Digosipkan Dibeli Samsung, Saham Nokia Naik 6%
2012-06-09 19:24:23
Oleh Hamdan
38
4841

Harga saham Nokia di Finlandia dilaporkan melonjak 6% pada hari Jumat lalu karena munculnya rumor bahwa perusahaan akan memperoleh tawaran pembelian dari Samsung. Rumor ini bukanlah yang pertama karena tahun lalu di hari yang sama kabar tersebut sempat berhembus.

Namun demikian, berbeda dari tahun lalu, saat ini posisi Nokia lebih rendah yaitu hanya bernilai 11 miliar dolar, jauh di bawah nilai Nokia saat tahun lalu yang mencapai 24 miliar dolar. Penurunan ini terjadi salah satunya karena faktor penurunan harga saham yang mencapai 40% dalam tiga bulan terakhir.

Koran Dagens dari Swedia melaporkan bahwa Samsung menawarkan untuk membeli saham Nokia dengan harga 4 euro per lembar. Harga ini 70% lebih tinggi daripada harga saham di bursa saham dan akan menjadikan Nokia bernilai 18,7 miliar dolar.

Pihak Samsung sendiri saat ini diperkirakan sedang menikmati pendapatan besar karena adanya pemesanan hingga 9 juta unit Samsung Galaxy S III di seluruh dunia. Menurut analis dari Ovum bernama Nick Dillon, jika Samsung membeli Nokia maka bukan pasar yang diincar tetapi lebih ke portofolio paten dan fasilitas manufaktur. Namun begitu kompleksitas penggabungan bisa menjadi kendala. Sementara itu pihak Nokia sendiri menolak berkomentar atas rumor ini.


Banyak analis percaya bahwa Microsoft lebih cocok untuk membeli Nokia karena telah adanya jalinan kemitraan di antara kedua perusahaan tersebut melalui Windows Phone. Salah satu produk andalan Nokia adalah Lumia 900 yang merupakan ponsel Windows Phone. Jika Microsoft membeli Nokia, maka persaingan raksasa ponsel bisa saja akan berubah dan menggoyang dominasi Google dan Apple saat ini.

via Phone Arena



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version