Tablet Surface Diumumkan, Asli Buatan Microsoft
2012-06-19 07:49:18
Oleh Hamdan
52
6141

Acara Microsoft tanggal 18 telah berlangsung. Dalam acara ini yang berlangsung di Hollywood California ini Microsoft mengumumkan jajaran baru tablet Microsoft Surface, yang disebut sebagai sebuah keluarga baru perangkat komputasi. Ada dua varian yang akan dibuat yaitu Surface dengan Windows RT dan Windows 8 Pro.

Tablet Surface pertama memiliki ketebalan 9,3 milimeter dan bobot 1,5 pound, hanya 0,1 mm lebih tebal dari iPad serta 0,06 pound lebih berat. Surface memiliki casing dari magnesium dan Microsoft menyebut Surface sebagai PC utuh. Tablet ini memiliki layar Gorilla Glass dan penyangga. Selain itu juga ada cover magnetik yang mirip Apple Smart Cover untuk iPad, namun memiliki papan ketik multisentuh di bagian dalamnya.


Mircosoft juga menunjukkan Surface Windows 8 Pro dengan stilus. Pena stilus ini secara magnetik tertambat pada sisi tablet yang memungkinkan masukan di layar sementara menolak masukan sentuhan sehingga mencegah input tak sengaja. Pena digital ini memiliki kerapatan 600 dpi.


Belum ada informasi harganya namun Microsoft mengatakan bahwa produk akan dirilis dengan harga yang bersaing dengan PC ultrabook Intel atau tablet ARM. Para rekanan juga dikatakan memiliki variasi harga dan fitur antara versi Windows 8 dan Windows RT.

Surface versi RT akan tersedia bersamaan dengan rilis Windows 8 sedangkan versi Pro akan tersedia 90 hari kemudian. Keduanya tersedia di toko Microsoft Stores dan toko Microsoft Stores online yang dipilih.


Versi RT akan memiliki bobot lebih ringan dan lebih sedikit fitur dan media penyimpan. Sementara versi Pro lebih berat dan lebih tebal dengan resolusi layar lebih tinggi. Media penyimpan maksimum yang disediakan hingga 128GB.

Ballmer dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa hari ini adalah hari bersejarah untuk Windows 8 sebagaimana Bill Gates dan Paul Allen menciptakan software. Dengan produk ini Microsoft menunjukkan bahwa pihaknya memiliki keahlian tidak hanya di perangkat lunak namun hingga perangkat keras. Namun Microsoft tetap menekankan pentingnya kemitraan dengan rekanan hardware termasuk mereka yang berniat merilis tablet berbasis Windows 8.

Microsoft juga menyiapkan acara lain di akhir pekan nanti. Pada acara yang akan digelar di San Francisco tersebut diprediksi akan berfokus pada Windows Phone dengan kemungkinan adanya pratayang Windows Phone 8.

via The Next Web



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version