Android Kuasai China, iPhone Baru Kurang Dilirik
2012-04-15 21:15:45
Oleh Hamdan
21
4239

Berdasarkan laporan dari sebuah firma yang berada di Beijing yaitu Analysys International, pangsa Android di China tumbuh lebih dari dua kali lipat pada tahun 2011. Pada tahun 2010, Android memiliki pangsa 33,6% sementara di akhir 2011 pangsanya menjadi 68,4%.

Angka ini jauh di atas pangsa platform mobile lain. Symbian berada di peringkat kedua dengan 18,7% sementara iOS menguasai pangsa 5,7%. Windows Phone berada di tempat keempat dengan pangsa 1,2% sedangkan BlackBerry hanya 0,1%.

Android populer di China karena handsetnya lebih terjangkau daripada iPhone. Situs MotleyFool.com yang bergerak di bidang investasi menjelaskan bahwa Google mengambil keuntungan dari adanya handset berbiaya rendah seperti dari Samsung, HTC, dan Huawei. Harga iPhone yang tinggi mengakibatkan Apple susah menyasar pasar kelas medium dan kelas bawah, demikian menurut Fool.


Faktor lain yang membuat iPhone terbaru kurang diminati adalah konsep mianzi. Mianzi berarti reputasi atau muka, yang menganggap iPhone sebagai simbol status seseorang sehingga meningkatkan reputasinya. Akan tetapi karena iPhone 4S terlihat sama dengan iPhone 4, maka orang menganggap produk baru tersebut tidak akan meningkatkan wibawa sehingga orang tidak berminat untuk mengganti iPhone 4 ke iPhone 4S.

via Android Central



Jika Anda mengalami kesulitan mengakses komentar, kunjungi TeknoUp Mobile version