Motorola Fire XT530
"Android Modis Berfitur Lengkap yang Terjangkau"
Ditulis oleh Edwin pada 25 Apr 2012 (943 days ago)
Nilai Editor: 9.1
Komentar Editor:
Ponsel Android Motorola dengan performa yang baik serta fitur yang lengkap, namun tidak menguras kantong.

Kehadiran ponsel-ponsel Android memang semakin marak saja. Range harga yang ditawarkanpun sangat luas dari yang sejutaan hingga mencapai enam jutaan. Kini sebuah vendor asal Amerika ingin mencoba peruntungannya di ponsel Android kelas entry level. Setelah kemarin kami melakukan review salah satu ponsel Motorola Android di entry level Motorola Fire, kini kami kedatangan sebuah seri lain yang memiliki tampilan full touchscreen yaitu Motorola Fire XT530.

Motorola Fire XT ini dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar 1,4 jutaan saja. Apakah ponsel yang memiliki desain modis dan tipis ini memiliki performa yang sesuai dengan harga yang dibanderolnya? Silahkan baca review kami dibawah ini.

Spesifikasi utama

  • GSM Quad Band (1800/1900/850/900) HSDPA 7,2 Mbps (900 / 2100)
  • Layar sentuh kapasitif TFT 3.5 inci (320 x 480 piksel) (~165 ppi)
  • Prosesor ARM v6 800MHz Adreno 200
  • Android 2.3 Gingerbread
  • RAM 512 MB, ROM 512 MB (Yang dapat digunakan sekitar 60 MB)
  • Kamera belakang 5MP , (2592x1936 piksel) autofokus, LED flash
  • Kamera depan VGA
  • Baterai Lithium Ion 1540 mAh


Isi Paket Pembelian

  • Handset Motorola Fire XT
  • Charger
  • Handsfree
  • Kabel data
  • Micro SD 2GB
  • Manual
  • Kartu Garansi



Desain dan Bodi
Motorola Fire XT memiliki desain bodi yang bergaya, nyaman digenggam dan memiliki ketebalan bodi yang cukup tipis. Saat ini Motorola Fire XT hanya memiliki satu pilihan warna yaitu Dark Titanium Gray. Motorola Fire XT memiliki dimensi 114 x 62 x 12 mm dengan bobot sebesar 114 gram saja. Bahan yang digunakan hampir semua terbuat dari plastik.



Untuk bagian cover belakang terbuat dari material plastik yang dilapisi dengan karet sehingga membuat ponsel ini lebih terasa mantap dan tidak licin ketika digenggam. Penggunaan lapisan karet ini juga mengurangi tertempelnya bercak jari pada bodi ponsel. Disekeliling ponsel juga diberikan frame krom yang menambah cita rasa elegan. Tapi sayang frame krom ini terletak agak dalam sehingga tidak terlalu terlihat baik dari sisi depan maupun belakang.




Pada bagian muka terdapat earpiece, kamera beresolusi VGA, sensor proximity dan ambient light, layar 3.5 inci, 4 tombol fungsi Android berjenis kapasitif, serta sebuah mic. Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 5MP yang ditemani LED flash serta kehadiran speaker dibagian bawah. Untuk bagian sisi kiri ponsel terdapat tombol volume dan tombol kamera. Dibagian kanan ponsel terdapat port micro USB. Bagian atas ponsel terdapat port headset 3.5mm dan tombol lock/power. Untuk bagian bawah polos saja, tidak terdapat apa-apa.

Dengan resolusi layar HVGA (320x480 piksel) sebesar 3.5 inci, tampilan layar Motorola Fire XT ini terlihat cukup halus memanjakan mata anda. Tapi sepenglihatan kami, tampilan layarnya agak sedikit kurang cerah, sehingga tampilan agak terlihat kusam. Namun kualitas layar Motorola Fire XT ini lebih baik dari layar Motorola Fire.



Antar Muka
Sama seperti saudaranya, Motorola Fire XT menggunakan antar muka Moto Switch. Kelebihan dari antar muka Moto Switch adalah anda dapat mengubah tampilan homescreen baik wallpaper, widget, atau posisi ikon-ikon di homescreen layaknya mengganti profil suara, sesuai dengan lingkungan atau kondisi mood anda. Terdapat empat pilihan mode antar muka yang dapat dikustomisasi seperti default, business, entertaiment, personal.


Homescreen memuat lima halaman saja tidak dapat ditambah maupun dikurangi, yang dapat diisi dengan berbagai item seperti shortcut, widget, folder, atau mengganti wallpaper. Dengan menahan tombol menu dikanan bawah akan ditampilkan overview dari tampilan halaman-halaman homescreen. Untuk tampillan jendela notifikasi tampil sederhana, tanpa kehadiran pilihan konektivitas. Jika menahan tombol home maka akan menampilkan recent apps yang sudah dibuka sebelumnya.



Menu utama tampil seperti Android Gingerbread Motorola lainnya, ikon-ikon aplikasi berjejer kebawah dan diurutkan berdasarkan abjad dengan ditemani latar belakang berwarna hitam. Anda tidak dapat merubah posisi dari ikon-ikon yang ada, tapi anda dapat membuat kategori baru untuk mengelompokkan kumpulan ikon-ikon menu yang anda inginkan. Ada juga jalan pintas ke Google Play Store di bagian sebelah kanan atas. Secara keseluruhan kami tidak merasakan lag-lag yang mengganggu hanya saja tampilan gerakan-gerakan baik di homescreen atau dimenu utama terlihat memiliki efek hantu/bayangan yang mengikuti, namun hal ini tidak mengganggu performa ponsel.


Motorola Fire XT530 Review Gallery



Input Teks
Tersedia tiga pilihan input pengetikan di Motorola Fire XT ini seperti Moto input, Multi-touch input, dan Swype. Terdapat juga berbagai pengaturan untuk masing-masing metode. Kami tidak menemukan masalah dalam proses pengetikan, respon layar yang baik dan ukuran layar yang tidak terlalu kecil juga mendukung proses pengetikan.





Contacts
Menu contacts terdiri dari empat tab yaitu phone, call log, contacts, dan favorites. Menu contacts ini memiliki isi yang sama dengan menu phone, hanya perbedaan highlight tab saat masuk ke menu tersebut. Untuk menambahkan entri contacts, anda dapat menginputnya secara manual atau mengimpor dari berbagai akun seperti akun gmail atau dari sim card. Anda dapat mengekspor daftar contacts anda ke kartu memori untuk back up.


Motorola Fire XT530 Review Gallery



Messaging
Layaknya menu messaging di Android stock, begitu pula dengan menu messaging di Motorola Fire XT. Tampilannya simpel dengan tombol new message di bagian atas dan tampilan inbox dibawahnya. Untuk mengubah dari SMS ke MMS dengan memasukkan konten multimedia, anda cukup menekan tombol menu dan memilih menu yang bergambar paperclip.


Aplikasi Gmail yang memiliki tampilan khas simple dan mudah digunakan juga selalu hadir di ponsel bersistem operasi Android seperti ponsel Fire XT ini. Seperti biasa aplikasi Gmail mendukung banyak akun, sehingga semua akun anda akan aktif dan akan mendapat notifikasi push jika terkoneksi dengan internet. Untuk layanan email lain seperti yahoo, hotmail, dan lainnya, anda dapat mengaturnya secara manual di menu email.


Sama seperti Gmail, aplikasi pesan instan Talk atau Google Talk merupakan aplikasi pesan instan yang selalu hadir preinstalled di Android. Dan jika anda ingin menggunakan layanan pesan instan lain, mudah saja anda hanya tinggal mengunduh aplikasi yang dimaksud di Google Play.




Kamera

Motorola Fire XT memiliki kamera beresolusi 5 MP (2592x1936 piksel) autofokus ditemani kehadiran LED flash. Antarmuka menu kamera menggunakan tampilan bawaan Android yang memiliki banyak pilihan pengaturan seperti select camera, zoom, flash, white balance, store location, focus mode, picture size, picture quality, color effect, metering mode, anti banding, saturation, contrast, sharpness, brightness, grid, shutter sound, dan restore to default. Saat membuka kamera utama terdengar semacam bunyi klik, namun hal ini dikatakan normal untuk kamera ponsel keluaran Motorola.



Hasil kamera untuk penangkapan gambar dalam ruangan tanpa flash terlihat kurang tajam, meskipun noise tidak terlalu terlihat. Untuk penangkapan gambar luar ruangan, hasil terlihat cukup cerah dan detil. Untuk mengambil fokus sebelum mengambil gambar anda dapat memanfaatkan tombol kamera yang ada di sisi ponsel, karena tombol tersebut merupakan tombol two-step, sehingga anda dapat membidik fokus objek terlebih dahulu yang anda inginkan sebelum mengambil gambar.

Indoor tanpa flash


Indoor dengan flash


Outdoor


Motorola Fire XT530 Review Gallery



Perekam Video

Kamera Motorola Fire XT ini mampu melakukan perekaman video hingga resolusi VGA (640 x 480 piksel) dengan framerate 24fps. Terdapat beberapa menu pengaturan seperti select camera, video quality, white balance, color effect, video encoder, video duration, dan restore to default. Sayangnya untuk perekaman video hanya dibataskan untuk durasi maksimal 30 menit saja. Video akan disimpan dalam format 3GP.



Hasil perekaman video

My Gallery
Menu my gallery memiliki tampilan standar Android yaitu dengan efek 3D serta efek gerakan. Koleksi gambar dan video anda akan tertampil disini berdasarkan folder. Seperti biasa, foto yang sedang anda lihat dapat dilakukan proses editing kecil, berbagi ke berbagai layanan, dan menjadikannya wallpaper atau foto contact. Untuk proses zooming dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu pinch and zoom, tap dua kali dilayar, atau menggunakan tombol zoom.


Motorola Fire XT530 Review Gallery



Pemutar Video
Koleksi video yang anda miliki dapat diputar melalui menu my gallery, karena tidak terdapat menu video player terdedikasi secara default. Antar muka pemutar video standar bawaan Android hanya terdapat tombol backward, play/pause, dan fast forward. Format video yang dapat diputar seperti 3GP, MP4, tapi untuk resolusi 720p keatas tidak mampu diputar.





Pemutar Musik
Motorola Fire XT menggunakan aplikasi connected music player dengan pengintegrasian TuneWiki khas Motorola. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap karena selain mendengarkan lagu yang ada di library, anda juga dapat melakukan streaming radio internet SHOUTcast, melihat clip youtube, komunitas TuneWiki, dan identifikasi lagu oleh SoundHound.



Untuk menu musik, lagu-lagu terbagi dalam empat kategori, yaitu artist, album, songs, dan playlists. Tampilan now playing disuguhkan album art dan lirik (jika terkoneksi ke internet). Terdapat juga fitur seperti send blip (seperti memberikan komentar) yang dapat di share (Twitter, SMS, Email), dan music maps. Informasi now playing hadir di jendela notifikasi yang berfungsi juga untuk jalan pintas ke menu music. Kualitas loudspeaker cukup baik namun untuk volume maksimal keluaran suara terdengar cempreng dan menyakiti telinga.

Motorola Fire XT530 Review Gallery



Radio FM
Seperti biasa anda harus mencolokkan headset terlebih dahulu untuk dapat menikmati siaran stasiun radio kesukaan,karena headset tersebut memiliki fungsi sebagai antena. Terdapat fitur seperti favorites, share (berbagi informasi stasiun radio yang sedang didengarkan), set frequency, mendengarkan via speaker, mute, setting.





Konektivitas

Motorola Fire XT ini berjalan di jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 900/2100 MHz. Jadi tidak menjadi masalah untuk bepergian keluar negeri membawa ponsel ini. Untuk konektivitas lokal terdapat WiFi 802.11b/g/n, a-GPS, Bluetooth v2.1. Terdapat pula pilihan USB tethering dan Mobile WiFi hotspot.

Web Browser
Untuk masalah browser, kami tidak menemukan kendala untuk membuka website TeknoUp versi mobile, untuk versi full-pun dapat dibuka cukup. Untuk konten flash, seperti menonton video via YouTube versi desktop, secara otomatis video tersebut akan diputar menggunakan aplikasi, tidak diputar dihalaman web. Browser di Motorola Fire XT dapat melakukan multitab secara bersamaan hingga 8 tab.


Motorola Fire XT530 Review Gallery



Hasil Benchmark

  • Quadrant Standart: 588 poin
  • AnTuTu Benchmark: 1556 poin
  • Neocore 3D: 47.3 frame per detik
  • Multitouch tester: maksimal 2 sentuhan
  • CamSpeed: 367 ShutterTime, 2026 ImageTime, 1843 FocusTime

Motorola Fire XT530 Review Gallery


Daya Tahan Baterai
Motorola Fire XT dibekali oleh baterai Lithium Ion tipe BF5X berkapasitas 1540 mAh. Ponsel ini diklaim memiliki daya tahan baterai yang baik, dan kenyataannya benar. Dengan layar yang tidak sejernih ponsel di kelas atas. Baterai Motorola Fire XT mampu memberi energi hingga 1,5-2 hari tergantung dari kualitas jaringan dan frekuensi penggunaan.




Kesimpulan

Dengan harga 1,4 jutaan anda akan mendapatkan ponsel Android Gingerbread berdesain modis dengan fitur-fitur yang lengkap, hampir menyamai keberadaan fitur di ponsel kelas atas. Sepertinya Motorola serius untuk mendapatkan hati pengguna di kelas entry level melalui produk Motorola Fire XT ini. Kami rekomendasikan bagi Teknokerz yang ingin memiliki ponsel mumpuni dikelas entry level untuk mencoba ponsel Motorola FireXT, karena performa dibandingkan dengan harga yang dibanderol tidak mengecewakan.

Kelebihan

  • Daya tahan baterai yang baik
  • Kelengkapan fitur
  • Kamera 5MP autofokus, LED flash
  • Harga terjangkau
  • Desain modis dan cukup tipis


Kekurangan

  • Kualitas layar yang kurang baik
  • Memori internal kecil



1. irfana (razr)
hello moto
 via TeknoUp mobile
2. alhydroid (alhydroid)
aq udh bli...ktanya ada yg blng skype gk bsa di
fire xt....punya skype? qik itu apa yah..aq gk
ngerti cara mainnya...punya qik?
 via TeknoUp mobile
3. endimon (endimon)
@alhydroid PAstinya support gan... apalgi ada
fasilitas "qik" Buat video call
4. yudha (yudha)
yang dah punya ne Hp,hasil jepretan kameranya gmn
ne?
minta saran juga donk buat hp android
yang hasil jepretan kameranya mantab yang mana/> (budget 2jt)
5. alhydroid (alhydroid)
Apakah ini udh suport skype??
 via TeknoUp mobile
6. HanezYp (HanezYp)
Nge fans bgt ma hp ini moga gak kehabisan n gak
overprice karena barang langka ^^
 via TeknoUp mobile
7. Rinaldy (rinaldy26)
Coba baca dulu review ini -->
http://rinaldy7.blogspot.com/2012/04/review-dan-ul
asan-lengkap-nokia-lumia.html
 via TeknoUp mobile
8. ipiino (ipiino)
memory internal kurang. ga dpt ics juga. tp cukup
terjangkau.
 via TeknoUp Android Application
9. endimon (endimon)
@ahlydroid. memang benar bro tapi semua itu nga da
masalah mash bisa di root.
 via TeknoUp Android Application
10. rudi (rudi86)
Kl cm 60 mb yg bs dpake ya pastinya kurang bngt
lah.., gimana sih motorola..?
Tp kl dlht dr
spek laen nya udh bagus ko..
 via TeknoUp mobile


Beri Komentar:
Silakan login untuk memposting komentar.

Review Terkait

Review Terbaru

"Ponsel Selfie Rasa Windows Phone"
18725 view(s)   51 comment(s)
"Tampil Premium dengan Stylus"
18353 view(s)   14 comment(s)
"The Little Cobra"
15982 view(s)   44 comment(s)
"Penyelam di Kelas Menengah"
13475 view(s)   22 comment(s)
"Hardcase Premium Minimalis Berkualitas Tinggi"
5925 view(s)   0 comment(s)
"Memberikan kesan natural pada iPhone Anda"
4379 view(s)   0 comment(s)
Connection by Hypernet