Hakim Posner Putuskan Kasus Apple vs Motorola Dibatalkan
2012-06-24 05:00:01
Oleh Hamdan
7
2150

Kasus saling gugat antara Apple dan Motorola akhirnya selesai diputuskan pengadilan. Hakim Richard Posner dari pengadilan Federal akhirnya memutuskan bahwa kasus Apple vs Motorola akan dibatalkan keseluruhannya. Sebelumnya pada saat hearing awal Juni lalu hakim sudah memberikan pandangan bahwa kasus ini tidak akan dapat berlanjut.

Kasus ini bermula dari gugatan Apple kepada Motorola di tahun 2010 lalu yang menuduh pihak Motorola telah melanggar empat paten miliknya. Setelah itu Motorola mengugat balik Apple dengan tuduhan bahwa Apple telah melanggar satu paten miliknya terkait komunikasi seluler.

Pengadilan menutup kasus ini dengan alasan yang sama dengan yang dikemukakan pada saat hearing di awal Juni lalu. Menurut hakim, pihak Apple dan Motorola tidak bisa membuktikan bahwa ada kerugian yang timbul secara nyata atas gugatan pelanggaran paten ini dan oleh karena itu tidak akan ada pelarangan penjualan atas produk apapun yang terlibat di dalamnya.

Bagi Motorola, keputusan hakim ini membawa berkah karena mereka hanya mengandalkan satu paten untuk menggugat yang menurut klaim Apple tidak begitu dipakai di lapangan. Jika sampai Apple menang karena memiliki empat paten untuk diargumentasikan, maka Motorola akan menghadapi pelarangan produk besar-besaran sampai dapat mengatasi klaim Apple tersebut.

Putusan akhir sepanjang 38 halaman dari hakim Posner menunjukkan bahwa Posner kecewa karena Apple dan Motorola tidak bisa memberikan angka pasti berapa jumlah kerugian yang ditimbulkan atas pelanggaran paten ini. Menurut hakim, kedua pihak punya uang banyak namun keduanya tidak mengakui bahwa kerugian atas pelanggaran ini tidak bisa diestimasikan secara pasti dengan baik.

Apple diperkirakan akan mengajukan banding ke pengadilan yang lebih tinggi. Sementara itu Motorola mengatakan bahwa mereka senang hakim Posner telah secara formal membatalkan kasus melawan Motorola Mobility ini. Gugatan Apple berawal dengan 15 paten melawan pihak Motorola dan karena hal tersebut berhubungan dengan pelanggaran Apple atas paten mereka maka mereka akan terus berjuang untuk mempertahankan inovasi mereka yang dipatenkan tersebut.

via The Verge



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version