Samsung dan Apple Menguasai 90 Persen dari Total Keuntungan Industri Smartphone
2012-06-16 07:30:01
557
12359

Meskipun pasar smartphone mengalami pertumbuhan pesat sebanyak 41 persen dari tahun ke tahun, hanya 2 vendor yang benar-benar menikmati pertumbuhan tersebut yakni Samsung dan Apple. Menurut periset pasar, ABI, berdua mereka menguasai 55 persen pengapalan smartphone secara global di kuartal pertama tahun ini dan menikmati 90 persen dari keuntungan yang ada di industri smartphone.

Yang cukup mengejutkan, Samsung dan Sony merupakan dua OEM yang menikmati pertumbuhan secara berkesinambungan dalam hal pengapalan. Yang lebih mengejutkan dalam hal pertumbuhan RIM melewati Nokia, meskipun sama-sama mengalami penurunan di pengapalan, RIM 20 persen dan Nokia 40 persen.

Di kuartal pertama 2012, Samsung ada di posisi teratas dengan 43 juta pengapalan, diikuti Apple dengan angka 35 juta, Nokia (11,9 juta), RIM (11,1 juta), Sony (7 juta), dan Huawei (6,8 juta).

Nokia harus berjuang keras akhir-akhir ini, setelah melepas Symbian dan sedang dalam masa transisi ke sistem operasi mobile Microsoft Windows Phone. Pun demikian yang terjadi dengan RIM, berusaha keras untuk bangkit dengan BB10. Senior Analis ABI menyatakan, Tahun ini Nokia dan Windows Phone mereka harus tumbuh sampai 5000% hanya untuk mengimbangi penurunan yang terjadi dalam pengapalan perangkat Symbian.

via Techcrunch


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version