Facebook Tutup API Face.com, Pengembang Pihak Ketiga Kebingungan
2012-07-08 19:01:40
Oleh Hamdan
7
2555

Setelah dibeli Facebook bulan lalu, situs Face.com mengumumkan akan menutup API (application programming interface - antarmuka pemrograman aplikasi) pengenal wajah miliknya dalam waktu 30 hari mendatang. Langkah ini sebenarnya biasa dilakukan namun para pengembang pihak ketiga merasa kecewa karena dengan demikian Face.com mengingkari janjinya yang mengatakan akan terus mendukung mereka.

Pemberitahuan kepada pengembang pihak ketiga ini dikirimkan dalam email. Dikatakan oleh Face.com bahwa mereka senang untuk bekerja dengan semua rekan di Facebook. Salah satu bagian dari proses penggabungan ini adalah penutupan produk dan layanan lain yang tidak bisa didukung, termasuk API untuk pengembang Face.com.

Ini sangat berbeda dengan pernyataan saat Facebook membeli Face.com tanggal 18 Juni kemarin. Dalam pernyataan resmi setelah pembelian dikatakan bahwa mereka berencana untuk terus mendukung komunitas pengembang yang ada.

Jumlah pengembang Face.com diperkirakan berjumlah puluhan ribu. Mereka memanfaatkan API yang disediakan dengan memakai token pengembang yang dimulai sejak tahun 2010 lalu.

Beberapa pengembang mengungkapkan kekesalannya di Twitter. Ada pengembang yang kebingungan, ada yang meratapi pengembangan aplikasi berbulan-bulan mereka yang sekarang tidak berguna lagi. Ada juga yang mengatakan akan menutup akun mereka di Facebook sebagai tanda protes mereka atas langkah ini.

Facebook Tutup API Face.com, Pengembang Pihak Ketiga Kebingungan News Gallery

Meski begitu, Face.com terlihat memberi sedikit harapan. Mereka mengatakan bahwa mereka berharap bisa berinteraksi dengan komunitas pengembang di masa mendatang dalam bagian jaringan pengembang Facebook. Face.com tampaknya juga fleksibel dalam rencana penutupan ini. Menurut James Mundy, seorang pengembang, dirinya memperoleh kelonggaran hingga bulan Oktober untuk menemukan alternatif Face.com.

via The Next Web



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version