02:44:22
Oleh Hamdan
33
4648

Samsung dikabarkan telah memenangkan putusan hukum di Inggris setelah hakim menganggap bahwa tablet seri Galaxy tidak tampak cukup keren sehingga tidak bisa dibandingkan dengan Apple iPad.

Menurut hakim Colin Birss di pengadilan London, desain dari ketiga tablet Galaxy tidak melanggar desain yang dipatenkan Apple dan konsumen sepertinya tidak akan bingung untuk menentukan tablet yang disukainya. Birss mengatakan bahwa ketiga tablet seri Galaxy tersebut tidak memiliki prinsip desain Apple yang simpel dan bersahaja. Hakim selanjutnya mengatakan bahwa ketiganya tidak terlihat sekeren (iPad).

Atas putusan ini Samsung mengatakan bahwa putusan tersebut menegaskan posisinya bahwa Galaxy tidak melanggar hak desain Apple. Samsung juga mengatakan bahwa jika Apple terus-terusan menggunakan upaya hukum berlebihan di negara lain dengan dasar desain umum tersebut maka industri inovasi akan terganggu dan pilihan konsumen akan menjadi terbatas.


Perwakilan Apple bernama Alan Hely menyatakan bahwa bukanlah tidak disengaja jika produk terbaru Samsung memiliki banyak kemiripan dengan iPhone dan iPad. Selanjutnya dikatakan bahwa penjiplakan ini merupakan perbuatan yang salah dan seperti yang sudah pernah dikemukakan sebelumnya, mereka perlu mempertahankan hak atas kekayaan intelektual milik Apple.

Dalam pengadilan di Inggris ini, Samsung meminta pengadilan memutuskan bahwa tablet Galaxy tidak terlalu mirip dengan produk yang dibuat oleh Steve Jobs dan Jonathan Ive, ketua desain Apple. Apple sendiri mengajukan klaim sebaliknya yaitu kedua produk memiliki banyak kemiripan. Putusan hakim menyatakan bahwa produk Samsung berbeda karena lebih tebal dan memiliki detail tidak biasa di bagian belakang. Hakim selanjutnya memberikan waktu 21 hari bagi Apple untuk mengajukan banding.

via Bloomberg



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version