Lagi, Pekerja Foxconn Melakukan Aksi Bunuh Diri
2012-06-15 12:00:01
Oleh Edwin
10
2665

Nama Foxconn kembali muncul di headline berita karena salah satu pekerja mereka melakukan aksi bunuh diri, lagi. Ini merupakan kejadian kali pertama di tahun 2012. Kasus ini sedang diinvestigasi oleh pihak yang berwenang, dan dikatakan pekerja yang berumur 23 tahun ini baru bekerja di pabrik Foxconn selama satu bulan.

Selain merupakan kejadian bunuh diri pertama di tahun 2012, kasus ini juga kasus pertama Foxconn sejak mulai bekerjasama dengan klien-klien asal negeri Paman Sam, dimana tercatat nama-nama perusahaan besar seperti Microsoft dan Dell.

Apple, sebagai klien terbesar pernah mengirim tim investigasi untuk melihat kondisi pabrik di Cina tersebut yang dikatakan tidak manusiawi.

Foxconn mempekerjakan lebih dari 1,2 juta orang dengan diberikan berbagai fasilitas seperti mall, fasilitas olahraga dan hiburan, bersamaan dengan semacam asrama agar para pekerja tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk ke tempat kerja mereka.

Banyak pekerja yang melihat diri mereka sendiri sebagai pekerja sementara di Foxconn untuk dapat melarikan diri dari taraf hidup pedesaan dan pindah ke taraf hidup menegah sehingga dapat membantu keluarga mereka. Namun tampaknya mereka harus memiliki mental yang lebih kuat untuk dapat bertahan bekerja dengan Foxconn dan mewujudkan impian mereka.

via macnn


Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version