Dikritik Pendiri Linux, Ini Jawaban Nvidia
2012-06-20 14:30:33
Oleh Husodo
14
4767

Linus Torvalds, perintis pengembang Kernel Linux menyampaikan kritiknya terhadap NVIDIA beberapa waktu lalu. Ia mengkritik NVIDIA karena belum merilis dukungan resmi untuk Linux pada teknologi Optimus di notebook.

Dalam sebuah seminar diskusi di Universitas Aalto, Finlandia, secara spontan ia mengacungkan jari tengah ketika ditanya pendapatnya mengenai Nvidia. Sontak tingkahnya disambut tawa dan tepuk tangan dari peserta yang hadir.

Menanggapi kritik tersebut, NVIDIA menjawabnya sebagai berikut:

Mendukung Linux merupakan hal penting bagi NVIDIA, dan kami mengerti bahwa ada banyak orang yang senang dengan Linux karena open source.

Baru-baru ini ada beberapa pertanyaan yang diajukan tentang kurangnya kami mendukung teknologi Optimus di notebook. Ketika kami meluncurkan teknologi Optimus notebook, ini hanya mendukung Windows 7. Komunitas open source berkumpul untuk mengatasi ini dengan dukungan dari Bumblebee Open Source Project http://bumblebee-project.org. Dan sebagai hasilnya, kami baru saja membuat perubahan installer dan readme di driver R295 kami, perubahan ini dirancang untuk membuat interaksi dengan Bumblebee menjadi lebih mudah.

Meski kami memahami bahwa beberapa orang akan memilih kami untuk menyediakan sendiri dokumentasi rinci tentang semua internal GPU, atau meminta agar lebih aktif dalam diskusi pengembangan kernel komunitas Linux. Kami telah membuat keputusan untuk mendukung Linux pada GPU kami dengan memanfaatkan kode umum NVIDIA, bukan infrastruktur umum di Linux. Hal ini mungkin tidak menyenangkan semua orang, namun kami tetap memberikan pengalaman GPU paling konsisten kepada pelanggan kami, terlepas dari platform maupun sistem operasi.

via Phoronix


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version