Android 4.1 Jelly Bean Diperkenalkan: Selamat Tinggal Lag, dan Berbagai Fitur Baru
2012-06-28 10:46:32
57
11551

Di event Google I/O hari ini, Google secara resmi meluncurkan OS barunya Android 4.1 Jelly Bean bersamaan dengan tablet Nexus 7. Meskipun evolusi dari ICS ke JB tidak memiliki perubahan sebanyak Gingerbread ke ICS, namun tetap menandakan perbaikan yang penting bagi Android itu sendiri.

Project Butter

Salah satu fitur terbesarnya adalah Project Butter, sebuah usaha yang sangat dalam oleh Google untuk memperbaiki performa dan waktu respons perangkat Android. Keseluruhan sistem berjalan di framerate 60 frame per detik sekarang, dan meskipun perbedaan tingkat milidetik ini kedengaran tidak penting, pastinya akan sangat terasa dalam pemakaian sehari-hari, apalagi jika Anda menjalankan Jelly Bean ke sebuah perangkat ICS, animasi akan lebih smooth dan cepat, serta respons perangkat dalam menangani input sentuhan akan terasa lebih cepat.

Home Screen

Home screen juga diberikan tweak, ditambahkan beberapa fitur baru seperti widget yang ukurannya berubah secara dinamis. Jika di layar Home ada ruang tersedia namun ikon apps Anda menghalangi jalan, widget akan mendorong mereka secara otomatis ke bagian sudut. Apps dan widget juga dapat disingkirkan dengan menjentikkan mereka keluar dari layar.

Kamera

Aplikasi kamera yang kemampuannya ditingkatkan di ICS (zero shutter lag) kembali ditingkatkan di Jelly Bean. Kini galeri sangat terintegrasi, memungkinkan Anda untuk dengan cepat melihat foto yang baru diambil dengan sapuan ke kiri. Anda dapat melakukan pinch to zoom untuk melihat seluruh foto dalam mode filmstrip.

Menghapus foto kini lebih mudah dengan menyapu gambar ke luar layar dan jika Anda secara tidak sengaja menghapus sebuah fotp, sebuah ketukan di tombol undo akan menghadirkan kembali foto tersebut. Foto dapat dibagikan melalui Google Beam serta pairing dengan Bluetooth dibantu oleh teknologi NFC.

Sistem Notifikasi

Satu yang paling berkesan adalah update ke sistem notifikasi yang sebenarnya di ICS pun sudah cukup bagus. Jika ada MMS muncul Anda apat melihat gambar dalam ukuran penuh tanpa meninggalkan area notifikasi. Anda bahkan dapat melakukan +1 di sebuah notifikasi dan gambar dari Google+. Pada dasarnya Google telah mengkombinasikan sistem notifikasi terbaik yang sangat interaktif dan inbox yang terpadu.

Fungsi Pencarian

Google Now dan fungsi pencarian yang diperbaiki juga merupakan salah satu update terbaik. Google Now memiliki antarmuka yang benar-benar baru dan akan merespon pertanyaan Anda dalam gabungan suara manusia yang impresif. Desain baru ini mempersonalisasikan hasil pencarian Anda berdasarkan histori pencarian pribadi Anda. Google Now kini cukup cerdas untuk mengetahui kapan Anda tiba di pemberhentian bis, atau memperingatkan jadwal penerbangan Anda yang di delay. Bahkan aplikasi ini akan memonitor kalender Anda dan memberitahu Anda untuk segera meninggalkan lokasi untuk berangkat ke tujuan Anda berikutnya. Singkatnya, Google tahu segalanya.

Jelly Bean akan tiba di perangkat Galaxy Nexus, Nexus S dan Motorola Xoom pertengahan Juli nanti, bersamaan dengan kode open source. Sedangkan para pengembang sudah bisa mencoba SDK-nya sekarang juga.

via Engadget


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version